6 Tips Mengatasi Kecemasan Agar Hidup Lebih Tenang

Kecemasan merupakan suatu perasaan yang bersifat umum dimana seseorang merasa takut atau kehilangan percaya diri akan sesuatu yang tidak jelas. Biasanya orang cemas ketika akan menghadapi sesuatu masalah di masa depan atau masalah di masa lalu yang masih belum terselesaikan. Wajar saja kita kamu merasa cemas, tapi tentu harus tahu juga bagaimana cara mengatasi kecemasan tersebut.

Nah di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi kecemasan.

1Aktifkan respons relaksasi alami tubuh dengan pernapasan dalam

Sudah banyak artikel atau buku yang membahas tentang bantuan kecemasan, mereka akan memberi tahumu bahwa salah satu metode terbaik untuk menghilangkan kecemasan adalah fokus pada pernapasan. Pernapasan abdomen dalam mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh yang membantu kamu mengurangi kecemasan.

Berikut beberapa cara untuk bernapas dalam agar memicu respons itu:

  • Letakkan satu tangan di atas dada dan yang lain di perut.
  • Tarik napas dalam-dalam sampai tangan yang ada di perut lebih tinggi dari tangan yang ada di dada.
  • Tarik napas lewat hidung, lalu hembuskan nafas melalui mulut setelah hitungan 8 hingga 10 detik.
  • Ulangi terus hingga kamu merasa tenang, usahakan dalam satu menit kamu hanya bernafas 6 hingga 8 kali.

2Temukan “tempat bahagia” dengan menggunakan teknik visualisasi

Adam Sandler di Happy Gilmore, dia adalah pemain hoki yang menjadi pegolf yang tidak bisa menahan amarahnya sampai dia belajar teknik visualisasi untuk menenangkan dirinya. Ketika kecemasan menyerang, gunakan teknik berikut untuk membantu kamu dengan visualisasi:

  • Tarik napas yang dalam dan lambat untuk menenangkan dan menfokuskan dirimu.
    Bayangkan kamu berada di tempat buatanmu sendiri di mana semuanya persis seperti yang kamu inginkan.
  • Berfokuslah untuk memiliki indra yang berbeda di tempat bahagiamu. Jangan hanya memvisualisasikan adegan di kepala Anda, ciptakan pemandangan, suara, bau, rasa, dan sentuhan yang menyertainya dan visualisasikannya.
  • Tetap dalam adeganmu selama 5 hingga 10 menit (atau sampai kamu merasa relaks).

3Gunakan kesadaran untuk memfokuskan diri di sini dan sekarang

Dikatakan bahwa depresi adalah gejala seseorang yang terlalu banyak berfokus pada masa lalu, sedangkan kecemasan adalah gejala seseorang yang terlalu berfokus pada masa depan. Kita tidak tahu mana yang benar, tetapi kita tahu bahwa kecemasan yang kita hadapi datang saat kita mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi.

Sebagian besar kecemasan yang kita hadapi berasal dari pemikiran untuk sesuatu yang tidak ada pada saat ini. Bawa diri kamu kembali ke momen saat ini dengan menggunakan teknik koping 5-4-3-2-1 untuk mengakui hal-hal berikut di sekitar:

  • 5 hal yang bisa kamu lihat
  • 4 hal yang bisa kamu sentuh
  • 3 hal yang bisa kamu dengar
  • 2 hal yang bisa kamu cium
  • 1 hal yang bisa kamu rasakan

Pada saat kamu selesai, kamu akan menemukan diri kamu kembali pada saat sekarang berfokus pada apa yang terjadi di sini dan sekarang. Ini akan meredakan kecemasan yang kamu miliki tentang kejadian di masa depan yang belum tentu adanya.

4Pertanyakan pikiranmu dan berhenti mempercayai apa yang dikatakan oleh kecemasan.

Salah satu hal utama tentang kecemasan adalah bahwa hal itu tidak ada hubungannya dengan apa yang ada di hadapanmu. Seringkali kecemasan bisa disebabkan oleh hal-hal dari masa lalu kita yang belum kita selesaikan. Jadi, cobalah metode berikut untuk menghilangkan kecemasan :

  • Temukan hal yang lebih dalam yang memicu kecemasan.
  • Sadarilah kekonyolan dari benda itu.
  • Akui pikiran yang menyebabkan kamu cemas.
  • Sadarilah bahwa kamu melakukan yang terbaik yang dapat kamu lakukan dengan apa yang kamu miliki.
  • Bebaskan pikiran dan beri izin untuk melihat kemungkinan baru dalam hidup.

5Kurangi asupan yang memicu kecemasan seperti kafein, nikotin, dan alkohol.

Beberapa kesenangan terbesar dalam hidup juga bisa menjadi pemicu besar untuk kecemasan. Pemicu umum lainnya termasuk self-talk negatif, kebiasaan tidur yang buruk, stres, dan takut gagal. Sebagai orang yang cemas, tujuanmu adalah mencoba untuk menghapus atau mengelola pemicu ini sebanyak mungkin. Bukan berarti kamu harus hidup seperti seorang biarawan di suatu biara di suatu tempat. Kamu di sini untuk hidup, jadi jalani hidup sepenuhnya.

Kuncinya adalah memahami apa yang memicu kamu menjadi cemas sehingga kamu dapat menemukan cara untuk mengelolanya. Jika kamu mengenal diri sendiri dan bagaimana kamu bereaksi terhadap hal-hal tertentu, kamu dapat membuat rencana untuk cara terbaik mengurangi kecemasan diri ketika kamu mengalami hal-hal itu. Tetapi, pada akhirnya, hal-hal seperti kafein dan nikotin sebenarnya menjadi salah satu dari banyak kecemasan yang kamu rasakan. Jadi cobalah untuk menghindarinya jika itu mungkin.

6Tulis dan bicarakan kecemasanmu

Saat kamu merasakan cemas, kamu bisa menulis jurnal atau catatan kecil. Jika kamu tipe orang yang tidak suka menulis, ambil perangkat perekam portabel dan bicaralah tentang kecemasanmu. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah dengan berbicara dengan dirimu sendiri. Kamu bisa mendengar kembali kecemasanmu untuk mencari solusi dari masalah itu. Kamu akan bisa leluasa berbicara secara bebas dan membuat kamu sadar untuk menjauhi masalah seperti itu. Jadi kamu bisa membantu mengatasi kecemasan.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kecemasan dari kami. Tetap fokus pada masa yang sedang kamu jalani dan jangan terlalu memikirkan hal yang telah terlewati atau yang bahkan belum datang. Semoga tips ini berguna dalam mengatasi kecemasan dalam keseharianmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.