5 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Kamu Ketahui!

5 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Kamu Ketahui!
5 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Kamu Ketahui!

Bila mencari Film Sejarah Terbaik, maka anda harus menyimak beberapa film yang kami akan rekomendasikan. Tentu saja film sejarah merupakan tontonan yang tidak akan pernah habis. Kisah- kisah sejarah selalu dibuat dengan berbagai macam momen. Momen tersebut menceritakan pengalaman seseorang sebagai saksi hidup dari peristiwa masa lampau yang penting.

Film sejarah merupakan film yang cocok untuk menemani liburan kita. Film sejarah sendiri tentu bisa berdasarkan Novel, puisi, legenda hingga bahkan dari kisah hidup seseorang dan sejarawan sekalipun. Sejarah seperti namanya, merupakan kumpulan kejadian yang telah berlalu. Banyak dari kejadian- kejadian di dalam sejarah yang telah diangkat menjadi kisah film yang sangat menarik untuk kita lihat.

5 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa

112 Years A Slave

12 Years A Slave
12 Years A Slave

12 Years of Slave adalah judul film yang  menjabarkan kisah perbudakan di zaman kolonial Amerika. Film ini tentu menceritakan sensitifitas rasisme, karena menganggap orang kulit hitam adalah aib pada zaman itu. Film ini merupakan salah satu film sejarah terbaik yang wajib kita tonton.

Terlebih film ini memang mampu mendapatkan berbagai nominasi Oscar. Di film ini menceritakan tentang kisah seorang pemuda bernama Solomon Northup. Dirinya diinisialir sebagai seorang pemain biola kulit hitam yang memiliki nasib yang lebih beruntung dari orang- orang berkulit hitam lainnya.

Kehidupan Solomon yang awalnya terlihat mewah dan enak akhirnya berubah ketika dirinya ditipu hingga harus berjibaku dengan keadaan sampai akhirnya menjadi seorang budak. Kisah hidup dan juga perjuangannya untuk keluar dari perbudakan inilah yang menjadi daya tarik dari film besutan Steve McQueen ini.

Film ini juga tidak jarang membuat para penontonnya berlinang air mata. Mulai dari kisah hidup yang pelik dan menyentuh sampai politik apartheid yang kental menjadi salah satu sajian dari film pemenang Best Picture Oscar ini. tidak hanya menyajikan latar dan juga cerita saja, namun film ini mampu memberikan realita baru bagi industri film Hollywood yang selalu mengambil sudut pandang orang-orang kulit yang selalu tampil superior sebagai seorang penyelamat.

2Kingdom of Heaven (Perang Salib)

Kingdom of Heaven (Perang Salib)
Kingdom of Heaven (Perang Salib)

Ada yang bilang film ini merupakan sebuah film Agama yang sangat sensitif. Namun bagi para pecinta film sejarah, atau bagi siapapun yang belum mengetahui film ini, tentu saja akan merasa terkejut dan ingin mengulang terus film ini. Kingdom of Heaven, bisa dijadikan sebuah deretan film sejarah terbaik pada masa dulu hingga sekarang. Film berlatar belakang perang salib ini mengajak kita untuk merefleksikan kembali apa itu agama.

Dari film yang digarap oleh sutradara Ridley Scott itu terpampang nyata tentang sebab adanya perang yang sepertinya dilandasi oleh dasar agama. Kisah yang digambarkan dalam film Kingdom of Heaven secara tidak langsung juga menggambarkan keadaan saat ini yang ternyata banyak oknum- oknum yang menyebabkan konflik berkepanjangan antara sekelompok Agama.

Film ini bercerita tentang Balian (Orlando Bloom) yang  dijemput oleh ayahnya, Godfrey untuk mengabdi kepada Raja Baldwin IV di Yerusalem. Godfrey terluka saat perjalanan dan nyawanyapun tak dapat tertolong. Balianpun kemudian diangkat menjadi Knight untuk memimpin daerah bernama Ibelin. Dar sinilah kisah dan perjuangan Balian dimulai.

Balian merupakan orang baik yang akan berjuang untuk negarannya. Tetapi kubu Islam pun bertekad untuk merebut kembali kota Jerusalem, karena di kota itu sudah banyak penindasan dan tindakan intoleran atas panglima- panglima kerajaan templar.

3Saving Private Ryan

Saving Private Ryan
Saving Private Ryan

Saving private Ryan adalah film sejarah memakai latar belakang Perang Dunia 2. Film ini menceritakan perjuangan seorang kapten perang bernama John H. Miller (Tom Hanks) yang berjuang untuk menyelamatkan seorang prajurit bernama Ryan, untuk kembali ke Amerika Serikat. Prajurit ini ternyata telah kehilangan tiga orang saudara kandungnya karena perang.

Film sejarah terbaik ditahunnya ini sangat menarik, terlebih menyuguhkan kondisi dan keadaan semasa perang dan bagaimanaperang mengubah wajah sebuah tempat dan tatanan dalam masyarakat. Disamping itu, gejolak yang timbul karena gugurnya para prajurit yang dipimpin oleh sang kapten menambah seru jalannya cerita. Tertarik menontonnya?

4The Last Emperor

The Last Emperor
The Last Emperor

The Last Emperor merupakan sebuah film yang menceritakan tentang kisah Kaisar terakhir dari Tiongkok dan perkembangan dari fase Kerajaan hingga berbentuk republik seperti saat ini. Kisah dalam film ini di awali dengan kisah Pu Yi, seorang balita yang dinobatkan menjadi kaisar ketika dirinya baru menginjak usia 3 tahun, film ini berkisah tentang bioografi seorang raja yang akhirnya harus menyerahkan tahta dan kekuasaannya.

Pu Yi yang sedari awal hanya mengecap kehidupan dari dalam istana (Forbidden City, Beijing) harus merelakan dirinya kehilangan tahta ditengah gejolak politik yang dipimpin oleh Dr. Sun Yat Sen. Pada awalnya pemerintahan baru Tiongkok mengijinkan Pu yi untuk tinggal di istana hingga akhirnya dirinya dituduh bekerjasama dengan Kaisar Jepang. Peristiwa itulah yang membuatnya terusir dari istana dan menjadi tahanan negara. Pu Yi yang sangat naif pun harus mau merelakan hidupnya lepas dari semua atribut kerajaan dan jabatannya. Bahkan diakhir hidupnya dirinya hanya bekerja sebagai tukang kebun dan juga editor di kantor Partai Komunis.

Cerita yang terlihat dalam film ini, tentu disuguhkan sangat menarik dan mengingatkan kita sebuah penggambaran dimana sebuah dinasti yang teah ratusan tahun berkuasa harus tunduk dan runtuh ketika sebuah ideologi baru menjadi paham baru yang dianut. Film ini juga menunjukkan bahwa roda terus berputar, dimana Pu Yi yang dulunya seorang kaisar harus rela menatap singgasananya dari kacamata seorang rakyat biasa.

5The Pianist

The Pianist

Masih berlatar belakang Perang Dunia ke 2, film ini menceritakan sejarah dan sistem bertahan hidup yang cukup pelik. Film ini merupakan film yang diambil dari kisah nyata seorang pemain piano atau Pianist berdarah Yahudi, ketika Nazi masih berkuasa. The Pianist menyuguhkan cerita –cerita seru dan epik yang diambil dari sudut pandang masyarakat biasa.

Dimulai dari Pianist yang bernama Wladyslaw Spilzman, seorang warga keturunan Yahudi-polandia yang memulai karirnya sebagai masyarakat biasa. Dirinya merupakan seorang pianis terkenal yang permainannya selalu diputar di Radio Polandia. Namun akibat perang dirinya harus bertahan hidup di tengah gempuran Nazi.

Kisah mengharukan yang diangkat dari kisah nyata ini patut jadi salah satu tontonan yang cukup seru. Selain karena banyak yang bisa kamu ambil hikmahnya, the Pianist juga menyajikan relita kekejaman dan kehidupan pada masa perang. Film yang diproduksi pada tahun 2002 ini diproduksi oleh Roman Polanski yang jug apernah menglamai hal yang sama semasa Holocaust.

Dirinya pernah tinggal di Ghetto, atau perkampungan khusus Yahudi di Auschwitz, di tempat itu pulalah ibunya meninggal dunia. Film ini tak hanya menyajikan gambar dan keadaanperang, namun juga kehidupan pahit yang diambil dari sisi seorang korban.

Itulah beberapa Film Sejarah yang patut kita tonton. Film sejarah merupakan film yang harus di tonton dengan serius, karena setiap adegannya memiliki pesan yang cukup tajam. Maka tidak ada salahnya menjadikan 5 film sejarah terbaik di atas, sebagai tabungan list film anda.