5 Penginapan Rumah Pohon yang Anti Mainstream di Indonesia

5 Penginapan Rumah Pohon yang Anti Mainstream di Indonesia
5 Penginapan Rumah Pohon yang Anti Mainstream di Indonesia

Penginapan Rumah Pohon – Jika Anda berlibur bersama keluarga, mungkin Anda sudah terbiasa menginap di penginapan ataupun hotel. Berlibur dengan rutinitas seperti biasanya, pergi berjalan-jalan ke tempat wisata, dan kembali lagi beristirahat. Namun, untuk liburan kali ini, Anda bisa mencoba konsep penginapan yang antimainstream, dan belakangan ini semakin menjamur di Indonesia. Salah satu penginapan yang menarik untuk Anda coba adalah, Penginapan Rumah Pohon.

5 Penginapan Dengan Konsep Rumah Pohon Untuk Liburan Anda

Penginapan Rumah Pohon ini, mempunyai konsep yang berbeda dari penginapan biasanya. Penginapan dengan konsep ini, akan mengajak Anda berbaur dengan alam. Dengan nuansa tidur di rumah pohon yang benar-benar terbuat dari kayu. Jika biasanya Rumah Pohon hanya bisa Anda lihat di film atau dongeng, sekarang Anda bisa mencoba tinggal di Penginapan Rumah Pohon secara nyata. Nah, seperti apakah Penginapan Rumah Pohon tersebut?  Mari simak ulasannya berikut ini.

1Nyuh Bengkok Tree House Nusa Penida

Nyuh Bengkok Tree House Nusa Penida

Penginapan Rumah Pohon yang satu ini, ada di Bali. Tepatnya di kawasan Nusa Penida. Penginapan anti mainstream ini, tidak hanya nyaman, tetapi juga unik dan jarang sekali ditemukan di tempat lain, yaitu di Nyuh Bengkok Tree House Nusa Penida. Di penginapan ini, terdapat 10 kamar yang dibagi menjadi dua blok rumah pohon.  Yaitu blok timur dan blok barat. Rumah pohonnya sendiri, dibangung di atas pohon-pohon dengan jarak tidak terlalu dekat dengan kamar rumah pohon lainnya.

Dari Penginapan Rumah Pohon ini, Anda dapat melihat pemandangan hamparan sawah serta laut Nusa Penida. Selain itu, kasur yang disediakan juga tipe double bed, dilengkapi dengan matras lantai yang berukuran 180 x 200 cm, serta disediakan juga handuk. Pada masing-masing blok, terdapat 2 kamar mandi. Selain itu, ada restoran dan mini bar, yang dilengkapi dengan wifi yang bisa Anda gunakan secara gratis. Fasilitas lainnya yang ada di sini yaitu, terdapat balkon lengkap dengan meja dan kursinya, dimana Anda bisa bersantai, sambil menikmati pemandangan di sekitar area Nyuh Bengkok Tree House.

Tak ketinggalan, ada juga taman yang luas yang ditumbuhi pohon kelapa. Tersedia juga hammock untuk Anda, jika ingin bersantai. Harga kamar disini dimulai dari Rp 550.000 untuk dua orang sekali menginap. Merupakan harga yang cukup murah untuk sebuah penginapan yang sangat unik bukan?

2Omah Kayu Batu

Omah Kayu Batu

Penginapan Rumah Pohon yang satu ini, menjadi obyek wisata unggulan lain di Jawa Timur selain Wisata Gunung Bromo. Keunikan dari penginapan yang satu ini adalah, didesain full dengan bahan baku dari kayu. Terdapat 6 unit rumah pohon, masing masing unit mempunyai luas 3 x 2 x 2 meter . Di dalamnya sudah disediakan 1 tempat tidur, 2 bantal, sebuah selimut dan juga peralatan makan. Tapi, untuk kamar mandinya tidak ada di dalam kamar, tetapi disediakan 2 kamar mandi luar yang dilengkapi dengan air hangat.

Penginapan Rumah Pohon ini, berlokasi di Songgokerto, Batu, Malang. Lokasinya berada pada 1.340 meter di atas permukaan laut. Lokasinya sendiri, sangat mudah di jangkau oleh kendaraan pribadi, ataupun dengan kendaraan sepeda motor, mobil maupun elf. Tarifnya sekitar Rp 850.000 per malam.

3Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Rumah Pohon Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi

Penginapan Rumah Pohon yang satu ini, berada di Desa Leuwiliang, Tanjungwangi, Cicalengka, Bandung. Penginapan unik ini, cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di hutan, tanpa listrik dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Di penginapan ini, Anda bisa menikmati panorama pemandangan yang hijau dan udara sejuk berkabut yang menyelimuti jutaan pohon di sini. Selain itu, Anda juga bisa mendengar alunan desir sungai yang bersih di sekitarnya.

Penginapan Rumah Pohon ini, juga menjadi tempat wisata alam, yang mempunyai fasilitas cukup lengkap. Seperti adanya aula, kantin, mushala, ruang informasi, toilet yang bersih, area parkir yang cukup luas, rumah rusa, dan area untuk camping, beserta dengan alat perkemahan yang bisa di sewa. Di sekitaran penginapab, Anda juga bisa melakukan aktifitas lain, seperti kano, trekking dan juga hiking. Untuk harga sewa Penginapan Rumah Pohon ini, yang berkapasitas 6 orang, disewakan dengan harga Rp 450.000 per malam, sedangkan untuk yang berkapasitas 8 orang, dipatok harga Rp 550.000 per malam.

Selain itu, Anda pun bisa melihat sekumpulan rusa-rusa yang cantik. Hal unilah yang menarik dari Rumah Pohon Masigit Kareumbi, yang juga dikenal sebagai tempat penangkaran rusa. Rusa di sini dipelihara secara serius oleh pihak pengelola. Anda pun dapat berkesempatan untuk melihat rusa secara lebih dekat, dan memberi makan rusa tutul yang sangat langka.

4Rumah Pohon Taman Dayu

Rumah Pohon Taman Dayu
Rumah Pohon Taman Dayu

Penginapan Rumah Pohon yang selanjutnya, berada pada ketinggian sekitar 3 m di atas pohon pinus. Penginapan Rumah Pohon yang ada di sini, merupakan rumah kayu yang berdiri di atas pohon pinus pilihan. Pohon pinus yang dijadikan rumah pohon ini, umurnya telah tua dan sangat kuat sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan saat menginap di dalamnya.

Ada beberapa rumah pohon yang telah disediakan, dengan ukuran yang berbeda-beda. Rumah pohon ini berkapasitas maksimal untuk 6 sampai 8 orang. Di dalamnya hanya ada sebuah ruangan , dengan bantal serta matras yang bisa Anda gunakan. Bukan hanya itu, selama Anda menginap di sini,  Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru, seperti latihan haling rintang, arena paintball, mengemudi ATV, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga jalur trekking yang indah serta menantang bagi Anda yang gemar hiking.

Jika Anda mencari tempat makan terdekat, dari tempat ini  jaraknya sekitar 15 menit dengan kendaraan. Anda disarankan untuk menyewa mobil, jika tidak punya kendaraan, dan Anda juga bisa menyiapkan stok makanan yang banyak. Penginapan Rumah Pohon ini, berlokasi di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Tarifnya sekitar Rp 450.000 per malam. Apakah Anda tertarik bermalam di sini?

5Rumah Pohon Taman Safari Indonesia

Rumah Pohon Taman Safari Indonesia
Rumah Pohon Taman Safari Indonesia

Penginapan Rumah Pohon yang satu ini, berada di Jalan Kapten Harun Kabir Nomor 724, Taman Safari Indonesia, Bogor.  Penginapan ini,  dikelola langsung oleh pihak Taman Safari Indonesia. Jika menginap di sini, sudah termasuk sarapan dan makan malam di Restoran Caravan yang ada di area penginapan Taman Safari. Di setiap unit rumah pohon, sudah tersedia spot parkir yang cukup untuk 2 mobil. Nah, untuk menuju penginapan ini, Anda harus menaiki tangga lebih dulu. Ada pula jembatan goyang yang menghubungkan antara unit-unit Penginapan Rumah Pohon yang bersebelahan, dan uniknya, jembatan itu bisa menjadi spot yang keren untuk foto-foto juga.

Di lantai bawah disediakan sofa, set televisi, tempat tidur bertingkat, pantry, dan juga 1 kamar mandi. Naik ke lantai 2, akan ada ruang kamar dengan tempat tidur king-size, televisi, dan juga lemari. Jika Anda ingin pergi ke penginapan ini, Anda harus naik kendaraan karena jaraknya yang cukup jauh, sekitar 3km dari Taman Safari. Satu Penginapan Rumah Pohon, bisa digunakan untuk empat orang. Tarifnya sekitar Rp 1.000.000 untuk sekali menginap.

Nah, seperti itulah beberapa Penginapan Rumah Pohon yang cocok dijadikan tempat menginap dikala liburan nanti, yang bisa Anda coba. Unik bukan? Dengan menawarkan konsep yang berbeda dari biasanya, Anda harua cepat-cepat memilih akan menginap di Rumah Pohon yang mana, karena bisa saja ke lima Penginapan Rumah Pohon tersebut sangat penuh di musim liburan.