6 Film Bertema Keluarga Disfungsional

filmbertemakeluarga.4
Captain Fantastic (2016)

Kosongan – Film bertema keluarganya biasanya memiliki kisah yang hangat dan menyentuh hati. Karakter dan kisahnya diisi dengan berbagai keteladanan dan suasana keluarga yang ideal. Namun berbeda dengan beberapa keluarga dalam rekomendasi film berikut ini. Bukan keluarga biasa, kali ini kamu akan menyimak beberapa rekomendasi film tentang keluarga disfungsional.

Keluarga difsungsional adalah ketika sebuah keluarga memiliki sebaliknya tidak memberikan pengaruh baik pada setiap anggota keluarganya. Dimana sebuah keluarga memiliki pola yang kurang sehat dan normal untuk tumbuh kembang anak atau berpengaruh pada tingkat stress anggota lainnya. Untuk memahami lebih lagi tentang keluarga did fungsional, berikut beberapa rekomendasi film bertema keluarga disfungsional.

6 Film Bertema Keluarga Disfungsional

6Little Miss Sunshine (2006)

Keluarga Hoover terdiri dari sepasangan suami istri dengan dua orang anak, Dwayne (Paul Dano) dan Olive (Abigail Breslin). Mereka juga tinggal dengan paman mereka yang baru saja selamat dari percobaan bunuh diri, Frank (Steve Carell) dan seorang kakek (Alan Arkin). Suatu hari, Olive menerima telepon bahwa ia mendapatkan posisi sebagai kandidat Little Miss Sunshine-sebuah kontes kecantikan bagi anak perempuan. Untuk mendukung anak teruda, mereka sekeluarga berangkat ke California dengan sebuah mini vas berwarna kuning.

Film dengan poster catchy satu ini tidak hanya menarik secara kemasan, cerita juga menarik untuk disaksikan. Terdapat banyak kejuatan yang akan kamu temukan selama perjalan mereka ke California. Dari yang lucu hingga yang mematahkan hati.

5Death At The Funeral (2007)

Keluarga Macfadyen sedang berduka dengan setelah sang ayah meninggal dan akan segera melakukan acara penghormatan terakhir. Namun semua bayangamu tentang hal suram dan berkabung dalam film ini akan terhapus setelah melihat adegan pembukannya yang sudah berhasil membuat para penonton tertawa. Death At The Funeral merupakan film komedi keluarga dengan nuansa black comedy. Kental dengan kelucuan yang bersifat tabu dan mengandung banyak kesialan.

Meski sedang berkabung, tanpanya setiap anggota keluarga menjadikan momen ini sebagai ajangnya masing-masing. Ada sepasang kekasih yang sedang mencari perhatian untuk restu. Kakak yang terhantui reputasi menulisnya yang tidak gemilang jika dibandingkan dengan sang adik. Dan munculnya orang misterius yang mengancam untuk merusak reputasi sang mendiang ayah.

4What’s Eating Gilbert Grape (1993)

Film ini adalah awal karir dari Leonardo DiCaprio muda yang sangat menjanjikan. Beradu akting dengan Johny Depp, penampilan akting dari kedua pemain film yang sudah menjadi bintang besar ini akan selalu dikenang di jagad perfilman. Oleh karena itu, film satu ini wajib sekali kamu tonton.

Film ini bercerita tentang Gilbert Grape (Johny Depp), kakak tertua dalam sebuah keluarg yang harus merawat ibunya yang menderita obesitas dan menjadi tulang punggung keluarga. Ia juga harus selalu mengawasi sang adik yang memiliki gangguan mental, Arnie Grape (Leonardo DiCaprio). Kehidupan tidak semakin muda ketika ia juga sedang menjalin hubungan perselingkuhan dengan salah satu ibu rumah tangga di lingkungan tempat tinggalnya.

3Captain Fantastic (2016)

Ben Cash (Viggo Mortensen) dan istrinya Leslie memiliki metode berbeda dalam membesarkan keenam anaknya. Meninggalkan “dunia luar”, mereka lebih memilih untuk tinggal di hutan pinggiran kota dan mengajari anaknya cara bertahan hidup di alam. Jika anak lain pergi sekolah, anak-anak Ben belajar beternak dan berburu di hutan.

Namun, Ben harus mulai menghadapi dunia luar ketika sang istri mengalami depresi dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Ben bersama anak-anaknya harus menghadapi keluarga besar dan masyarakat yang cukup membingungkan bagi anak-anak Ben yang tidak pernah berinteraksi dengan dunia normal.

2Nebraska (2013)

Woody Grant (Bruce Dern) percaya bahwa dirinya memenangkan lotre dengan jumlah uang yang sangat besar dari sebuah perusahan koran di Nebraska. Meski telah diperingati oleh anak-anaknya dan sang istri bahwa lotre itu hanya iklan dan tipuan, ia tetap bersih keras pergi ke Nebraska untuk mengambil hadiahnya. Hingga salah satu anak laki-lakinya, David (Will Forte) memutuskan untuk memenuhi keinginan ayahnya karena menyadari berapa lama lagi sang ayah bisa bersama dengan dirinya.

Nebraska merupakan film bertema keluarga yang lebih berfokus pada hubungan anak dan ayah. Film ini memiliki filter yang tidak biasa yaitu hitam putih, meski film dibuat pada jaman modern. Dengan beberapa sentuhan komedi, film ini akan membuat kamu tertawa. Namun ada pula makna-makna tertentu yanga kan membuat kamu terharu dan teringat oleh orang tuamu. Film ini mungkin tidak cukup menghibur bagi penonton film awam, namun sangat berkualitas bagi kamu penggila film-film unik dan berstandar tinggi.

1Boyhood (2014)

Salah satu film jawara pada tahun 2014, Boyhood, yang memakan waktu produksi selama 12 tahun dibawah sutradara Richard Linklater. Boyhood berkisah tentang seorang bocah bernama Mason (Ellar Coltrane) yang tinggal bersama ibu dan kakak perempuannya setelah orang tuanya bercerai. Setiap ia bertumbuh besar, ia harus tinggal berpindah-pindah mengikuti sang ibu yang berkali-kali menjalin hubungan dengan berbagai macam pria. Meski hidup dilingkungan yang tidak stabil, untungnya Manson tetap bertemu dengan sang ayah selama berkala untuk mendapatkan berbagai nasihat.

Boyhood menggunakan aktor yang sama selama 12 tahun dan menjadi sebuah film ini tampak seperti salah satu film dokumenter tentang kehidupan manusia di National Geography. Dengan jalan cerita yang sederhana dan aktor yang sama, nilai relevan dan kealamian film ini hampir mendekati realita. Hal ini memang ciri khas Linklater, membuat film sederhana dengan dialog mendalam yang filosofis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.