10 Tips Liburan Hemat ke Malaysia Yang Wajib Kamu Katahui

10 Tips Liburan Hemat ke Malaysia Yang Wajib Kamu Katahui
10 Tips Liburan Hemat ke Malaysia Yang Wajib Kamu Katahui

Malaysia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang banyak dipilih oleh para Traveler asal Indonesia untuk pergi berlibur. Setelah negara Thailand, Malaysia yang letaknya tak jauh dari Indonesia, menjadi negara kedua yang menawarkan berbagai biaya terjangkau bagi para Traveler. Nah, untuk kamu yang ingin sekali berlibur ke Malaysia, ada baiknya kamu menyimak Tips Liburan Hemat ke Malaysia yang kali ini akan kami bahas.

10 Tips Liburan Hemat ke Malaysia Untuk Kamu Yang Punya Budget Minimalis

Bagi kamu yang belum pernah berlibur ke luar negeri, pasti akan sedikit was-was mengingat budget yang nantinya dikeluarkan pastilah tidak sedikit. Alhasil, liburan ke luar negeri bisa terus tertunda karena masalah budget. Maka dari itu, Tips Liburan Hemat ke Malaysia jadi bahan pertimbangan yang cocok untuk kamu yang ingin berlibur ke luar negeri dengan budget minimalis.

Segala sesuatunya bisa saja diminimalisir sebaik mungkin, agar liburan bisa tetap hemat. Apalagi berlibur ke Malaysia yang jaraknya tidak begitu jauh dengan Indonesia. Pasti akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan. Langsung saja, simak beberapa Tips Liburan Hemat ke Malaysia berikut ini:

1Persiapkan Semua Kebutuhan Dengan Matang

Persiapkan Semua Kebutuhan Dengan Matang
Persiapkan Semua Kebutuhan Dengan Matang

Tips Liburan Hemat ke Malaysia yang pertama, amat sangat penting untuk diingat. Jika keputusanmu sudah matang untuk berlibur ke Malaysia, kamu mulai bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan teliti mulai dari sekarang. Mulai dari barang-barang apa saja yang akan kamu butuhkan saat di sana, seperti baju, barang-barang pribadi, hingga makanan ringan yang kamu bekal dari Indonesia. Jangan sampai lupa untuk mempersiapkan berkas-berkas penting seperti paspor, visa, kartu kredit, tanda pengenal dan lain sebagainya.

2Tidak Perlu Ragu Untuk Liburan Sendiri

Tidak Perlu Ragu Untuk Liburan Sendiri
Tidak Perlu Ragu Untuk Liburan Sendiri

Nah, terkadang kamu pasti membutuhkan waktu untuk berlibur sendiri dan menjauh dari kehidupanmu sehari-hari bukan?. Ketika kamu berencana untuk melakukan liburan sendirian ke Malaysia, jangan ragu untuk melakukannya sendirian. Karena, Malaysia adalah negara yang masih serumpun dengan Indonesia, dari bahasa dan kebudayaannya  pun dijamin bisa terasa akrab denganmu. Jadi, berlibur tanpa teman atau juga saudara ke luar negeri, tidak akan jadi soal. Bahkan, kamu bisa menemukan teman-teman baru saat berada di Malaysia.

3Beli Tiket Pesawat Yang Sedang Promo

Beli Tiket Pesawat Yang Sedang Promo
Beli Tiket Pesawat Yang Sedang Promo

Tips Liburan Hemat ke Malaysia yang satu ini, tak kalah penting. Selain Thailand dan Singapura, tiket pesawat Indonesia – Malaysia juga sering dijual secara promo. Oleh sebab itu, jika kamu berencana liburan ke Malaysia, rajinlah untuk memantau situs maskapai pesawat terbang agar bisa mendapatkan tiket dengan harga promo. Nah, pada umunya tiket pesawat ke Malaysia dijual dari harga Rp 200.000 sampai dengan Rp 700.000 untuk sekali perjalanan. Usahakan untuk mendapatkan harga tiket yang termurah agar bisa menghemat pengeluaranmu.

4Hindari Berlibur Saat Musim Liburan

Hindari Berlibur Saat Musim Liburan
Hindari Berlibur Saat Musim Liburan

Sama seperti saat kamu mengunjungi tempat wisata yang ada di Indonesia, usahakan untuk tidak berlibur ke Malaysia pada saat musim liburan. Misalnya saja seperti saat Hari Raya Idul Fitri, hari Natal, atau juga Tahun Baru, karena selain harga tiket bisa melonjak sangat tinggi, harga penginapan yang ada di Malaysia juga bisa menjadi sangat mahal. Usahakan agar kamu bisa berlibur di hari biasa, misalnya saja ambil cuti saat weekdays. Pastikan untuk membeli tiket jauh-jauh hari agar kamu bisa mendapatkan harga yang murah dan melakukan persiapan yang matang.

5Memesan Penginapan Yang Murah

Memesan Penginapan Yang Murah
Memesan Penginapan Yang Murah

Kemudian, Tips Liburan Hemat ke Malaysia ini, sangatlah penting sebelum kamu berangkat ke Malaysia. Kamu bisa memastikan apakah sudah mendapatkan penginapan yang tepat di Malaysia, seperti penginapan dengan harga yang murah. Usahakan untuk memesan penginapan ketika kamu masih berada di tanah air. Jika kamu memesan kamar dengan datang langsung ke penginapan tersebut, mungkin saja pihak penginapan atau juga hotel akan memberi harga yang cukup mahal jika mengetahui kamu adalah wisatawan dari negara lain. Pesan penginapan di dekat objek wisata yang ingin kamu kunjungi. Misal di kawasan Bukit Bintang dan Chinatown, yang  umumnya menyediakan berbagai jenis penginapan dengan harga yang terjangkau.

6Cari Kuliner Halal, Murah Dan Lezat

Cari Kuliner Halal, Murah Dan Lezat
Cari Kuliner Halal, Murah Dan Lezat

Nah, soal makanan tidak kalah penting. Kamu mungkin bisa saja membekal makanan ringan, namun tidak dengan makanan berat. Tapi, jangan khawatir, kamu tetap bisa memperoleh makanan murah dan lezat saat berlibur sendirian ke Malaysia. Karena kamu bisa memperoleh berbagai kuliner lezat yang akrab dengan lidahmu saat di Malaysia. Tempat kuliner yang bisa kamu datangi adalah Alor Street, yang merupakan surga bagi para pecinta kuliner. Di Alor Street ada banyak stan makanan yang menjual hidangan halal khas Malaysia untuk kamu yang Muslim.

7Bawa Uang Secukupnya Dan Kartu Kredit

Bawa Uang Secukupnya Dan Kartu Kredit
Bawa Uang Secukupnya Dan Kartu Kredit

Tips Liburan Hemat ke Malaysia tentunya untuk membuat liburanmu bisa jadi sangat menyenangkan dengan budget yang hemat. Maka dari itu, setelah membuat perhitungan untuk biaya apa saja, kamu bisa membawa uang yang sudah ditukarkan dengan Ringgit dalam jumlah lebih untuk berjaga-jaga saat liburan di sana. Jika uang tersebut masih lebih saat kamu pulang ke Indonesia, kamu bisa menukarnya kembali dengan Rupiah setelah berada di tanah air. Kartu kredit dengan logo Visa atau Mastercard juga sangat penting untuk kamu bawa.

8Mengunjungi Tempat Wisata Gratis

Mengunjungi Tempat Wisata Gratis
Mengunjungi Tempat Wisata Gratis

Nah, tiada liburan tanpa jalan-jalan ke berbagai tempat wisata yang ada di Malaysia tentunya. Pertama-tama, kamu bisa mendatangi berbagai tempat wisata gratis di sana, misalnya saja ke Jembatan Putrajaya Malaysia yang tampak sangat menarik saat malam hari. Kemudian, untuk kamu yang Muslim, kamu bisa berwisata religi sekaligus menunaikan ibadah shalat di National Mosque Malaysia atau Masjid Negara yang terkenal dengan arsitekturnya yang sangat mempesona. Selanjutnya, kamu juga bisa  berkunjung ke Batu Caves, yang merupakan tempat suci bagi umat Hindu.

9Jangan Lewatkan Untuk Mengunjungi Tempat Wisata Terkenal

Jangan Lewatkan Untuk Mengunjungi Tempat Wisata Terkenal
Jangan Lewatkan Untuk Mengunjungi Tempat Wisata Terkenal

Kemudian, jika kamu telah berkunjung ke berbagai tempat wisata gratis di Malaysia, kamu bisa berkunjung ke tempat yang merupakan ikon dari negeri Jiran ini. Ya, belum dibilang ke Malaysia jika kamu belum mengunjungi Menara Petronas. Menara kembar yang satu ini, adalah landmark negara Malaysia. Jadi, rasanya kurang afdol jika kamu  tidak berfoto dengan latar belakang Menara Petronas saat liburan di Malaysia. Bukan  hanya itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Menara Kuala Lumpur, tempat di mana kamu bisa menyaksikan pemandangan Kuala Lumpur dari ketinggian 472 meter.

10Kunjungi Salah Satu Theme Park Terkenal Di Malaysia

Kunjungi Salah Satu Theme Park Terkenal Di Malaysia
Kunjungi Salah Satu Theme Park Terkenal Di Malaysia

Sebelum kamu pulang ke Tahan Air dan mendapati uang di dompet masih sangat tebal, kamu bisa mengunjungi dulu sejumlah Theme Park yang sangat terkenal di Malaysia. Tapi, usahakan untuk mengunjungi 1 sampai 2 Theme Park saja ya untuk menghemat budget. Nah, beberapa Theme Park terkenal di Malaysia yang bisa kamu kunjungi antara lain, Legoland Malaysia (Johor Bahru), Puteri Harbour Family Theme Park (Johor Bahru), Sunway Lagoon (Kuala Lumpur), Berjaya Times Square Theme Park (Kuala Lumpur), Melaka Wonderland, dan yang terakhir Lost World Tambun.

Jadi itulah beberapa Tips Liburan Hemat ke Malaysia yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin liburan hemat ke luar negeri. Ya, segala sesuatunya bisa diminimalisir sebaik mungkin untuk disesuaikan dengan budgetmu. Nah, semoga berbagai Tips Liburan Hemat ke Malaysia di atas, bisa sangat membantu ya.