6 Tips Mengerjakan Skripsi Untuk Mahasiswa Semester Akhir

4.mengerjakan skripsi

Kosongan – Tahun ajaran baru akan segera dimulai. Selain para pelajar baru yang sedang bersiap-siap untuk memulai kehidupan baru di kampus, mahasiswa semester akhir sudah mulai memngerjakan skripsi. Skripsi merupakan tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh seorang mahasiswa dalam meraih gelar sarjana.

Memilih topik yang inovatif dan kompleks bukan ‘lah penentu berhasilnya seorang mahasiswa dalam menyelesaikan karya tulis satu ini. Komitmen dan displin tinggi ‘lah yang patut dijunjung untuk dalam mengerjakan sebuah skripsi. Kamu juga harus lebih flexible dalam mengerjakan sebuah karya skripsi.

Bingung harus mulai dari mana? Berikut beberapa tips mengerjakan skripsi yang bisa kamu coba sebagai mahasiswa akhir.

6 Tips Mengerjakan Skripsi

1Mencari topik skripsi yang spesifik dan up-to-date.

Lupakan idealismu sejenak dalam menentukan topik yang ingin kalian bahas dalam skripsimu. Beberapa mahasiswa berorientasi bahwa skripsi adalah ajang untuk melakukan penelitian akan sesuatu yang inovatif dan beda dari pada yang lain. Inovatif boleh, namun bukan berarti kalian harus mencari topik yang kompleks yang bahkan kalian sendiri belum tahu apa solusinya.

Ingat, skripsi hanya ‘lah syarat kelulusan, sebuah tugas yang wajib kalian selesaikan, buatlah tugas tersebut mudah untuk diselesaikan. Pilih saja topik yang spesifik dan aktual untuk meningkatkan kualitas skripsi kalian. Bagi kamu yang mengambil jurusan sosial, mengangkat isu-isu yang sedang hangat di masyarakat bisa menjadi pilihan. Jika kamu ingin skripsi yang mendalam, ambil topik kyang bersifat khusus dari topik yang umum. Jika kamu mengutamakan cepat selesai dengan keseterdian sumber yang banyak, kamu bisa membeli topik yang bersifat umum dan mengulas dengan cara yang singkat langsung ke inti pada setiap point.

2Menjaga hubungan baik dengan dosen pembimbing.

Inilah saat yang tepat untuk menjalin hubungan baik dengan dosen kalian. Usahakan hubungan baik telah terjalin dari awal kamu mengerjakan skripsi. Diskusikan topik yang ingin kamu bahas dalam skripsimu dengan beliau. Siapkan juga beberapa judul yang ingin kamu cantumkan dalam skripsi kalian agar beliau bisa memilihkan judul terbaik untuk kamu.

Dosen kalian akan lebih “ramah” jika beliau tahu kamu telah mempersiapkan apa yang ingin kalian diskusikan sebelum bertemu. Sebisa mungkin dengar setiap saran dari dosenmu, karena dosen pembimbing cenderung ingin dihargai dan disegani.

3Menentukan dealine dan disiplin.

Tandai kalender pribadimu! Entah dalam kalender smartphone kalian atau kalender yang terdapat di buku agenda. Hitung berapa lama total waktu yang kamu miliki untuk mengerjakan skripsi hingga deadline pengumpulan berkas. Jika dosen pembimbing kalian flexible dan mudah untuk diajak janjian, tentukan hari tertentu dimana kamu pasti akan datang untuk sesi bimbingan. Misal, di seminggu sekali setiap hari tertentu atau hanya sekali dalam dua minggu di hari tertentu.

Kalian juga harus menentukan kapan saatnya kalian observasi atau mengunjungi suatu instansi untuk wawancara, dan lakukan sesuai dengan hari yang telah ditentukan. Dengan begini sistem kebut semalam tidak akan mengintai kalian di kemudian hari saat mendekati deadline pengumpulan berkas. Displin dan komitmen tinggi merupakan hal yang paling penting saat mengerjakan skripsi. Tinggalkan dulu kebiasaan menunda pekerjaan selama mengerjakan skripsi.

4Kerjakan di tempat yang tenang.

Pada umumnya café atau tempat berkumpul kekinian menjadi tempat idaman bagi mahasiswa untuk mengerjakan skripsi. Biar santai katanya, saking santainya sampai akhirnya kamu lupa fokus mengerjakan skripsi. Kamu harus mengerahkan segala pikiran dan tenagamu jika sedang mengerjakan skripsi. Harus fokus dan disiplin pada target. Jika kamu ingin bersantai, cari ‘lah waktu tersendiri khusus untuk bersantai di akhir pekan atau hari tertentu. Itu ‘lah gunanya kamu telah menentukan jadwalmu sendiri dalam mengerjakan skripsi dari awal.

Keramaian, musik yang keras, dan makanan yang enak hanya akan menjadi pengalih perhatian. Ada baiknya kamu mengerjakan skripsi di rumah atau perpustakaan kampus. Kalian juga bisa ajak teman kalian untuk mengerjakan bersama jika tidak ingin sendirian. Tapi bukan untuk teman ngobrol ya, melainkan teman diskusi.

5Cari teman yang bisa saling mendukung.

Kamu juga bisa ajak teman atau sahabat dekatmu untuk mengerjakan skripsi bersama. Cari teman yang sama rajinnya denganmu. Atau jika kamu cenderung pemalas, cari ‘lah teman yang lebih rajin darimu sebagai motivator. Selalu diskusi tentang skripsi masing – masing dengan begitu kamu bisa mendapatkan pencerahan ketika mengerjakan skripsi.

Beberapa jurusan juga memungkinkan sesama mahasiswa untuk meneliti objek yang sama namun berbeda variabel. Atau bisa juga jika kamu punya teman yang memiliki jurusan yang ada keterkaitannya denganmu, bahas ‘lah topik yang sama namun menurut konsentrasi ilmu masing – masing. Dengan begitu wawasanmu juga akan semakin luas.

6Menjaga kesehatan.

Jangan asal rajin dalam mengerjakan skripsi sampai lupa makan dan begadang. Sakit ditengah-tengah mengerjakan skripsi jug akan menghabat kinerjamu dalam menyelesaikan skripsi tepat waktu. Oleh karena itu, jangan lupa tidur tepat waktu dan makan teratur. Kurangi juga kebiasaan ngemil saat mengerjakan skripsi, bisa-bisa kamu tambah berat badan setelah skripsi.

Makan hidangan utama dan jangan lupa minum suplemen atau vitamin C untuk menjaga imun tubuh yang bekerja lebih keras. Sediakan air putih selama mengerjakan skripsi. Hindari minum kopi terlalu banyak untuk begadang. Jika kamu displin dengan jadwal yang sedang kamu buat, kamu tidak akan perlu mengerjakan skripsi sampai begadang.

Itu ‘lah tips mengerjakan skripsi yang bisa kamu terapkan sebagai mahasiswa semeter akhir. Semoga bermanfaat dan lulus tepat waktu!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.