10 Tips Belajar Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Diri

4.tipsbelajarefektif

Kosongan – Siapa yang tidak pernah malas belajar? Serajin-rajin seorang pelajar pasti pernah mengalami lelah karena harus terus belajar demi nilai yang stabil dan unggul. Namun, banyak juga pelajar yang memiliki rasa malas akut untuk belajar. Belajar memang terkadang bisa membuat otak stres apalagi ketika tugsa dan jadwal ujian sedang padat-padatnya.

Namun tidak bisa dipungkiri, mendapat nilai yang unggul adalah tuntutan bagi setiap pelajar agar memiliki pilihan yang lebih luas di masa depan. Oleh karena itu, belajar yang giat bisa menjadi investasi untuk kualitas dirimu. Masih tidak bersemangat untuk belajar? Berikut beberapa tips belajar efektif yang bisa kamu coba.

10 Tips Belajar Efektif

1Merapikan meja belajar dan bikin to do list.

Meja belajar yang berantakan bisa kamu pusing dan jadi malas belajar. Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan sebelum belajar adalah merapikan area belajarmu. Beberapa orang terkadang belajar di lantai atau di kasur, semuanya boleh-boleh saja asal dirapikan terlebih dahulu.

Setelah meja rapi, mulai bikin to do list. Tulis apa saja yang perlu kamu pelajari dan serta tugas apa saja yang perlu kamu selesaikan hari itu.

2Atur materi yang harus diprioritaskan.

Terkadang tugas dan ujian yang menumpuk bisa bikin stress. Hal ini biasanya membuat kamu tidak bisa mengerjakan tugas dengan maksimal dan belajar dan memahami materi untuk ujian.

Tak hanya membuat to do list saat belajar, kamu juga harus paham mana yang harus diprioritaskan. Prioritaskan tugas dari deadline paling dekat hingga yang masih jauh. Begitu pula dengan materi yang harus kamu pelajari, pelajari yang paling susah untuk kamu terlebih dahulu. Terkadang kamu justru malas belajar yang susah, bukan? Minta bantuan juga bisa jadi pilihan.

3Tidak hanya membaca tapi uraikan.

Ketika belajar seringkali pusing melihat buku paket penuh dengan materi yang bawaan bikn mata kamu capek. Buatlah kegiatan membacamu agar lebih aktif dengan membuat uraian. Cari point yang penting dengan memberi garis bawah atau pewarna agar mata kamu juga tidak bosan meliha buku paket yang cuma hitam putih.

Setelah itu, uraikan point-point penting yang kamu temukan dengan bahasa sendiri dengan penjelasan yang ada di buku. Buatlah kegiatan membacamu seperti sesi observasi dan analisa yang lebih dinamis.

4Jangan menghafalkan materi, tapi pahami materi.

Salah satu kesalahan pelajar saat sedang belajar untuk ujian adalah menghafal. Jangan hafal materi dengan membacanya berkali-kali sambil dihafalkan dan ulangi lagi jika salah. Teknik seperti ini, nih yang membuat kebanyakan pelajar hanya hafal saat ujian lalu melupakan materi dikemudian hari. Jangan mau cuma jadi robot penghafal dengan nilai sempurna. Menghafal materi juga terkadang sesuatu yang mustahil, misalnya menghafalkan materi 1 bab dalam satu malam.

Pahami apa yang kamu baca seperti kamu membaca sebuah novel atau buku cerita. Jika kamu membaca sambil memahami, tanpa menghafal dan membaca berkali kamu pasti langsung paham.

5Tes kemampuanmu.

Jangan asal percaya diri dan menyudahi sesi belajarmu dengan cepat. Setelah membaca dan memahami materi, kamu harus menguji kemampuan dirimu. Buatlah simulasi ujian dengan cara mengerjakan soal tertentu tanpa melihat catatan atau buku. Kamu juga bisa belajar dengan teman dan saling bertukar pertanyaan untuk menguji kemampuan satu sama lain.

Metode belajar satu ini juga wajib banget kamu lakukan untuk subjek yang berhubungan dengan kegiatan berhitung. Karena untuk matematika atau fisika prinsipnya adalah practice makes perfect.

6Membuat catatan rangkuman.

Beberapa pelajar pasrah biasanya malas belajar dan memilih menghabiskan waktu untuk membuat contekan. Padahal, menulis ulang materi juga merupakan salah satu metode memahami materi yang efektif. Daripada menghabiskan waktu untuk hal sia-sia, mending kamu belajar sungguh-sungguh dengan metode menulis ulang ini.

Buatlah rangkuman dari materi yang kamu pelajari. Jika materi dalam buku biasanya berbentuk narasi dan deskriptif, jadikan materi tersebut menjadi point-point yang akan lebih mudah untuk diingat.

7Baca ulang rangkuman yang kamu buat.

Rangkuman juga lebih singkat dan mudah dibawa kemana saja. Kamu bisa membaca rangkuman sebelum tidur sambil santai di kasur. Atau membaca rangkuman dalam perjalanan menuu sekolah atau kampus jika situasinya memungkinkan.

8Jangan mendengarkan musik dengan vokal.

Hampir semua pelajar selalu mendengarkan musik saat sedang belajar. Padahal kebiasaan satu ini bisa bikin kamu gagal fokus. Terutama jika kamu memutar lagu musisi favoritmu dengan lirik yang catchy. Bukannya menghafal materi kamu malah teralihkan perhatiaannya dan menyanyi mengikuti lagu. Tanpa terasa kamu sudah mengadakan konser tunggal di kamar selama satu jam.

Mendengarkan musik boleh-boleh saja, namun yang lebih efektif adalah dengan memutar lagu instrumental seperti musik klasik atau musik instrumental lainnya seperti jazz atau rnb. Playlist-playlist tersebut bisa kamu temukan jika kamu berlangganan Spotify.

9Displin dengan diri sendiri.

Tentukan waktu dan berapa lama durasi belajar kamu lalu displin dengan hal tersebut. Kamu juga boleh istirahat beberapa menit, namun pastikan perhatianmu tidak teralihkan. Jika bisa, jauhkan dirimu dari smartphone yang biasanya bikin kamu gatal cek sosial media kamu. Tutup juga tab-tab di browser-mu yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan belajarmu.

10Tidur tepat waktu setelah belajar.

Jangan terlalu memanjakan dirimu setelah belajar seharian jika besoknya ada ujian atau presentasi. Agar otakmu bisa segar keesokan harinya, tidurlah tepat waktu. Percuma kamu sudah belajar denga rajin dan gagal ujian hanya karena keasikan online dan main game semalaman. Simpan energimu dan manjakan dirimu setelah semua ujian dan tugas selesai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.