7 Barang Wajib Dibawa Saat Liburan Ke Luar Negeri

liburankeluarnegeri

Kosongan – Liburan keluar negeri merupakan impian semua orang. Mengunjungi negara impian dan mendatangi berbagai situs wisata hingga mempelajari kebudayaan dari negara tersebut. Berlibur ke luar negeri pastinya memiliki proses persiapan yang lebih rumit dari libran di dalam negeri. Mulai dari budgeting, persiapan dokumen-dokumen penting, memesan akomodasi, dan barang bawaan.

Berbeda dengan liburan di dalam negeri, jika ada barang yang tertinggal, kamu tidak akan tahu berapa harga dan dimana kamu harus mendapatkannya. Karena beda negara, beda juga pola kehidupan masyarakatnya. Berikut adalah beberapa barang yang jangan sampai ketinggalan jika liburan ke luar negeri.

7 Barang Yang Wajib Dibawa Saat Ke Liburan Luar Negeri

1Botol Air Minum

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi merupakan hal yang jangan sampai kamu anggap sepele. Tidak lupa mengkonsumsi air selama travelling akan mendukung stamina kamu dalam menjalani kegiatan liburan yang dinamis. Beda dengan di Indonesia, air putih di luar negeri terkenal mahal, misalnya di Maladewa dan Jerman, dan masih banyak negara lainnya. Dari pada harus selalu beli air minum setiap kehausan, bawalah botol air minum. Kamu bisa mengisi ulang botol kamu dari sumber-sumber air yang gratis.

Jika kamu menginap di hostel, biasanya mereka menyediakan isi ulang air mineral di dapur umum mereka. Air minum dari keran air di Eropa juga sudah layak di minum. Bisa kamu temukan di dapur tempat kamu menginap atau keran minum di tempat-tempat umum.

2Universal Adapter

Mengisi pasokan daya gadget kamu pastinya sangat penting saat sedang berlibur ke luar negeri. Selain untuk mengabadikan momen berharga kamu, gadget sangat dibutuhkan sebagai sumber informasi dan GPS. Jangan sampai lupa dengan hal kecil satu ini. Karena setiap negara memiliki standarisasi elektronik yang berbeda. Mulai dari daya hingga bentuk colokannya. Oleh karena itu, jangan lupa membawa universal adapter.

Universal adapter adalah sebuah colokan yang akan mengatur daya agar sesuai dengan kebutuhan gadget kamu. Tersedia juga berbagai bentuk colokan agar bisa disesuaikan. Jangan dianggap sepele, salah sembarangan mengisi daya handphone tanpa universal adapter, gadget-mu bisa terancam rusak karena baterai yang terbakar.

3Foto Copy Dokumen Penting

Liburan ke luar negeri kamu tidak akan bebas dari copet. Beberapa negara juga dihantui dengan copet-copet lihai di tempat umum. Mungkin kehilangan uang masih bisa teratasi, tapi jika dokumen perjalanan kamu ikut terambil, akan sangat susah mengurusnya. Oleh karena itu ada baiknya kamu menggandakan dokumen penting yang berhubungan dengan perjalanan kamu, seperti visa dan passport. Lalu simpan dokumen asli di tas yang kamu tinggalkan di penginapan atau kotak deposit di penginapan.

Bawa juga foto copy akomodasimu untuk jaga-jaga. Karena terkadang kita tidak bisa seratus persen percaya dengan sistem booking online. Meski kesalahan jarang terjadi di penginapan-penginapan yang terpercaya.

4Tas Kain Sederhana

Beberapa negara di luar negeri tidak menggunakan kantong plastik. Biasanya negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat. Contohnya Jerman yang memiliki peraturan ketat tentang pelestarian lingkungan. Saat ke supermarket di Jerman, kamu diharuskan membawa tas kain sendiri, bahkan memasukan barang belanjaanmu sendiri ke dalam tas setelah membayar di kasir. Beberapa negara lain menggunakan kantong kertas sebagai tempat barang belanjaan.

Demi kenyamanan kamu saat berbelanja di luar negeri, bawalah tas kain yang mudah dilipat. Dan jangan lupa di bawa saat kamu keluar dari penginapan.

5Cabe Bubuk Dan Mie Instan

Bagi para pecinta makanan pedas, tidak semua restoran di luar negeri memiliki sambal seperti restoran di Indonesia. Banyak pula wisatawan Indonesia yang selalu mengeluh makanan luar negeri, khususnya Eropa terasa hambar dan kurang cita rasa. Karena makanan negara barat biasanya minim rempah-rempah juga. Bagi kmau yang gak bisa lepas dari sambal, bawalah cabe bubuk. Sekarang tersedia banyak cabe bubuk yang tersedia dengan kemasan praktis.

Di kalah uang semakin menipis, satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menghemat biaya makan saat berlibur ke luar negeri. Oleh karena itu, jangan lupa membawa beberapa mie instan lokal. Karena mie instan di luar negeri pastinya tetap mahal. Meskipun salah satu brand mie instan Indonesia juga di jual di luar negeri. Namun harganya bisa mencapai Rp 6.000 jika di kurs-kan ke Rupiah. Beli di Indonesia kamu bisa dapat dua bungkus mie instan dan masih kembali.

6Pakaian Sesuai Dengan Cuaca Negara

Pastikan kamu paham keadaan cuaca dan iklim negara yang hendak kamu kunjungi. Carilah informasi tentang musim yang sedang berlangsung ketika kamu berencana mengunjungi negara tersebut. Jika kamu berkunjungi ke Eropa saat musim panas, syal dan baju-baju tebal tidak akan terlalu diperlukan. Bawa saja jacket karena mungkin musim panas di Eropa masih terasa cukup sejuk buat kamu.

Jika berkunjung saat musim dingin, jangan lupa membawa baju yang bisa menghangatkan tubuh. Mulai dari baju tebal, sarung tangan, topi atau jacket ber-hoodie, hingga kaus kaki.

7Obat-obatan

Bagi kamu yang punya penyakit tersendiri, pastinya harus membawa obatan pribadi. Adapun beberapa jenis obat lainnya yang sebaiknya kamu bawa saat liburan keluar negeri. Perbedaan iklim bisa membuat tubuh kamu meriang dan terserang flu, jadi jangan lupa bawa obat flu dan sakit kepala. Bawa pula vitamin C atau suplemen untuk menjaga stamina kamu selama berlibur ke luar negeri. Bagi kamu yang rawan mabuk saat perjalanan dengan transportasi tertentu, jangan lupa membawa obat anti mabuk agar perjalanan kamu tetap nyaman dan menyenangkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.