5 Video Game yang Diduga Mengandung Kutukan

5 Video Game yang Diduga Mengandung Kutukan
5 Video Game yang Diduga Mengandung Kutukan

Kosongan – Jika berbicara mengenai kutukan, biasanya pikiran sobat kosongan akan langsung tertuju pada benda-benda bersejarah ataupun artefak kuno penuh misteri. Namun, ternyata meskipun zaman sudah serba modern, kutukan masih juga dipercaya keberadaannya bahkan pada benda-benda yang jauh dari kata artefak, kuno atau misterius. Misalnya, beberapa video game di bawah ini dipercaya mengandung kutukan.

Video game-video game tersebut diduga mengandung kutukan setelah menimbulkan korban, baik itu korban luka-luka bahkan tewas. Tidak hanya gamer maupun developernya saja yang bisa terkena kutukan, bahkan model untuk karakter-karakternya saja sampai ada yang ikut menjadi korban lho, sobat kosongan. Berikut kami susun 5 video game yang diduga mengandung kutukan. Simak penjelasannya di bawah ini:

5 Video Game yang Diduga Mengandung Kutukan

EA Madden NFL, game yang membuat atlet di kover menjadi cedera

Game pertama yang diduga kuat mengandung kutukan merupakan game bergenre olahraga. Adalah EA Madden NFL, game berupa simulasi olahraga American football buatan EA Sports dari ajang terkenal, NFL, yang menjadi game terkutuk pertama dalam daftar ini.

Kutukan yang dikandung EA Madden NFL cukup unik dan menarik perhatian banyak pemain dan para penggermar American football. Pasalnya hampir setiap kali seorang pemain dijadikan cover dari EA Madden NFL, tidak lama setelahnya pemain tersebut akan mengalami cidera. Setidaknya hal tersebut terjadi pada 14 dari 16 pemain yang pernah muncul di sampul game itu.

Taboo: The Sixth Sense, game dengan berbagai kisah mengerikan

Game yang dirilis untuk konsol NES di akhir tahun 80-an, Taboo: The Sixth Sense ini sempat menjadi fenomena yang cukup mengerikan. Gameplay game ini sebenarnya sederhana, hanya merupakan simulasi ramalan ‘nasib’ dengan kartu Tarot. Yang membuat game ini terkutuk adalah ketika ia mulai mencoba memprediksi kematian mengenaskan dari para pemain. Taboo: The Sixth Sense pun segera ditarik dari pasaran.

Tidak hanya itu saja mengerikannya game ini, cerita lain banyak berdatangan dari cerita para pemain. Salah satu yang populer adalah cerita dari Reddit yang menceritakan seorang ayah yang membelikan Taboo: The Sixth Sense kepada anaknya, namun setelah memainkan game itu si anak menjadi pemarah dan sering mengurung diri, kemudian anak tersebut pun menghilang.

Cerita populer lainnya datang dari Fandom Wikia yang menceritakan pengalaman seorang pemain ketika kecil mempunyai seorang kenalan yang begitu tertarik pada game tersebut. Sekitar 10 tahun berlalu, ia menemukan kenalannya tersebut menjadi anggota sekte satanis yang mengorbankan para hewan.

Berzerk, game arcade yang membunuh pemegang skor tertinggi

Berzerk merupakan game arkade yang sangat terkenal dalam sejarah. Dirilis oleh Stern Electronics pada 1980, Berzerk menjelma menjadi game arkade yang amat populer. Meskipun begitu, di balik kepopulerannya Berzerk memiliki sisi misterius dengan berbagai cerita yang mengakibatkan game itu disebut-sebut terkutuk sampai membuat pemainnya terbunuh!

Kasus paling pertama dan paling terkenal adalah Jeff Dailey, seorang pemain yang meninggal tidak lama setelah mencatatkan skor tertinggi 16.660. Kematian Jeff Dailey juga kerap kali dihubungkan dengan angka kematian karena terdapat tiga angka enam.

Jika kisah Jeff masih berupa urban legend yang belum dapat dipastikan kebenarannya, maka kisah Peter Burkowski merupakan cerita nyata. Karena kisah remaja Peter Burkowski ini pernah dilaporkan dalam sebuah artikel dari Chicago Tribune. Konon Peter Burkowski meninggal tidak lama setelah mencatatkan namanya sebagai peraih skor tertinggi game Berzerk.

Lair, game yang membangkrutkan pembuatnya

Pada pagelaran E3 2017 lalu, trailer Lair sempat membuat penasaran gamer saat itu. Dikembangkan untuk Playstasion 3 yang memang masih menjadi primadona saat itu, gameplay Lair mengajak para pemainnya bertualang dalam suasasan perang kuno dengan menggunakan seekor naga.

Meskipun sempat bikin heboh, sepertinya Lair tidak akan pernah mendapat sekuel atau semacamnya. Hal ini karena Lair diduga mengandung kutukan yang konon bisa membangkrutkan pembuatnya. Dari sebelum dirilis saja Lair sudah ‘mengganggu’ para pembuatnya, melalui serangkaian kejadian aneh yang terjadi, seolah Lair sendiri tidak ingin dirilis.

Kejadian aneh pertama datang ketika data Lair sedang di transfer ke disk master, tiba-tiba saja listrik padam. Kejadian aneh lainnya terjadi pada beberapa anggota dari tim kreatif Lair yang mengalami masalah kesehatan atau kerabat mereka meninggal selama masa produksi game. Puncaknya, beberapa bulan setelah rilis, perusahaan yang mengembangkan Lair pun bangkrut.

Virtual Boy, kegagalan besar Nintendo

Kutukan juga konon pernah menghampiri perusahaan Nintendo. Kutukan yang dialami Nintendo cukup tragis karena sampai merenggut nyawa salah satu petingginya. Adalah Gunpei Yokoi, sang pencipta Game Boy dan Game & Watch, yang menjadi korban dari kutukan tersebut. Gunpei Yokoi dituduh bertanggung jawab atas konsol terbaru buatannya itu karena disebut ‘kegagalan terbesar Nintendo’.

Virtual Boy, konsol buatan Gunpei saat itu merupakan konsol virtual reality pertama di dunia, namun tidak mendapatkan sambutan yang baik di pasar dan akhirnya gagal. Karena kegagalan itu, Gunpei Yokoi memutuskan mengundurkan diri dari Nintendo pada 1996 dan meninggal dunia setahun berselang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.