7 Alasan Orang Kecanduan Main Game

kecanduanmaingame

Kosongan – Tak hanya jenis obat-obatan tertentu, rokok, atau minuman keras, teknologi juga telah menimbulkan bentuk kecanduan baru. Salah satunya adalah dengan bermain game. Industri game di era yang semakin canggih ini semakin marak. Bermain game juga mulai dikategorikan sebagai olahraga dengan sebutan e-sport. Tak hanya untuk bersenang-senang, game juga bisa menghasilkan uang.

Salah satu jenis game yang marak sekarang adalah jenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Mulai dari AOV, League of Legends, Mobile Legend, dan masih banyak lagi. Beberapa orang tahu waktu saat bermain game, namun beberapa menjadi maniac game yang selalu main ketika memiliki waktu luang.

Hal ini bukan hanya karena kepribadian orang tertentu, namun sifat game yang dirancang untuk membuat para pemainnya ketagihan. Hampir mirip dengan konsep obat-obatan terlarang. Berikut beberapa alasan seseorang bisa kecanduan main game.

7 Alasan Orang Kecanduan Main Game

1Bermain game menimbulkan perasaan bahagia.

Seuatu yang bersifat candu biasanya membuat orang merasa bahagia. Sama halnya game, bermain game adalah kegiatan menyenangkan dan memang bersifat hiburan interaktif. Orang kecandauna karena perasaan bahagia yang ditimbulkan saat bermain game.

Bermain game juga bisa menghilangkan stres dan menghibur. Hal ini yang mebuat orang jadi ketagihan jika memamng cocok dengan hiburan satu ini. Sama seperti obat-obatan, seseorang akan tergantung dengan jenis obat tertentu yang cocok dengannya.

2Game membuat pemainnya merasa powerfull.

Dalam dunia game, kita bisa menjadi apa pun. Mulai dari seorang assasin, juru tembak, ruba berekor sembilan yang cantik, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa melakukan apa pun yang tidak bisa kaita lakukan di dunia nyata. Seperti bertempur di medan perang atau menjadi Karakter fantasi yang memiliki kemampuan sihir. Semua hal itu membuat para pemain game merasa kuat dan powerfull.

Mungkin mereka orang yang pendiam dan tidak bisa bertengkar di dunia nyata. Namun dalam dunia game, mereka merasa kuat dan bisa melakukan apapun. Sensasi percaya diri dan merasa kuat inilah yang membuat orang kecanduan main game.

Sama halnya dengan obat-obatan, beberapa orang mengaku lebih merasa percaya diri setelah mengkonsumsinya. Begitu juga dengan minuman berakohol.

3Misi yang terus bermunculan.

Setiap game memang dirancang untuk membuat orang mau main lagi dan lagi. Oleh karena itu, developer game harus membuat fitur yang dapat memotivasi pemainnya. Salah satunya adalah mission. Tak hanya main dan menang, game selalu memiliki misi untukmu yang harus diselesaikan. Entah itu bermain dalam mode tertentu atau naik level yang telah ditentukan.

Tak hanya itu, jika kamu berhasil menyelesaikan misi, kamu akan mendapatkan reward untuk akun game-mu. Biasanya berupa kenaikan level atau koin yang bisa kamu gunakan untuk membeli item atau karakter yang masih terkunci.

4Keinginan untuk bermain lebih lihai.

Sifat dasar manusia adalah tidak pernah puas. Sama halnya dengan pemain game, mereka tidak pernah puas dengan keahlian dan selalu ingin lebih baik. Sebuah game online juga biasanya memiliki sistem ranking yang bisa membuat pemainnya bangga. Hal ini yang memacu seorang pemain game untuk terus berlatih dan bertarung agar semakin lihai.

Kekalahan juga bisa memacu pemian game untuk bermain lagi dan lagi sampai menang. Terkadang mereka juga menantang diri sendiri untuk mencapai sesuatu dalam bermain game. Game tidak lagi hanya sekedar hiburan, namun bisa menjadi tujuan hidup seseorang.

5Membuat orang melupakan beban hidup untuk sementara.

Dunia game adalah dunia virtual dimana orang bisa lari dari kenyataan. Sama halnya dengan obat-obatan terlarang, setelah dikonsumsi, si pemakai akan merasakan halusinasi dan bisa melupakan kehidupan untuk beberapa saat.

Hidup itu berat, terkadang kita juga merasa suntuk dan gagal mencapai sesuatu. Dengan bermain game, seseorang memiliki tempat pelarian sejenak dari dunia nyata. Mereka juga bisa bersenang-senang dan melampiaskan semua amarahnya dengan konetn kekerasan dalam game. Mereka juga bisa meraih sesuatu yang tidak bisa merak raih dalam dunia nyata.

Game telah berubah menjadi dunia fantasi yang membuat orang merasakan euforia. Hal ini pastinya membuat ketagihan, setiap pulang kerja atau ngampus, bawaan jadi ingin main game.

6Lawan yang selalu berbeda.

Jaman dulu, jika kita bermain game console, mungkin kamu bisa merasa bosan. Karena kamu cuma akan bermain dengan teman atau musuh yang telah didesain oleh developer game. Lawan yang begitu-begitu saja pasti akan membuat kamu bosan karena kurang menantang.

Namun dengan bermain online, kamu bisa menghadapi berbagai jenis pemain yang tidak terduga. Mulai dari yang jago hingga yang lemah. Setiap kali sedang bersiap untuk berperang, kamu jadi merasakan adrenalin karena tidak tahu siapa yang akan kamu hadapi. Adrenalin juga bisa membuat seseorang merasa bahagia.

7Munculnya fitur terbaru secara berkala.

Agar tidak cepat ditinggalkan pemainnya dan bangkrut, sebuah developer game harus senantiasa memperbaharui fiturnya secara berkala. Sama halnya dengan semua bisnis, sebuah perusahaan harus melakukan inovasi agar tetap eksis. Misalnya dengan memperbaharui tampilan grafik dan menambah berbagai karakter baru yang menarik untuk dimainkan.

Contoh game online yang bagus pemasarannya adalah League of Legends. Mereka selalu membuat skin terbaru dan mempromosikannya melalui video musik yang diproduksi dengan baik. Tampilan grafik mereka juga senantiasa di perbaharui. Belum lagi event bulanann yang selalu meraka lakukan.

Selalu memberikan kejutan dan hal baru pada main bisa membuat mereka selalu ketagihan karena selalu ada hal baru untuk dicoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.