6 Tempat Makan Halal yang ada di Jepang

6 Tempat Makan Halal yang ada di Jepang
6 Tempat Makan Halal yang ada di Jepang

Mencari Tempat Makan Halal di Jepang, memang susah-susah gampang.  Pasalnya, jika Anda berkunjung ke Jepang, tidak semua tempat makan meyediakan menu halal disana. Oleh karena itu, sebelum pergi ke Jepang, ada baiknya Anda memikirkan hal ini dengan sangat teliti. Mungkin jika Anda sudah berpengalaman tinggal di Jepang, Anda sudah tahu dimana saja tempat makan yang berlabel halal.

Atau mungkin bagi Anda yang sudah lama tinggal di Jepang, Anda bisa memasak sendiri untuk kebutuhan makan sehari-hari. Jangankan makanan berat, makanan ringan semisal cokelat yang juga di jual di Indonesia, bisa saja komposisinya mengandung minyak babi disana. Jadi, jangan sembarang membeli camilan di Jepang, sebelum Anda mengetahui label halalnya. Nah, jika Anda baru pertama kali pergi ke Jepang, Anda bisa menyimak beberapa Tempat Makan Halal di Jepang, yang sudah Kami rangkum di bawah ini.

6 Rekomendasi  Tempat Makan Halal yang ada di Jepang

Berikut ini adalah, referensi Tempat Makan Halal di Jepang, yang pada umumnya di kota-kota besar ini banyak didatangi oleh para wisatawan. Seperti Tokyo, Kyoto dan juga Osaka. Langsung saja simak rekomendasi berikut ini.

1Matsuri, Noda, Osaka

Matsuri, Noda, Osaka
Matsuri, Noda, Osaka

Tempat Makan Halal yang pertama adalah, Kedai Matsuri. Kedai ini lumayan cukup besar, yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu satu ruangan dengan meja dan kursi seperti biasa. Sedangkan ruang lainnya, dengan meja dan Anda bisa duduk lesehan. Pelayanan nya juga sangat ramah dan sangat baik. Kedai ini tutup pada malam hari, namun jika Anda datang terlalu malam pun Anda masih diperbolehkan masuk.

Lokasi Kedai Matsuri yang baru dibuka pada Mei 2016 ini, cocok sekali didatangi terlebih jika Anda dan keluarga, selesai berwisata dari wahana Universal Studio Japan. Karena setelah Anda dari stasiun Universal City, Anda bisa menuju stasiun Nishikujo, dan Anda hanya perlu berganti kereta JR Osaka Loop Line lokal yang berwarna oranye dengan jarak 1 stasiun saja menuju JR Noda ini.

Untuk akses lainnya, Anda bisa datang ke Kedai ini melalui exit subway Nodahanshin, Sennichimae Line exit 7, sangat dekat jika berjalan pun hanya 20 meter. Nah disini juga disediakan Prayer Room, untuk Anda yang mau melaksanakan ibadah Shalat. Toilet juga disediakan.

2Sojibo Soba, Kansai, Osaka

Sojibo Soba, Kansai, Osaka
Sojibo Soba, Kansai, Osaka

Tempat Makan Halal disini juga tak kalah nikmat, ada Mie soba yang juga enak di Kedai ini. Desain di dalam kedai dan juga menu yang disedikan sangat terasa sekali atmosfir Jepangnya. Porsi soba disini terkenal dengan hot kuahnya sangat besar, bagaimana apakah Anda bisa menhabiskan soba dalam satu mangkok yang besar di Kedai ini?

Akses menuju kesini adalah, Anda bisa memulainya dari Terminal 1 Kansai Airport, ke lantai 3, Anda bisa berjalan hampir sampai paling ke ujung menjauhi store Uniqlo, kira-kira tepat di depan sushi Ganko. Namun, disini tidak ada Prayer Room, tapi Anda bisa ke Prayer Room yang berada di airport, yang letaknya tidak jauh dari Kedai ini. Karena masih satu lantai dengan Sojibo Soba ini. Letak Prayer Room disana, bersebelahan dengan store Uniqlo yang berada tepat di depan eskalator.

3Naritaya Halal Yakiniku, Gion, Kyoto

Naritaya Halal Yakiniku, Gion, Kyoto
Naritaya Halal Yakiniku, Gion, Kyoto

Ukuran salah-satu Tempat Makan Halal Naritaya ini, terbilang cukup besar untuk menampung banyaknya pengunjung dan berdesain lebih modern dari kedai-kedai Jepang pada umumnya. Menu utama disini, adalah lembaran-lembaran daging yakiniku dengan media panggang di meja yang bisa Anda panggang sendiri. Disini juga menyediakan menu nasi beef bowl sebagai menu pilihan lain. Disini juga tidak ada  Prayer Room, tapi Anda boleh menumpang sholat di Gion Ramen, karena masih satu manajemen dengan kedai ini.

4Sekai Café Asakusa, Tokyo

Sekai Café Asakusa, Tokyo
Sekai Café Asakusa, Tokyo

Dulunya Tempat Makan Halal yang satu ini, mempunyai menu nasi, tapi mulai pada bulan Maret 2017, mereka memperbarui menu dengan menghilangkan menu nasi. Jadi menu pengganti nasi, Anda bisa memesan kentang french fries, chewy curly potato,  roti, Asakusa burger, pizza, tumis mushroom, grilled lamb chopped, dan ada juga semangkuk besar salad. Di resto ini, semua bumbu made by themselves dan tanpa  MSG, jadi bukan menggunakan bumbu bahan instan. Tempat ini, letaknya tidak jauh dari gerbang Kaminarimon. Prayer Room, disediakan dengan tirai tertutup untuk satu, atau dua orang saja. Toilet juga disediakan.

5Asakusa Sushiken, Tokyo

Asakusa Sushiken, Tokyo

Tempat Makan Halal yang berikutnya adalah, Asakusa Sushiken. Letak tempat makan ini, kira-kira berada di sebrang jalan raya area gerbang Kappabashi. Berlokasi tak jauh di sisi luar Asakusa Nakamishe shop area. Bisa jadi tempat alternatif lain, untuk tempat lunch Anda dan keluarga. Dengan menu sushi yang halal dan juga enak, yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke area Asakusa.

Untuk harganya sendiri, lumayan tidak akan menguras kantong. Atau Anda bisa mengajak teman dan juga keluarga untuk patungan, agar bisa memesan lebih banyak makanan disini. Akses menuju tempat makan ini, tak jauh dari Asakusa station Ginza Line exit 1, dan dari Gerbang Kaminarimon, Anda bisa tetap berjalan sampai bertemu dengan pertigaan besar, dan ada gedung ber-baliho lumayan besar. Kemudian Anda belok kanan, dan tempat makan ini kira-kira berada 50 meter dari gedung berbaliho besar tadi. Prayer Room uuntuk Anda menjalankan ibadah Shalat pun disediakan disini.

6Siddique Restaurant, Shinjuku Nishiguchi, Tokyo

Siddique Restaurant, Shinjuku Nishiguchi, Tokyo
Siddique Restaurant, Shinjuku Nishiguchi, Tokyo

Nah, Tempat Makan Halal yang terakhir ini, terbilang sangat unik. Mungkin, saat pertama kali datang ke sini, Anda akan merasa berada di restoran timur tengah denga menu khas nya yang sangat lezat, jarang ditemukan di Jepang bukan? Resto ini, memang menyediakan menu Pakistan dan juga India.

Rasa makanannya sendiri sangat enak dan sangat pasti spicy. Anda bisa memesan menu yang mirip dengan nasi kuning (turmeric rice), yang harganya 250 yen dan juga Anda bisa memesan tandori chicken 2 potong, dengan ukuran regular yang harganya 500 yen. Tak ketinggalan, ada juga roti til naan, yang berukuran kecil (roti berbentuk segitiga yang gurih) dan Anda bisa mendapat sekeranjang besar naan.

Anda bisa naik Bis Kawaguchi, menuju pemberhentian terakhirnya yaitu di jalan raya sebrang area West exit Shinjuku station, yang mayoritasnya sudah di Expressway Bus Terminal gedung NEWoMAN saja. Lalu, dari tempat bis berhenti tadi, Anda bisa jalan terus kira-kira sampai 350an meter ke arah stasiun Shinjuku-Nishiguchi, dan resto ini  ada di sebelah kiri jalan. Prayer Room disini juga tidak ada. Tapi, karena mereka sangat ramah, mereka menawarkan ruang staf yang boleh digunakan untuk Anda sholat disana.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mendatangi salah-satu Tempat Makan Halal yang ada di Jepang tersebut? Semoga rekomendasi tempat makan hahal di atas, bisa menjadi referensi untuk Anda yang mau berkunjung ke Jepang dan masih bingung mau makan dimana.