10 Tips Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

10 Tips Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami
10 Tips Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Tips Menghilangkan Karang Gigi, Jangan pernah menyepelekan tentang masalah gigi, karena gigi dan mulut merupakan gerbang utama masuknya kuman. Sebab itulah orang baru akan datang ke dokter gigi sesudah mengalami sakit gigi atau ketika punya masalah dengan bau mulut. Karang gigi adalah salah satu masalah gigi yang sering disepelekan, padahal bisa berbahaya jika terus didiamkan.

10 Tips Mencegah Karang Gigi Dan Cara Menghilangkannya

Pada kasus umumnya, karang gigi mukai terbentuk di atas gusi. karenanya, cara membersihkan karang gigi berbeda dengan membersihkan plak yang bisa dibersihkan dengan gosok gigi saja. Tips Menghilangkan Karang Gigi yang akan kami bahas, dapat Anda lakukan tiap hari tanpa harus pergi ke dokter gigi.

Tips Menghilangkan Karang Gigi yang dilakukan oleh dokter gigi biasanya dilakukan prosedur membersihkan karang gigi dengan alat yang disebut dengan ultrasonic scaler. Membersihkan karang gigi dengan cara ini dinamakan scaling gigi yang bisa dilakukan hanya oleh dokter gigi. Dengan melakukan scaling gigi, karang gigi yang sudah lama dan mengeras sekalipun dapat hilang. Karenanya, agar terhindar dari karang gigi Anda dapat mencegahnya dengan beberapa tips yang akan kami bagikan.

Kemudian, jika Anda sudah terlanjur mempunyai karag gigi, Anda tidak harus repot-repot pergi ke dokter gigi karena disini kami akan membagikan beberapa tips untuk menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa anda lakukan di rumah dengan rutin. Langsung saja kita simak beberapa Tips Menghilangkan Karang Gigi yang dapat Anda lakukan secara rutin.

1Menyikat Gigi Secara Teratur

Menyikat Gigi Secara Teratur
Menyikat Gigi Secara Teratur

Tips Menghilangkan Karang Gigi yang sangat penting untuk dilakukan adalah, sikat gigi Anda sebanyak dua kali dalam sehari selama kurang lebih dua menit. Karena, jika Anda menyikat gigi hanya 30 detik sampai satu menit saja, tidak akan bisa membuat karang hilang dari gigi Anda.

Gunakanlah sikat gigi yang lembut dan juga cukup kecil agar dapat masuk ke sela-sela gigi. Pastikanlah semua bagian gigi Anda terjangkau oleh sikat gigi tadi saat menyikat gigi. Hindari menyikat gigi setelah makan, karena sisa makanan yang bercampur dengan air liur dapat menyebabkan kondisi gigi dan juga  mulut menjadi asam. Hal ini dapat menyebabkan lapisan pelindung gigi menjadi mudah terkikis.

2Menggunakan Pasta Gigi Yang Tepat

Tips Menghilangkan Karang Gigi yang perlu diperhatikan adalah, Anda harus menyesuaikan pasta gigi yang tepat untuk gigi Anda, dan pasta gigi tersebut terdapat kandungan seperti flouruida yang tinggi agar dapat menghilangkan karang gigi pada gigi Anda. Kandungan flourida yang terdapat dalam pasta gigi akan melindungi gigi Anda dari kerusakan dan juga mencegah pengeroposan.

3Rutin Berkumur Dengan Obat Kumur

Tips Menghilangkan Karang Gigi menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik, dapat membantu menghilangkan kuman yang terdapat dalam mulut. Obat kumur yang mengandung antiseptik  bisa dijadikan obat karang gigi untuk dapat membantu menghilangkan karang gigi dari gigi Anda.

4Perhatikan Diet Anda

Tips Menghilangkan Karang Gigi  dengan lebih teliti menjaga pola makan dan juga lebih selektif dalam pemilihan makanan, akan membantu mengurangi menumpuknya karang gigi pada gigi Anda. Hindarilah mengonsumsi makanan yang terlalu manis, karena kuman dan bakteri dapat  semakin banyak bersarang di dalam mulut Anda. Karena makanan yang banyak terdapat gula tinggi adalah makanan yang sangat disukai oleh bakteri.

5Berhenti  Merokok

Tips Menghilangkan Karang Gigi yang selanjutnya adalah, jika Anda seorang perokok apakah Anda tahu bahan kimia yang terdapat dalam rokok dapat membuat gigi Anda dipenuhi oleh karang gigi? Karenanya  lebih baik Anda segera berhenti dari kebiasaan merokok. Jika Anda bukan seorang perokok, jangan sampai Anda menoba-coba untuk mulai merokok, karena nyatanya merokok membuat penggunanya ketagihan. Selain dapat menyebabkan karang gigi, merokok juga dapat menyebabkan gigi menjagi kuning, dan banyak penyakit lainnya yang disebabkan oleh rokok.

6Menggunakan Buah Yang Kaya Vitamin C

Menggunakan Buah Yang Kaya Vitamin C
Menggunakan Buah Yang Kaya Vitamin C

Tips Menghilangkan Karang Gigi dengan cara menggunakan buah-buahan yang mengandung banyak Vitamin C juga sangat baik untuk kesehatan mulut Anda, karena itu anda juga dapat menggunakan buah-buahan yang mengandung banya vitamin C untuk pasta gigi. Caranya, Anda hanya cukup menghancurkan buah tadi sampai halus. Misalnya :jeruk, stroberi, lemon, lalu celupkanlah pasta gigi dan sikat gigi Anda pada buah yang sudah dihancurkan tadi, kemudian gosok gigi Anda selama 2 menit.

7Mengunyah Daun Sirih

Tips Menghilangkan Karang Gigi yang satu ini mungkin pernah Anda lihat ketika nenek atau kakek Anda sedang mengunyah-ngunyah daun atau sesuatu? Sebenarnya yang dikunyah mereka adalah daun sirih. Karena nyatanya Daun sirih berkhasiat untuk bisa membersihkan karang gigi dan juga menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Caranya , Anda hanya cukup ambil selembar daun sirih, Anda juga bisa  tambahkan 1 batang cengkeh. Kemudian haluskan tapi jangan sampai  terlalu halus, lalu kunyah campuran daun sirih dan cengkeh tadi.

8Rutin Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran

Tips Menghilangkan Karang Gigi dengan menggunakan buah dan sayur memang terdengar tidak biasa, seperti halnya menggunakan buah-buahan, bedanya Anda dapat memakan langsung buah-buahan dan sayuran tadi tanpa harus di olah dan dicampurkan pada pasta gigi untuk menyikat gigi. Dengan rutin mengunyah atau mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin, dapat  menghilangkan karang gigi. Terutama mengkonsumsi apel, melon, wortel, dan seledri.

9Menggunakan Kulit Jeruk

Menggunakan Kulit Jeruk

Tips Menghilangkan Karang Gigi dengan menggunakan kulit jeruk sangat mudah dilakukan, selain buahnya dapat dimakan jeruk juga adalah buah yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Caranya adalah, gosokkan langsung kulit jeruk pada gigi Anda, gosok merata pada bagian gigi yang dilapisi oleh karang gigi, lakukan cara ini sebelum tidur. Diamkan selama semalam.  Pada keesokan harinya barulah berkumur untuk membersihkan gigi dan mulut Anda. Lakukanlah cara ini setiap hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

10Menggunakan Baking Soda

Tips Menghilangkan Karang Gigi yang terakhir adalah dengan menggunakan baking soda. Selain dapat menghilangkan karang gigi, baking soda juga dapat membuat gigi yang kuning menjadi bersih kembali dengan cepat. Caranya adalah, ambil 1satu sendok makan baking soda, kemudian tambahkan sedikit garam kemudian aduk hingga rata. Selanjutnya, tinggal Anda celupkan sikat gigi yang sebelumnya sudah dibasahi oleh campuran ini. Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit, kemudian berkumur dengan air. Lakukanlah cara ini dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Itulah beberapa Tips Menghilangkan Karang Gigi yang dapat Anda lakukan di rumah, tanpa harus pergi ke dokter gigi. Selamat mencoba berbagai cara menghilangkan karang gigi di atas, jika dengan cara di atas masih belum berhasil, atau karang gigi Anda sudah sangat parah hingga membuat gusi bengkak segeralah memeriksakan gigi Anda ke dokter agar karang gigi bisa dibersihkan dengan alat-alat medis.  Semoga bermanfaat.