6 Film Drama Bertema Penyakit Jiwa

6.Lars_And_The_Real_Girl
Lars And The Real Girl (2007)

Kosongan – Film merupakan sebuah platform penyampaian pesan paling efektif. Tidak hanya menghibur, melalui banyak film, kamu bisa belajar tentang berbagai wawasan baru. Mulai dari tentang biografi tokoh terkenal, kisah sejarah tertentu, hingga dunia kesehatan. Salh satu tema yang sering diangkat sebagai sebuah film adalah kisah tentang pengidap penyakit jiwa. Ada yang mengaplikasikannya dalam film action dengan sentuhan psikologikal yang misterius. Ada pula yang mengadaptasinya sebagai film drama kehidupan dengan nilai-nilai moral.

Melalui film-film berikut, kamu akan lebih memahami berbagai jenis penyakit jiwa. Tak hanya informastif, beberapa cerita yang disuguhkan cukup unik dan bisa menghibur kamu dengan humor yang miris. Orang dengan penyakit jiwa tidak sekedar gila dan depresif, ada berbagai jenis penyakit jiwa kompleks yang perlu kamu pahami. Berikut beberapa rekomendasi film drama bertema penyakit jiwa yang bisa kamu tonton.

6 Film Drama Bertema Penyakit Jiwa

1Still Alice (2014)

Dr. Alice Howland adalah seorang dosen yang terkenal dengan kecerdasannya. Hingga suatu hari ia merasa ada yang salah dengan kemampuan memorinya. Ia mulai lupa apa yang hendak ia ucapkan ketika sedang mengajar, hingga tersesat dijalur lari yang sudah biasa ia lakukan sehari-hari. Setelah pergi ke dokter, Alice divonis menderita alzheimer.

Alzheimer adalah sebuah penyakit yang menyerang saraf otak manusia yang berfungsi untuk mengingat. Lama-lama kelamaan, pengidap alzheimer akan kehilangan berbagai memori, hingga hal-hal motorik seperti cara makan yang benar, cara melepas pakaian, dan lain-lain.

Dalam film ini, kamu bisa menyaksikan bagaimana penyakit alzheimer yang diderita Alice merubah dirinya dan mempengaruhi orang sekitarnya.

2Love & Mercy (2014)

Love & Mercy merupakan film drama biografi tentang salah satu vocalist era 60-an, Brian Wilson. Brian adalah anggota dari grup band terkenal bernama The Beach Boys. Dibalik kesuksesan bandnya saat mudah, Brian ternyata mengidap penyakit schizophrenia. Ia mendengar berbagai suara-suara asing yang seringkali juga memberikan informasi dalam musiknya. Namun di saat lain, penyakit ini membuatnya merasa depresi dan tidak stabil.

Schizophrenia adalah gangguan mental serius yang menyebabkan penderitanya mendengar suara-suara asing dalam pikiran mereka dan halusinasi. Penyakit mental ini biasanya membuat penderitanya memiliki kesadaran dan kepribadian yang tidak stabil. Dalam beberapa kasus, penyakit ini bisa menyebabkan sang penderita melakukan berbagai hal berbahaya seperti membunuh atau melukai diri sendiri.

3Girl, Interrupted (1999)

Film satu ini diangkat dari kisah nyata seorang perempuan bernama Sussanna Kaysen yang harus menjalani perawatan di rumah sakit jiwa dan bertemu dengan banyak perempuan lainnya yang mengidap gangguan mental lebih serius.

Sussanna (Winona Ryder) divonis memiliki bordeline disorder setelah dirinya hampir mati karena overdosis obat. Namun Sussana merasa dirinya tidak mengidap gangguan mental apapun. Namun rehabilitasi di rumah sakit jiwa sudah menjadi hal yang tidak terhindarkan baginya. Selama di rumah sakit ia bertemu dengan berbagai perempuan yang mengidap berbagai penyakit jiwa. Namun salah satu pasien yang mencuri perarhatian dan cukup manipulatif adalah Lisa Rowe (Angelina Jolie).

4Welcome To Me (2014)

Alice Klieg (Kristen Wiig) adalah seorang dengan mental yang tidak stabil dan masih dalam perawatan psikiater setiap minggunya. Dalam kehidupan sehar-harinya, Alice merupakan maniak talk show miliki Oprah yang sempat populer pada tahun 90-an hingga awal 2000-an. Ia memiliki semua rekaman talk show Oprah dan hafal setiap kata yang hendak diucapkan sang pembawa acara.

Hingga suatu hari ia memenangkan lotre dalam jumlah besar dalam acara lotre tv tengah malam. Ia pun memakai uang tersebut untuk pergi ke sebuah stasiun tv dan meminta kesempatan untuk membuat talk show-nya sendiri.

Film drama bertema penyakit jiwa satu ini bergenre komedi dan dijamin akan membuat kamu tertawa. Alice selalu memiliki ide aneh untuk talk show-nya yang akhirnya mempengaruhi kehidupan keluarga, persahabatan, dan percintaannya.

5Silver Linings Playbook (2012)

Film drama bertema penyakit jiwa selanjutnya adalah Silver Linings Playbook. Pat Solatano (Bradlye Cooper) adalah seorang pemuda sempat mengidap bipolra dan menjalani perawatan di rumah sakit jiwa. Keadaan jiwa Pat tidak stabil semenjak kehilangan istrinya yang berselingkuh dan pekerjaannya. Setelah cukup pulih, ia kembali ke rumah orang tuanya dan memulai untuk menjalani kehidupan baru. Namun ia masih menyimpan secercah ahrapan untuk kembali pada sang mantan istri. Namun orang tuanya tidak menyetujuhi hal tersebut dan menolak untuk membantu.

Pada saat itulah, seorang perempuan aneh bernama Tiffany (Jenifer Lawrence) muncul dalam kehidupannya dan bersedia membantunya. Sebagai gantinya, Pat harus membantu Tiffany untuk menjadi patner menarinya. Apakah Pat masih perlu untuk kembali ke istrinya untuk mendapat kehidupan normal? Atau seharusnya memulai hidup baru dengan Tiffany.

6Lars And The Real Girl (2007)

Lars (Ryan Gosling) adalah seorang penyendiri yang tinggal di garasi orang tuanya, yang juga merupakan tempat tinggal kakaknya Gus (Paul Schneider) bersama istrinya. Lars memliki masalah mental yang membuatnya tidak suka berinteraksi dengan manusia manapun termasuk kakaknya. Hingga hari ia mengenalkan sesosok wanita bernama Bianca kepada kakak dan istrinya. Bianca bukanlah sosok wanita biasa, melainkan sebuah boneka manekin ukuran manusia yang dicintai oleh Lars dengan sepenuh hati.

Karena melihat sang adik ipar yang mulai terbuka dengan keberadaan Bianca, mereka memutuskan untuk berpura-pura menganggap Bianca adalah wanita sungguhan. Mereka bahkan berusaha meminta bantuan warga kota yang sedikit untuk berpura-pura berinteraksi dengan Bianca.

Ketika orang sedang mengalami gangguan mental dan depresi, terkadang kita tidak bisa langsung menyerang bahwa mereka mengalami masalah kejiwaan. Dengan memberi dukungan moral, hal ini bisa saja membantu sang penderita. Hal ini yang bisa tersampaikan saat kamu menonton Lars And The Real Girl. Film drama bertema penyakit jiwa satu ini juga memiliki sentuhan humor yang dapat membuat anda tertawa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.