6 Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa dengan Segudang Manfaatnya

6 Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa dengan Segudang Manfaatnya
6 Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa dengan Segudang Manfaatnya

Rasanya, waktu berbuka Puasa memang menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh orang yang sedang berpuasa. Tapi, bukan hanya itu, berpuasa justru membuat tubuh menjadi lebih sehat, dan diet terbaik menurut Umat Muslim, adalah dengan berpuasa. Nah, saat berbuka Puasa, berbukalah dengan Makanan untuk Berbuka Puasa yang baik dan bermanfaat.

6 Makanan Terbaik untuk Berbuka Puasa yang Wajib Dicoba Setiap Hari!

Makanan untuk Berbuka Puasa yang baik dan juga menyehatkan, wajib di konsumsi setiap harinya. Karena setelah seharian berpuasa, tubuh biasanya akan kehilangan banyak cairan, bisa mudah lemas dan tidak berenergi. Bahkan, ada orang yang jatuh sakit gara-gara terlalu banyak makan saat berbuka Puasa.

Meski seharian telah berpuasa, bukan berarti saat berbuka Puasa Kamu bisa balas dendam, dengan memakan semua makanan yang Kamu inginkan. Terlebih jika makanan tersebut makanan berat dan berlemak. Pilihlah Makanan untuk Berbuka Puasab dengan bijak, untuk kebaikan diri sendiri.

Bukan berarti Kamu tidak boleh makan bakso, seblak dan sebagainya. Melainkan, Makanan untuk Berbuka Puasa yang berikut ini minimal Kamu konsumsi setiap 4 kali dalam satu minggunya. Langsung saja simak beberapa Makanan untuk Berbuka Puasa yang sangat baik di bawah ini:

1Kurma

Kurma
Kurma

Makanan untuk Berbuka Puasa yang satu ini, tentu saja sangat identik dengan datangnya Bulan Ramadhan. Orang-orang Arab sejak zaman para Rasul, rutin mengkonsumsi Kurma, baik untuk Sahur dan untuk berbuka Puasa. Karena itulah, buah yang berasal dari negara-negara Timur Tengah ini sangat direkomendasikan untuk dimakan saat berbuka Puasa.

Dengan menjadikan Kurma sebagai Makanan untuk Berbuka Puasa, rasa manis yang terdapat di dalamnya, akan membuat perut Kamu terasa lega dan tidak akan membuat Kamu makan secara berlebihan. Perlu Kamu ketahui, selain memberikan efek mengganjal perut saat berbuka Puasa dengan rasa manisnya, buah Kurma ternyata memberikan banyak efek positif untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, Kurma ternyata mempunyai kandungan yang mampu membuat sistem pencernaan yang beristirahat setelah seharian berpuasa, menjadi aktif kembali dan siap diberi oleh berbagai asupan makanan dan juga minuman. Kurma kaya akan kandungan fruktosa dan glukosa alami, yang bisa menjadi sumber energi untuk membuat tubuh yang awalnya lemas karena seharian berpuasa akan menjadi bugar kembali.

2Telur

Telur
Telur

Selanjutnya ada Telur yang direkomendasikan sebagai Makanan untuk Berbuka Puasa.  Telur memang kaya gizi, mulai dari protein, asam lemak omega-3, vitamin A, E, K, D, B6, B12 hingga seng, zat besi dan juga selenium. Telur dapat mengenyangkan, sehingga mencegah Kamu tidak ngemil sembarangan saat berbuka Puasa.

Dan yang paling utama, Telur mengandung 77 kalori, 6 gram protein dan 5 g lemak sehat. Tidak ada bahan makanan lain yang mempunyai kandungan nutrisi selengkap Telur. Protein yang terdapat di dalam Telur ini, sangat penting untuk menjaga fungsi alat tubuh. Selain itu, Makanan untuk Berbuka Puasa yang satu ini, mengandung asam amino essensial yang juga mampu membantu menjaga berat badan dan membentuk jaringan otot agar tetap sehat.

Itulah salah satu alasan yang paling penting, kenapa Telur harus jadi menu Makanan untuk Berbuka Puasa atau juga Sahur. Telur juga sangat mudah diolah menjadi berbagai sajian yang lezat. Bisa digoreng, direbus, omelet, orak-arik, dijadikan campuran sup, dan juga salad. Bisa dikreasikan sesuai dengan selera.

3Roti Gandum

Roti Gandum
Roti Gandum

Makanan untuk Berbuka Puasa yang satu ini, memang jarang dijadikan menu makanan oleh orang Indonesia. Namun, Roti Gandum nyatanya mempunyai banyak kandungan serat dan nutrisi yang penting untuk tubuh. Jika dibandingkan dengan roti tawar putih, Roti Gandum memiliki tiga lapisan nutrisi yang lengkap yaitu endosperma, dedak, dan juga benih, yang ketiganya merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh.

Kandungan serat yang tinggi pada Roti Gandum dapat menjaga kesehatan pencernaan, menjaga usus agar terbebas dari kotoran, dan juga racun. Jika Kamu rutin mengonsumsi Roti Gandum saat berbuka Puasa, Kamu akan terhindar dari berbagai macam penyakit pencernaan, dan salah satunya adalah dapat mencegah perut sembelit penyakit jantung, dan juga dapat meminimalkan terjadinya penyakit kardiovaskular.

4Salad Buah

Salad Buah
Salad Buah

Salad Buah, merupakan salah satu Makanan untuk Berbuka Puasa yang sangat baik untuk dikonsumsi, karena sangat kaya manfaat untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi Salad Buah ketika berbuka Puasa, ternyata manfaatnya sangat banyak untuk tubuhmu. Dengan mengkonsumsi Salad Buah dari buah-buahan yang segar, merupakan cara bagus untuk mengisi elektrolit yang hilang selama berjam-jam puasa.

Selain itu juga, jelang berbuka Puasa, biasanya kadar gula darah dalam tubuh akan rendah, sehingga dengan mengkonsumsi Salad Buah mampu memberikan karbohidrat dan serat untuk membantu meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Salad Buah sangat baik dalam hal memenuhi kebutuhan serat harian yang telah hilang. Nah, Salad Buah yang dimakan mentah tadi, akan memberikan banyak asupan serat dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam waktu yang singkat.

Makanan untuk Berbuka Puasa yang satu ini, dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sekaligus membersihkan usus dari berbagai racun dan zat-zat sisa yang memicu penyakit. Kamu bisa memilih buah dengan tekstur daging yang lembut, seperti pisang, apel, alpukat, melon madu, mangga, pepaya, pir, semangka, peach, dan juga kiwi adalah jenis buah yang cocok dengan dressing creamy.

5Singkong Rebus

Singkong Rebus
Singkong Rebus

Makanan untuk Berbuka Puasa yang satu ini, mampu menyembuhkan penyakit diabetes dan mempunyai banyak kandungan di dalamnya seperti air, protein, serat, zat besi, magnesium, fosfordan masih banyak lagi. Untuk Kamu yang memiliki riwayat diabetes, Kamu dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi singkong rebus secara teratur saat berbuka Puasa.

Selain itu, Singkong Rebus dapat membantu melancarkan pencernaan, beserta dengan kandungan serat yang sangat baik di dalamnya. Singkong Rebus juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan matamu, jika Kamu mengkonsumsinya secara teratur maka mata Kamu akan selalu terjaga kesehatannya.

6Beras Merah

Beras Merah
Beras Merah

Makanan untuk Berbuka Puasa yang terakhir ini, sangat baik jika dibandingkan dengan beras putih biasa. Beras Merah mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi, dan rendahnya kandungan gula pada Beras Merah inilah yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka Puasa.

Beras Merah mampu mengontrol gula darah dalam tubuh, kandungan antioksidannya bisa meliundungi tubuh dari berbagai penyakit. Bahkan Beras Merah bukan hanya cocok untuk menu berbuka puasa saja, namun bisa juga dikonsumsi saat sahur. Meski harganya lebih mahal daripada beras putih, tetapi beras merah sangat kaya akan manfaat dibandingkan dengan beras putih.

Seperti itulah beberapa rekomendasi Makanan untuk Berbuka Puasa yang bisa Kamu coba masukan dalam menu berbuka nanti. Kamu tentu saja bisa menambahkan menu makanan lain selain 6 Makanan untuk Berbuka Puasa yang ada di atas. Selain mengenyangkan, tentu saja Makanan untuk Berbuka Puasa haruslah sehat dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.