Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!
Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!

Kosongan – Membuat sebuah video game bukanlah hal yang mudah, terutama di era modern seperti ini membuat video game memiliki tingkat kerumitan yang sama atau bahkan melebihi membuat game. Mencari pengisi suara dan aktor motion capture yang dirasa cocok bukan hal yang mudah.

Selain itu proses editing dan membuat visual juga bukan hal yang mudah. Belum lagi bagi game yang dirilis secara multi platform, pengembang juga harus memperhatikan optimisasi video game buatan mereka agar bisa berjalan baik di konsol lain.

Dengan berbagai proses tersebut, tidak heran sampai ada game yang belum selesai juga meski telah mencapai 10 tahun. Namun, beberapa game di sini bukan hanya proses produksinya saja yang ribet, namun juga ada variabel-variabel lain yang membuat mereka tidak kunjung dirilis. Berikut daftarnya:

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!

5Shenmue

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!

Shenmue adalah game bergenre action-adventure yang dibuat, diproduseri dan disutradarai oleh Yu Suzuki. Dirilis pada 29 Desember 1999 untuk konsol Dreamcast milik Sega, tapi tahukah, sobat kosongan? Game ini pertama kali dikembangkan pada 1994.

Pada masanya, game yang satu ini berhasil memperoleh gelar sebagai video game dengan anggaran terbesar di dunia. Bahkan, saking banyaknya harapan yang disematkan pada Shenmue, game ini pun dikembangkan dengan amat sangat hati-hati.

Dengan menggunakan teknologi termutakhir pada masa itu, Shenmue memiliki animasi super detail dan voice acting yang mantap. Yang lebih bikin pengembangan game ini semakin lama adalah ketika Sega mengumumkan Dreamcast, lini konsol baru. Sega AM2 selaku pengembang pun sekalian membawa game ini untuk Dreamcast.

4Starcraft II: Wings of Liberty

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!

Starcraft II: Wings of Liberty adalah game bergenre real-time strategy bertenam millitary science fiction yang dikembangkan dan dipublikasi oleh Blizzard Entertainment. Game yang dirilis untuk Microsoft Windows dan Mac OS X ini pertama kali diumumkan pada 2007 serta langsung mencuri banyak perhatian para pemain game.

Tapi tahukah, sobat kosongan? Meski pertama kali diumumkan pada 2007, Starcraft II: Wings of Liberty faktanya sudah dikembangkan sejak 2003 tidak lama setelah Warcraft III: The Frozen Throne dirilis. Tapi dalam perkembangannya, game ini tidak mulus karena beberapa kali harus diundur.

Menurut Rob Pardo dan Chris Sigaty selaku CEO dari Blizzard Entertainment, penundaan tersebut terjadi karena penugasan sementara sumber daya mereka untuk pengembangan game World of Warcraft. Meskipun demikian, pada 2010 akhirnya game ini rilis dan mendapat sambutan hangat.

3Galleon

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!

Galleon, atau yang dalam versi Amerika Serikat-nya Galleon: Islands of Mystery adalah game bergenre action-adventure yang dikembangkan oleh Toby Gard dan Confounding Factor. Video game yang satu ini dirilis oleh Sci Games dan Atlus pada 2004 untuk Xbox dan mobile phone.

Game ini pertama kali dikembangkan pasa 1997. Meskipun dikembangkan oleh Toby Gard, salah satu creator seri super populer Tomb Raider, namun nyatanya game ini tidak berhasil di pasaran. Usut punya usut, Toby Gard yang pada saat itu sedang di puncak karir berkat Tomb Raider justru pergi meninggalkan Core Design (pengembang Tomb Raider) dan membentuk studio sendiri.

Meskipun begitu, Galleon akhirnya tetap rampung, tapi kemudian masalah datang ketika game ini harus diporting dari Playstation ke Dreamcast, Gamecube, dan Xbox, hingga akhirnya game ini bisa dirilis pada 2004. Tidak heran bila Galleon menjadi salah satu game dengan proses produksi terlama.

2L.A Noire

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!

L.A. Noire adalah video game bergenre action-adventure bertema neo-noir detective. Game yang pertama kali dirilis pada 17 Mei 2011 untuk Playstation 3 dan Xbox 360 ini dikembangkan oleh Team Bondi dan dipublikasi oleh Rockstar Games.

Rockstar Games memang dikenal selalu lama dalam membuat video game. Hal itu karena hampir semua game yang dibuat mereka adalah game-game ambisius, termasuk L.A Noire yang pertama kali dikembangkan pada 2004 ini. Uniknya, bukan masalah yang membuat video game satu ini diproduksi lama.

Melainkan keinginan Rockstar Games, mereka menginginkan game ini menggunakan teknologi face motion. Dengan uang sebesar 50 juta USD, akhirnya teknologi untuk face motion ini tercipta dan para karakter di game L.A Noire memiliki wajah seperti manusia sungguhan.

1Spore

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama!

Spore adalah game bergenre lie simulation real-time strategy single-player sandbox god game yang dikembangkan oleh Maxis dan didesain oleh Will Wright. Game ini dirilis untuk Microsoft Windows dan Mac OS X pada 2008.

Will Wright sendiri merupakan creator dari SimCity, dan Spore sendiri tidak kalah ambisius dibuatnya. Spore pertama kali dikembangkan pada 2000. Sayangnya, saat video game yang satu ini dirilis pada 2008, orang-orang menganggapnya sebagai game yang sama sekali tidak seru.

Itulah tadi beberapa game dengan proses produksi telama. Selain game-game tersebut, apakah sobat kosongan tahu game apalagi yang memakan waktu produksi yang lama? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.