10 Wisata Pantai di Yogyakarta yang Paling Mempesona

10 Wisata Pantai di Yogyakarta yang Paling Mempesona
10 Wisata Pantai di Yogyakarta yang Paling Mempesona

Yogyakarta, adalah salah satu wilayah di Indonesia, yang mempunyai kekayaan alam yang berlimpah. Menjadikannya, sebagai salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Entah itu pada hari-hari biasa, apalagi pada saat musim liburan. Wisata Pantai di Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang tak pernah sepi oleh pengunjung.

10 Wisata Pantai di Yogyakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Yogyakarta mempunyai daya tarik pesona yang memikat hati para pengunjung yang datang kesana. Dengan adanya Wisata Pantai di Yogyakarta yang indah dan eksotis, anda bisa sangat betah berlama-lama di sana. Yogyakarta, tidak hanya terkenal dengan keindahan candi-candinya dan juga Jalan Malioboronya, namun pantai-pantainya pun sangat wajib untuk dikunjungi.

Nah, oleh sebab itu, di liburan musim panas ini anda bisa mengunjungi pantai yang ada di Yogyakarta. Berikut ini, ada beberapa rekomendasi Wisata Pantai di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi ketika musim liburan:

1Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu

Wisata Pantai di Yogyakarta yang pertama, adalah Pantai Cemara Sewu. Sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini, sangat unik dan lain dengan pantai lainnya. Karena di pantai ini, ada jajaran pohon cemara udang di sepanjang jalan masuk menuju ke pantai ini. Deretan pohon cemara udang ini, seakan-akan terlihat seperti di Korea, sehingga tempat ini menjadi spot favorit bagi yang mengunjungi pantai ini. Keunikan yang lainnya dari pantai ini adalah, adanya hamparan rumput matahari yang berada di dekat jalur sungai. Diatasnya, anda bisa melihat jembatan yang menghadap langsung ke hamparan rumput tersebut. Di area pantainya, anda bisa bersantai atau juga sambil naik ayunan.

2Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti

Nah, kemudian ada Wisata Pantai di Yogyakarta yang oleh pemerintah lokal dinamakan sebagai Pantai Pulang Sawal. Pantai ini, merupakan pantai yang populer di kalangan wistawan. Pantai ini menyuguhkan anda panorama laut yang indah dengan dukungan infrastruktur wisata yang sangat memadai. Di sepanjang bibir pantai, anda dapat melihat jajaran restoran, yang menyajikan berbagai masakan laut, dengan minuman pkhas pantai yakni es kelapa muda segar. Di sini anda jug bisa menyewa jet sky jika anda ingin bermain-main di laut. Beberapa cottage juga tersedia di sekitaran pantai, jika anda ingin menghabiskan malam dengan menikmati keindahan Pantai Indrayanti ini.

3Pantai Jogan

Pantai Jogan
Pantai Jogan

Wisata Pantai di Yogyakarta yang satu ini, sangat unik dan antimainstream. Di pantai ini, anda bisa menikmati air laut sekaligus air terjun di pinggir pantai. Mungkin, Pantai Jogan adalah satu-satunya pantai dengan air terjun di tepiannya, yang aliran air terjunnya langsung jatuh ke bibir laut. Air terjun ini mempunyai ketinggian 10 meter, dengan sumber air yang berawal dari perbukitan karst, yang berada di kawasan Pantai Jogan. Pantai yang satu ini, memiliki bentang alam yang unik, dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur. Selain menikmati panorama pantai yang indah, di tempat ini anda juga bisa mencoba untuk merasakan guyuran air terjun tersebut. Namun, anda harus berhati-hati ketika menyusuri air terjun tersebut, karena bisa saja licin.

4Pantai Nglambor Atau Lambor

Pantai Nglambor Atau Lambor
Pantai Nglambor Atau Lambor

Selanjutnya ada Wisata Pantai di Yogyakarta yang banyak dipakai untuk snorkeling. Pantai yang satu ini, memiliki ombak yang cenderung lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, air lautnya cukup jernih, sehingga pemandangan bawah laut akan terlihat jelas dengan lebih leluasa. Ikan-ikan kecil yang ada di sekitaran karang-karang jelas terlihat, juga ada beberapa biota laut yang unik, merupakan pemandangan yang bisa ditemukan ketika anda melakukan snorkeling di Pantai Nglambor ini.

5Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
Pantai Ngandong

Wisata Pantai di Yogyakarta yang terkenal ini, adalah Pantai Ngandong. Karena panorama pantainya yang indah dan mempesona menjadi daya tarik dari pantai ini. Tempat wisata yang satu ini, sedang hits di Jogja, cocok untuk anda dan keluarga jika berlibur ke Yogyakarta. Ombaknya tidak terlalu tinggi, jadi aman untuk anak-anak yang ingin bermain-main dengan air. Dengan pasirnya yang lembut, pantai inipun sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak karena mereka dapat membuat gunungan pasir dengan daya imajinasi dan kreatifitasnya masing-masing.

6Pantai Siung

Pantai Siung
Pantai Siung

Selanjutnya, ada Wisata Pantai di Yogyakarta yang merupakan surga para pemanjat tebing. Di pantai ini, terdapat puluhan jalur pemanjatan dengan berbagai macam ketinggian dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Hal itulah yang menjadi daya tarik dari pantai ini. Tidak hanya itu, di pantai ini sering dijadikan lokasi untuk ajang panjat tebing nasional, hingga tingkat internasional. Dari tebing-tebing tinggi tersebut, anda bisa melihat keindahan samudera hindia dengan lebih leluasa. Tenang saja, jika anda bukan seorang pemanjat, anda masih tetap bisa bermain-main di pantainya, sambil menikmati keindahan pantai ini. Di pantai ini, ada juga sebuah camping ground yang bisa anda gunakan untuk mendirikan tenda jika ingin menghabiskan malam di tepian pantai.

7Pantai Kukup

Pantai Kukup
Pantai Kukup

Wisata Pantai di Yogyakarta yang selanjutnya, tak pernah sepi dari pengunjung. Pantai yang satu ini, selalu menjadi salah satu destinasi wisata Yogyakarta. Pantai Kukup mempunyai pasir putih yang lembut, air lautnya yang jernih, dan ada juga sebuah batu karang besar yang menjolok ke arah lautan. Jika melihat batu karang besar tersebut, akan mengingatkan anda pada pantai Tanah Lot yang berada di Bali. Tak heran jika ada yang mengatakan pantai ini sebagai tanah lotnya Jogja.

8Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Letak pantai yang satu ini berada di sebelah timur pantai Ngobaran. Menjadi salah satu Wisata Pantai di Yogyakarta yang banyak diminati oleh para wisatawan. Di pantai ini, anda bisa menikmati indahnya panorama bukit-bukit kapur yang indah. Pasir di pantai ini sangat putih dan juga lembut. Di pantai Ngrenehan ini, anda bisa melihat banyak sekali perahu nelayan untuk mencari ikan. Di sini, anda bisa melihat lebih dekat aktivitas para nelayan sekitar, seperti memperbaiki perahu, merajut jaring atau mengangkat hasil tangkapannya.

9Pantai Jungwok

Pantai Jungwok
Pantai Jungwok

Wisata Pantai di Yogyakarta yang satu ini, memiliki nama yang unik. Jika anda baru pertama kali mendengar nama pantai ini, namanya seperti nama korea bukan? Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai yang lainnya, pantai ini juga dikeliling oleh batu-batu karang besar, yang membuat  panorama di sekitar pantai menjadi semakin indah. Pantai Jungwok tidak terlalu ramai bahkan masih sepi dari pengunjung. Oleh sebab itu, anda bisa lebih menikmati liburan di pantai ini, karena suasananya masih sepi dan tenang.

10Pantai Ngeden

Pantai Ngeden
Pantai Ngeden

Wisata Pantai di Yogyakarta yang terakhir, adalah Pantai Ngeden. Sama seperti pantai-pantai yang lainnya, pantai ini mempunyai pasir putih yang lembut, dan air laut yang sangat bersih dengan ombak yang lumayan tinggi. Area pantai ini sebenarnya tidak begitu luas. Namun, karena pantainya masih sangat sepi, maka pantai ini sangat menggoda untuk dikunjungi. Tentu saja sama seperti Pantai Jungwok, di pantai ini anda bisa lebih menikmati suasana pantai yang tenang, serasa sedang berada di pulau pribadi saja.

Itulah beberapa Wisata Pantai di Yogyakarta yang wajib untuk anda jadikan destinasi liburan di musim panas ini. Dengan beberapa pantai yang masih sepi pengunjung, anda bisa lebih menikmati liburan yang tenang dan menyenangkan. Beberapa rekomendasi pantai di atas, salah satunya wajib untuk dikunjungi.