6 Tindakan Antisipasi Jika Terjadi Gunung Meletus Yang Wajib Kamu Ketahui!

6 Tindakan Antisipasi Jika Terjadi Gunung Meletus Yang Wajib Kamu Ketahui!
6 Tindakan Antisipasi Jika Terjadi Gunung Meletus Yang Wajib Kamu Ketahui!

Sejatinya, bencana alam memang tidak bisa kita lawan ataupun kita tundukkan. Seperti halnya letusan freatik Gunung Tangkuban Perahu yang kemarin-kemarin baru saja terjadi dan menggegerkan masyarakat. Namun, bukan berarti tidak ada upaya, kita masih bisa melakukan berbagai Antisipasi Gunung Meletus untuk meminimalisir segala hal buruk yang bisa terjadi.

Seperti yang dikatakan oleh Pusat Vukanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang sudah merilis laporan aktivitas Gunung Tangkuban Perahu beberapa hari yang lalu. Berdasarkan pengamatan PVMBG, dari pukul 06.00 hingga pukul 12.00 WIB kemarin lusa, cuaca di sekitar Gunung Tangkuban Perahu mulai cerah dan berawan. Angin di sekitarnya pun bertiup lemah dan sedang ke arah selatan. Berdasarkan pengamatan tersebut, PVMBG menyimpulkan bahwa, tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Perahu masih berada pada level I dan bisa dibilang normal.

6 Tindakan Antisipasi Jika Gunung Meletus Yang Bisa Sangat Membantu

Jika Gunung Tangkuban Perahu mulai terlihat aman, di ujung Indonesia lain ada gunung yang mulai erupsi kemarin pagi. Ya, Gunung Kerinci yang merupakan gunung paling tinggi di Indonesia yang berada di Sumatera Utara. Bencana alam, tiada habisnya menerpa Indonesia, dengan ditambah aktifnya Gunung Kerinci. Namun, kita tidak boleh panik apalagi sampai ketakutan setengah mati.

Ada hal lain yang bisa kamu lakukan, bila tempat tinggalmu berada dekat dengan gunung yang aktif dan sewaktu-waktu bisa meletus. Berbagai tindakan Antisipasi Gunung Meletus bisa kamu lakukan sebagai tindakan perjuangan. Maka dari itu, selain berdo’a pada Yang Maha Kuasa, kamu wajib mengetahui beberapa tindakan Antisipasi Gunung Meletus yang ada di bawah ini:

1Jika Letusan Belum Membahayakan, Sediakan Stok Makanan Dan Minuman

Jika Letusan Belum Membahayakan, Sediakan Stok Makanan Dan Minuman
Jika Letusan Belum Membahayakan, Sediakan Stok Makanan Dan Minuman

Antisipasi Gunung Meletus yang pertama, jika keadaan belum membahayakan, pemerintah setempat tidak akan menghimbau masyarakat untuk segera mengungsi. Nah, jika listrik mulai padam, PDAM sudah tidak jalan, ditambah di rumahmu tidak ada sumur, bisa jadi toko yang menjual air minum tutup atau mungkin kehabisan stok. Maka dari itu, lebih baik segera berjaga-jaga.

Selalu memantau berita setiap harinya, adalah hal yang sangat penting. Demikian juga dengan obat-obatan, kamu mempersiapkan beberapa obat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Soal makanan juga sangat penting, kamu bisa menyediakan berbagai makanan seperti mi instan, sarden, telur, sosis, dan makanan lainnya yang mudah dimasak. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk menyetok roti dan biskuit.

2Pastikan Tidak Putus Komunikasi Dengan Keluarga

Pastikan Tidak Putus Komunikasi Dengan Keluarga
Pastikan Tidak Putus Komunikasi Dengan Keluarga

Nah, Antisipasi Gunung Meletus yang selanjutnya mengenai komunikasi. Saat bencana alam terjadi, sistem komunikasi hingga listrik bisa saja terganggu. Tidak asa salahnya untuk selalu menyediakan power bank. Lalu, jangan sampai terputus komunikasi dengan keluarga. Selalu aktif dalam memberi kabar, baik secara personal ataupun dalam grup keluarga.

Hal tersebut, akan sangat membantu. Apabila komunikasi tiba-tiba terputus, pihak keluarga akan tahu kabar terakhirmu. Dan hal tersebut bisa memudahkan pihak keluarga untuk melapor pada petugas setempat untuk segera menolongmu.

3Segera Mengungsi Ke Tempat Yang Lebih Aman

Segera Mengungsi Ke Tempat Yang Lebih Aman
Segera Mengungsi Ke Tempat Yang Lebih Aman

Antisipasi Gunung Meletus yang satu ini, akan sangat penting, jika petugas setempat sudah mengeluarkan peringatan untuk segera mengungsi ke tempat aman atau ke posko pengungsian. Biasanya, jika terjadi letusan terdapat bunyi sirine sebagai tanda peringatan pada masyarakat.

Jika kamu tinggal di area yang termasuk daerah rawan, segera bergegaslah menuju titik kumpul sambil membawa beberapa perlengkapan darurat yang bisa kamu bawa.  Ikutilah proses evakuasi yang sesuai dengan instruksi yang diarahkan oleh para petugas. Perhatikan instruksi darurat tersebut dengan baik dan seksama.

Instruksi darurat tersebut akan mengarahkan kamu pada saat evakuasi, untuk bergegas ke tempat lain yang disinyalir lebih aman. Meski terlihat aman tinggal di rumah hingga menunggu letusan, hal itu sangatlah berbahaya. Pasalnya, gunung yang meletus bisa saja memuntahkan gas panas, abu, lahar, hingga batu yang bisa merusak. Jadi, sebisa mungkin jangan pernah abaikan instruksi darurat yang diberikan oleh petugas berwenang.

Kenalilah berbagai daerah setempat yang bisa jadi adalah tempat aman, untuk dijadikan tempat-tempat untuk mengungsi. Setelah itu, jauhilah area berbahaya yang sudah ditentukan radiusnya oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Kamu bisa segera menjauhi daerah lereng gunung, lembah, sungai, dan juga daerah yang berpotensi menjadi jalur aliran lahar.

4Sebisa Mungkin Pakailah Pakaian Yang Tertutup

Sebisa Mungkin Pakailah Pakaian Yang Tertutup
Sebisa Mungkin Pakailah Pakaian Yang Tertutup

Nah, Antisipasi Gunung Meletus yang selanjutnya ini bisa kamu perhatikan juga dengan seksama. Saat petugas setempat sudah menyatakan waspada, kamu baiknya dengan segera menyiapkan berbagai hal untuk perlindungan dan pertahanan. Meski kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan, atau tidak semudah di film-film. Minimal dengan sedikit membaca, kamu tidak akan terlalu panik.

Nah, siapkan barang-barang yang bisa membantu seperti senter dan juga baterai ekstra, lalu kotak P3K, masker jenis N 95, kacamata, kantung tidur, dan  juga radio dengan baterai. Dan yang paling penting, selalu sediakan pakaian hangat dan juga pakailah baju yang tertutup dan hangat.

5Jika Hujan Abu Sudah Berhenti, Segera Cek Atap Rumah

Jika Hujan Abu Sudah Berhenti, Segera Cek Atap Rumah
Jika Hujan Abu Sudah Berhenti, Segera Cek Atap Rumah

Nah, Antisipasi Gunung Meletus yang selanjutnya, jika petugas tidak menyatakan untuk mengungsi karena keadaan tidak membhayakan, tentu kamu akan lebih aman di rumah. Biasanya, setelah hujan abu berakhir, abu akan sangat banyak sekali menumpuk, terutama di bagian genteng rumah. Nah, abu tersebut bisa jadi bukit dan terlalu berat bagi genteng rumah.

Setelah hujan abu tersebut, kamu bisa siram halaman depan yang tertutup oleh abu vulkanik dengan air mengalir atau dibersihkan dengan cara di cangkul atau di sekop. Dengan cara ini, paling tidak akan mengurangi abu yang menumpuk dimana-mana. Setelah hujan, diharapkan abu-abu tersebut juga dapat hilang dengan sendirinya.

6Jangan Panik Dan Tetap Waspada

Jangan Panik Dan Tetap Waspada
Jangan Panik Dan Tetap Waspada

Antisipasi Gunung Meletus yang terakhir ini, memanglah tidak mudah. Namun, dengan sedikitnya membaca, kamu bisa sedikit merasa aman. Nah, pastikan kamu tetap menyalakan radio tadi yang sudah kamu persiapkan untuk mengetahui kabar terkini. Karena, bisa saja komunikasi dan listrik ikut terputus, hanya radio baterai tadi yang bisa diharapkan.

Jika kamu sedang berkendara, segeralah berhenti dan lebih baik menetap di dalam rumah. Pasalnya, hujan abu bisa merusak mesin pada kendaraan seperti rem, persneling, hingga knalpot. Jangan berkecil hati, karena petugas setempat selalu sigap untuk membantu masyarakat. Jika kamu harus mengungsi, petugas setempat akan mengintruksikan dengan seksama pada masyarakat setempat. Dengan tidak panik, kamu akan dengan mudah memahami kondisi setempat.

Juga, jika disekitar rumahmu ada yang membutuhkan pertolongan, kamu bisa saling tolong-menolong. Nah, dengan berbagai tindakan tersebut, semoga kamu dan kita semua yang berada dekat dengan gunung yang aktif, semoga diberi kemudahan dan selalu dalam lindungan-Nya. Setidaknya kita sudah berusaha untuk yang terbaik bukan?

Itulah keenam tindakan Antisipasi Gunung Meletus yang bisa kamu lakukan untuk berjaga-jaga. Bencana memang bisa datang tidak terduga. Kehendak Tuhan memang tidak bisa dicegah, namun kita harus berlapang dada untuk menerima takdir dengan melakukan berbagai usaha yang seharusnya kita lakukan. Semoga kita selalu dalam perlindungan Tuhan dimanapun berada.