7 Daftar Menteri Baru Jokowi – Ma’ruf 2019 – 2024 Yang Mencuri Perhatian Publik

7 Daftar Menteri Baru Jokowi - Ma'ruf 2019 - 2024 Yang Mencuri Perhatian Publik
7 Daftar Menteri Baru Jokowi - Ma'ruf 2019 - 2024 Yang Mencuri Perhatian Publik

Beberapa waktu yang lalu, Presiden Jokowi akhirnya secara resmi mengumumkan formasi kabinet Jokowi – Ma’ruf periode 2019 – 2024 di Istana Merdeka. Kabinet terbarunya itu, disebut dengan Kabinet Indonesia Maju. Nah, uniknya ada sederet Daftar Menteri Baru Jokowi yang menjadi perhatian publik dibandingkan dengan daftar menteri Jokowi lainnya.

7 Daftar Menteri Baru Jokowi Yang Sempat Viral Dan Jadi Perbincangan Di Dunia Maya

Wajar saja, mengingat ada nama-nama baru yang sudah sangat familiar masuk ke dalam Daftar Menteri Baru Jokowi. Selain itu, ada pula nama-nama baru yang menggantikan menteri terdahulu yang tidak lepas dari perbincangan. Kamu pasti sudah sering melihat berita-berita yang bertebaran mengenai nama-nama menteri baru tersebut. Atau juga para warganet yang tidak hentinya membahas para menteri baru tersebut di dunia maya. Karena terbilang sangat familiar, beberapa menteru baru tersebut mencuri perhatian publik dan mendapat sambutan baik dari masyarakat Indonesia.

Berikut ini, adalah Daftar Menteri Baru Jokowi pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 yang sempat mencuri perhatian publik, semua dalam daftar di bawah ini:

1Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan: Prabowo Subianto

Daftar Menteri Baru Jokowi yang sempat mencuri perhatian publik, adalah sosok Prabowo Subianto. Ya, Prabowo sendiri adalah mantan rival Jokowi dalam pemilu yang telah lalu. Banyak yang tidak menduga, pria bernama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo ini, menjadi Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi – Ma’ruf.

Prabowo Subianto yang lahir di Jakarta, pada 17 Oktober 68 tahun silam, sudah malang melintang di dunia politik, selain itu ia juga seorang pengusaha, dan juga perwira tinggi militer Indonesia. Dengan menempuh pendidikan dan juga jenjang karier militer selama 28 tahun, wajar saja jika Prabowo Subianto dipercaya oleh Jokowi menjadi Menteri Pertahanannya. Dan, pada tanggal 23 Oktober kemarin, Presiden Jokowi secara resmi telah memberi kepercayaan pada Prabowo Subianto untuk menjadi Menteri Pertahanan ke-26 Republik Indonesia, dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019 – 2024.

2Menteri Pendidikan dan Kebudayaan – Pendidikan Tinggi: Nadiem Makarim

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan - Pendidikan Tinggi: Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan – Pendidikan Tinggi: Nadiem Makarim

Nah, Daftar Menteri Baru Jokowi yang jadi perbincangan hangat ini, adalah sosok bernama lengkap Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Nadiem Makarim sendiri, lahir di Singapura pada tanggal 4 Juli 35 tahun silam. Kamu pasti sudah tidak asing dengan sosok Nadiem Makarim yang tak lain adalah pendiri Go-Jek ini. Go-Jek sendiri, adalah sebuah perusahaan transportasi yang menyediakan jasa berbasis daring dan telah  beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara lainnya seperti di Vietnam, Thailand dan Singapura.

Nadiem Makarim adalah putra dari pasangan Nono Anwar Makarim dan juga Atika Algadri. Nono Anwar Makarim adalah seorang aktivis dan pengacara terkemuka pada masanya yang berketurunan Minang – Arab. Sedangkan ibunya, adalah penulis lepas, putri dari Hamid Algadri yang tak lain adalah seorang perintis kemerdekaan Indonesia yang sudah membantu berjuang untuk Indonesia. Maka dari itu, Nadiem Makarim telah resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju yang telah dilantik pada tanggal 23 Oktober lalu.

3Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama Kusubandio

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama Kusubandio
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Wishnutama Kusubandio

Daftar Menteri Baru Jokowi yang selanjutnya, adalah Wishnutama Kusubandio. Sama seperti Nadiem Makarim, sosok Wishnutama Kusubandio pastinya sudah tidak asing lagi ditelingamu bukan?. Wishnutama Kusubandio juga merupakan salah satu pendiri NET Mediatama Televisi. Yang sebelumnya, ia juga adalah Direktur Utama Trans 7, Trans TV dan juga NET TV.

Wishnutama Kusubandio menghabiskan masa SMA nya di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan juga di International School of Singapore. Ia menyelesaikan kuliahnya di Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat. Ya, pria yang lahir di Jayapura pada 4 Mei 49 tahun silam ini, adalah pengusaha Indonesia yang saat ini telah resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju Jokowi.

4Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya Bakar

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya Bakar
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya Bakar

Nama Siti Nurbaya Bakar juga masuk dalam Daftar Menteri Baru Jokowi yang hangat diperbincangkan saat ini. Wanita bernama lengkap Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. ini lahir di Jakarta, pada tanggal 28 Juli 63 tahun yang lalu. Ia telah resmi ditunjuk sebagai  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Kerja Jokowi pada tanggal 23 Oktober yang lalu.

Siti Nurbaya Bakar di tahun 2014 lalu sempat menduduki posisi Menteri LHK Kabinet Kerja periode 2014-2019. Dan sekarang di tahun 2019 ini, Siti Nurbaya Bakar kembali dipercaya Jokowi untuk membantunya memajukan Indonesia. Siti Nurbaya Bakar adalah sosok yang sangat peduli dengan lingkungan, banyak masyarakat yang mendukung posisi barunya tersebut.

5Menteri Keuangan: Sri Mulyani

Menteri Keuangan: Sri Mulyani
Menteri Keuangan: Sri Mulyani

Nah, Daftar Menteri Baru Jokowi yang selanjutnya adalah Sri Mulyani. Ya, wanita yang sudah malang melintang di dunia politik ini, mempunyai nama lengkap Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D. Ia lahir di Bandar Lampung,  pada tanggal 26 Agustus 57 tahun silam. Sri Mulyani bukan hanya terkenal di Indonesia, melainkan juga di kancah dunia.

Pasalnya,  ia adalah orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sampai saat ini, Jokowi masih mempercayakan posisi Menteri Keungan lagi padanya, dan membuat Sri Mulyani bergabung dengan menteri lainnya dalam Kabinet Indonesia Maju. Sri Mulyani sangat hangat dibicarakan hingga ke luar negeri, sampai-sampai berita luar negeri memberitakan dirinya didaulat menjadi Menteri Keungan Indonesia kembali.

6Menteri Kelautan dan Perikanan: Edhy Prabowo

Menteri Kelautan dan Perikanan: Edhy Prabowo
Menteri Kelautan dan Perikanan: Edhy Prabowo

Daftar Menteri Baru Jokowi yang satu ini juga tak kalah viral. Selain nama belakangnya bernama Prabowo, Edhy Prabowo sering dikaitkan bersaudara dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Selain itu, setelah Jokowi menunjuknya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Indonesia Maju, membuat namanya semakin ramai dibicarakan. Pasalnya, ia dipercaya menggantikan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Hal tersebut, membuat masyarakat sedikit kecewa dan tidak sedikit pula yang mendukung pria kelahiran tahun 1972 ini menggantikan Susi Pudjiastuti. Nama Edhy Prabowo awalnya dikenal masyarakat sebagai atlet pencak silat nasional. Kemudian, namanya bersinar kembali kala berjaya di event Pekan Olahraga Nasional (PON), dan tak ketinggalan ia juga pernah mengikuti kejuaraan tingkat mancanegara. Bukan hanya itu, Edhy Prabowo sempat berkarir dalam bidang militer, namun sayang karirnya menjadi tentara tidak lama, yaitu hanya bertahan dua tahun saja.

7Menteri Agama: Fachrul Razi

Fachrul Razi
Fachrul Razi

Nah, Daftar Menteri Baru Jokowi yang satu ini, bukan hanya sempat mencuri perhatian publik, hingga saat ini namanya tengah ramai diperbincangkan masyarakat. Pasalnya, Fachrul Razi pernah mengeluarkan perkataan yang sedikit berat, yakni melarang wanita Muslimah memakai cadar dan juga melarang Laki-laki Muslim memakai celana cingkrang (celana dengan panjang di atas mata kaki). Sejatinya, cadar dan celana cingkrang adalah salah-satu sunnah dalam Agama Islam.

Sontak, masyarakat yang beragama Islam sedikit meragukan nama Fachrul Razi yang didaulat menjadi Menteri Agama yang bukan dari kalangan Ulama. Pria yang lahir di Banda Aceh pada 26 Juli 1947 ini, merupakan lulusan Akademi Militer angkatan 1970. Namun, bagaimana pun Presiden Jokowi telah mempercayakan posisi Menteri Agama pada Fachrul Razi. Dan, tidak sedikit masyarakat beragama Islam berharap, jika ia bisa lebih dalam lagi mempelajari syariat-syariat Islam yang sejatinya harus ditegakkan oleh seorang Menteri Agama.

Demikianlah beberapa Daftar Menteri Baru Jokowi yang sempat viral dan mencuri perhatian publik pada Kabinet Indonesia Maju yang bisa kamu ketahui. Semua daftar menteri di atas, pastinya punya tugas masing-masing yang harus dilaksanakan selama mengemban tugas sebagai Menteri. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk terus mendukung agar Indonesia semakin maju dan jaya.