10 Tips Merawat Kucing Yang Baik Dan Benar

10 Tips Merawat Kucing Yang Baik Dan Benar
10 Tips Merawat Kucing Yang Baik Dan Benar

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling disukai oleh manusia. Selain lucu, perilaku kucing juga sangat menggemaskan. Tapi, tahukah Anda cara merawatnya dengan baik dan benar? Dengan Tips Merawat Kucing yang kami ulas kali ini, semoga dapat sedikit membantu Anda yang belum mengetahui cara merawat kucing dengan cara yang baik benar.

Semua hewan peliharaan tentunya memiliki sifat sensitif yang harus bisa dipahami oleh manusia. Terlebih jika Anda seorang pemula dalam memelihara kucing,  berikut adalah beberapa Tips Merawat Kucing yang baik dan benar  yang bisa anda terapkan mulai dari sekarang.

10 Tips Merawat Kucing Yang Baik, Benar Dan Sehat

1Perawatan Ke Dokter Hewan

Perawatan Ke Dokter Hewan
dokter kucing

Tips Merawat Kucing yang pertama yakni, untuk perawatan kuku kucing rumahan harus lebih sering diguting karena kucing rumahan tidak menggunakannya saat pergi keluar. Anda bisa menggunakan jasa dari dokter hewan atau pegawai salon hewan untuk memotongnya atau Anda juga bisa meminta saran dokter untuk melakukannya. Potonglah ujung kuku sebulan sekali.

2Kebiri Jika Perlu

Tips Merawat Kucing yang berikutnya adalah dengan cara di kebiri, pada umumnya hewan yang tidak dikebiri akan cenderung bersifat teritorial dan kemungkinan besar ia akan menandakan daerah kekuasaannya (rumah Anda) dengan urine atau bahkan kotorannya. Selain itu juga, urine dan kotoran bisa menarik perhatian hewan liar ke rumah Anda sehingga dapat membuat kucing Anda merasa terancam atau bahkan tertekan dengan adanya kucing lain di wilayah tempat tinggalnya.

3Berikan Vaksin

Tips Merawat Kucing dengan cara rutin diberikan Vaksin sangat dianjurkan, meskipun kucing Anda tidak sering keluar rumah, Anda tetap harus memberikannya  vaksin. Beberapa infeksi virus, seperti feline distemper, disebabkan oleh virus kuat yang berasal dari sepatu Anda. Jika kucing Anda menyelinap keluar di malam hari, bisa jadi kucing Anda berisiko terjangkit penyakit karena sistem imunnya belum pernah terkena serangan dari luar rumah sebelumnya.

Kucing yang tidak pernah pergi keluar rumah tetap dianjurkan diberi obat cacing setiap dua kali dalam setahun. Karena kucing terlahir dengan cacing-cacing yang didapatkan dari pada induknya dan telur-telur cacing yang mulanya tertinggal di dalam jaringan tubuhnya akan menetas seiring usia kucing Anda.

4Jangan Lupa Kontrol Kutunya

Jangan Lupa Kontrol Kutunya
Jangan Lupa Kontrol Kutunya

Tips Merawat Kucing yang berikutnya tidak lain adalah, dengan rutin Anda harus mengontrol kutunya meski risiko terjangkit kutu lebih sedikit pada kucing rumahan, jika kucing Anda terjangkit serangan kutu, besar kemungkinan kutu kucing akan berkembang biak. Sudah banyak produk untuk membasmi kutu yang aman dan efektif untuk kucing. Berkonsultasilah dengan dokter hewan untuk mengetahui produk yang baik yang sesuai dengan kebutuhan kucing Anda.

5Sediakan Kotak Pasir Sebagai Tempat Buang Airnya

Tips Merawat Kucing yang selanjutnya dengan memberikan kucing Anda privasi saat buang air. Tempatkan kotak pasir di tempat sepi sehingga si kucing tidak akan terganggu atau ketakutan oleh suara yang tiba-tiba muncul (seperti suara mesin cuci). Jika Anda mempunyai beberapa kucing, Anda membutuhkan lebih dari satu kotak pasir untuk setiap kucing. Ada baiknya Anda mempunyai kotak pasir cadangan.

Jagalah kebersihan kotak pasir agar tetap bersih, agar kucing akan senang mendatanginya. Anda harus rutin menyekop kotoran dan membersih noda setiap harinya serta membersihkan kotak pasir secara menyeluruh pada setiap minggunya.

6Sediakan Makanan Dan Minuman

Sediakan Makanan Dan Minuman

Tips Merawat Kucing yang perlu Anda ketahui,  bahwa kucing rumahan mudah sekali gendut. Untuk mencegah hal ini, takarlah makanan sesuai kebutuhan dan berikan makanan sesuai dengan takaran yang di sarankan pada kemasan. Jika kucing Anda bertambah berat badannya (tulang rusuknya akan lebih sulit untuk ditemukan), kurangilah jatah makanan harian kucing Anda.

Lalau, selalu sediakan air tawar setiap saat! Hal ini sangat penting. Pertimbangkanlah makanan kucing untuk kucing “rumahan” atau “steril”, karena makanan kucing ini mengandung jumlah kalori yang lebih sedikit dan cocok untuk kucing Anda.

7Sediakan Tiang Garukan Sebagai Tempat Mencakar

Sediakan Tiang Garukan Sebagai Tempat Mencakar

Tips Merawat Kucing yang berikutnya adalah dengan menyediakan tiang garukan. Karena mencakar adalah bagian dari tingkah laku normal kucing. Saat kucing mencakari sesuatu, ia melepaskan sedikit aroma yang menandakan kepada kucing lain bahwa ia telah menyatakan daerahnya. Jika Anda tidak menyediakan kucing tiang garukan untuk mencakar, kucing Anda akan mencari tempat mencakar sendiri dan mungkin saja ia akan menggunakan sofa terbaik Anda.

Perhatikan apakah kucing mencakar secara horizontal (sepanjang karpet) atau vertikal (ke atas sofa). Sediakan tiang penggaruk yang berbentuk horizontal atau vertikal, Anda bisa menyesuaikan dengan pilihan tempat natural untuk kucing untuk ia mencakar.

Pastikan tiang pencakar lebih tinggi dari kucing Anda dan tempatkan tiang pencakar dengan kuat, agar tiang tersebut tidak akan bergerak saat kucing Anda mencakarinya. Tempatkan tiang pencakar tersebut di dekat pintu masuk atau keluar, karena tempat tersebut  merupakan tempat favorit bagi kucing untuk melepaskan aroma mereka.

8Melakukan Olahraga Khusus Kucing

Tips Merawat Kucing yang selanjutnya adalah, Anda bisa bermainlah dengan kucing secara rutin. Pastikan Anda memiliki jadwal bermain rutin setiap beberapa kali sehari. Kucing adalah pelari cepat, bukan pelari maraton, tiga atau empat sesi berdurasi sekitar lima sampai sepuluh menit lebih baik daripada satu sesi selama 20 menit.

Sediakan tongkat bulu kecil, tikus mainan, atau bisa sehelai benang (kucing tidak akan pernah bosan memainkannya). Goyangkan sesekali tongkat bulu setinggi kucing Anda, lalu lemparkan tikus mainan tadi dan perhatikan si kucing akan bergulat dengannya. Pegangi ujung benang dan berlarilah ke sekeliling rumah atau goyangkan saja benang tersebut.

9Berilah Kucing Pemandangan Di Luar Rumah

Tips Merawat Kucing yang selanjutnya, pastikan tempatnya tidur memiliki tenggeran yang tinggi serta jendela. Hal ini akan sangat menghibur si kucing dengan terlihatnya pemandangan di luar dan bisa  untuk memenuhi kebutuhan si kucing untuk berada di tempat yang tinggi, karena kucing adalah pemanjat pohon yang alami.

Jika Anda tinggal di apartemen, pastikanlah balkon Anda aman bagi kucing dan ia tidak akan jatuh dari pagar balkon. Anda boleh mempertimbangkan untuk memagari balkon sehinggga si kucing bisa memperhatikan lingkungan tanpa risiko cedera.

Kemudian, pastikan setiap jendela sudah aman dan tidak bisa dilewati oleh si kucing. Periksalah sekat-sekat untuk bisa memastikan tempat tersebut aman dan tidak bisa rusak, agar kucing tidak bisa menyelinap keluar saat Anda tidak ada di rumah.

10Berikan Mainan Kucing

Berikan Mainan Kucing
Berikan Mainan Kucing

Tips Merawat Kucing yang terakhir adalah, cobalah tinggalkan beberapa mainan untuk kucing Anda saat ia tidak bisa bermain dengan Anda. Anda dapat meninggalkan tikus mainan atau juga catnip, tetapi Anda juga dapat meninggalkan benda-benda baru yang aman dimainkan oleh kucing. Cobalah tinggalkan beberapa kantong kertas atau beberapa kotak kardus untuk kucing Anda jelajahi.

Bukan hanya manusia yang butuh perawatan khusus. Hewan peliharaan juga membutuhkan hal yang sama. Jadi, jagalah kebersihan kucing Anda secara rutin. Dan yang terpenting, nikmatilah waktu bersama kucing Anda! Berikan ia cinta dan juga perhatian jika ia menginginkannya. Anda mempunyai sekitar 20 tahun untuk dapat bersama kucing kesayangan Anda, jadi lakukanlah Tips Merawat Kucing yang baik dan benar yang dapat Anda lakukan dari sekarang.