7 Film Black Comedy Yang Suram Namun Tetap Membuat Ketawa

film-black-comedy-3

Kosongan – Black comedy adalah istilah untuk materi komedi yang biasanya tabu untuk ditertawakan. Misalnya menertawakan kemantian, kesengsaraan orang, dan hal lainnya yang seharusnya merupakan bencana atau musibah. Namun, jenis komedi ini sangat menarik untuk ditonton, terutama bagi kamu yang memiliki selera humor esentrik dan menyukai humor sarkastik.

Jika kamu memiliki selera humor yang tidak biasa dan menyukai humor dengan aura suram, berikut beberapa rekomendasi film black comedy yang bisa kamu tonton.


7 Rekomendasi Film Black Comedy

1A Serious Man (2009)

Larry Gopnik (Michael Stuhlbarg) adalah seorang Yahudi dengan profesi sebagai dosen Fisika. Suatu hari, kehidupan menerjang Larry dari segala arah. Mulai dari istrinya yang minta cerai, terancam kehilangan pekerjaan, dan masalahnya dengan kakaknya yang terus menumpang di rumahnya. Merasa tidak kuat menanggung beban hidup, ia pun mendatangi Rabi (pemuka agama Yahudi) untuk minta nasihat dan bantuan.

Kamu akan merasa miris dan merasa bersalah ketika harus menertawakan Larry dengan masalah hidupnya. Namun, memang film ini dapat membuat kesengsaraan Larry terasa relevan bagi kamu yang juga seringkali merasa kesulitan. Namun orang sekitar hanya bisa bilang “semua akan baik-baik saja”.

2What We Do In The Shadows (2014)

film-black-comedy-2

Lupakan film vampir ala Twilight dengan para makhluk penghisap daraha yang tampan dan mapan. What We Do In The Shadow merupakan film komedi tentang kehidupan para vampir dengan konsep mockumentary. Mockumentary adalah plesetan dari documentary, yaitu film yang menggunakan konsep seperti documentary namun bersifat fiksi dan biasanya mengandung humor.

Film ini bercerita tentang empat vampir yang tinggal bersama di sebuah rumah yang usang. Viago (Taika Waititi), Vladislav (Jemaine Clement), Deacon (Jonny Brugh), dan Petyr (Ben Fransham), merupakan vampir yang juga memiliki tugas cuci piring dan pergi ke klub lokal setiap malam.

Kamu akan dibuat tertawa dengan tingkah para vampir yang jauh dari kata menawan dan menggoda.

3Addams Family Values (1993)

film-black-comedy-3

Kamu mungkin cukup familiar dengan karakter perempuan gothic bernama Wednesday Addams. Ia adalah putri dari keluarga Addams yang esentrik. Kamu bisa melihat kisah penuh keluarga Addams di film Addams Family Values. Sebuah keluarga dari pasangan suami istri, Gomez (Raul Julia) dan Morticia (Anjelica Huston), beserta kedua anak mereka, Wednesday (Christina Ricci) dan Pugsley (Jimmy Workman).

Film satu ini merupakan pintu gerbang bagi setiap anak-anak tentang film horror dan black comedy. Komedi yang dibawakan tidak terlalu serius dan bisa dinikmati oleh keluarga. Beberapa adegan juga mengandung kekerasan namun tidak dieksekusi secara maksimal dan frontal, sehingga masih layak untuk ditonton oleh anak-anak.

4Game Night (2018)

film-black-comedy-4

Film black comedy berikutnya berjudul Game Night. Sesuai dengan judulnya, film ini bercerita tentang Max (Jason Bateman) dan Annie (Rachel McAdams) yang datang pada acara pesta permainan kakak Max, Brooks (Kyle Chandler). Sebelum game dimulai, Brooks menjelaskan bahwa tema permainnan ini adalah memecahkan kasus misteri ala detektif. Brooks bahkan telah menyewa pencuri dan agen khusus untuk permainan ini. Hingga akhirnya Brooks benar-benar diculik dan semua orang hanya memberikan senyuman dan lambaian tangan.

Game Night memiliki jajaran pemain dengan akting dan chemistry yang sempurna. Jalan cerita dan dialognya pun dikemas dengan rapi dan tidak memberikan kesan cheesy seperti pada film yang pada umumnya memiliki konsep serupa.

5The Lobster (2015)

film-black-comedy-5

Jomblo selalu menjadi bahan bully dan tertawaan dalam kumpulan pertemanan. Dan film The Lobster membawa bahan bercandaan tersebut ke level berikutnya. Ketika tercipta sebuah masyarakat yang melihat jomblo sebagai penyakit jiwa. David (Collin Farrell) baru saja bercerai dengan sang istri yang selingkuh dan lari dengan laki-lai lain, membuat David resmi menjadi jomblo.

David pun harus menjalani rehabilitasi di sebuah mansion besar dengan para jomblo lainnya. Ia hanya memiliki kesempatan selama 45 hari untuk mendapatkan pasangan hidup atau ia harus diubah menjadi hewan, secara harfiah. David memilih untuk menjadi lobster jika ia gagal dalam rehabilitasinya.

6Death At A Funeral (2007)

film-black-comedy-6

Berikutnya adalah film dengan latar sebuah acara pemakaman yang seharusnya penuh haru dan air mata. Sayangnya Death At A Funeral adalah film komedi yang akan membuat kamu tertawa. Bercerita tentang sebuah keluarga yang sedang berduka karena sang ayah baru saja meninggal.

Namun tampaknya setiap anggota keluarga cukup teralihkan dengan kepentingan masing-masing. Mulai dari Daniel yang sedang tertekan karena harus berhadapan dengan saudaranya Robert yang lebih sukses darinya sebagai novelist, Simon yang berusaha memberi kesan baik, hingga tamu tak diundang yang mengancam akan membongkar rahasia memalukan sang ayah.

Kamu akan dibuat tertawa dengan banyak hal yang sedang terjadi namun saling berhubungan mendekati akhir cerita. Akan ada banyak kesialan bertubi-tubi pada setiap adegannya. Namun tetap ditutup dengan beberapa dialog menyentuh untuk mengenang sang ayah.

7The Death of Stalin (2017)

film-black-comedy-7

Siapa bilang semua film tentang Perang Dunia ke II selalu mengerikan dan serius? Salah satu film black comedy dengan latar Perang Dunia ke II adalah The Death of Stalin.

Joseph Stalin adalah seorang ditaktor asal Uni Soviet yang meninggal pada tahun 1953. Setelah kematiannya yang secara tiba-tiba, para penduduk Stalin di parlemen saling memperebutkan tahta sebagai pemimpin Uni Soviet.

Politik terkadang nampak “lucu” dan film ini mengangkat humor tersebut dalam film ini. Buat kamu penggemar sarkasme, film ini bisa menjadi tonton yang membuat kamu tertawa sinis terhadap tingkah laku pada para politikus yang gila kekuasaan.