10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Wajib Diperhatikan

10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Wajib Diperhatikan
10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Wajib Diperhatikan

Berbicara tentang alam, Indonesia memang mempunyai berbagai keindahan panorama alam yang tiada duanya. Belakangan ini, kegiatan mendaki gunung banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mendaki gunung, tidak hanya dilakukan oleh para pencinta alam saja, melainkan siapa saja bisa melakukan kegiatan tersebut. Tentunya untuk para pemula, dibutuhkan Tips Mendaki Gunung yang benar dan baik untuk diperhatikan sebelum memulai mendaki gunung.

10 Tips Mendaki Gunung Yang Harus Diketahui Untuk Pemula

Saat ini, kegiatan mendaki gunung banyak dilakukan oleh para kalangan muda mudi yang umumnya merupakan seorang pelajar dan mahasiswa. Banyak juga diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung. Dan tidak sedikit juga, orang-orang yang memang sangat hobi mendaki gunung, mulai dari anak muda hingga orang-orang dewasa. Nah, untuk Kamu yang pemula, Tips Mendaki Gunung yang akan dibahas ini, bisa jadi sebuah referensi yang baik untuk dilakukan nanti.

Dengan mendaki gunung, Kamu bisa mencoba pengalaman baru yang penuh dengan tantangan dan pada akhirnya, perjuangan mendaki di akhiri dengan keindahan panorama alam sekitar yang tiada duanya. Dan pastinya, wajib untuk di abadikan dengan teman-teman yang ikut mendaki bersama. Nah, karena mendaki gunung bukanlah hal yang mudah, untuk Kamu yang pemula, Kamu bisa langsung menyimak beberapa Tips Mendaki Gunung untuk pemula yang wajib diperhatin di bawah ini:

1Persiapkan Kondisi Kesehatan

Persiapkan Kondisi Kesehatan

Tips Mendaki Gunung yang pertama, mengenai kesehatan. Untuk Kamu yang mau mulai mendaki gunung, kesehatan adalah hal yang paling vital dalam proses pendakian gunung. Jangan sampai ketika mendaki gunung, Kamu dalam keadaan tidak fit, hal tersebut akan sangat beresiko. Dengan mempersiapkan kondisi kesehatan yang baik, Kamu bisa mulai mendaki gunung dengan siap dan siaga.

Nah, cara yang bisa Kamu lakukan dalam menjaga kondisi kesehatan tersebut, Kamu mulai bisa mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang sehat. Intinya adalah, jika pola hidup kurang sehat, Kamu bisa mulai memperbaikinya dari sekarang. Dan yang paling penting, hindarilah aktivitas yang sia-sia, jangan dibiasakan begadang, dan Kamu harus tidur secara teratur setiap harinya. Dengan begitu, kondisi kesehatan akan lebih fit dan menyehatkan untuk dibawa ke dalam kegiatan mendaki gunung.

2Biasakan Melatih Otot Kaki dan Kesimbangan

Biasakan Melatih Otot Kaki dan Kesimbangan
Biasakan Melatih Otot Kaki dan Kesimbangan

Lalu, Tips Mendaki Gunung yang selanjutnya masih mengenai kesehatan. Saat Kamu akan mulai melakukan kegiatan mendaki gunung, mulailah dulu dengan pemanasan melatih otot kaki dan juga keseimbangan. Kegiatan melatih otot kaki, bisa Kamu lakukan dengan olah raga lari di pagi atau juga sore hari. Lakukanlah kegiatan tersebut secara rutin, seminggu sebelum mendaki gunung dilakukan. Nah, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih otot kakimu agar tidak kaget saat mendaki gunung nanti.  Mengingat trek yang akan dilalui tidak lah mudah.

Dengan begitu, saat Kamu mulai terbiasa melakukan kegiatan pemanasan sebelum melakukan aktivitas mendaki gunung, trek yang sesulit apapun nantinya bisa Kamu lewati dengan mudah. Selain itu, Kamu juga harus mulai melatih kesimbangan. Melatih keseimbangan, dapat Kamu lakukan dengan olah raga senam-senam kecil seperti berdiri beberapa saat dengan satu kaki dan gerakan senam lainnya. Kegiatan ini bisa dilakukan setelah lari pagi Kamu lakukan. Dengan begitu, tubuhmu akan mulai terbiasa dengan aktivitas yang akan banyak menguras tenaga tersebut nantinya.

3Persiapkan Perlengkapan Yang Harus Dibawa

Persiapkan Perlengkapan Yang Harus Dibawa
Persiapkan Perlengkapan Yang Harus Dibawa

Tips Mendaki Gunung yang selanjutnya, bisa Kamu mulai lakukan setelah mempersiapkan ketahanan fisik tadi. Nah, sekarang yang Kamu lakukan adalah mempersiapkan peralatan apa saja yang harus dibawa untuk mendaki gunung nanti. Perlengkapan mendaki gunung, adalah salah satu hal penting yang patut Kamu persiapkan dengan baik.

Jika Kamu sampai lupa mempersiapkannya, bisa fatal akibatnya pada saat mendaki gunung nanti. Bisa jadi, kegiatan mendaki gunung yang telah Kamu persiapkan, tidak akan seindah yang Kamu harapkan, karena adanya faktor barang-barang yang sangat penting tidak terbawa. Oleh karena itu, sebelum mulai mendaki gunung, buatlah list peralatan apa saja yang harus dibawa untuk mendaki gunung nanti.

Peralatan yang pada umumnya sering dibawa pada saat mendaki gunung antara lain, jaket tebal, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, tongkat yang berfungsi untuk meringankan beban tubuh, mantel, peralatan memasak seperti kompor kecil, dan juga kamera jika Kamu memilikinya. Sebelum berangkat, jangan lupa untuk mengecek lagi peralatan yang sudah disiapkan tadi.

4Persiapkan Konsumsi Yang Harus Dibawa

Persiapkan Konsumsi Yang Harus Dibawa

Lalu, Tips Mendaki Gunung yang berikutnya merupakan soal Konsumsi yang juga sangat penting dalam kegiatan mendaki gunung. Terlebih, jika Kamu akan menginap di atas gunung selama beberapa hari, menyediakan konsumsi makanan secukupnya adalah hal yang sangat penting.

Jangan sampai konsumsi makanan habis, sebelum Kamu berhasil berada di puncak. Pada umumnya, konsumsi yang bisa Kamu bawa adalah air putih 2 botol berisi 1.5L, Roti untuk beberapa hari , Nasi dan juga lauk yang sudah di masak dan yang siap di masak nanti, Mie instant secukupnya, coklat juga penting untuk menambah tenaga saat mendaki, kopi atau the tarik juga bisa Kamu bawa. Semuanya bisa Kamu atur untuk keperluan seberapa lama Kamu akan berada di puncak gunung nanti.

5Berhati-hatilah Saat Mulai Mendaki

Berhati-hatilah Saat Mulai Mendaki
Berhati-hatilah Saat Mulai Mendaki

Tips Mendaki Gunung yang selanjutnya, setelah siap dengan semua perlengkapan di atas, Kamu bisa mulai melakukan pendakian. Ketika mendaki gunung, Kamu tidak dianjurkan untuk asal-asalan dalam berjalan, agar hal buruk tidak terjadi, seperti terpeleset atau bahkan sampai jatuh.

Kamu bisa berjalan dengan kaki yang selalu lentur setiap kali menapakan kaki ke tanah dan tetap fokus pada pijakan yang ada. Jika kaki mulai terasa kaku, maka kemungkinan Kamu bisa cidera hal tersebut akan menghambat Kamu dalam proses mendaki. Oleh sebab itu, melatih otot kaki dan menjaga keseimbangan tadi sangat penting untuk memulai pendakian agar aman dan nyaman.

6Istirahatlah Jika Mulai Kelelahan

Istirahatlah Jika Mulai Kelelahan
Istirahatlah Jika Mulai Kelelahan

Nah, Tips Mendaki Gunung yang selanjutnya, sangat dianjurkan terlebih untuk Kamu yang masih pemula. Saat pertama kali mendaki gunung, Kamu dipastikan akan mudah lelah karena belum terbiasa. Jadi, saat Kamu mulai lelah, jangan ragu untuk memberi tahu teman-teman yang lain untuk beristirahat sebentar.

7Selalu Berada Di Jalur Rombongan

Selalu Berada Di Jalur Rombongan
Selalu Berada Di Jalur Rombongan

Tips Mendaki Gunung yang selanjutnya untuk Kamu perhatikan, saat mendaki gunung selalu perhatikan teman-teman rombonganmu. Jangan sampai terpisah, dan selalu fokus pada pijakan antar teman-teman yang lain, supaya tidak terpisah dari rombongan pendaki yang lain.

8Jangan Mudah Menyerah

Jangan Mudah Menyerah
Jangan Mudah Menyerah

Tips Mendaki Gunung yang berikutnya, bisa Kamu lakukan agar lebih bersemangat lagi dalam kegiatan mendaki gunung. Mengeluh di awal, pasti akan Kamu rasakan untuk seorang pemula. Namun, mengeluh bukanlah penyelesaian. Nikmatilah, karena saat Kamu sudah terbiasa, rasa lelah tidak akan terlalu dirasakan. Hal tersebut yang menjadikan pendaki lain tidak mudah menyerah.

9Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Jangan Membuang Sampah Sembarangan
Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Nah, Tips Mendaki Gunung yang satu ini, tentu Kamu pun pastinya sudah tahu. Oleh karena itu, sediakanlah tempat sampah yang Kamu bawa sendiri, agar sampah-sampah yang Kamu hasilkan bisa Kamu tampung dan di buang nanti pada tempatnya. Hal tersebut sangat baik dilakukan untuk menjaga kelestarian alam.

10Taati Instruksi dan Peraturan Petugas Gunung

Taati Instruksi dan Peraturan Petugas Gunung
Taati Instruksi dan Peraturan Petugas Gunung

Lalu, Tips Mendaki Gunung yang terakhir ini seringkali disepelekan. Tentunya sebelum mendaki Kamu harus mendaftar terlebih dulu ke petugas gunung setempat. Nah, setelah itu taatilah semua peraturan yang diberikan petugas dan hormatilah instruksi petugas yang bertugas menjaga kelestarian gunung yang akan Kamu daki tersebut.

Itulah beberapa Tips Mendaki Gunung untuk Kamu para pemula, yang sangat wajib untuk diperhatikan. Semoga untuk Kamu yang ingin mulai melakukan aktivitas mendaki gunung, bisa sampai ke puncak dengan selamat. Selamat mencoba!