5 Rekomendasi Manga Seinen Khusus untuk Kamu yang Sudah Dewasa

5 Rekomendasi Manga Seinen Khusus untuk Kamu yang Sudah Dewasa

KosonganManga shounen adalah manga untuk pembaca 8 hingga 18 tahun, secara harfiah shounen pun memiliki arti remaja lelaki. Kebanyakan manga shounen yang ada saat ini menggunakan formula dalam cerita yang mereka sajikan hanya itu-itu saja. Pun terima cerita manga shounen ini sangat khas, biasanya kalau bukan cerita kepahlawanan atau aksi berarti ya cerita komedi romantis yang menceritakan tokoh utama lelaki cupu yang dikelilingi banyak gadis.

Meskipun begitu, ada beberapa manga shounen tertentu yang tetap menarik diikuti walau menggunakan formula yang itu-itu saja. Nah, berbeda dengan manga shounen yang pangsa pasarnya adalah anak remaja lelaki, manga seinen justru ditujuan untuk kalangan lelaki dewasa muda. Secara harfiah, seinen berarti pemuda.

Manga seinen biasanya berfokus pada tindakan politik, cerita fiksi ilmiah, cerita fantasy, hubungan, olahraga, atau komedi. Yang membedakannya dengan manga shounen adalah konten plot cerita yang lebih rumit, serta konten kekerasan dan seksual pada manga seinen lebih banyak—meski tidak sebanyak dalam manga seijin-muke.

Sobat kosongan merasa bosan dengan formula manga shounen yang itu-itu saja? Atau sudah merasa cukup umur untuk disebut seinen? Nih, kami berikan rekomendasi manga seinen apa saja yang wajib sobat kosongan baca.

5 Rekomendasi Manga Seinen Khusus untuk Kamu yang Sudah Dewasa

Disclaimer: pengurutan di bawah ini hanya sekedar pengurutan dan tidak menunjukan apa pun selain untuk memudahkan penulisan.

1. Berserk

Rasanya kurang lengkap jika membahas manga seinen jika tanpa menyebut-nyebut manga yang satu ini. Berserk mengikuti kisah Guts, seorang lone mercenary bernama dan juga Griffith seorang pemimpin kelompok mercenary Band of the Hawk. Setting ceritanya berada pada zaman pertengahan di Eropa dengan bumbu-bumbu fantasy. Meskipun disebut fantasy, namun jangan menganggap Berserk akan menghadirkan dunia dan penuh warna. Sebaliknya, Berserk amat sangat gelap, suram dan penuh dengan darah. Tentu saja, karena ini manga seinen, Berserk dipenuhi dengan banyak sekali adegan kekerasan dan seksual eksplisit seperti pemerkosaan. Manga Berserk dikarang oleh Kentaro Miura dan sudah diserialisasikan sejak 1989 di Hakusensha.

2. Ichi the Killer

Ichi the Killer mengikuti kisah Ichi, seorang mesin pembunuh dengan masalah psikis dan Kakihara, seorang yakuza masokis. Setting manga ini sendiri berada di Distrik Kabukicho, Shinjuku. Cerita dalam manga ini twist: tipu muslihat, manipulasi antar karakter dan perang psikologis. Selain itu, karena karakter-karakternya ada beberapa yang memiliki orientasi mereka yang sangat menyimpang terutama menurut standar moral Indonesia, maka manga Ichi the Killer ini sangat tidak direkomendasikan bagi anak yang masih di bawah umur. Ichi The Killer ditulis dan diilustrasikan oleh Hideo Yamamoto dan diterbitkan oleh Shogakugan pada 1998-2001.

3. Gantz

Gantz berkisah tentang sekelompok orang yang seharusnya sudah mati namun dihidupkan kembali demi memburu alien yang ada di bumi. Bayangkan seri Men in Black dengan nuansa yang lebih gelap dan seram, tentu saja dengan dilengkapi dengan berbagai persenjataan dan alat-alat canggih. Mungkin terdengar keren memburu alien, tetapi percayalah setiap perburuan alien hampir bisa dipastikan selalu ada karakter yang mati mengenaskan. Singkatnya, manga ini dipenuhi aksi gore yang tidak cocok untuk anak dibawah umur! Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Hiroya Oku dan diserialisasikan oleh Shuiesha sejak 2000 hingga 2013.

4. Elfen Lied

Elfen Lied ceritanya berfokus pada semacam mutan yang disebut Diclonius . Makhluk ini bercerikan tanduk di kepala dan tangan tak terlihat yang disebut vectors. Kekuatan dari vectors ini berbeda-beda namun pada dasarnya cukup kuat untuk bisa menahan peluru dan merobek-robek tubuh makhluk hidup menjadi potongan daging kecil dengan mudah. Meskipun dibandingkan dengan yang lain Elfen Lied memiliki artwork yang lebih manis, namun sebenarnya manga ini 1penuh dengan kekerasan, darah, potongan-potongan tubuh manusia dan juga banyak adegan sadis lainnya. Manga ini dikarang oleh Lynn Okamoto dan diserialisasikan oleh Shuiehsa pada 2002-2005.

5. Dead Tube

Mengisahkan tentang Tomohiro Machiya dan Mai Mashiro yang berpartisipasi dalam website misterius bernama Dead Tube. Untuk berpartisipasi, peserta diharuskan mengunggah berbagai macam video ke Dead Tube dan untuk peserta yang mendapatkan view paling banyak dalam jangka waktu tertentu akan mendapatkan hadiah sebesar 100,000 yen. Untuk mendapatkan view paling banyak, setiap peserta dihalalkan untuk melakukan apapun, mulai dari melakukan pencurian, pembunuhan hingga pemerkosaan. Hal ini semakin memburuk ketika peserta mendapatkan view posisi terbawah. Semua hukuman atas tindak kriminal peserta lain akan ditimpakan pada peserta tersebut. Sebagai manga seinen, Dead Tube banyak menampilkan adegan kekerasan seperti darah dan potongan tubuh manusia, serta menampilkan banyak adegan seksual secara eksplisit. Dead Tube ditulis oleh Mikoto Yamaguchi, sedangkan ilustrasinya diserahkan pada Touta Kitaka dan diserialisasikan Akita Shoten pada 2014 sampai sekarang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.