5 Minuman Terbaik untuk Berbuka Puasa yang Sangat Bermanfaat

5 Minuman Terbaik untuk Berbuka Puasa yang Sangat Bermanfaat
5 Minuman Terbaik untuk Berbuka Puasa yang Sangat Bermanfaat

Di Bulan Ramadhan ini, pada umumnya setiap Umat Muslim yang ada di Indonesia menjalankan Ibadah Puasa. Nah, untuk menjaga tubuh agar tetap fit seperti saat tidak berpuasa, tentu saja dibutuhkan makanan atau juga Minuman untuk Berbuka Puasa yang sangat baik di konsumsi.

Terlebih, menjaga pola minum di Bulan Ramadhan ini sangatlah penting. Dengan mengkonsumsi Minuman untuk Berbuka Puasa yang baik, tubuh dapat kembali fit. Sama seperti sedang tidak berpuasa, tubuh membutuhkan lebih dari 8 gelas air per-harinya. Perlu diketahui, saat berbuka Puasa jangan langsung mengkonsumsi makanan berat, agar perut tidak kaget dan tidak mudah mengantuk, jika nantinya akan menjalani Shalat Tarawih.

5 Minuman Terbaik untuk Berbuka Puasa ini, Sangat Menyehatkan Untuk Dikonsumsi!

Saat berbuka puasa, beberapa orang suka sekali minum air es yang sangat menyegarkan, untuk melepas dahaga setelah 13 jam berpuasa. Nah, kebiasaan ini akan berlanjut setiap hari selama satu bulan penuh berpuasa. Padahal kebiasaan ini tidak baik dilakukan setiap hari. Kamu sangat membutuhkan Minuman untuk Berbuka Puasa yang baik dan menyehatkan.

Saat berbuka Puasa, hindarilah meminum minuman yang dingin beserta manis. Mengapa? Karena dengan mengkonsumsi sesuatu yang manis saat berbuka Puasa, tidak sepenuhnya memberikan energi. Namun, jika berlebihan bisa saja menyebabkan kegemukan atau juga kenaikan gula darah yang signifikan.

Oleh karena itu, Kamu bisa mulai secara rutin mengkonsumsi Minuman untuk Berbuka Puasa yang sangat baik dan sangat bermanfaat yang ada di bawah ini:

1Air Putih

Air Putih
Air Putih

Minuman untuk Berbuka Puasa yang satu ini sangat wajib di konsumsi, baik saat berbuka Puasa atau saat Sahur. Jika Kamu ingin sehat saat berpuasa dari awal hingga akhir, konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari. Saat berbuka Puasa, pastikan untuk meminum satu gelas Air Putih sampai habis.

Minum Air Putih saat berbuka Puasa, dapat mengembalikan kesegaran tubuh setelah lama berpuasa. Tubuh akan terhidrasi perlahan-lahan, sehingga kerja organ di dalam tubuh akan kembali berjalan normal. Mengonsumsi Air Putih saat berbuka Puasa, juga bisa memberikan energi pada otot, menjaga kesehatan ginjal yang kering seharian, dan mampu mengeluarkan semua racun yang ada dalam tubuh.

Minuman untuk Berbuka Puasa yang satu ini, baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Saluran pencernaanmu pun akan menjadi lebih baik dan dapat menyerap nutrisi secara optimal. Terlebih, untuk Kamu yang sering terkena maag dan gangguan pencernaan lainnya, akan banyak terbantu dengan minum Air Putih setiap hari.

2Susu Dicampur Kurma

Susu Dicampur Kurma

Nah, berbuka Puasa ataupun Sahur dengan buah Kurma, memang masih belum terbiasa dilakukan oleh umat Muslim di Indonesia, padahal hal ini merupakan Sunnah Rasul. Nah, Minuman untuk Berbuka Puasa yang satu ini wajib Kamu coba karena rasanya yang sangat nikmat dan tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh.

Tubuh, sangat membutuhkan nutrisi yang mudah diserap. Salah satu Minuman untuk Berbuka Puasa yang bisa dijadikan menu berbuka, adalah Susu yang dicampur dengan Kurma. Manfaat paling utama dari Susu yang dicampur dengan Kurma, adalah untuk meningkatkan stamina tubuh, yang sudah kelelahan setelah beraktivitas saat berpuasa. Ditambah lagi, dengan Susu yang kaya akan kandungan zat besi, manfaat dari minuman ini jadi dua kali lipat kan?

Zat besi yang ada dalam Susu, mampu mengatasi anemia. Susu yang dicampur Kurma mengandung serat yang sangat tinggi, dimana serat merupakan zat yang sangat penting untuk menjaga dan juga melancarkan pencernaan. Kamu bisa memasukkan satu gelas susu, kemudian dicampur dengan tiga buah kurma yang sudah dibuang bijinya ke dalam mesin jus. Selanjutnya, biarkan Susu dan Kurma menyatu sampai halus, dan siap untuk diminum.

3Jus Buah Segar

Jus Buah Segar

Minuman untuk Berbuka Puasa yang satu ini, memang sudah jadi favorit semua orang, tidak hanya di Bulan Ramadhan saja. Jus Buah Segar, sangat direkomendasikan karena bisa memberikan cukup banyak energi, membuat kenyang lebih lama, dan juga kaya serat. Jus Buah Segar yang direkomendasikan adalah Jus Semangka, Jus Alpukat, Jus Jeruk, Jus Tomat, dan juga Jus Mangga.

Jus Semangka mempunyai 90 persen air, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk  Kamu yang sedang mengalami dehidrasi. Bahkan, Jus Semangka mempunyai manfaat dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung, kanker dan juga tekanan darah tinggi. Minum Jus Semangka saat Sahur, juga bisa jadi mood booster saat bekerja atau juga melakukan aktivitas lainnya.

Selain itu Minuman untuk Berbuka Puasa lainnya, ada Jus Jeruk juga mempunyai kandungan Vitamin C yang banyak, yang dapat meringankan sariawan ataupun kulit kering saat berpuasa. Serta Jus Tomat, yang juga sangat bermanfaat, terlebih jika Kamu mudah lelah dan butuh tenaga untuk cepat pulih, Kamu bisa minum Jus Tomat saat berbuka Puasa.

4Air Kelapa Muda

Air Kelapa Muda
Air Kelapa Muda

Selanjutnya ada Air Kelapa Muda, yang sangat baik di konsumsi sebagai Minuman untuk Berbuka Puasa. Minuman yang satu ini, sangat baik untuk tubuh karena bisa menyegarkan tubuh dengan instan. Air Kelapa Muda mengandung banyak ion yang bisa memperbaiki kondisi elektrolit yang hilang saat berpuasa, dari pagi hingga menjelang malam.

Air Kelapa Muda memiliki keseimbangan elektrolit dan juga plasma yang hampir sama dengan darah. Oleh karena itu, Air Kelapa Muda, sangat mudah untuk mengisi cairan tubuh yang hilang. Air Kelapa Muda, juga memiliki kandungan untuk menghilangkan bakteri dan melawan virus. Tak ketinggalan, Air Kelapa Muda mampu meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang membuatmu lebih berenergi. Minuman yang satu ini, mengandung serat yang baik bagi pencernaan.

Kamu bisa minum Air Kelapa Muda yang segar dengan tambahan sedikit es, agar lebih segar. Jika rasanya kurang manis bisa ditambah dengan gula rendah kalori, seperti gula jagung atau stevia. Air Kelapa Muda bisa ditambah pula jeruk nipis atau lemon untuk memberikan rasa segar dan tambahan Vitamin C.

5Olahan Yoghurt

Olahan Yoghurt
Olahan Yoghurt

Minuman untuk Berbuka Puasa yang terakhir, adalah Yoghurt. Minuman sehat yang satu ini, memiliki asam dan kandungan bakteri baik di dalamnya sangat baik untuk lambung dan juga usus. Minuman untuk Berbuka Puasa yang merupakan sumber probiotik ini, merupakan  mikroorganisme yang penting bagi kesehatan pencernaanmu.

Probiotik mampu membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, inflammatory bowel disease, dan juga infeksi Helicobacter pylori. Yogurt merupakan Minuman untuk Berbuka Puasa olahan dari susu, yang mengandung banyak protein dan kalsium. Serta di dalamnya terdapat vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, natrium, kalium, magnesium, dan juga fosfor. Kandungan nutrisi yang ada di dalam Yogurt tergantung pada produk susu yang digunakan untuk membuatnya.

Dengan mengkonsumsi Yogurt setiap berbuka Puasa, dapat membantu mencegah terjadinya berbagai gangguan pencernaan dan dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaamu pada saat berpuasa. Untuk menyiasati rasa asam dari Yogurt, Kamu bisa menambahkannya dengan potongan buah yang cukup manis seperti mangga, buah naga, dan aneka buah berry.

Itulah beberapa Minuman untuk Berbuka Puasa yang sangat baik untuk dikonsumsi selama Bulan Ramadhan ini. Memang, meminum minuman dingin boleh-boleh saja, asalkan tidak rutin setiap hari karena itu tidak baik. Kamu bisa selingi dengan Minuman untuk Berbuka Puasa yang ada di atas, agar tubuh tetap sehat.