7 Film Dengan Karakter Psikopat Terbaik

tokoh-psikopat-terbaik-3

Kosongan – Penonton tidak selalu mengagumi dan terpukau dengan penampilan karakter protagonis yang heroik dalam menyelamatkan hari. Beberapa karakter psikopat juga berhasil menarik perhatian para penonton khususnya film bergenre suspense.

Pada dasarnya, setiap manusia juga memilki sifat yang “liar” dan nafsu berbuat jahat. Namun seiring berkembangannya peradaban, ada hukum dan aturan moral yang membuat manusia harus menahan nafsu tersebut. Dengan bermain game kekerasan dan menonton film dengan karakter psikopat merupakan pelampiasan tersendiri.

Adapun beberapa karakter psikopat ikonik yang diidolakan banyak orang karena kecerdasan dan akal bulusnya yang membuat cerita semakin dinamis. Berikut beberapa karakter psikopat terbaik dalam film.

7 Karakter Psikopat Terbaik Dalam Film

1Norman Bates – Psycho (1960)

tokoh-psikopat-terbaik

Menyebut karakter psikopat terbaik tidak bisa lepas dari Norman Bates, generasi awal psikopat pada film Hollywood. Psycho bercerita tentang seorag sekretaris muda, Marion Crane (Janet Leigh), yang dipercayai oleh atasannya untuk memegang uang sebanyak 40 ribu dollar. Namun, Marion justru kabur dengan tersebut untuk memuai kehidupan baru dengan kekasihnya.

Dalam pelariannya sendirian menuju tempat kekasih, ia bermalam di sebuah motel sepi yang ditunggui oleh seorang pemuda, Norman Bates.

Psycho merupakan film thriller noir yang ikonik dengan adegan pembunuhan dan teriak wanita di shower. Meski hanya hitam putih, adegan tersebut sukup mengerikan dengan alunan violin yang ikonik pula.

2Joker – The Dark Night (2008)

tokoh-psikopat-terbaik-1

Salah satu psikopat favorit sejuta umat adalah Joker. Joker adalah musuh bebuyutan pahlwan Gotham, Batman. Joker adalah seorang kriminal 100 persen yang memang hanya ingin membuang waktu dan bikin onar. Tujuannya adalah menyebarkan teror dan keputusaan.

Joker sama sekali tidak tergoda dengan wanita maupun uang. Dalam kisah ini, ia selalu berusaha mematahkan semangat Batman untuk selalu berpihak pada kebenaran.

3Kevin – We Need To Talk About Kevin (2011)

tokoh-psikopat-terbaik-2

Kevin yang diperankan oleh Ezra Miller bisa jadi film yang tidak patut ditonton oleh ibu hamil. Kevin digambarkan sebagai anak yang menyebalkan bagi ibunya semenjak ia lahir. Saat bayi, Kevin tidak pernah berhenti menangis, beranjak balita, ia sudah berani menuntut pada ibunya. Beranjak dewasa, sifat buruknya semakin jelas bagi ibunya.

Tak jelas alasan Kevin terlahir menjadi sosok psikopat, padahal ibunya tidak melakukan kesalahan apapun dalam membesarkan Kevin. Apakah Kevin anak iblis atau ada kelalain orang tua yang tidak mereka sadari? Film ini merupakan campurang antara cerita bertema parenting dengan genre suspense yang menunjukan kenalan remaja pada level berikutnya.

4Patrick Bateman – American Psycho (2000)

tokoh-psikopat-terbaik-3

Beberapa ciri-ciri psikopat adalah narsis, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan sangat perfeksionis. Semua ciri-ciri tersebut ada pada diri Patrick Bateman (Christian Bale), pria sukses dengan tampilan keren dan apartemen mewah, serta pacar yang cantik.

Dibalik penampilannya yang lues dan menyenangkan, rupanya Patrick memiliki sisi lain yang terobsesi dengan tindakan pembunuhan. Ia secara acak membunuh gadis yang undang ke apartemennya hingga saingannya di tempat kerja.

Buat kamu pra perempuan, pastinya akan mudah terjebak dalam perangkap Patrick yang menawan sebelum berubah menjadi sosok psikopat pada akhir kencan sempurnamu.

Film American Psycho memiliki akhir dengan twist yang akan membuat kamu mempertanyakan semua hal yang telah kamu tonton selama film berlangsung.

5Hannibal Lecter – The Silence of The Lambs (1991)

tokoh-psikopat-terbaik-4

Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopskins) adalah seorang psikiater yang pandai memutar balikan perkataan dan pikiran lawan bicaranya. Dalam film The Silence of The Lambs, Lecter menunjukan kemampuan tersebut pada seorang murid akademi FBI yang sedang magang, Clarice Starling (Jodie Foster). Lecter sama sekali minim adegan aksi dalam kisah ini, namun hanya dengan kalimat-kalimat yang keluar dariĀ  mulutnya, ia bisa memanipulasi Clarice.

Awalnya Clarice nampak sebagai pihak yang memanfaatkan Lecter sebagai informan pada kasus penculikan dan pembunuhan yang sedang ia tangani. Hingga pada akhirnya, justru Lecter yang secara tidak terduga sedang memanfaatkan Clarice.

6John Doe – Se7en (1995)

tokoh-psikopat-terbaik-6

Seorang psikopat berbeda dengan orang pada umumnya yang membunuh karena balas dendam atau sakit hati. Terkadang, psikopat hanya ingin “bersenang-senang” dengan melakukan serangkaian pembunuhan. Salah satunya adalah John Doe (Kevin Spacey) dalam film Se7en.

Sebelum pensiun, detektif William Somerset (Morgan Freeman) harus menghadapi kasus terakhirnya dengan detektif baru yang akan menggantikan posisinya, David Mills (Brad Pritt). Ia harus menghadapi John Doe, pembunuh berantai yang membunuh orang sesuai urutan filosofi 7 dosa manusia (ketamakan, kerakusan, nafsu, iri hati, pemalas, pemarah, dan sombong). John membunuh setiap orang yang dianggap menunjukan sifat-sifat tersebut.

Di lain sisi, John juga berusaha memprovokasi David dan memancingnya melakukan hal yang seharusnya tidak ia lakukan. Meski hal tersebut merupakan akhir dari John. Sekali lagi, seorang psikopat terkadang tidak peduli dengan uang maupun kebebasan duniawi. Mereka juga tidak takut mati.

7Amy Dunne – Gone Girl (2014)

tokoh-psikopat-terbaik-7

Menikahi wanita cantik, cerdas, dan sempurna merupakan impian setiap pria. Namun jangan sekali-kali mengecewakan mereka, atau kamu akan mendapat balasan yang di luar dugaan.

Amy Dunne (Rosamund Pike) adalah seorang penulis novel yang populer dengan kharisma dan pembawaannya yang anggun. Namun, ketika Nick (Ben Affleck) mengkhianati pernikahan mereka, Amy tidak ingin membuatnya mudah hanya dengan bercerai. Ia menyusun rencana balas dendam yang tidak akan pernah kamu banyakan.

Mulai dari memalsukan tindak kriminal, membunuh, hingga melukai dirinya sendiri. Semuanya dilakukan hanya untuk membuat citra sang suami buruk di masyarakat.