6 Prospek Kerja Jurusan Komunikasi Di Era Modern

prospek-kerja-jurusan-komunikasi

Kosongan – Salah satu jurusan yang banyak diminati oleh para pelajar adalah Jurusan Komunikasi. Komunikasi merupakan jurusan yang mempelajari berbagai teori komunikasi dan memiliki banyak bidang kerja pula. Karena semua perusahaan pasti membutuhkan komunikasi. Dan ilmu komunikasi yang baik dan benar tidak semudah orang melakukan komunikasi sehari-hari.

Sebagai mahasiswa komunikasi, kamu akan mempelajari berbagai teknik komunikasi professional. Mulai dari bagaimana membuat kesepakatan dengan perusahaan, membuat pesan yang bersifat mengundang, hingga menciptakan berbagai ide baru untuk perkembangan sebuah perusahaan.

Jurusan Komunikasi memiliki lingkup pekerjaan yang cukup luas. Bagi kamu yang masih bingung mau jadi apa, berikut beberapa prospek kerja jurursan komunikasi.


6 Prospek Kerja Jurusan Komunikasi

1Digital Marketing

Bagi kamu yang kurang percaya diri menghadapi orang secara langsung, bukan berarti kamu tidak bisa bekerja di bidang komunikasi. Salah satu prospek kerja jurusan komunikasi yang bisa kamu jadikan tujuan adalah digital marketing.

Seiring berkembangnya teknologi dan media internet, banyak perusahaan yang mulai melancarkan strategi marketing melalui internet. Oleh karena itu, mereka akan membutuhkan pegawai yang ahli dalam bidang digital marketing.

Lingkup tugas digital marketing diantaranya; menjangkau klien lama maupun baru melalui media internet miliki perusahaan, mengoperasikan semua media internet perusahaan (e-mail, website, social media, dan lain-lain), pokoknya segala hal yang berhubungan denga media internet perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

Setidaknya kamu harus mahir membuat perencanaan media online perusahaan dan mengetahui basic dari blogging dan iklan melalui social media.

2Social Media Specialist

Berikutnya adalah bidang kerja yang lebih mengerucut lagi dari Digital Marketing, yaitu Social Media Specialist. Semakin hari, social media seperti Twitter, Instagram, Facebook, hingga Snapcat bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis. Namun tidak sembarang upload konten, perlu perencanaan dan konsep yang rapi dan sesuai dengan citra perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan akan seorang social media specialist untuk memaksimalkan pencitraan perusahaan melalui media social. Jika kamu ingin menjadi social media specialist, kamu harus memiliki kemampuan perencanaan konten. Misal, dalam sebeluna kamu harus bisa menentukan tema dan sudah memiliki konten yang ingin di share. Dan merancang bagaimana supaya konten tersebut menarik perhatian.

Sempatkan diri untuk belajar berbagai layanan iklan dalam social media seperti Instagram Ads, Twitter Ads, dan lain-lain.

3Creative Content Creator

Buat kamu yang ingin bekerja di industri kreatif, sekarang telah banyak website hiburan yang membuka lowongan untuk pekerja profesional. Mulai dari website besar seperti KapanLagi, GoGirl, IDN Times, dan masih banyak lagi perusahaan start up lainnya. Setiap harinya, mereka pasti membutuhkan konten yang menarik dan segar untuk diterbitkan. Dan setiap jangkah waktu tertentu harus ada perubahan konten.

Buat kamu yang kreatif dan tertarik bekerja di bidang jurnalis kreatif, kamu bisa menjadi creative content creator. Menjadi content creator kamu harus update dengan trend terbaru dan menjaga agar perusahaan kamu tidak ketinggalan jaman atau bahkan menjadi trensetter.

Kamu juga bisa menciptakan lapangan usaha sendiri dengan kemampuan ini. Mulai dari membuat website, social media dengan konten menarik harian, hingga akun YouTube dengan konten kreatif seperti Buzzfeed.

4Content Writer

Salah satu bentuk komunikasi adalah dengan membuat tulisan. Setiap perusahaan pastinya membutuhkan pegawai yang mampu membuat deskripsi produk perusahaan. Tak hanya tentang fungsi dan keunggulan produk namun bagaimana sebuah artikel dapat memancing orang untuk membeli produk tersebut. Hal ini merupakan tugas dari seorang content writer.

Ada pula content writer yang menulis untuk website kontent viral seperti yang telah disebutkan di prospek kerja sebelumnya. Tak hanya membuat konten viral yang clickbaity, namun, seorang content writer yang profesional juga harus mampu membuat konten yang berkualitas dan informatif.

Ada orang yang pandai berkomunikasi secara lisan, ada juga orang yang lebih unggul dalam komunikasi tulisan. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari seorang content writer.

5MC Event

Kalau kamu suka tampil di depan banyak orang dan pandai mencairkan suasana, kamu bisa menjadi MC (Mater of Ceremony) untuk event-event di kotamu. Menjadi MC juga bisa membuat kamu menjadi seorang public figure, lho. Jangan anggap seorang MC kerjaannya hanya melawak dan omong kosong dalam sebuah acara. MC memiliki tugas untuk menjaga suasana acara dan mengatur alur dari acara dengan gaya yang santai atau sesuai dengan jenis acara.

Seorang MC harus mampu sigap dalam menanggapi segala kejadian dalam event. Serta mengatur masa dengan kemampuan komunikasinya.

6Event Organizer

Salah satu bidang pekerjaan jurusan komunikasi yang seru dan asik adalah menjadi event organizer. Jaman sekarang, banyak orang yang malas mengurus banyak hal untuk hari besar mereka, seperti hari ulang tahun, pernikahan, hingga reuni. Banyak orang lebih suka menyewa jasa event organizer agar mereka bisa leluasa menikmati hari bahaggia mereka.

Seorang event organizer harus mampu membuat klien merasa nyaman dan didengarkan permohonannya. Serta memiliki kemampuan perencanaan yang detil dan rapi. Jika kamu ingin menjadi seorang event organizer, kamu juga harus menjadi orang yang dinamis dan tahan banting akan segala tantangan. Karena membuat event yang berjalan lancar adalah tugas yang susah.

Kamu juga tidak akan bekerja sendirian, sehingga kamu harus memiliki kemampuan komunikasi dan kerja sama tim yang bagus.


Itu tadi beberapa prospek kerja jurusan komunikasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuanmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.