5 Inspirasi Fashion Khas Jepang, Dari Yang Manis Hingga Yang Unik

fashio-khas-jepang

Kosongan – Jika Paris, Itali, dan London memiliki gaya elegan dengan pakem yang jelas, fashion khas Jepang lebih ekspresif dan esentrik. Jepang juga merupakan salah satu negara yang menjadi kiblat fashion bagi kamu yang menyukai hal unik dan beda dari pada yang lain. Para fashionista Jepang tidak takut bereksperimen dengan berbagai tema fashion.

Tak hanya sekedar hobi, beberapa orang bahkan menjalani gaya hidup dengan pita rambut besar hingga lipstick hitam yang mencolok. Dan tak ada yang akan mengkritik mereka.

Berikut adalah berbagai fashion khas Jepang menarik dan unik yang bisa kamu jadikan inspirasi.


5 Fashion Khas Jepang

1Decora

fashion-jepang-decora

Decora merupakan salah satu fashion unik Jepang yang muncul pada tahun 90-an dan mulai menjamur pada tahun 2000-an hingga sekarang. Gaya decora berasal dari Harajuku yang terkenal sebagai salah satu kota lahirnya berbagai aliran fashion khas Jepang.

Gaya decora dipopulerkan oleh bintang pop Jepang, Tomoe Shinohara. Orang yang menganut gaya decora memiliki sebutan Decora-chan. Gaya busana satu ini identik dengan banyak aksesoris dengan warna-warna yang mencolok. Mulai dari merah muda, kuning, ungu, dan penggunaan aksesoris yang berlebihan namun tetap nampak aestetik.

2Lolita

fashion-jepang-lolita

Gaya fashion khas Jepang berikutnya adalah gaya lolita. Fashion satu ini terinspirasi dari gaya fashion Eropa klasik ala vistoria. Dengan fashion item khas mulai dari gaun berendah dan berpita yang manis, topi atau hiasan rambut yang klasik, kaus kaki selutut, hingga aksesoris seperti parasol (payung cantik).

Perempuan dengan gaya lolita biasanya menggunakan make up manis dan membuat mata mereka terlihat lebih besar. Hal ini agar mereka lebih manis dan mirip dengan boneka-boneka antik Eropa yang imut. Gaya lolita ada yang manis hingga yang sedikit garang dengan sebutan gothic lolita. Yang lebih menggunakan gaun-gaun berwarna gelap.

3Mori Girl

fashion-jepang-mori-girl

Untuk kamu yang kurang berani mencoba gaya busana Jepang seekstrem decora maupun lolita, kamu bisa mengadaptasi fashion mori girl. “Mori” sendiri dalam bahasa Jepang berarti “hutan”, kamu bisa berdandan manis bagai gadis hutan yang membumi.

Ciri khas fashion ini adalah warna-warna lembut yang mempresentasikan alam. Serta gaun-gaun ringan yang ditumpuk-tumpuk dengan berbagai fashion item casual lainnya. Berbeda dengan bohemian yang masih terkesan dinamis, gaya mori girl menggambar wanita yang lembut dan mencintai alam.

4Gyaru

fashion-jepang-gyaru

“Gyaru” diambil dari kata “girl” yang berarti perempuan. Gaya fashion satu ini terinspirasi dari gadis-gadis Amerika yang trendy dan fashionable. Banyak perempuan muda Harajuku menjalani gaya hidup gyaru. Mereka berusaha membuat diri mereka terlihat seperti perempuan Amerika.

Gyaru ada yang ‘putih’ dan ‘hitam’, hal ini dilihat dari warna kulit mereka. Gyaru ‘hitam’ adalah perempuan Jepang yang mengubah warna kulitnya menjadi gelap. Entah dengan make up maupun pergi ke salon tanning secara berkala.

5Visual Kei

fashion-jepang-visual-kei

Gaya fashion visual kei merupakan gaya punk rock versi Jepang. Gaya fashion ini juga dipopulerkan oleh band paling terkenal di Jepang, J-Rock, pada tahun 1990. Para anggora band rock di Jepang pada masa itu menggunakan kostum punk rock yang rumit.

Biasanya didominasi warna hitam dan dengan berbagai aksesoris garang seperti rantai hingga aksesoris studded. Gaya rambut mereka juga tak kalah garang dengan potongan shaggy dan warna-warna mencolok seperti merah atau putih silver.


Itu tadi beberbagai fashion khas Jepang yang unik. Yang mana gaya busana Jepang favoritmu?