11 Tips Agar Bisa Berhenti Jadi Perokok

11 Tips Agar Bisa Berhenti Jadi Perokok
11 Tips Agar Bisa Berhenti Jadi Perokok

Pada umumnya, laki-laki dewasa di Indonesia adalah Perokok. Namun, zaman sekarang anak di bawah umur sudah ada yang mulai jadi Perokok juga, mungkin efek dari lingkungannya. Padahal, jika Kita tahu Merokok itu tidak baik, mungkin Kita tidak akan pernah mau merokok. Banyak orang yang ingin mengetahui Tips Berhenti Jadi Perokok, ketika sudah mengetahui berbagai bahaya dari merokok tersebut.

11 Tips Berhenti Jadi Perokok yang Bisa Dijadikan Referensi

Nah, apalagi di bulan Ramadhan ini… kegiatan Merokok dapat membatalkan Puasa. Untuk Anda yang seorang Perokok, dan ingin mulai berhenti Merokok, tentu tidak ada salahnya. Awalnya memang tidak mudah, tapi keberhasilan cara berhenti dari merokok bisa dilakukan dengan cara memadukan beberapa Tips Berhenti Jadi Perokok sekaligus. Nah, berhenti Merokok adalah sebuah proses yang perlu dijalani secara bertahap dan membutuhkan tekad, komitmen, dan kesabaran yang kuat.

Nah, dengan Anda ingin mengetahui berbagai Tips Berhenti Jadi Perokok, berarti Anda mempunyai tekad untuk hidup lebih sehat dan lebih lama. Jika Anda berniat menghentikan kebiasaan Merokok tersebut, Anda bisa perhatikan beberapa Tips Berhenti Jadi Perokok di bawah ini, karena mungkin saja bisa menjadi Referensi dan jalan keluar bagi Anda yang ingin berhenti Merokok.

Langsung saja simak Tips Berhenti Jadi Perokok yang ada di bawah ini:

1Olahraga Teratur

Olahraga Teratur
Olahraga Teratur

Tips Berhenti Jadi Perokok yang pertama, Kami sarankan untuk Anda agar bisa melakukan olahraga secara rutin. Karena, olahraga dapat membantu Anda mengurangi dan mengalihkan hasrat akan nikotin. Begitu Anda ingin merokok, langsung kenakan sepatu olahraga Anda dan mulailah lakukan berbagai aktivitas olahraga. Anda bisa melakukan olahraga seperti lari, sekadar jalan kaki saja, atau juga berenang.

2Jaga Pola Makan Sehat

Jaga Pola Makan Sehat
Jaga Pola Makan Sehat

Selanjutnya, Tips Berhenti Jadi Perokok yang satu ini, sangatlah mudah dilakukan. Anda bisa memulai dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengatur pola makan sehat, yang sangat penting bagi proses ini. Selama Anda masih terbiasa Merokok, Anda biasanya akan merasa kurang berselara makan karena adanya efek nikotin dan rokok pada indera perasa.

Saat Anda mulai berhenti Merokok, menjalani pola makan yang sehat bisa menjadi langkah utama untuk memberi nutrisi pada tubuh dan sebagai pengingat untuk menjalani gaya hidup sehat. Bayangkan saja, jika saat masih Merokok Anda menyimpan banyak racun dalam tubuh, dengan memulai pola makan yang sehat, perlahan-lahan tubuh akan sembuh dan semakin sehat.

3Pikirkan Keuntungan untuk Berhenti Merokok

Tips Berhenti Jadi Perokok yang satu ini, merupakan yang harus paling diingat. Karena jika Anda sudah tahu banyak manfaat yang bisa diambil jika berhenti Merokok, Anda bisa semakin termotivasi untuk berhenti Merokok. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari proses ini Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Dengan berhenti Merokok, berarti Anda membantu menurunkan tekanan darah di tubuh Anda, menurunkan tingkat risiko serangan jantung pada diri Anda, stroke, dan juga kanker. Kemudian, hilangnya bau mulut tidak sedap akibat rokok. Kulit Anda pun akan  lebih cerah dan bersih. Keluarga termasuk anak-anak yang ada di sekitar Anda juga dapat terhindar dari bahaya Merokok secara pasif. Motivasilah diri sendiri dengan mengingat manfaat-manfaat di atas.

4Menghindari Stres

Menghindari Stres
Menghindari Stres

Tips Berhenti Jadi Perokok yang selanjutnya, memang bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk Merokok. Setelah merokok, Anda bisa merasa rileks. Namun kali ini, Anda bisa mencoba  beberapa cara untuk meredakan stress, seperti dengan mendengarkan musik, atau juga yoga. Selain itu, di awal Anda melakukan percobaan untuk berhenti Merokok, sebisa mungkin hindari aktivitas yang mendatangkan stres.

5Hindari Kegiatan Pemicu Untuk Merokok

Selanjutnya, Tips Berhenti Jadi Perokok ini sebisa mungkin hindarilah faktor atau kebiasaan yang bisa membuat Anda kembali Merokok. Misalnya saja seperti berkumpul dengan teman sesama Perokok, minum kopi sambil Merokok, atau bahkan sampai minum minuman keras sambil Merokok!. Jika terbiasa Merokok setelah makan, Anda bisa mencari cara lain sebagai pengganti aktivitas tersebut, seperti dengan memakan buah-buahan atau juga menggosok gigi.

6Libatkanlah Keluarga dan Teman Dekat

Libatkanlah Keluarga dan Teman Dekat
Libatkanlah Keluarga dan Teman Dekat

Nah, Tips Berhenti Jadi Perokok yang satu ini juga tak kalah penting. Anda bisa memberi tahu keluarga dan teman dekat Anda, jika Anda sedang dalam proses berhenti dari Merokok. Dukungan keluarga dan teman dekat Anda sangat berperan penting dalam membantu Anda berhenti jadi Perokok. Mereka akan mengingatkan dan juga membantu Anda menjaga situasi menjadi lebih kondusif sehingga tujuan lebih mudah tercapai.

7Mulai Membersihkan Rumah

Tips Berhenti Jadi Perokok yang satu ini, Anda bisa mulai membersihkan rumah dari aroma rokok dan segala hal yang bisa mendukung Anda Merokok dalam jumlah yang banyak. Cucilah pakaian, sprai, karpet, hingga tirai yang mengandung aroma rokok. Gunakan pengharum ruangan agar membantu menghilangkan bau asap rokok. Karena biasanya asap rokok selalu menempel kemana-mana.

8Terapi Penggantian Nikotin (NRT)

Terapi Penggantian Nikotin (NRT)
Terapi Penggantian Nikotin (NRT)

Tips Berhenti Jadi Perokok yang selanjutnya, jika Anda seorang perokok berat memang tidak mudah berhenti begitu saja dari kebiasaan tersebut. Dengan terapi penggantian nikotin (Nicotine-Replacement Therapy atau biasa disingkat NRT) bisa membantu Anda  meringankan rasa frustrasi atau gejala dari pemberhentian obat agar berhenti jadi Perokok tersebut. Media NRT bisa beragam, Anda bisa menggunakan permen karet, plester yang ditempelkan pada kulit Anda, atau juga tablet, bahkan bisa dengan cara disemprotkan ke mulut ataupun hidung.

9Akupuntur

Tips Berhenti Jadi Perokok yang satu ini, bisa Anda lakukan dengan cara Akupuntur. Penggunaan akupunktur sebagai cara agar bisa berhenti jadi Perokok, biasa diterapkan pada bagian telinga Anda. Meski terapi alternatif ini belum terbukti secara efektif dan secara ilmiah, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya sesuai dengan instruksi seorang terapis yang sudah berlisensi.

10Konsumsi Obat-obatan Jika Perlu

Tips Berhenti Jadi Perokok yang selanjutnya, bisa benar-benar dilakukan jika dirasa perlu. Dengan ini, berarti Anda menempuh langkah medis. Dokter nantinya akan meresepkan obat-obatan yang dapat membantu Anda mengurangi hasrat untuk merokok dengan cara mempengaruhi proses kimia pada otak. Obat ini bisa membuat merokok menjadi tidak lagi memuaskan. Dengan begitu, Anda tidak akan bersemangat lagi ketika ingin Merokok.

11Terus Berusaha

Tips Berhenti Jadi Perokok yang terakhir adalah Anda tidak boleh putus asa dan teruslah berusaha. Jika sudah berulang kali gagal berhenti jadi Perokok, adalah kondisi yang umum terjadi. Para Perokok memang sudah dikenal sulit melepaskan kebiasaan buruknya tersebut. Jika sudah gagal sekali bukan berarti Anda tidak mungkin berhasil lepas dari rokok dan berhenti jadi Perokok. Teruslah berusaha secara perlahan-lahan.

Itulah beberapa Tips Berhenti Jadi Perokok yang bisa Anda jadikan referensi. Karena memang Merokok itu adalah suatu kebiasaan buruk. Jika dirasa nikmat, namun nyatanya tubuh digerogoti oleh berbagai penyakit akibat dari aktivitas tersebut. berhenti jadi Perokok memang tidak mudah, namun Anda bisa terus berusaha perlahan-lahan hingga akhirnya bisa behenti seutuhnya jadi seorang Perokok.