Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama! (Bagian Dua)

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama! (Bagian Dua)
Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama! (Bagian Dua)

Kosongan – Dalam era modern seperti sekarang ini, proses produksi video game memiliki tingkat kerumitan yang sama atau bahkan melebihi tingkat kerumitan produksi film. Mulai dari mencari pengisi suara dan aktor motion capture yang dirasa cocok bukanlah perkara yang mudah.

Selain itu, ada proses editing dan pembuatan visual yang jika tidak diseriusi hasilnya akan menjadi olok-olok warganet. Belum lagi video game yang dirilis untuk banyak platform atau konsol, pengembang juga harus memperhatikan optimisasi video game buatan mereka.

Berkat berbagai proses produksi itu, tidak heran jika ada game yang proses produksinya mencapai 10 tahun. Beberapa game dalam daftar ini bukan hanya proses produksinya saja yang lama, namun juga ada variabel-variabel lain yang membuatnya lama dirilis. Berikut daftar game-game tersebut:

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi yang Lama Banget! (Bagian Dua)

5Too Human

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama! (Bagian Dua)

Too Human adalah game bergenre action-role play game yang dikembangkan pengembang asal Kanada, Silicon Knights, dan dipublikasi oleh Microsoft Studios untuk Xbox 360 pada Agustus 2008. Game ini termasuk game dengan proses produksi yang lama berkat kelabilan pengembangnya.

Di awal pengembangannya pada 1999, Too Human akan dibuat sebagai game untuk Playstation. Namun Silicon Knight selaku pengembang menandatangani kesepakatan dengan Nintendo pada 2000. Game ini pun kembali direncanakan dirilis ekslusif untuk konsol Nintendo Gamecube saja.

Namun, lima tahun kemudian Too Human kembali diubah menjadi video game yang direncanakan dirilis untuk Xbox 360 saja. Pada akhirnya game ini dirilis pada 2008. Setelah rilis pun game ini tidak terlepas dari masalah, pada 2013 Silicon Games meminta menghapus game ini dari Microsoft Store.

4Team Fortress 2

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama! (Bagian Dua)

Team Fortress 2 merupakan game bergenre multiplayer first-person shooter yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Valve Corporation. Pertama kali dirilis pada 2007, game ini tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, juga konsol Xbox 360 dan Playstation 3.

Team Fortress sendiri awalnya sebuah mod untuk game Quake yang rilis pada 1996. Valve Corporation pun selaku pengembang kemudian benar-benar mengerjakan Team Fortress 2 pada 1998. Team Fortress 2 yang diplot sebagai sekuel ini benar-benar mendapatkan banyak pujian di E3 1999.

3Final Fantasy XV

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama! (Bagian Dua)

Final Fantasy XV merupakan game bergenre action-role play game yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Square Enix. Video game yang satu ini pertamakali dirilis pada 2016 untuk konsol Playstation 4 dan Xbox One, dan menyusul dua tahun kemudian untuk versi Microsoft Windows-nya.

Reaksi sebagian sobat kosongan ketika melihat game ini berada dalam daftar pasti tidak heran, ‘kan, ya? Ya, Final Fantasy XV merupakan salah satu game yang tenar berkat proses produksinya yang lama.

Pertama kali mulai dikembangkan pada tahun 2006 sebagai game untuk Playstation 3 dan Xbox 360, game ini membutuhkan waktu 10 tahun hingga akhirnya rilis. Judul game ini saat pertama kali dikembangkan pun bahkan masih Final Fantasy Versus XIII.

Selain itu, versi awal game ini juga memiliki banyak perbedaan dengan versi jadinya, seperti salah satu yang populer adalah keberadaan karakter Stella Nox Fleuret. Akhirnya Final Fantasy Versus XIII pun berkembang sekalian menjadi Final Fantasy XV yang rilis pada 2016.

2Diablo III

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama! (Bagian Dua)

Diablo III merupkana game bergenre dungeon crawler action-role playing game yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Blizzard Entertainment. Game ini merupakan instalasi ketiga dari seri ketiga waralaba Diablo dan dirilis untuk Microsoft Windows and macOS pada 2012.

Meskipun demikian, pengembangan Diablo III memang sudah lama, yaitu pada 2001. Sebab keterlambatan video game yang satu ini baru rampung pada 2012 pun cukup unik. Blizzard Entertainment selaku pengembang lebih fokus ke beberapa game lain, seperti Starcraft contohnya.

1Duke Nukem Forever

Bisa Tua Nungguinnya, 5 Game dengan Proses Produksi Terlama! (Bagian Dua)

Duke Nukem Forever adalah game bergenre first-person shooter yang dirilis pada 2011 untuk Microsoft Windows, OS X, dan konsol Playstation 3 serta Xbox 360. Video game yang satu ini pertama kali dikembangkan pada 1996 oleh 3D Realms dan Triptych Games, namun dibereskan oleh Gearbox Software dan Piranha Games.

Sialnya, butuh delapan tahun bagi 3D Realm hanya untuk sekadar merilis teaser dari game satu ini. Dianggap gagal dan membuat perusahaan merugi, tim pengembang dari Duke Nukem Forever pun akhirnya dipecat, terutama memang karena keadaan keuangan sedang buruk saat itu.

Take-Two Interactive selaku pemegang hal publikasi Duke Nukem Forever pun menggugat 3D Realms dan mengambil alih pengembangan game ini. Alih-alih menyelesaikannya, Take Two lebih fokus pada Borderlands. Akhirnya pada 2015 game ini dirilis namun hanya dinilai biasa saja.

Itulah tadi beberapa game dengan proses produksi telama. Selain game-game tersebut, apakah sobat kosongan tahu game apalagi yang memakan waktu produksi yang lama? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.