11 Tips Persiapan Masuk Kuliah Untuk Calon Mahasiswa Dan Mahasiswi Baru

11 Tips Persiapan Masuk Kuliah Untuk Calon Mahasiswa Dan Mahasiswi Baru
11 Tips Persiapan Masuk Kuliah Untuk Calon Mahasiswa Dan Mahasiswi Baru

Untuk Kamu yang saat ini tengah sibuk memikirkan akan kuliah dimana, pastilah saat ini menjadi waktu yang amat sibuk untuk Kamu. Namun, untuk Kamu calon mahasiswa baru, janganlah risau karena Tips Persiapan Kuliah akan sangat membantu untuk mempersiapkan berbagai keperluan kuliah nanti.

11 Tips Persiapan Masuk Kuliah yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mulai Kuliah

Dengan Tips Persiapan Kuliah, Kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi masa-masa kuliah kelak. Karena sejatinya, segala sesuatunya memang harus dipersiapkan matang-matang. Nah, oleh karena itu, janganlah terlalu mencemaskan masa-masa kuliah nanti, karena pada umumnya semua orang akan terbiasa dengan lingkungan barunya.

Selain itu, Kamu juga bisa mencari referensi dari mana saja tentang kehidupan kuliah. Entah itu dari saudara ataupun teman. Untuk Tips Persiapan Kuliah yang bisa Kamu cari di internet, Kamu bisa menemukannya disini sekarang juga. Jadi, tanpa berlama-lama, inilah beberapa Tips Persiapan Kuliah untuk Kamu calon mahasiswa atau juga mahasiswi baru yang akan memulai tahun ajaran baru dan juga dalam lingkungan yang baru, jadi simak baik-baik ya!

1Cari Info Tentang Dunia Perkuliahan

Nah, tentu saja Tips Persiapan Kuliah yang pertama adalah tentang dunia perkuliahan. Sebelum memutuskan untuk kuliah, Kamu pasti harus memikirkan matang-matang tentang melanjutkan kuliah atau langsung mencari kerja. Lain ceritanya jika Kamu disarankan untuk langsung berkuliah oleh orang tuamu. Namun, tak jarang juga jika orang tua langsung menyarankan anaknya untuk mencari kerja saja.

Alangkah baiknya jika Kamu meluangkan waktu untuk mencari informasi tentang dunia perkuliahan. Dengan begitu, Kamu akan tahu lebih dalam bagaimana kehidupan saat menjadi seorang mahasiswa nantinya. Tentu saja, Kamu bisa mencari tahu lewat saudara atau juga temanmu, agar Kamu sendiri mendapatkan informasi dan referensi.

2Jangan Lupa Tuntaskan Administrasi Pendaftaran

Lalu, Tips Persiapan Kuliah yang selanjutnya adalah melengkapi persyaratan administrasi dari kampus yang telah Kamu pilih. Misalnya, pendaftaran ulang, pengumpulan berkas, dan juga tes kesehatan. Jika administrasi pendaftaranmu tidak lengkap, bisa jadi Kamu tidak bisa kuliah tepat waktu. Selain itu, Kamu nantinya bisa repot jika harus bolak-balik berurusan dengan administrasi pendaftaran ketika sudah mulai masuk kuliah.

3Jangan Lupa Belajar Secara Maksimal

Jangan Lupa Belajar Secara Maksimal
Jangan Lupa Belajar Secara Maksimal

Tips Persiapan Kuliah yang selanjutnya, tetap wajib Kamu lakukan kapanpun. Sebelum masuk kuliah, Kamu harus tahu gambaran umum jurusan kuliah, terutama apa-apa yang akan dipelajari nantinya. Untuk itu, Kamu bisa meminta kurikulum jurusan dari pihak kampus atau juga dari para senior. Alasannya, agar Kamu tidak bingung sama sekali saat memulai perkuliahan nanti.

4Eksplor Kampus Selagi Belum Ada Mata Kuliah

Lalu, Tips Persiapan Kuliah yang selanjutnya ini bisa Kamu lakukan sambil jalan-jalan. Ketika Kamu ada waktu luang sebelum masuk kuliah, Kamu bisa mencoba untuk menelusuri setiap sisi kampus sambil jalan-jalan. Jangan hanya tahu fakultas/jurusan bagianmu saja. Kamu  juga perlu tahu dimana fakultas A, fakultas B, perpustakaan, koperasi, kantin, biro rektor, tempat fotokopi terdekat, spot untuk wifi gratis dan fasilitas-fasilitas kampus lainnya.

5Ikutilah Acara Perkenalan Mahasiswa/wi Baru

Ikutilah Acara Perkenalan Mahasiswa/wi Baru
Ikutilah Acara Perkenalan Mahasiswa/wi Baru

Tips Persiapan Kuliah yang selanjutnya, untuk Kamu calon mahasiswa atau juga mahasiswi baru, tentu saat masuk ke dalam lingkungan baru, Kamu harus beradaptasi kembali dengan lingkungan baru tersebut. Oleh karena itu, Kamu perlu mengikuti acara perkenalan kampus atau biasanya disebut juga dengan orientasi. Dalam acara tersebut, Kamu akan mengenal lebih jauh tentang kampus yang akan Kamu tempati. Misalnya, topik-topik yang dipelajari di dalam jurusan, peraturan kampus, lokasi tata usaha, lokasi tempat mengurus administrasi, dan lain sebagainya.

6Mulai Berkenalan Dengan Teman Seangkatan Dan Para Senior

Nah, sebelum masuk kuliah, penting untuk kamu menjalin komunikasi dengan teman seangkatan. Karena hal ini, merupakan salah satu Tips Persiapan Kuliah yang bisa Kamu lakukan, Selain membangun jaringan pertemanan, Kamu juga bisa saling bertukar informasi jika ada pengumuman dari pihak kampus atau juga senior.

Itulah kenapa Kamu harus ikut orientasi kampus agar dapat berkenalan dengan teman seangkatan. Bukan hanya teman seangkatan, Kamu juga perlu berkenalan dengan para senior. Senior, sebagai mahasiswa yang sudah lama belajar di kampus, akan membantu Kamu dalam menjalani perkuliahan dari awal. Tanpa senior, Kamu bisa susah beradaptasi di kampus.

7Jangan Lupa Membeli Keperluan Kampus

Jangan Lupa Membeli Keperluan Kampus
Jangan Lupa Membeli Keperluan Kampus

Tips Persiapan Kuliah yang selanjutnya, mengenai berbagai keperluan kampus yang nantinya akan Kamu perlukan. Misalnya, alat-alat tulis, tas, sepatu, laptop, dan lain sebagainya. Perlengkapan kuliah bisa berbeda-beda tergantung dengan jurusan yang Kamu ambil. Kamu bisa mulai dari membeli seragam wajib jika memang diwajibkan, student ID, dompet untuk membeli keperluan mendadak, sampai buku notes di mana semua catatan-catatan penting seputar pelajar bisa Kamu ingat.

8Cari Kosan Yang Nyaman Dan Dekat Dengan Kampus

Nah, Tips Persiapan Kuliah yang satu ini, khusus untuk Kamu yang merantau atau juga yang rumahnya sangat jauh dari kampus. Saatnya manfaatkanlah waktu libur Kamu untuk mencari tempat tinggal di sekitaran kampus. Kamu bisa cari kos-kosan atau jika memungkinkan, Kamu bisa tinggal di rumah saudara. Usahakan untuk mencarinya sebelum masuk kuliah, agar kalian tidak kewalahan setelah masuk kuliah nanti.

9Mulailah Aktif Dengan Kegiatan UKM di Kampus

Tips Persiapan Kuliah yang satu ini, bisa Kamu mulai saat Kamu sudah masuk kuliah. Saat memasuki dunia kuliah, Kamu bisa langsung mencari informasi tentang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampusmu. Dalam unit tersebut, setiap mahasiswa akan dilatih untuk mengatur waktu, bertemu dengan tepat, menghadapi atau bersosialisasi dengan orang lain yang juga dalam organisasi.

Selain itu, dengan bergabung ke dalam UKM, Kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain di luar jurusan. Pastinya dari sini, jaringan pertemanan dan koneksimu bisa semakin meluas.

10Cari Tahu Jalur Kampus Atau Transportasi Terdekat

Nah, Tips Persiapan Kuliah yang satu ini cocok untuk Kamu yang beum mempunyai kendaraan sendiri. Kamu harus tahu jalur transportasi mana saja yang biasanya melewati kampus, atau juga Kamu bisa menggunakan jasa ojek online jika ingin lebih simpel. Jika Kamu memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, perhatikan dulu apakah lahan parkir kampus memungkinkan.

Dengan begitu, Kamu bisa memperhatikan juga jalur yang nantinya Kamu tempuh. Tidak ada salahnya, sebelum kuliah dimulai, Kamu mencoba rute menuju kampus, sehingga bisa memperkirakan harus berangkat jam berapa agar tidak nantinya telat.

11Mempersiapkan Mental

Tips Persiapan Kuliah yang terakhir ini, sangat penting. Dunia perkuliahan sangat jauh berbeda dengan dunia SMA dulu. Jadi, mental pun harus Kamu persiapkan. Jika Kamu  sebelumnya terbiasa dipersiapkan keperluan belajar dari pihak sekolah, sekarang Kamu harus aktif untuk mencari tahu sendiri semua informasi yang ada di kampus. Itu sebabnya, jangan pernah malu untuk bertanya pada teman ataupun para senior.

Dan itulah beberapa Tips Persiapan Kuliah yang sangat penting, untuk Kamu persiapkan sedetail mungkin sebelum memasuki masa kuliah. Ternyata memeng cukup banyak bukan yang perlu Kamu persiapkan? Terlepas dari berbagai persiapan di atas, yang paling penting adalah Kamu harus bisa menikmatinya. Selamat memasuki dunia perkuliahan!