15 Rekomendasi Anime Detektif Terbaik, Bikin Kalian Penasaran!

Kosongan – Apakah kalian seorang otaku yang gemar sekali menonton serial anime? Saking gemarnya, kalian pasti sedang mencari – mencari rekomendasi genre anime di internet. Nah, pas banget loh. Karena kali ini kami ingin memberikan kalian setidaknya rekomendasi – rekomendasi anime dengan genre yang sangat populer di kalangan para otaku yaitu Detektif.

Berbicara mengenai genre tersebut, apakah kalian tahu defisini Detektif ataupun pengertian dari Detektif itu sendiri? Kami menganjurkan kepada kalian untuk mengetahui lebih jauh dulu apa itu Detektif dan bagaimanakah serial anime yang bertema atau berkategori misterius dan pengetahuan ini sangat seru untuk kalian tonton

Apa itu Anime Detektif?


Menurut wikepedia dan beberapa sumber, Detektif merupakan serapan dari bahasa inggris detective. Kata detective adalah kata majemuk yang berasal dari dua kata: detect dan elective. Kata detect artinya deteksi atau usaha untuk menemukan kenyataan atau kebenaran; sedangkan elective adalah bersifat pilihan atau yang ditunjuk, dalam hal ini adalah orang/ badan/ institusi. Secara etimologis, kata detektif adalah orang/ badan/ institusi yang berusaha menemukan sebab musabab, kenyataan dan kebenaran.

Pada akhirnya terminologi (istilah) detektif melekat pada kepolisian atau pembantu polisi yang bertugas untuk mengungkap pelanggaran hukum. Seperti yang kita ketahui secara umum, bahwa kerja detektif berusaha mengungkap kebenaran pelanggaran hukum yang dilakukan seseorang/ sekelompok orang yang sekilas akan sulit diungkap karena permukaan kejahatan telah dimanipulasi oleh ia/ mereka yang ingin menghindar dari jerat hukum.


15 Rekomendasi Anime Detektif Terbaik, Bikin Kalian Penasaran!


1Detective Conan

Rekomendasi anime Detektif pertama adalah Detective Conan. Seperti judulnya, kalian juga pasti sudah tahu anime satu ini akan bertema apa. Bahkan, mungkin semua orang telah pernah mendengar nama atau menonton serial anime Detective Conan ini. Episode Detective Conan pun telah tembus 800+ episode, hanya satu serial. Anime satu ini akan mengusung tema misteri atau sebuah kasus yang sangat seru. Sedikit cerita, anime satu ini menceritakan tentang seorang anak muda bernama Edogawa Conan yang sebenarnya ia adalah Shinici Kudo. Dirinya menyusut menjadi kecil karena ulah dari Satria Baja Hitam, atau maksudnya grombolan orang berjubah hitam yang membuat dirinya menjadi anak kecil. Namun meski ia kembali kecil, kemampuannya menganalisis kasus tidak pernah memudar.


Sinopsis Detective Conan:

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Ia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan untuk membunuhnya. Namun, karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti anak kecil berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.


Detail:

  • Japanese: 名探偵コナン
  • Type: TV
  • Episodes:
  • Status: Ongoing
  • Aired: Jan 8, 1996
  • Producers: TMS Entertainment, Yomiuri Telecasting Corporation, FUNimation EntertainmentL, Animax, YTV, TMS-Kyokuchi
  • Genres: Adventure, Comedy, Mystery, Police, Shounen
  • Duration: 25 min. per episode
  • Score: 8.26

2Hyouka

Rekomendasi anime Detective ketiga adalah Hyouka. Ya, berbeda dengan Conan, anime satu ini akan bertema anak di bangku sekolah yang sangat misterius dan pendiam. Walaupun begitu, ia bisa dibilang sangat jenius dalam mengatasi suatu masalah ataupun membongkar suatu masalah yang ia temui. Sang tokoh utama disini bisa dibilang sangat misterius, hingga bisa diiblang ia adalah seorang detektif. Sedikit cerita, anime satu ini ceritakan tentang pertemuan antara gadis yang penuh rasa penasaran akan sesuatu bernama Chitanda Eru dan laki-laki yang lebih suka sunyi dan berhemat tenaga bisa dibilang malas bernama Oreki Houtaru, pertemuan mereka membuat banyak hal baru dalam hidup Oreki Houtaru.

Hyouka adalah salah satu rekomendasi anime Detektif terbaik, rekomendasi anime ataupun Misterius terbaik. Seru deh untuk kamu yang suka anime bernuansa Drama Mistery atau hal-hal seperti pemecahan masalah dan kasus, karena Oreki Houtaru adalah karakter dengan insting pemecah masalah (Detektif) yang keren dan handal. Keren banget deh pokoknya, wajib banget untuk kalian tonton. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis di bawah ini.


Sinopsis Hyouka:

Oreki Houtaro adalah anak SMA dengan sikap minimalis tinggi. Suatu hari, ia bergabung dengan Klub Sastra Klasik atas permintaan kakaknya itu. Di sana ia bertemu Chitanda Eru, Fukube Satoshi, dan Ibara Mayaka. Chitanda adalah seorang gadis cantik dan tenang tapi dia berubah menjadi ingin tahu sekali dia berkata, “Saya tertarik (Watashi, Kininarimasu)”. Fukube adalah seorang anak murah senyum dengan ingatan yang hebat menyebut dirinya sebagai “Database”. Ibara adalah gadis yang pendek dan sangat tegas dengan orang lain dan dirinya sendiri. Dia menyukai Fukube, tapi dia selalu menghindari pendekatan Fukube. Mereka mulai menyelidiki kasus yang terjadi 45 tahun yang lalu. Petunjuk misteri yang dikuburkan di koleksi lama karya-karya para mantan anggota Klub Literatur Klasik.


Detail:

  • Japanese: 氷菓
  • Type: TV
  • Episodes: 22
  • Status: Completed
  • Aired: Apr 23, 2012 to Sep 17, 2012
  • Producers: Lantis, Kadokawa Shoten, The Klock Worx, chara-ani.com, Animation Do
  • Genres: Mystery, School, Slice of Life
  • Duration: 25 min. per ep.
  • Score: 8.18

3Death Note

Rekomendasi anime Detektif ketiga adalah Death Note. Ya, anime satu ini sangat cocok untuk kalian yang suka sebuah kasus misteri dan berbau detektif lah intinya. Terlebih lagi, anime ini memiliki alur cerita yang sangat unik. Dijamin bikin kalian suka deh pokoknya. Terlebih lagi, tokoh utamanya disini memang super duper misterius.

Sedikit cerita mengenai anime satu ini, seorang tokoh bernama Light  yang penasaran akan buku itu langsung mencobanya. Ia menuliskan nama seorang penjahat yang ia lihat didalam berita TV. Dan benar saja, saat itu penjahat itu langsung mati. Karena hal yang luar biasa itu, Light Yagami langsung memutuskan untuk menjadi Tuhan didunia ini dengan buku itu. Ia menuliskan banyak nama penjahat dibuku itu, sehingga kejahatan menjadi menurun. Semua orang memanggil dirinya Kira walaupun tidak ada yang tau identias Light Yagami.


Sinopsis Death Note:

Death Note bercerita tentang seorang pelajar (Light Yagami) yang merasa kalau dunia ini sudah membusuk oleh kejahatan. dan dia merasa bosan atas kadaan dunia yang seperti itu. Hal itu juga dirasakan oleh sang dewa kematian (Ryuk) yang merasa bosan atas kehampaan hidupnya di dunia dewa kematian.

Ryuk, yang memiliki Death Note, merasa kalau akan lebih menarik jika buku itu dijatuhkan di dunia manusia agar dia terhibur. Death Note sendiri adalah buku yang memiliki kekuatan untuk membunuh. Orang yang namanya ditulis dalam Death Note akan segera mati. Dan buku itu pun ditemukan oleh Light, pelajar jenius nomer satu di Jepang.


Detail:

  • Japanese: デスノート
  • Type: TV
  • Episodes: 37
  • Status: Completed
  • Aired: Oct 4, 2006 to Jun 27, 2007
  • Producers: Madhouse, VAP, Konami, Viz MediaL, Ashi Productions, Nippon Television Network Corporation
  • Genres: Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller
  • Duration: 23 min. per episode
  • Score: 8.77

4Another

Rekomendasi anime Detective keempat adalah Another. Ya, selain mengusung tema misteri dan detektif, anime satu ini juga berbau thriller yang sangat mengerikan lho. Cocok banget buat kalian yang suka anime yang berbau gore yang sangat menyeramkan. Terlebih lagi, dari segi alur cerita dan visual, anime ini bakal dapet banget lho. Singkat cerita untuk kalian, anime satu ini menceritakan tentang sebuah awal dari sebuah kisah saat 26 tahun yang lalu. Dimana saat itu Misaki, seorang siswi yang sedang menempuh akhir semester dari sekolah menengahnya. Misaki ini adalah siswi yang teladan selain cantik, dia juga pintar dan pandai berolahraga sehingga ia menjadi populer dikalangan laki-laki disekolahnya. Namun, suatu hari Misaki dikabarkan meninggal secara misterius.

Teman-teman sekelasnya yang tidak terima akan kepergian Misaki, melanjutkan tahun terakhir sekolahnya dengan menganggap bahwa Misaki masih hidup dan ada diantara mereka. Bahkan hingga kelulusan tiba, mereka tetap menganggap bahwa Misaki lulus bersama mereka. Lalu, singkat cerita serial anime ini berlatar belakang pada tahun 1988. Saat itu disekolah tersebut kedatangan murid pindahan bernama Sakakibara Kouichi. Dari situlah semua berawal. Kouichi dihadapkan dengan kelas yang ditempati Misaki dulu. Suasana Horor dari kelas itu serta ceritanya yang menyeramkan, dijamin bakal membuat kalian penasaran dan ngeri dengan anime ini.


Sinopsis Another:

26 tahun yang lalu, konon, Misaki, seorang pelajar SMP Yomiyama Utara alias Yomikita duduk di kelas 3-3. Misaki disukai guru maupun teman-temannya karena selain rupawan, dia juga pandai dalam pelajaran dan olahraga. Sebuah kecelakaan yang mendadak merengut jiwa Misaki membuat salah satu teman sekelasnya menyangkal kematiannya dan berlaku seolah-olah Misaki masih hidup.

Hal tersebut selanjutnya diikuti oleh seluruh murid kelas 3-3, termasuk guru, bahkan kepala sekolah menyediakan kursi untuk Misaki saat upacara kelulusan sekolah. Perlakuan mereka itu selanjutnya membuat sosok Misaki turut muncul dalam foto kelas di album kelulusan. beberapa waktu terus berlalu, ada murid baru yang pindah dan dimasukkan ke kelas Misaki Mei yaitu kelas 3 kelompok 3,murid itu bernama sakakibara kouchi, ia adalah murid pindahan dari Tokyo, dan ayahnya bekerja di India beberapa waktu kemudian,kelas 3 kelompok 3 disebut-sebut sebagai kelas kutukan.


Detail:

  • Japanese: アナザー
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: Jan 10, 2012 to Mar 27, 2012
  • Producers: Lantis, Kadokawa Shoten, P.A. Works, Toho Company, Sentai FilmworksL, The Klock Worx, Bandai Namco Live Creative, NTT Docomo
  • Genres: Horror, Mystery, School, Thriller
  • Duration: 24 min. per episode
  • Score: 7.99

5Psycho Pass

Rekomendasi kelima anime Detektif adalah Psycho Pass. Ya, anime satu ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian tonton. Terlebih lagi, anime satu ini memang bertema sebuah misteri dan berbau detektif. Cocok banget untuk kalian yang sedang mencari rekomendasi anime detektif pokoknya. Seperti judulnya, anime satu ini juga mengusung tema psikopat dan pembunuhan. Jadi makin seru kalok ditonton sendirian. Sedikit cerita, anime ini berlatar belakang tempat dimana Teknologi telah maju pesat. Anime ini menceritakan tentang sebuah Sibyl System pada tahun 2113, nah sistem tersebut adalah tolak ukur untuk mengukur mental seseorang yang gunanya adalah untuk mencegah dan menghukum orang yang akan melakukan kejahatan.

Mereka yang menjalankan sistem ini adalah para penegak hukum yang dibekali dengan senjata khusus, semakin tinggi indikator Psycho-Pass milik target, semakin parah juga hukuman yang harus diterimanya. Tapi ternyata, ada yang aneh pada sistem tersebut, dan beberapa orang sadar akan hal itu sehingga mereka menyelidiki dan menemukan sesuatu yang tidak diketahui oleh orang banyak. Intinya, karakter utamanya di sini bakal mantap banget. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis animenya di bawah ini.


Sinopsis Psycho Pass

Tahun 2116 Pemerintah Jepang mulai mengekspor robot tak berawak Sibyl System menuju negara bermasalah, dan sistem menyebar ke seluruh dunia. Sebuah negara yang berada di tengah-tengah perang saudara, Persatuan Negara Asia Tenggara, mengujicobakan Sibyl Sytem di negara mereka. Di bawah sistem baru tersebut, Shamballa Float mencapai perdamaian dan keamanan sementara. Tapi kemudian Negara Persatuan Asia Tenggara mengirimkan teroris ke Jepang. Mereka menyelinap melalui Sybil System dan kemudian menyerang dari dalam. Dalam insiden ini, muncul bayangan seseorang di masa lalu. Sebagai seorang Polisi, Tsunemori melakukan perjalanan menuju Shambala Float untuk melakukan penyelidikan. Kebenaran keadilan di negara baru ini akan menjadi jelas.


Detail:

  • Japanese: 劇場版 サイコパス
  • Type: Serial TV
  • Episodes: 1
  • Status: Completed
  • Aired: Jan 9, 2015
  • Producers: Production I.G, FUNimation EntertainmentL, Nitroplus
  • Genres: Action, Movie, Police, Sci-Fi
  • Duration: 1 hr. 53 min.
  • Score: 8.14

6Kindaichi Shounen no Jikenbo

Rekomendasi anime Detektif keenam adalah Kindaichi Shounen no Jikenbo. Sedikit informasi, anime satu ini sangat mirip dengan Detective Conan lho. Ya, disini akan menceritakan seorang anak yang sangat jenius. Ia, walaupun masih remaja, bisa dibilang adalah seorang detective yang sangat misterius. Eits, dia tidak sendiri, ia akan ditemani oleh partnernya seorang wanita yang sangat cantik. Jadi makin mantap deh ini anime pokoknya. Singkat cerita, anime satu ini menceritakan tentang tentang Hajime Kindaichi, siswa SMA yang hebat dalam memecahkan kasus rumit tapi dalam hal Matematika, kemampuan ia sangat kurang bahkan bisa dikatakan bodoh. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis di bawah ini.


Sinopsis The File of Youngs Kindaichi:

Berlatar di SMA Fudo, pada suatu hari, kepala sekolah SMA Fudo menerima surat ancaman dari seseorang yang menyebut dirinya “Penyihir Sekolah,” yang memperingatkan mereka untuk mengehentikan rencana perobohan bangunan sekolah lama. Rumor-rumor mengerikan tentang murid yang meninggal dalam “Tujuh Misteri SMA Fudo” mulai menyebar lagi, dan itu tidak lama sebelum Kindaichi dan Miyuki ikut terlibat ketika mereka menyelidiki bersama Klub Misteri. Ketika anggota Klub Misteri mulai meninggal satu persatu dan Miyuki juga diserang, Kindaichi menyadari bahwa ia harus segera memecahkan misteri tersebut sebelum korban bertambah.


Detail:

Detail:

  • Japanese: The File of Youngs Kindaichi
  • Type: Serial TV
  • Episodes: 1
  • Status: Completed
  • Aired: Jan 9, 202
  • Producers: Production I.G, FUNimation EntertainmentL, Nitroplus
  • Genres: Action, Movie, Police, Mistery
  • Duration: 1 hr. 53 min.
  • Score: 8.14

7Boku dake ga Inai Machi

Rekomendasi ketujuh anime Detektif terbaik adalah Boku dake ga Inai Machi. Ya, anime satu ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian. Terlebih lagi, anime satu ini memang sangat terkenal. Selain mengusung tema misteri dan detektif, bisa dibilang anime ini juga memiliki penuh teka-teki dan sedih juga lho. Dari segi alur cerita, anime ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Bakal dapet banget deh feelingnya jika ditonton. Anime satu ini digarap oleh studio  A-1 Pictures ini sudah menyudahi seri anime-nya sekitar 2 tahun lalu. Pokoknya, anime ini bakal sedih banget.

Nah sedikit cerita nih ya, anime satu ini akan menceritakantentang Fujinuma Satoru yang secara tidak sengaja mengalami perjalanan kembali ke-masa lalu ketika bertemu suatu kejadian yang berbahaya. Cerita dimulai ketika Satoru menemukan bahwa ibunya telah dibunuh, dan semua orang yang berada di tempat kejadian menuduh Satoru yang melakukan kejahatan tersebut.

Hal tersebut membuat ia panik dan sontak melarikan diri dari tempat kejadian. Tanpa sadar Satoru telah kembali ke 18 tahun yang lalu entah dan bagaimana caranya terjadi. Disana, ia mulai mencoba mencari tahu siapa yang telah membunuh ibunya sambil menyelamatkan beberapa teman-nya di masa lalu yang menjadi korban penculikan dan pembunuhan. Anime ini adalah rekomendasi bertema Sekolah terbaik dengan konflik yang mengajarkan kamu bahwa sebagai seorang teman, kita-pun bisa berkorban untuk orang yang kita sebut teman. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat sinopsis animenya di bawah ini.


Sinopsis Boku dake ga Inai Machi:

Penulis manga Satoru Fujinuma berjuang melawan rasa takut dalam mengekspresikan dirinya. Namun, ia memiliki kemampuan supranatural dan dipaksa untuk mencegah kematian dan bencana dengan cara dikirim kembali dalam waktu sebelum insiden itu terjadi, ia kembali berulang kali sampai suatu kecelakaan bisa dicegah. Suatu hari, ia terlibat dalam sebuah kecelakaan yang membuatnya dijebak dan menjadi seorang pembunuh. Karena begitu putus asa menyelamatkan korban, ia mengirimkan dirinya kembali masa lalu sampai ia menyadari dirinya kembali menjadi anak SD, dan berada pada satu bulan sebelum teman sekelasnya yaitu Kayo Hinazuki menghilang. Satoru sekarang menjalankan misi baru untuk menyelamatkan Kayo dan memecahkan misteri di balik kepergiannya.


Detail:

  • Japanese: 僕だけがいない街
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: Jan 8, 2016 to Mar 25, 2016
  • Producers: Aniplex, Dentsu, Kadokawa Shoten, Fuji TV, DAX Production, FUNimation Entertainment, Aniplex of America, A-1 Pictures
  • Genres: Mystery, Psychological, Seinen, Supernatural
  • Duration: 23 min. per episode
  • Score: 8.94

8Kamisama no Memochou

Rekomendasi anime Detektif kedelapan adalah Kamisama no Memochou. Ya, anime satu ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian tonton. Terlebih lagi, anime satu ini memang bertema detektif, kek misteri-misteri gitu deh. Terlebih lagi, tokoh utamanya cewek, bakal mantap banget jika ditonton sama para otaku cowok nih. Dari segi cerita, anime ini memang membuat penasaran dan penuh misteri pokoknya. Nah singat cerita mengenai anime satu ini, ia menceritakan seorang wanita bernama Fujishima Narumi yang lebih senang menyendiri dan menjauh dari orang-orang. Suatu hari Narumi bertemu dengan seorang gadis yang bernama Ayaka, Ayaka ini adalah satu satunya anggota dari klub Gardening (klub berkebun) disekolah.

Ayaka mengajak Narumi untuk bekerja disebuah kedai mie ramen. Narumi menyetujuinya dan mencoba untuk bekerja disana, tapi saat dia disuruh mengantarkan pesanan disalah satu kamar disebuah apartemen, didalam sana terlihat seorang gadis cantik dengan boneka yang banyak dan komputer disekelilingnya. Gadis itu menyebut dirinya sebagai detektif Neet, setelah hari itu Narumi selalu datang ke apartemen tersebut dan menyelesaikan kasus-kasus misteri dari setiap client.


Sinopsis Kamisama no Ichijou:

Cerita berawal ketika Ayah Narumi bekerja di luar negeri . Tapi dia pulang sekitar 5 hari dalam setahun, jadi dia tinggal bersama kakaknya yang bekerja untuk mendukung keduanya. Karena itu, dia dipaksa untuk sering bergerak .Suatu hari, dia sampai di atap sekolah saat ini di Tokyo ketika seorang gadis bernama Ayaka melihat dia. Dia adalah anggota tunggal dari Gardening Club .

Setelah memaksa Narumi untuk bergabung dengan Gardening Club, dia membawanya ke sebuah toko ramen yang di mana dia bekerja kadang-kadang dan di mana sekelompok NEET (orang yang tidak dipekerjakan, dalam pendidikan, atau pelatihan) . Narumi disambut ke dalam kelompok meskipun menyatakan bahwa ia tidak NEET dan tidak berniat menjadi salah satu dari mereka. Untuk seorang detektif yang tinggal diatas toko ramen . Detektif tersebut bernama Alice


Detail:
  • Japanese: 神さまのいない日曜日
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: Jul 7, 2013 to Sep 22, 2013
  • Producers: Starchild Records, AT-X, KlockWorx, Memory-Tech, Studio Mausu
  • Genres: Fantasy, Mystery
  • Duration: 23 min. per ep.
  • Score: 7.49

9Higurashi no Naku Koro ni Kai

Rekomendasi anime Detective kesembilan adalah Higurashi no Naku Koro ni Kai. Ya, anime satu ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian tonton. Selain mengusung tema misteri, anime satu ini juga bertema detektif yang sangat seru lho. Dari segi cerita, anime ini bakal banyak banget kemisteriusannya, terlebih lagi, tokoh utama bisa dibilang sangat jenius, namun kocak. Nah, soal visual, anime ini memiliki visual yang sangat memukau. Jadi bakal bikin nyaman deh saat kalian tonton. Singkat cerita nih ya, anime satu ini memang mengusung unsur gore yang cukup serem lah gitu. ‘

Nah anime ini juga menceritakan  tentang seorang siswa yang dipindahkan ke sebuah desa dan menetap di sana. Suatu hari, sebuah festival sedang berlangsung di sana dan mulai dari sini, banyak kejadian aneh terjadi. Insiden demi insiden pun terjadi, sampai akhirnya ia bersama teman-temannya mengetahui hal yang sebenarnya terjadi di desa tersebut. Seru banget deh pokoknya, rugi banget jika kalian tidak menonton anime satu ini. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis animenya di bawah ini gan.


Sinopsis Higurashi no Naku Koro ni Kai:

ada bulan Juni tahun 1983, terjadilah suatu peristiwa mengenaskan. Di sebuah kamar dalam kegelapan malam, seorang pemuda dengan tongkat baseball menghajar dua perempuan berseragam sekolah sampai mati. Tongkat tersebut dihantamkannya dengan sekuat tenaga berkali-kali ke kepala, tangan, dan kaki korban hingga bersimbah darah dan meremukkan tulang mereka. Selesai dengan korbannya, dengan napas terengah-engah, ia berdiri dengan wajah seram seperti kesetanan.

Selepas opening yang berjudul sama dengan judul anime ini awalnya terlihat begitu hangat. Di pagi hari yang cerah Maebara Keiichi bangun dari tidurnya dan bersiap-siap ke sekolah. Keluar dari rumah ia bertemu dengan Ryuuguu Rena yang tampaknya selalu menunggu Keiichi setiap pagi. Rena terlihat sangat manis dengan seragamnya. Kemudian Keiichi bercerita bahwa ia baru pindah ke desa itu yang bernama Hinamizawa sebulan yang lalu.

Dalam perjalanan menuju ke sekolah, bertemulah mereka dengan Sonozaki Mion. Mion tampak tomboi dan kasar. Rupanya Mion adalah kakak kelas Keiichi dan Rena. Sesampainya di sekolah mereka belajar dalam satu kelas. Karena letaknya di desa terpencil, sekolah tersebut hanya memiliki satu kelas dengan satu guru yang mengajar murid dari kelas 1 SD hingga kelas 6 SD. Setelah bel pulang sekolah berbunyi, Rena dan Mion mengajak Keiichi untuk berjalan-jalan di sekitar desa tersebut besok. Mereka ingin memperkenalkan lingkungan di sekitar desa tersebut. Keesokan harinya mereka pergi ke kuil dan berpiknik di halamannya.

Lalu datang dua anak dari kelasnya yang bernama Furude Rika dan Houjou Satoko. Dilihat dari fisiknya, mereka sepertinya adik kelas Mion, Rena dan Keiichi. Selesai jalan-jalan hari sudah senja, mereka semua berpisah. “Sayang sekali sudah harus pulang”, kata Keiichi. “Bagaimana kalau kita mengambil jalan putar?”, ajak Rena. Rena tampak gembira karena sudah lama ia tidak melewati jalan itu yang ternyata melewati tempat pembuangan barang bekas. Baginya itu seperti gundukan harta karun. Rena berjalan ke gundukan tersebut sedangkan Keiichi menuggu sambil tidur-tiduran di tepi jalan. Tiba-tiba Keiichi dikejutkan oleh seorang fotografer yang sekonyong-konyong membidikkan kamera ke arahnya.


Detail:
  • Japanese: Higurashi no Naku Koro ni Kai
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: Jul 7, 2010 to Sep 22, 2011
  • Producers: Starchild Records, AT-X, KlockWorx, Memory-Tech, Studio Mausu
  • Genres: Mystery,
  • Duration: 23 min. per ep.
  • Score: 7.49

10Danganronpa: The Animation

Rekomendasi anime Detective kesepuluh adalah Danganronpa: The Animation. Ya, anime satu ini sangat kami rekomendasi untuk kalian tonton. Selain bertema sebuah misteri dan horror, anime satu ini juga mengusung tema action loh yang membuat anime ini lebih seru lagi jika ditonton. Dari segi alur cerita, anime satu ini juga memiliki cerita yang sangat unik. Perlu kami ingatkan, anime ini adalah salah satu anime gore yang paling mengerikan lho. jadi, sebelum menonton, siapkan diri kalian dulu. Kalo enggak kuat, mending enggak usah nonton ya kak.

Singkat cerita untuk kalian, anime satu ini menceritakan tentang siswa baru di Kibougamine yang tiba-tiba terkurung lalu muncul sosok bernama Monokuma. Sepertinya namanya, ia berbentuk beruang putih setengah hitam setengah. Ia mengaku sebagai kepala sekolah dan memulai Game mematikan yang terkait dengan pembunuhan dan beberapa kasus yang harus Murid-murid itu lalui. Seri anime ini lebih mengarah ke Game, Survival dan Adventure. Nah, untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis animenya di bawah ini.


Sinopsis Danganronpa: The Animation:

Sekelompok 15 elit siswa SMA yang berkumpul di, SMA kelas tinggi sangat istimewa. Untuk lulus dari sekolah tinggi ini pada dasarnya berarti Anda akan berhasil dalam hidup, tapi lulus sangat sulit. Sekolah ini dipimpin oleh beruang disebut Monokuma, dan ia menjelaskan kepada mereka bahwa kelulusan mereka bergantung sekitar melakukan pembunuhan. Satu-satunya cara untuk lulus adalah untuk membunuh salah satu teman sekelas Anda dan pergi dengan itu. Jika teman sekelas lain menemukan identitas si pembunuh, pembunuh adalah satu-satunya dieksekusi. Namun, jika mereka gagal menangkap si pembunuh, hanya lulusan pembunuh dan yang lainnya dimusnahkan. Manakah dari 15 akan bertahan pertumpahan darah yang akan datang?


Detail:

  • Japanese: ダンガンロンパ 希望の学園と絶望の高校生 THE ANIMATION
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: Jul 5, 2013 to Sep 27, 2013
  • Producers: Geneon Universal Entertainment, Mainichi Broadcasting, Showgate
  • Genres: Action, Horror, Mystery, Psychological
  • Duration: 24 min. per ep.
  • Score: 7.48

11Shinrei Tantei Yakumo

Rekomendasi anime Detective kesebelah adalah Shinrei Tantei Yakumo. Ya, anime satu ini sangat kami rekomendasi untuk kalian tonton. khususnya, yang suka anime dengan tema Detective misteri dicampur dengan supernarutal yang sangat seru banget. Dari segi grafisnya, anime ini dapat banget deh, dijamin enggak bakal sia-sia menonton anime satu ini. Singkat cerita, anime ini Menceritakan tentang Yakumo yang memiliki mata sebelah kiri berwarna merah. Mata itu memiliki kemampuan khusus untuk melihat dan berbicara dengan Roh Ghaib. Roh-roh itu punya masalah tersendiri atau katakanlah arwah penasaran, yang kemudian meminta agar Yakumo membantu untuk menyelesaikan masalahnya. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis animenya di bawah ini.


Sinopsis Shinrei Tantei Yakumo:

Nah, anime yang berunsur misteri, supernatural, psychological dan horror ini menceritakan seorang mahasiswa, Saitou Yakumo yang lahir dengan warna mata yang berbeda. Mata kirinya berwarna merah yang memberinya kemampuan khusus untuk melihat hantu dan roh. Dia percaya hantu dan roh terikat ke bumi karena ‘sebab’ tertentu dan hanya dengan menghilangkan penyebab itu, mereka akan beristirahat dengan damai.

Singkat cerita, setelah pesta kelulusan, Ozawa Haruka dan sekelompok teman-temannya pergi ke sebuah gedung sekolah untuk mengikuti tes keberanian, tapi salah satu dari mereka dirasuki oleh jiwa dan dua orang lainnya mati bunuh diri dua hari kemudian. Demi menyelamatkan temannya, Ozawa Haruka meminta bantuan Saitou Yakumo yang konon memiliki indra keenam. Pada awalnya, Haruka merasa enggan meminta bantuan karena ia melihat sendiri kecurangan yang dilakukan Yakumo saat menunjukkan kemampuannya. Tapi setelah mendapat bukti dari masa lalunya.


Detail:

  • Japanese: 心霊探偵八雲
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: Jul 5, 2014 to Sep 27, 2014
  • Producers: Geneon Universal Entertainment, Mainichi Broadcasting, Showgate
  • Genres: Action, Horror, Mystery, Psychological, Supernarutal
  • Duration: 24 min. per ep.
  • Score: 7.48

12Monster

Rekomendasi anime Detective keduabelas adalah Monster. Dari judulnya saja kita sudah tahu bahwa anime ini memang menceritakan tentang misteri sebuah monster. Dan sejenisnya lah, intinya cerita di anime ini memang sangat kami rekomendasikan. Selain unik, anime satu ini juga memiliki keistimewaannya sendiri, dan dari segi visual anime ini tidak kalah deh dari anime lainnya. Walaupun sudah bisa dibilang sangat lawas. Sedikit cerita, anime ini menceritakan tentang seorang dokter ahli beda yang bingung ingin menyelematkan anak-anak yang sedang sekarat atau seorang Politikus waktu itu.

Di tengah rasa bimbangnya dan mengingat untuk siapa dia menjadi dokter, ia akhirnya memilih untuk menyelamatkan anak tersebut sehingga Politikus yang menjadi korban. Dan karena itu, karirnya sebagai dokter akhirnya kandas di tengah jalan. Dan seiring berjalannya waktu, serangkaian Insiden pembunuhan ternyata mengarah ke anak yang dulu ia tolong. Nah untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis animenya di bawah ini.


Sinopsis Monster:

Monster bercerita tentang Dr. Kenzo Tenma, seorang dokter asal jepang yang penuh dengan prestasi. Ia bekerja di Dusseldorf, Jerman pada tahun 1980-an. Bagaimanapun juga ia tidak senang dengan pengaruh politik dalam memperlakukan pasiennya (semacam kolusi, nepotisme) di rumah sakit tempat ia bekerja. Suatu hari, suatu kejadian membawa si kembar cilik Johan dan Anna Liebert diopname di rumah sakit tempat Dr. Tenma bekerja. Johan mendapat luka tembakan di kepalanya dan Anna terus menyebut-nyebut tentang suatu pembunuhan. Operasi pembedahan untuk menyelamatkan Johan hanya dapat dilakukan oleh Dr. Tenma. Dan Dr. Tenma memutuskan untuk mengurus Johan daripada politikus termuka yang juga berobat di situ.

Hingga akhirnya Johan dapat diselamatkan dan politikus tersebut meninggal. Dr. Tenma kemudian kehilangan seluruh status sosialnya dan juga Eva, tunangannya yang juga anak kepala rumah sakit tempat Dr. Tenma bekerja. Kemudian suatu kejadian misterius mengakibatkan Heinemann, kepala rumah sakit (Ayah Eva) dan beberapa dokter yang menentang Tenma tebunuh. Tenma sempat disangka sebagai tersangka pembunuhan. Namun karena tidak ada bukti yang cukup ia pun dibebaskan. Sembilan tahun kemudian, seorang kriminal ditemukan di jalan tertabrak mobil. Dr. Tenma menangani orang tersebut yang selalu menggumam tentang “Monster”. Hingga suatu senja, Dr. Tenma menemukan penjaga di depan kamar kriminal tersebut telah meninggal dan orang itupun telah menghilang.


Detail:

  • Japanese: Monster
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: 7 April 2004 – 28 September 2005
  • Producers: Madhouse
  • Genres: Drama, Horror, Mystery, Police, Psychological, Seinen, Thriller
  • Duration: 24 min. per ep.
  • Score: 7.48

13Majin Tantei Nougami Neuro

Rekomendasi ketigabelas anime Detective terbaik adalah Majin Tante Nogami Neuro. Ya, anime satu ini sangat kami rekomendasi untuk kalian yang suka banget sama anime bergenre Detektif hingga misteri sekaligus. Di anime ini, alur ceritanya bakal dapat banget lho. Tidak hanya itu, dari segi visual juga anime ini memang terbilang sangat lawas. Tapi ini adalah grafik yang terbaik saat-saat perilisannya dulu. Nah sedikit cerita mengenai anime ini dulu.

Menceritakan tentang seorang gadis bernama Katsuragi Yako yang harus menerima takdir ketika ia mengetahui bahwa ayahnya tewas dengan catatan kasus mati bunuh diri.  Dan kasus tersebut, menarik perhatian Neuro Nougami, ia adalah Iblis yang datang dari dunia iblis yang sudah memakan banyak misteri di dunianya. Ia kemudian pergi ke dunia manusia untuk memakan misteri buatan manusia itu sendiri. Tapi karena ia tak mau mencolok di dunia manusia, ia akhirnya merencanakan si Yako agar menjadi Detektif terhebat, padahal ialah yang berjasa atas pengungkapan berbagai misteri yang ada. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis animenya di bawah ini.


Sinopsis Majin Tantei Nougami Neuro:

Katsuragi Yako adalah gadis SMA biasa berusia 16 tahun dengan kemampuan pencernaan yang luar biasa. Ayahnya ditemukan Tewas di ruang kerjanya dan dinyatakan polisi sebagai kasus bunuh diri. Misteri itulah yang mengundang kehadiran Neuro Nougami, setan pemakan misteri. Karena telah berhasil memakan seluruh misteri yang ada di dunia setan, dia memasuki dunia manusia untuk menyantap misteri yang diciptakan manusia (energi negatif yang diciptakan pelaku misteri dari rencana kriminalnya). Neuro tidak mau memperlihatkan keberadaannya sebagai setan di dunia manusia secara luas. Untuk itu dia menjadikan ‘Katsuragi Yako’ sebagai detektif SMA yang hebat, dan Neuro menyebut dirinya sebagai asisten setia sang detektif.


Detail:

  • Japanese: Monster
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: 3 Oktober 2007 – 26 Maret 2008
  • Producers: Madhouse
  • Genres: Drama, Horror, Mystery, Psychological,Comedy,
  • Duration: 24 mi

14The Mythical Detective Loki Ragnarok

Rekomendasi anime Detective keempat belas adalah The Mythical Detective Loki Ragnarok. Ya, seperti judulnya, tentu saja anime satu ini akan mengusung tema detective hingga misteri sekaligus. Walaupun terbilang lawas, anime satu ini memiliki grafik yang sangat memukau loh dijamannya. Tidak hanya itu, dari segi cerita pun anime ini bakal dapet banget, rekomendasi deh buat kalian tonton. Terutama, yang suka banget sama kemisteriusan dan detektif gitu deh.

Sedikit cerita, anime ini menceritakan tentang seorang Dewa yang diasingkan dan diberi wujud seperti anak kecil. Untuk bisa kembali ke dunia para dewa, ia harus mengumpulkan aura jahat dari hati manusia. Untuk melakukan semua itu, ia harus menjadi seorang Agen Detektif. Orang yang awalnya dewa ini kemudian bertemu dengan seorang gadis yang maniak banget soal misteri dan mereka mulai bersama-sama memecahkan banyak misteri. Anime ini adalah salah satu anime Detective terbaik.


Sinopsis The Mythical Detective Loki Ragnarok:

Kisah yang menceritakan tentang Loki, Dewa Kejahilan dari bangsa Norse, yang diasingkan ke dunia manusia oleh Dewa Odin tanpa alasan yang ia tidak mengerti.Selama masa pengasingannya, Loki dipaksa untuk merubah wujudnya menjadi seorang anak kecil, dan satu – satunya jalan untuk ia dapat kembali ke alam dewa adalah dengan cara mengumpulkan aura kejahatan yang menguasai hati umat manusia. Dan untuk memulai misinya ini, ia pun memutuskan untuk membuat sebuah agensi detektif yang khusus melayani segala hal yang berhubungan dengan dunai paranormal. Loki bersama teman setiannya Yaminodan gadis dari dunia manusia yang bernama Mayura, pun memulai pekerjaanya untuk menangkap aura jahat dari hati manusia.


Detail:

  • Japanese: Loki The Ragnarok
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: 5 April 2003 – 27 September 2003
  • Producers: Studio Deen
  • Genres: Comedy, Magic, Mystery, Shounen, Supernarutal
  • Duration: 24 min. per ep.
  • Score: 7.38

15Zankyou no Terror

Rekomendais anime Detective terakhir adalah Zankyou no Terror. Anime satu ini sangat kami rekomendasikan, anime satu ini mengusung tema detektif hingga anak sekolah. Dari segi cerita, anime satu ini bakal dapet banget deh. Tidak rugi nontonnya, walaupun rekomendasikan-rekomendasikan yang kami berikan lawas semua. Tapi dari segi ceritanya tidak kalah seru. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis animenya di bawah ini.


Sinopsis Zankyou No Terror:

Nah, anime satu ini menceritakan tentang Dua anak mantan korban dari laboratorium aneh di masa lalu membuat dua anak muda ini menampakkan diri mereka sebagai duo teroris paling terkenal di Jepang, Sphinx. Di semua aksi teroris mereka tidak menimbulkan korban, namun menjadi kerugian besar bagi pemerintah. Hal ini membuat pihak polisis mengejar mereka dan mengungkap apa tujuan sebenarnya.


  • Japanese: Zankyou no Terror
  • Type: TV
  • Episodes: 12
  • Status: Completed
  • Aired: 11Juli 2001 – 26 September 2014
  • Producers: MAPPA
  • Genres: Comedy, Magic, Mystery, Shounen, Supernarutal
  • Duration: 24 min. per ep.
  • Score: 8.4

Nah itulah 15 rekomendasi anime Detective Terbaik menurut kami Kosongan, dari deretan di atas apakah ada anime yang sudah kalian tonton ataupun belum pernah sama sekali? Jadi, jangan lupa untuk menontonnya ya. Rekomendasi diatas tentu kami berikan untuk kalian yang sangat suka banget sama serial anime yang berkisah tentang seorang tokoh utama seorang detektif ataupun menyelsaikan sebuah misteri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.