7 Cara Menjadi Pegawai Teladan Di Tempat Kerjamu

7.menjadipegawaiteladan

KosonganMau tahu apa yang lebih susah daripada mencari kerja? Mempertahankan perkerjaan yang telah kamu miliki juga bukan perkara mudah. Karena mempertahankan lebih sulit dari mendapatkan. Tidak ada waktu untuk bersantai , kamu harus menunjukan perfoma terbaikmu sebagai seorang pegawai.

Siapa yang gak mau menjadi pegawai teladan? Selain harga diri dan kebangaan, menjadi seorang pegawai teladan bisa membuat kamu mendapatkan promosi dan meraih karir kerja yang gemilang. Jangan hanya puas sebagai pegawai yang begitu-begitu saja. Untuk mendapatkan karir yang menanjak cobalah beberapa cara tersebut untuk menjadi pegawai teladan di tempat kerjamu.

7 Cara Menjadi Pegawai Teladan

1Hadir tepat waktu setiap hari.

Budaya jam karet adalah hal lazim di Indonesia. Tidakhanya pegawai swasta, bahkan pegawai negara juga seringkali diberitakan masih suka telat datang ke kantor. Untuk menjadi pegawai teladan, kamu harus selangkah lebih maju dari orang pada umumnya. Biasakan untuk datang tepat waktu ke kantor. Datang lebih awal juga tidak ada ruginya.

Selain bisa terhindar dari macet yang akan membuat kamu tambah telat, sarapan di kantor yang masih sunyi juga bisa menjadi warm up untuk hari produktifmu di kantor.

2Patuh dengan deadline.

Dalam pekerjaan, kamu pasti akan menghadapi yang namanya deadline. Agar menjadi pegawai teladan, kamu harus memenangkan hati bos dengan menunjukan perfoma terbaik. Salah satunya dengan menyelesaikan tepat pada waktunya. Lebih cepat bahkan lebih baik. Jangan menunda-nunda pekerjaan dan fokus ketika dipercayakan sebuah tugas. Kerjakan tugasmu karena itu adalah tanggung jawabmu dan jangan dilihat sebagai beban.

Jika deadline awal saja kamu tidak bisa tepat waktu, bagaimana atasan kamu mau memberikan tanggung jawab yang lebih besar?

3Jujur.

Tidak cuma pelajar, pegawai kantor terkadang juga suka bolos. Berbohong agar punya alasan tidak datang ke kantor adalah tindakan kekanak-kanakan. Jangan dibiasakan mengentengkan satu hari bolos dalam sebuah pekerjaan. Nanti bisa jadi kebiasaan buruk yang ketahuan. Kejujuran itu sangat mahal dan berharga, sekalinya dilanggar, kamu bisa dapat reputasi buruk.

Kalau memang ada hal mendesak, lebuh baik kamu minta ijin dengan benar. Misal permohonan ijinmu tidak terima, setidaknya kamu telah mencoba dan hal tersebut lebih baik daripada berbohong.

4Bersedia membantu rekan kerja.

Ingin jadi pegawai nomor satu bukan berati kamu harus menyingkarkan dan menjatuhkan rekan kerjamu. Agar kehidupan kantormu baik-baik saja, menjalin hubungan baik dengan rekan kerja juga penting. Dengan begini tingkat stress-mu tidak akan tinggi dan suasana kerja jadi menyenangkan dan ringan.

Jika ada rekan kerja yang meminta bantuan dan tidak menyalahi jobdesc, tidak ada ruginya membantu. Jika kamu memang lebih tahu dan lihai sebagai pegawai, bantu juga rekan yang belum paham atau sedang blank. Toh, kalau sukses juga berdampak pada perusahaan dan kamu juga yang bisa menikmati hasilnya.

Persaingan antar pegawai dalam sebuah perusahaan memang hal yang terkadang tidak terhindarkan. Namun ada baiknya kamu ‘bermain’ dengan cantik dan elegan dalam mendapatkan reputasi baik di kantor.

5Memberi pujian ketika rekan sukses.

Jika setelah dibantu mereka sukses dalam project-nya, jangan merasa dikhianati dan kesal. Dari awal, niat membantumu juga harus tulus. Kalau mereka berhasil, kamu harusnya ikut senang dan menunjukan apreasiasi. Kalau mereka tidak terlalu rendah hati untuk mengakui bantuanmu kamu juga tak perlu kesal.

Tidak semua rekan kerja selalu sombong dan susah diajak berkomunikasi, ada juga yang bisa jadi teman baik kamu. So, jangan ragu untuk menjalin hubungan baik, salah satunya dengan saling mendukung dan memberi apreasiasi. Sebarkan nuansa komunikasi yang ramah di tempat kerjamu.

6Inisiatif.

Jadi pegawai cerdas kamu harus memiliki sikap inisiatif. Ketika sebuah tugas tersendat atau bos kamu lupa memberi tahu sesutau yang tadinya dijanjikan, jangan diam saja. Segera hampiri atasan dan tanyakan hal yang bersangkutan dengan sopan. Dijamin bos kamu akan semakin melihat potensi dalam dirimu.

JIka mengalami masalah dalam pekerjaan juga jangan diam saja menunggu perintah jika kamu masih pegawai junior. Ini kesempatan kamu untuk melepaskan pakat junior kamu. Seorang pemula akan menunggu diperintah, namun pegawai dengan jiwa kepimpinan akan inisiatif dan berusaha mencari solusi saat menghadapi masalah.

7Berdedikasi dan memiliki integritas.

Apa tujuan kamu menjadi pegawai teladan? Pastinya promosi untuk jabatan yang lebih tinggi, bukan? Untuk mendapatkan kepercayaan dari atasan, kamu harus menunjukan seberapa besar dedikasimu pada perusahaan. Kerjakan semua pekerjaan hanya karena semua itu pekerjaanmu, pikirkan juga dampaknya bagi perusahaan dan lakukan yang terbaik. Kamu harus tampak sebagai figur yang memikirkan perusahaan.

Satu lagi poin penting adalah integritas. Hal ini merupakan aspek yang harus dibukti dalam jangkah waktu yang panjang. Integritas bahasa sayangnya adalah setia. Kamu harus setia dengan pekerjaanmu. Setidaknya usahakan dirimu bertahan di kantor lebih dari 6 bulan hingga satu tahun. Kalau kamu memang mengingkan jabatan berarti kamu memang ingin bekerja di sana dalam jangka waktu lama, bukan?

Itu tadi beberapa cara untuk menjadi pegawai teladan. Jika tidak ampuh, jangan rendah diri. Bisa saja yang salah bukan kamu, tapi perusahaan dan lingkungan kerjamu. Karena tidak semua perusahaan memiliki suasana kerja yang baik. Kalau sudah begitu, lebih baik kamu mencari perusahaan yang lebih profesional. Karena tidak ada untungnya jadi pegawai teladana di perusahaan yang tidak berkualitas. Semoga tip ini bermanfaat dan selamat bekerja!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.