5 Film Hitam Putih Modern Yang Artistik Terbaik

film-hitam-putih-modern-5

Kosongan – Di era modern ini, industri perfilman dunia pastinya sudah mumpuni untuk membuat film layar lebar dengan efek mutakhir. Banyak film berlomba untuk memiliki efek CGI tercanggih dan termulus. Bahkan penghargaan untuk efek tersebut juga biasanya diapresiasi di festival-festival film. Film dengan sentuhan CGI membuat film lebih “hidup” dengan latar yang megah meski imajinatif.

Namun, masuh ada sutradara yang lebih suka mengandalkan filter hitam putih untuk film karya mereka. Filmdengan konsep visual ini biasanya diterapkan pada film-film dengan muatan sejarah. Filter hitam putih dianggap elegan dan dapat membangkitkan nuansa nostalgia bagi film yang berlatar masa lalu.

Ada juga yang menggunkan konsep film layar lebar berfilter hitam putih di era modern ini untuk memberikan kesan artistik saja. Salah satu contoh yang sebetulnya ingin diproduksi dalam hitam putih adalah film pemenang Best Picture Oscar 2018, The Shape Of Water. Film tersebut memiliki latar tahun 80-an. Namun karena mengubah film menjadi tidak berwarna membutuhkan dana lebih, niat tersebut diurungkan dengan berat hati oleh sang sutradara.

Yup, membuat film hitam putih modern justru memakan budget tambahan. So, jangan anggap remeh film dengan filter hitam putih.


5 Film Hitam Putih Modern Terbaik

1Nebraska (2013)

film-hitam-putih-modern-1

Nebraska merupakan film drama tentang seorang laki-laki tua bernama Woody Grant (Bruce Dern) yang yakin bahwa dirinya memenangkan sebuah lotre dengan hadiah uang jutaan dolar. Namun istri dan kedua anaknya cukup meragukan hal tersebut dan menyuruh Woody untuk tidak menggubris lotre tersebut apalagi nekat pergi ke Nebraska.

Namun berbeda dengan ibu dan saudara laki-lakinya, David Grant (Will Forte) mau mengatar sang ayah ke Nebraska. Ia berpikir, berapa lama lagi sang ayah bisa berada di sisinya. Selagi masih ada, ia ingin mewujudkan keinginan sang ayah.

Film ini tidak nampak berlatar pada jaman modern, jadi memilih filter hitam putih murni untuk memberikan efek seni tersendiri pada film ini.

Nebraska sempat masuk dalam nominasi film Best Picture Oscar pada tahun 2014. Film ini akan membuat kamu teringat dengan orang tua yang menyetuh meski dengan kesedarhaan ceritanya.

2Ida (2014)

film-hitam-putih-modern-2

Film hitam putih modern berikutnya adalah Ida yang sempat memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2015, sebagai Best Foreign Language Film.

Film ini berkisah tentang seorang siswa biarawati bernama Ida, yang akan segera mengambil sumpah kaulnya dan menjadi seorang biarawati sungguhan. Namun, sebelum mengambil sumpahnya, ia dihadapkan pada kenyataan tentang masa lalunya. Dimana ia sebetulnya bukan orang Katholik, melainkan seorang anak yang lahir dari keluarga Yahudi.

Sebelum mengambil sumpah yang akan mengubah hidupnya selamanya, Ida pun melakukan perjalanan untuk mencari tahu masa lalunya. Namun Ida tidak hanya menemukan asal usul dirinya, ia akhirnya juga mulai merasa menemukan jati dirinya yang sesungguhnya.

Film Ida berlatar pada tahun 1962, filter hitam putih di pilih untuk membangkitkan aura jaman dahulu pada film ini. Selain dengan warna abu, film ini tampak semakin artistik karena framenya yang ditata memiliki komposisi yan minimalis.

3Frantz (2017)

film-hitam-putih-modern-3

Berikutnya adalah film asal Perancis berjudul Frantz. Film ini karya sutradara Francois Ozon. Merupakan kisah tentang seorang wanita, Anna (Paula Beer) yang masih berkabung setelah meninggalnya sang tunangan bernama Frantz karena Perang Dunia Pertama. Suatu hari, Anna bertemu dengan sesosok laki-laki Perancis bernama Adrein (Pierre) yang muncul di makam Frantz dan membawa bunga.

Mereka pun menghabiskan waktu bersama dan secara tidak terduga menimbulkan perasaan tertarik akan satu sama lain. Seiring berkembangnya perasaan Paula dengan Pierre, ia jug makin mengetahui seberapa dekat hubungan Pierre dengan mantan tunangannya, Frantz.

Meksi dibawakan dengan konsep hitam putih, film ini memiliki tampilan visula yang mulus dan kontras. Serta cinematografi yang indah.

4Schindler’s List (1993)

film-hitam-putih-modern-3

Film berikutnya merupakan film adaptasi kisah nyata tentang seorang pebisnis Jerman bernama Oskar Schindler yang diperankan oleh Liam Neeson. Bercerita tentang Oskar yang mempekerjakan para orang Yahudi pada Perang Dunia ke II agar tidak perlu menderita hingga terbunuh di perkemahan konsentrasi miliki tentara Nazi.

Awalnya Oskar hanya ingin menjalankan bisnis dan memanfaatkan situasi perang untuk mendapatkan banyak buruh. Namun, semakin ia melihat kejahatan tentara Nazi, ia tergerak untuk menyelematkan para orang Yahudi dengan membuat sebuah daftar nama orang Yahudi yang benar-benar berharga baginya.

Schindler’s List diproduksi pada tahun 1993 oleh sutradara Stephen Spielberg. Pada tahun itu, semua film sudah berwarna, namun Stephen memilih konsep hitam putih untuk membangkitan nuansa jaman perang yang mencekam dan memilukan. Hal ini juga membuat adegan kekerasan dalam film ini tidak terlalu vurgal dan tetap nyaman di mata meski kamu dijamin tetap merasa ngeri.

Film ini berhasil memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 1994 sebagai Best Picture.

5Roma (2018)

film-hitam-putih-modern-5

Yang terakhir adalah film yang sedang viral dikalangan pencinta film internasional dan para pengamat film. Roma merupakan film daram kehidupan bertema hitam putih karya sutradara Mexico Alfonso Cuaron. Film satu ini menuai banyak ulasan postif dari berbagai media karena keindahan cinematografinya serta tema kemanusiaan yang diangkat.

Cerita berpusat pada kehidupan seorang pembantu rumah tangga bernama Cleo (Yalitza Aparicio) dan kehidupan orang-orang di sekitarnya. Kisah ini berlatar pada tahun 1970 dan 1971 di pemukiman  Colonia Roma di Mexico.

Film ini digadang-gadang setidaknya akan masuk nominasi Oscar pada tahun 2019 mendatang. Dan sangat mungkin memenangkan penghargaan di ajang film terbesar tersebut.