7 Alasan Untuk Tidak Golput

7 Alasan Untuk Tidak Golput
7 Alasan Untuk Tidak Golput

Seluruh penduduk Indonesia yang sudah berumur 17 tahun ke atas, baiknya diharuskan untuk menggunakan hak pilihnya masing-masing pada pemilihan Presiden April mendatang. Namun, pada umumnya tidak sedikit juga dari masyarakat yang lebih memilih untuk golput. Terutama para anak muda yang cenderung tidak terlalu perduli pada politik. Padahal ada Alasan Tidak Golput yang bisa membuat mereka mau bagi ikut memilih.

Alasan Tidak Golput ini, nantinya akan berpengaruh pada terpilihnya pemimpin yang bisa membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, suaramu sangatlah penting dan disini Kami akan membahas beberapa alasan yang mudah-mudahan dapat membuat Kamu termotivasi untuk memilih pada April mendatang.

7 Alasan Untuk Tidak Golput, Pada Pemilu April Nanti

Memang pada umumnya bukan hanya anak muda yang lebih memilih untuk golput, banyak juga dari mereka yang sudah dewasa lebih memilih untuk golput dengan berbagai alasan tertentu. Tapi, golput pun tidak akan mengubah apapun, ada baiknya untuk pemilihan pemimpin yang akan datang, kamu dapat menggunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Langsung saja simak alasan-alasan berikut ini.

1Tidak Semua Orang Mempunyai Hak Pilih

Tidak Semua Orang Mempunyai Hak Pilih

Alasan Tidak Golput yang pertama adalah, bagi penduduk yang belum berusia 17 tahun dan belum mempunyai ktp, dan bagi mereka yang belum terdaftar sensus penduduk tentu tidak berhak memilih atau dengan kata lain, tidak mempunyai hak pilih. Sedangkan mereka sendiri pada umumnya, ingin sekali memilih dan suara mereka didengar dalam pemilu.

Nah, untuk Kamu yang sudah mempunyai hak pilih, kenapa harus golput? Sedangkan di luar sana banyak yang ingin mempunyai hak pilih bahkan berusaha agar bisa mendapatkan hak pilih.

2Pilihanmu Menentukan Masa Depan Bangsa

Pilihanmu Menentukan Masa Depan Bangsa

Tidak peduli sebanyak apapun jumlah pemilih yang ada dalam pemilu mendatang, yang jelas suaramu nantinya akan terhitung. Dengan ikut memilih dan meggunakan hak suaramu, Kamu tentunya ikut menentukan masa depan bangsa Indonesia. Jika anak-anak muda tidak ikut menggunakan hak pilih mereka, maka siapa lagi yang memperbaiki bangsa Indonesia ini? Ini adalah salah-satu Alasan Tidak Golput yang patut untuk Kamu pertimbangkan.

3Kandidat Yang Terpilih Akan Sangat Berpengaruh

Kandidat Yang Terpilih Akan Sangat Berpengaruh

Nah, Alasan Tidak Golput yang selanjutnya, bagi siapapun yang nantinya terpilih sebagai presiden pada pemilu mendatang, tentu mereka mempunyai keinginan untuk memperbaiki Indonesia. Mereka sudah pasti mempunyai program kerja yang akan secara tidak langsung, mengubah hidupmu kedepannya. Dan Kamu berkesempatan menentukan siapa yang pantas memimpin bangsa Indonesia, untuk perubahan yang lebih baik lagi.

Para anak muda diharuskan bisa menggunakan hak pilih mereka, dengan tulus tanpa paksaan dari siapapun. Karena siapapun nantinya yang terpilih akan sangat mempengaruhi kehidupan mereka kedepannya. Jika kamu memilih untuk golput, berarti sama saja Kamu membiarkan apa yang akan terjadi dalam hidupmu pada masa depan, ditentukan oleh orang lain, bukan oleh dirimu sendiri.

4Demokrasi Didapatkan Dengan Perjuangan

Karena sebenarnya demokrasi didapat dengan sebuah perjuangan tanpa henti yang dilakukan oleh para generasi terdahulu. Mereka sudah banyak mengorbankan nyawa, demi menuntut demokrasi hingga sampai pada masa reformasi.

Mereka sejatinya berharap dengan diadakannya sebuah demokrasi, Indonesia nantinya akan mempunyai seorang pemimpin yang dapat membawa Indonesia lebih maju dan  mapan. Di zaman sekarang, perjuanganmu hanya cukup dengan menggunakan hak pilihmu. Jadi tidak ada Alasan Tidak Golput, maka gunakanlah hak pilihmu dengan baik dan jangan disia-siakan.

5Apatisme Tidak Akan Menyelesaikan Masalah

Alasan Tidak Golput yang selanjutnya, coba tanyakan lagi kepada dirimu, apa yang membuat keputusanmu untuk tidak memilih siapapun dalam pemilu mendatang? Apakah tidak ada calon yang dapat mewakili idealismemu? Atau kamu kehilangan kepercayaan pada sosok pemimpin yang sudah Kamu diandalkan?  Atau bahkan Kamu sama sekali tidak perduli pada perubahan setelahnya?

Memang tidak bisa dipungkiri, Indonesia sempat kehilangan sosok pemimpin yang berintegritas. Kita telah dihadapkan pada kenyataan, bahwa mereka yang sudah Kita titipkan amanah bagi menyuarakan kepentingan rakyat justru memanfaatkan posisinya tersebut demi kepentingan pribadi. Hal ini bisa dilihat dari angka tingginya tindak korupsi di berbagai lini pemerintahan Indonesia.

Namun, jika Kamu memutuskan untuk tidak memberikan hak suaramu kepada siapapun, tentu tidak akan menghentikan lingkaran masalah di atas. Justru bisa saja para koruptor yang lebih banyak memiliki suara, akan makin berjaya di singgasananya. Sama halnya dengan memilih calon presiden April mendatang. Daripada Kamu apatis, lebih baik Kamu memilih yang paling bisa diberikan harapan.

6Nyatanya 35% Pemilih Adalah Pemilih Pemula

Nyatanya 35% Pemilih Adalah Pemilih Pemula

Sebagai anak muda Kamu punya andil yang sangat besar dalam menentukan pemilihan presiden dan wakil presiden pada April mendatang. Tercatat ada kurang-lebih 67 juta pemilih yang baru saja mendapatkan hak pilih pada pemilu 2014. Angka tersebut mewakili 35% dari keseluruhan total pemilih di Indonesia.

Pemilih pemula seperti Kamu tentu tidak dibesarkan pada era Orde Baru ataupun pada awal masa Reformasi. Kamu bebas menentukan idealismemu sendiri. Para pemilih pemula juga biasanya dikaitkan dengan generasi yang lebih terbuka terhadap perubahan. Jika Kamu benar-benar memanfaatkan hak pilih dengan baik, bukan tidak mungkin suara Kamulah yang nantinya akan mengubah Indonesia.

Untuk Kamu yang baru mempunyai kesempatan memilih pada tahun ini, coba renungkan Alasan Tidak Golput ini dan jangan tergesa-gesa sampai malas berfikir atau mencari tahu tentang para calon kandidat pemimpin, bahkan sampai tidak perduli sama sekali dan berniat golput? Suaramu benar-benar sangat berpengaruh pagi perubahan bangsa ini kedepannya.

7Kita Masih Punya Banyak Masalah yang Belum Selesai

Kita Masih Punya Banyak Masalah yang Belum Selesai
Kita Masih Punya Banyak Masalah yang Belum Selesai

Alasan Tidak Golput yang terakhir adalah, harus banyak Kita renungi bahwa negara Kita ini masih mempunyai banyak PR yang belum selesai. Pada tangan kedua calon kandidat inilah kita menitipkan harapan atas sebuah jalan penyelesaian. Mulai dari penyelesaian Kasus Lapindo, pengusutan tuntas hilangnya aktivis mahasiswa, hingga penegakan hak korban ’65 yang masih tercoreng namanya. Bukankah bangsa yang baik adalah yang terdiri dari sekumpulan anak muda yang menolak lupa?

Siapa yang peka terhadap isu tersebut, jika bukan Kita anak muda yang bisa bebas mengakses fakta sejarah dari berbagai sumber? Kitalah yang bisa memilih pemimpin yang punya harapan bagi menawarkan jalan keluar. Bukan generasi ayah dan ibu kita yang masih memandang masalah-masalah diatas tabu bagi dibahas.

Kalau Kamu ingin tinggal di sebuah negara yang bebas dari kejahatan masa lalu yang tidak tertuntaskan dengan baik, 9 Juli lah kesempatanmu bagi ambil bagian menghapus dosa masa lalu bangsa ini.

Akhir kata, itulah beberapa Alasan Tidak Golput yang sudah Kami ulas untuk Kamu yang memilih untuk Golput. Baik itu para anak muda ataupun para orang-orang yang sudah dewasa. Pesan Kami, jangan sampai membiarkan orang lain yang menentukan pilihanmu. Jadilah pemilih yang cerdas, karena masa depan bangsa ini berada di tanganmu.