10 Tips Memelihara Lovebird Dengan Baik Dan Benar

10 Tips Memelihara Lovebird Dengan Baik Dan Benar
10 Tips Memelihara Lovebird Dengan Baik Dan Benar

Kali ini kami akan membahas Tips Memelihara Lovebird dengan baik dan benar, untuk Anda yang kebetulan memelihara Lovebird di rumah. Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai penggemar yang cukup banyak di Indonesia. Lovebird termasuk dalam jenis burung  beo kecil dengan suara indah dan bervariasi.

Lovebird adalah burung yang membutuhkan perawatan yang ekstra. Lovebird dikenal dengan burung yang mempunyai kicauan unik dan ngekek yang panjang. Jenis-jenis lovebird yang biasa dipelihara diantaranya adalah lovebird rosy face dengan warna yang dominan hijau, lovebird fischeri dengan warna yang dominan hijau dan kuning keemasan, lovebird yellow collared yang mempunyai warna kuning di bagian dada, lovebird black checked yang berpipi hitam, dan lovebird lilian’s yang menjadi jenis lovebird terkecil di dunia dan berwarna dominan hijau oranye.

10 Tips Memelihara Lovebird Dengan Baik dan Mudah

Langsung saja simak beberapa Tips Memelihara Lovebird yang baik dan benar di bawah ini:

1Persiapan Sangkar

Persiapan Sangkar

Untuk Tips Memelihara Lovebird yang pertama adalah, memilih sangkar untuk lovebird terlebih dulu yang juga dilakukan pada cara ternak lovebird koloni. Pastikan sangkar bersih dengan ukuran yang cukup luas. Pastikan juga sangkar mudah dibuka untuk dibersihkan dan tidak terbuat dari bahan yang bisa melukai burung serta sediakan tempat pakan dan minum yang mudah dijangkau. Bagian alas juga harus sering diganti agar tidak menyebabkan banyak gangguan supaya burung tidak mudah stres.

2Membedakan Jenis Kelamin Lovebird

Membedakan Jenis Kelamin Lovebird

Tips Memelihara Lovebird yang selanjutnya adalah, Anda harus bisa membedakan lovebird jantan dan betina kategori dimorfik cukup mudah dilakukan  dan beberapa jenis lovebird yang masuk dalam kategori dimorfik ini adalah lovebird red headed, lovebird madagaskar serta lovebird abyssinia. Untuk lovebird jantan mempunyai kepala yang lebih kecil dengan bentuk rata, tubuh dan bagian paruh lebih kecil dari lovebird betina, kaki rapat, ekor berbentuk huruf “V”, lebih gesit dan agresif dan ngekek dengan panjang.

Sedangkan ciri-ciri lovebird betina, ia mempunyai bentuk kepala yang besar dan menonjol ke atas, paruh dan tubuh lebih besar dari jantan, lebih sering bertengger dengan kaki yang melebar, ekor membentuk huruf “U”, lebih tenang dan juga ngekek yang tidak lebih panjang dari yang jantan.

3Pakan Lovebird Agar Gacor

Pakan Lovebird Agar Gacor

Tips Memelihara Lovebird yang selanjutnya dengan memberi pakan tidak boleh diberikan secara asal dan harus bervariasi khususnya jika lovebird masih muda yang harus selalu dilakukan dalam cara memelihara burung lovebird. Beberapa jenis pakan terbaik yang dapat Anda diberikan untuk lovebird antara lain kuaci, milet putih, milet merah, pelet, biji bunga matahari, biji sawi, jumawut, canary seed dan hemp seed.

Pakan lovebird dapat Anda berikan setiap hari secara bergantian. Tambahkan juga buah dan sayuran sekitar 2 kali seminggu agar kemampuan berkicau lovebird semakin bagus. Untuk pakan jenis sayuran yang bisa diberikan antara lain tauge, jagung muda dan kangkung.

4Pakan Anakan Lovebird

Pakan Anakan Lovebird

Tips Memelihara Lovebird untuk pakan anakan tentunya berbeda sebab pakan untuk anakan harus berkualitas baik untuk mendukung tumbuh kembang anakan tersebut. Jika pakan anakan lovebird sulit ditemukan, anda bisa menggunakan pakan alternatif seperti bubur bayi instan yang dicampur dengan air hangat. Sementara untuk menjaga kesehatan lovebird dapat diberikan multivitamin yang mengandung vitamin A, B, C, D, E dan K agar lovebird anakan juga bisa berkicau dengan baik.

5Hindari Beberapa Jenis Pakan

Hindari Beberapa Jenis Pakan

Tips Memelihara Lovebird berikutnya, untuk buah apel memang sendiri termasuk jenis buah yang baik untuk lovebird, tapi hindarilah bagian biji apel karena mengandung sianida yang dapat berakibat fatal untuk lovebird. Makanan yang harus dihindari lainnya adalah coklat, alpukat dan juga bawang putih. Alpukat mengandung zat persin yang dapat menyempitkan pembuluh darah lovebird, sedangkan coklat dapat menurunkan fungsi saraf lovebird dan bawang putih juga bisa menyebabkan anemia hemolitik yakni rusaknya sel darah merah pada lovebird yang akan berujung pada kematian.

6Memandikan Lovebird

Tips Memelihara Lovebird yang harus dilakukan secara teratur yakni mandikan lovebird hingga basah kuyup agar stamina burung tetap terjaga dengan baik dan ia bisa lebih rajin berkicau dengan panjang. Tahapan memandikan lovebird yang bisa Anda lakukan, di pagi hari sekitar jam 7, semprot lovebird hingga basah memakai sprayer atau bisa menggunakan keramba.

Saat dimandikan, lovebird bisa dipegang sambil diusap secara lembut. Lanjutkan dengan menjemur lovebird sampai jam 10 dan angin anginkan lovebird sekitar 10 menit. Semprot kembali lovebird sampai basah kuyup dan jemur kembali sampai jam 12 siang. Lanjutkan dengan menggantung kandang burung di tempat teduh.

7Pemasteran Lovebird

Tips Memelihara Lovebird yang sangat penting berikutnya adalah, dengan memperdengarkan kicau atau irama lagu jangan hanya memilih suara yang bagus dan unik saja, tapi variasikan dengan jenis suara lainnya. Sesuaikan irama lagu dan frekuensi antara suara master dengan lovebird, karena jika tidak akan membuat kicau lovebird menjadi fals dan tidak enak di dengar.

8Menjodohkan Lovebird

Tips Memelihara Lovebird berikutnya, karena lovebird mempunyai sifat yang unik, maka ia hanya mau dikawinkan dengan 1 pasangan saja seumur hidup sehingga harus dipilih pasangan yang berkualitas. Untuk menjodohkan lovebird dapat dilakukan dengan mendekatkan kedua sangkar selama 3 hingga 7 hari. Proses perjodohan ini akan berjalan lebih cepat jika dilakukan saat masa birahi.

9Bertelur dan Pengeraman

Tips Memelihara Lovebird berikutnya, saat lovebird sudah berjodoh, pada umumnya ia akan masuk dengan sendirinya ke glodok lovebird satunya untuk proses kawin dan bertelur, seperti halnya pada saat memelihara burung murai. Jangan lupa pasang glodok pada sangkar untuk tempat lovebird bertelur dan tambahkan alas pada dasar glodok.

Di habitat aslinya, lovebird akan membangun sarang menggunakan ranting-ranting pohon kecil, tangkai daun dan juga kulit jagung kering. Dalam waktu sekali bertelur, lovebird dapat menghasilkan telur  sebanyak 4 hingga 6 telur yang pada umumnya akan dierami 3 hari sebelum menetas. Induk lovebird  betina akan sesekali keluar dari glodok untuk mencari makan atau hanya untuk merentangkan tubuhnya.

10Penetasan Telur Lovebird

Penetasan Telur Lovebird

Tips Memelihara Lovebird yang berikutnya bisa dilakukan seperti halnya budidaya burung anis merah, lovebird pada umumnya akan mengerami telur selama 21 sampai 23 hari dan untuk waktu penetasan lovebird membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Tapi biasanya pada masa pertama lovebird bertelur, tidak seluruh telur dapat menetas dan ini merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Sementara pada masa produktif akan terjadi setelah bertelur kedua dan selanjutnya.

Demikian beberapa Tips Memelihara Lovebird yang sangat mudah dilakukan di rumah,  yang bisa Anda jadikan panduan pada saat merawat lovebird. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu Anda untuk merawat lovebird di rumah.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.