6 Perbedaan Antara Naksir Dengan Jatuh Cinta

jatuh_cinta_dan_naksir

KosonganSiapa sih yang gak pernah jatuh cinta? Eits, jangan terlalu percaya diri dulu kalau kamu sedang jatuh cinta. Jatuh cinta dan naksir itu berbeda. Jatuh cinta bukan hal yang sebetulnya mudah dibuktikan. Banyak orang tanpa berpikir dua kali langsung menyakini bahwa dirinya sedang jatuh cinta. Biasa jadi perasaan tersebut hanya sebentar alias naksir.

Untuk paham lebih jelas perbedaan antara naksir dengan jatuh cinta, simak artikel berikut ini.

6 Perbedaan Naksir Dengan Jatuh Cinta

1Perasaan naksir muncul dengan cepat, sementara cinta bertumbuh secara perlahan.

jatuh_cinta_dan_naksir

Hari pertama masuk kuliah, kamu melihat senior yang tampan dan membuat hati kamu bergetar seketika. Itu ‘la yang namanya naksir. Kamu mungkin juga ingat saat masih di sekolah dasar naksir sama teman sekelas. Cinta pada pandangan pertama adalah istikah yang sebenarnya hanya puisi semata. Sesuatu yang “menghantam”-mu secara tiba-tiba merupakan perasaan naksir. Kamu bahkan tidak tahu latar belakang dan sifatnya yang asli, so, mana mungkin kamu rela mati untuknya hari itu juga? Karena cinta merupakan persaan yang lebih kompleks.

Jatuh cinta yang sejati tumbuh secara perlahan. Di awali dengan perkenalan yang manis, mungkin awalnya kamu sudah tertarik dengan si dia. Namun, cinta tumbuh karena hubungan yang intens dan bersifat positif. Bahkan ada orang yang berteman sampai bertahun-tahun dan baru jatuh cinta setelah sudah dewasa.

Cinta tumbuh terus menerus, semenatara naksir memiliki jangkah waktu sampai kamu mulai bosan atau menemukan hal yang membuat kamu ill feel.

2Naksir membuat kamu gugup, sedangkan cinta membuat kamu merasa tenang.

jatuh_cinta_dan_naksir_3

Ketika kamu naksir dengan seseorang, kamu cenderung akan gugup dan hanya puas mengamati dari jauh. Karena kamu tidak punya keberanian untuk mendekati. Perasaan naksir akan terasa lebih mengebuh-gebuh dan membuat kamu jadi gila terkadang. Kamu juga selalu merasa kurang untuknya dan tidak percaya diri.

Sementara cinta akan membuat kamu merasa tenang. Berbeda dengan naksir, kamu akan memiliki keberanian untuk menyapa dan berusaha dekat dengannya. Kamu tidak akan merasa gugup saat sedang berbicara dengannya dan menikmati waktu bersama. Hal ini juga berlaku meskipun kalian belum jadian.

3Naksir biasanya karena penampilan fisik, sementara cinta juga mampu menerima kekurangan.

jatuh_cinta_dan_naksir_2

Ketika kamu naksir, dari awal jumpa biasanya kamu tertarik karena penampilannya. Entah dia rupawan atau memiliki gaya berbusana yang menunjang penampilannya. Atau pembawaannya yang cool dan tampak sempurna bagimu. Jika kamu berhasil berbicara dengannya pun, kamu mungkin suka karena kalian ternyata juga memiliki kegemaran yang sama. Terkadang kamu juga jadi suka mensama-samakan kesukaanmu dengannya. Kau juga takut tampil kucel di depannya. Karena kamu hanya ingin terlihat sempurna baginya, kamu tidak percaya dia dapat menerima kekuranganmu. Semuanya akan tampak sempurna bagimu dan membuat kamu yakin bahwa yang kamu rasakan adalah cinta. 

Padahal, cinta berarti juga dapat menerima kekurangan si dia. Kalian tidak mesti memiliki selera musik atau film yang sama, cinta lebih tentang perasaan. Selama kamu merasa nyaman dengannya dan bisa menjadi dirimu sendiri dengan segala kekurangan. Dan sebaliknya, kamu tidak keberatan dengan kekurangannya. Kamu juga akan memiliki keinginan untuk berbagi rahasiamu dengannya dan melihat reaksinya. Kamu ingin diterima juga dengan segala kelemahanmu.

4Naksir membuat kamu merasa gelisah, sementara cinta memiliki rasa percaya.

jatuh_cinta_dan_naksir_5

Ketika naksir dengan seseorang, kamu jadi mudah gelisah jika si dia juga dekat dengan orang lain, kamu akan mulai membandingan dirimu dengan orang tersebut. Dan biasanya kamu akan merasa kurang terus dan selalu rendah diri. Karena kamu masih tidak bisa merasakan cintanya, sesuatu yang kamu inginkan darinya.

Sementara cinta membuat kamu merasa percaya diri. Jika kamu yakin orang yang kamu cintai hanya memiliki perasaan padamu, kamu tidak akan gelisah ketika ia menghabiskan waktu dengan orang lain sekali-kali. Jika pun akhirnya kamu tahu dia tidak memiliki perasaan yang kau harapkan, kamu akan lebih lapang dada melepasnya.

5Naksir bersifat sementara, sementara cinta bertahan lama.

jatuh_cinta_dan_naksir_4

Naksir datang dengan cepat dan biasanya tidak bertahan lama. Semua perasaan yang kamu rasakan sudah mengebuh-gebuh dari awal, sehingga dalam jangka waktu yang cepat, perasaan itu akan cepat berakhir karena “menghabiskan energimu”.

Sementara cinta bertahan lama karena tumbuh dengan proses. Kualitas perasaan jadi lebih kuat dan kompleks. Akan ada banyak alasan yang membuat kamu susah untuk berhenti mencintai meski sedang menghadapi masa genting. Kamu juga tidak akan mudah menyerah dan mencari berbagai cara untuk memperjuangkan perasaanmu.

6Naksir hanya untuk senang-senang, sementara cinta adalah komitmen.

pacar_posesif_8

Mungkin kamu memiliki pengalaman pacaran di usia yang muda. Ada yang memang berakhir menjadi cinta sejati, namun kebanyakan hanya untuk senag-senang semata. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, naksir melibatkan perasaan yang mengebuh-gebuh dan hanya berorientasi pada hal-hal menyenangkan dalam hubungan tersebut. Hal ini akan membuat kamu cepat ill feel ketika menemukan sesutau yang tidak cocok dengan si dia.

Sedangkan jatuh cinta adalah komitmen. Cinta harus bisa menerima kelebihan dan kekurangan. Cinta sanggup bertahan meski dalam pertikaian yang tampaknya adalah akhir dari hubungan. Cinta adalah komitmen, jika kamu sedang jatuh cinta, kamu bisa melihat dirimu dengannya di masa depan dan memang menginginkan dia untuk berada di sisimu. Tidak hanya senang-senang, namun juga melakukan hal serius seperti mendukung mimpi mereka dan membangun hidup bersama.