10 Tips Merawat Gitar Akustik Yang Sebenarnya

10 Tips Merawat Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar
10 Tips Merawat Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar

Alat musik yang paling banyak diminati di Indonesia sampai saat ini adalah gitar. Selain membuat pemakainya bisa terlihat keren, gitar adalah alat musik yang paling mudah untuk dipelajari. Harga gitar  pada umumnya tidak terlalu mahal, alat musik yang satu ini bisa dimiliki oleh semua kalangan jika memang ingin seperti halnya pengamen sampai dengan personel band papan atas.

Jika Kamu termasuk yang hobi bermain gitar dan pastinya memiliki alat musik tersebut, apakah Kamu sudah cukup benar merawat  gitar Kamu? Seberapa sering Kamu membersihkannya? Jika Kamu asal-asalan dalam merawat gitar, Kamu harus mengenali Tips Merawat Gitar Akustik yang baik dan benar, agar cara membersihkan gitar akustik tersebut tidak salah dan akan membuat gitar Kamu lebih awet tentunya. Langsung saja beberapa tips berikut ini.

10 Tips Merawat Gitar Akustik Yang Baik Dan Benar Agar Gitar Akustik Tetap Awet

1Tempatkan Gitar Di Dalam Case

Tempatkan Gitar Di Dalam Case
Tempatkan Gitar Di Dalam Case

Tips Merawat Gitar Akustik yang pertama adalah, untuk menjaga gitar terhindar dari debu, benturan, dan goresan, maka Kamu harus mempunyai case khusus untuk gitar. Case tidak hanya ditujukan untuk gitaris band yang sering tour keluar kota saja, Kamu pun kalau bisa mempunyai case gitar. Meskipun Kamu hanya memainkan gitar di rumah, tak ada salahnya untuk membeli case guna menempatkan gitar Kamu jika tidak sedang dipakai.

Ada 2 jenis case khusus gitar, yakni hardcase yang biasanya terbuat dari material yang keras, seperti kayu atau plastik. Hardcase digunakan bagi Kamu yang sering membawa gitar berpergian atau tur. Sementara itu, softcase terbuat dari kain yang cukup tebal untuk menjaga gitar tetap bersih dan terhindar dari goresan.

2Ganti Senar Secara Berkala

Ganti Senar Secara Berkala
Ganti Senar Secara Berkala

Tips Merawat Gitar Akustik yang selanjutnya adalah, tentang senar. Mesikpun Kamu lakukan dengan benar cara membersihkan gitar secara teratur, tapi hal tersebut tidak menjamin senar Kamu tidak akan rusak. Bila Kamu memainkan gitar secara intensif, pasti ada kalanya senar tersebut berkarat atau putus. Jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa kualitas suara yang dihasilkan tidak akan bagus dan disinyalir dapat merusak fret gitar.

Untuk menghasilkan kualitas suara terbaik, ganti semua bagian senar, jangan hanya mengganti bagian yang putus atau sudah berkarat saja.

3Kendorkan Senar Gitar

Kendorkan Senar Gitar
Kendorkan Senar Gitar

Tips Merawat Gitar Akustik yang selanjutnya adalah, harus diperhatikan jika Kamu jarang menggunakan gitar? Kamu tidak hanya perlu melakukan cara membersihkan gitar akustik secara teratur saja, tetapi Kamu juga harus mengendorkan senar gitar Kamu. Gitar yang sudah lama tidak dipakai dalam jangka waktu yang panjang bisa membuat bagian senarnya melengkung. Akan tetapi, jika Kamu memakai gitar secara intensif, maka Kamu tak perlu mengendorkan senar gitar akustik tersebut.

4Bersihkan Senar

Bersihkan Senar
Bersihkan Senar

Nah, Tips Merawat Gitar Akustik yang satu ini adalah bagian terpenting dalam sebuah gitar. Kamu juga harus membersihkan bagian ini secara berkala agar lebih nyaman saat memainkan gitar. Senar gitar memang harus rutin dibersihkan, karena bagian ini bersentuhan langsung dengan jari-jari pengguna yang mungkin kadang berkeringat atau juga berminyak.

Cara membersihkan senar, dapat menggunakan cairan yang memang diformulasikan khusus untuk membersihkan senar pada gitar. Semprotkan cairan pembersih khusus senar ke kain bersih, lalu usapkan kain tersebut di setiap senar. Kamu pun dapat melapisi senar dengan kain yang sudah diberi cairan pembersih, lalu cubit senar tersebut. Jika Kamu menggunakan gitar secara intensif, bersihkan senar setidaknya seminggu sekali.

5Letakkan Gitar Di Tempat Yang Aman

Letakkan Gitar Di Tempat Yang Aman

Untuk Tips Merawat Gitar Akustik yang berikutnya,  berlaku bagi Kamu yang sering membawa gitar berpergian, terutama saat berpergian dengan pesawat terbang. Gitar yang biasa diletakkan di dalam hardcase harus masuk ke dalam bagasi. Pastikan ada stiker “fragile” di depan hardcase agar petugas pesawat lebih hati-hati dalam meletakkan gitar Kamu.

Tak hanya itu saja, ketika gitar Kamu berada di rumah, simpan di dalam softcase dan letakkan dalam standing khusus dengan posisi berdiri.

Itulah serba-serbi cara membersihkan gitar akustik yang harus Kamu ketahui. Dengan membersihkan dan merawat gitar secara teratur, itu artinya Kamu sudah menjaga estetika gitar Kamu. Di samping itu, pembersihan di komponen tertentu juga bermanfaat untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar akustik Kamu.

6Jauhkan Gitar Dari Sinar Matahari Atau Tempat Lembab

Jauhkan Gitar Dari Sinar Matahari Atau Tempat Lembab
Jauhkan Gitar Dari Sinar Matahari Atau Tempat Lembab

Tips Merawat Gitar Akustik yang pda umumnya terbuat dari kayu, maka Kamu harus menjauhkan gitar tersebut dari paparan sinar matahari. Di samping itu, Kamu juga harus menyimpan gitar di tempat yang kering. Karena, kelembaban dan perubahan suhu yang drastis dapat merusak body gitar yang bertekstur kayu. Body gitar yang terbuat dari kayu memang mudah rusak dan lapuk. Maka dari itu, hindarilah menyimpan gitar di tempat yang terpapar cahaya matahari ataupun lembab.

7Bersihkan Fretboard Gitar

Bersihkan Fretboard Gitar
Bersihkan Fretboard Gitar

Tips Merawat Gitar Akustik yang satu ini, bisa Kamu lakukan dengan cara rutin membersihkan fretboard. Pada bagan tersebut memang cukup penting pada gitar, selain bagian senarnya. Kebersihan area freboard ini cukup penting untuk membuat Kamu nyaman saat bermain gitar. Fretboard yang sangat kotor bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan gitar Kamu.

Untuk membersihkan fretboard Kamu bisa mengambil kain halus bekas. Hindari kain yang berserat seperti contohnya handuk, karena bisa menyebabkan serat kain menyangkut pada sisi-sisi fretboard. Kemudian, bersihkan fretboard dengan memakai minyak kayu putih atau cairan khusus pembersih gitar.

8Bersihkan Body Gitar

Bersihkan Body Gitar
Bersihkan Body Gitar

Nah Tips Merawat Gitar Akustik yang selanjutnya, bila Kamu ingin gitar Kamu tampak mulus dan mengkilap, maka Kamu jangan lupa membersihkan bagian body depan dan belakang gitar akustik Kamu. Pembersihan body gitar memang tidak mempengaruhi kualitas suara, tapi dapat membuat Kamu nyaman saat memainkannya dan lebih percaya diri saat harus tampil di depan umum.

Kotoran yang biasa menempel pada body gitar tak lain adalah debu atau juga minyak dari tangan kita. Untuk membersihkan body gitar Kamu hanya memerlukan kain yang sudah dibasahi dengan air. Akan tetapi, tidak masalah jika Kamu ingin memakai cairan pembersih gitar untuk membersihkan keseluruhan body gitar Kamu.

9Bersihkan Tuning Keys

Bersihkan Tuning Keys
Bersihkan Tuning Keys

Tips Merawat Gitar Akustik yang selanjutnya adalah, Kamu harus rutin membersihkan Tuning keys yang dapat berpengaruh pada suara gitar. Tanpa adanya tuning keys Kamu tidak bisa mengetes kualitas suara dari gitar akustik kesayangan Kamu. Sama seperti ketika Kamu membersihkan body guitar, Kamu hanya perlu memanfaatkan kain bersih yang dibasahi dengan air untuk membersihkan tuning keys.

Akan tetapi, Kamu sebagian orang yang merasa lebih nyaman jika membersihkan tuning keys dengan minyak kayu putih atau baby oil. Tak hanya itu saja, Kamu juga bisa membersihkan bagian ini dengan cairan pembersih kaca, lho.

10Bersihkan Bridge

Bersihkan Bridge
Bersihkan Bridge

Tips Merawat Gitar Akustik yang terakhir yaitu, rutinlah membersihkan Bridge. Bridge adalah bagian yang mungkin sering terlupakan. Padahal, pemilik gitar bisa membersihkan bridge dengan cotton bud yang sudah dibasahi dengan air atau minyak khusus.

Bila ada kotoran yang terdapat di sela-sela bridge, maka Kamu bisa membersihkan kotoran tersebut dengan sikat gigi bekas. Caranya cukup mudah, semprot air secukupnya di sela-sela bridge gitar, lalu segera gosok dengan memakai sikat gigi bekas yang tersedia.

Itulah beberapa Tips Merawat Gitar Akustik yang baikn dan benar untuk Kamu lakukan, agar gitar yang Kamu miliki lebih awet dan tetap terawat. Semoga bermanfaat.