10 Tempat Wisata Gratis di Bandung, Sangat Sakral!

10 Tempat Wisata Gratis di Bandung, Sangat Sakral!

Berwisata ke kota Bandung memang sangat seru. Dengan banyaknya tempat wisata, mulai dari tempat  wisata petualangan, wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner. Di Bandung, Kamu dapat menemukan tempat- tempat wisata yang menarik yang asyik. Sekarang ini, sudah banyak destinasi wisata yang suka memungut biaya masuk, tapi tidak semua spot wisata di Bandung itu harus membayar.

Tempat Wisata Gratis di Bandung yang dapat Kamu kunjungi ini, benar- benar gratis tanpa harus mengeluarkan budget sepeser pun, untuk membeli tiket masuk tapi dapat saja Kamu hanya harus membayar parkir. Meski gratis, tempat wisata tersebut juga sangat Instagramworthy lho! Dengan adanya panorama yang indah, atmosfernya juga seru.

10 Tempat Wisata Gratis di Bandung Wajib dikunjungi!

1Bukit Teletubies

Bukit Teletubies
Bukit Teletubies

Langsung saja, untuk Tempat Wisata Gratis di Bandung yang pertama, Kita akan membahas Bukit Teletubies. Untuk Kamu yang ingin menyaksikan panorama landscape yang indah dan keren? Kamu tidak harus jauh-jauh pergi ke Lembang atapun Ciwidey. Kamu dapat pergi ke Cicalengka juga dapat menjadi opsi yang menarik untuk Kamu agar dapat menikmati gugusan perbukitan cantik, yang biasa disebut Bukit Teletubies oleh warga setempat.

Bukan tanpa alasan bukit tersebut dinamai demikian. Perbukitannya memang mirip dengan tempat bermain Tinky Winky, Dypsi, Lala dan Po dalam serial Teletubies. Dengan adanya nuansa alam yang menakjubkan, berfoto di tempat ini akan menghasilkan gambar yang Instagramworthy untuk Kamu upload ke media sosial. Bukit Teletubies, adalah salah satu spot wisata gratis di Bandung yang wajib Kamu kunjungi!

2Taman Hutan Babakan Siliwangi

Taman Hutan Babakan Siliwangi

Tempat Wisata Gratis di Bandung yang satu ini, berada di tengah-tengah kota Bandung. Kamu tidak perlu ke Lembang untuk dapat merasakan nuansa alam hutan yang alami. Kamu dapat mengunjungi Taman Hutan Babakan Siliwangi, yang akan menyajikan pengalaman trekking di tengah hutan urban dengan atmosfer alam yang sangat menyegarkan.

Untuk mendapatkan sensasi momen yang mengesankan, Kamu bisa mengunjungi hutan urban ini pada  pagi hari. Selain hutan ini masih teduh, Kamu juga dapat menyaksikan cahaya sinar matahari yang menembus di antara dedaunan hutan dan pada momen ini sangat pas untuk  Kamu mengabadikan foto yang Instagramworthy! Jika Kamu datang kesini, Kamu hanya akan membayar untuk parkir saja.

3Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang
Bukit Jamur Rancabolang

Nah, Tempat Wisata Gratis di Bandung yang selanjutnya adalah Bukit Jamur Rancabolang. Jika pada umumnya pohon cemara menjulang tinggi dan berbentuk kerucut, lain dengan pohon cemara yang berada di Rancabolang, Ciwidey. Yang akan Kamu lihat adalah pohon cemara yang unik, dengan kepala yang berbentuk bola, yang dilihat dari kejauhan akan lebih mirip dengan jamur hijau raksasa.

Selain nuansanya yang sangat teduh, berada di sini menjadi momen yang asyik untuk Kamu bersantai. Tak hanya itu, hamparan kebun teh-nya juga sangat indah. Tempat wisata yang satu ini, wajib Kamu kunjungi!

4Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu

Tempat Wisata Gratis di Bandung  yang satu ini, cocok untuk Kamu yang berjiwa petualang. Kamu hanya cukup berkunjung ke Gunung Hawu. Disana banyak hal yang dapat Kamu lakukan dan banyak yang bisa Kamu temui. Dan apapun yang jalan yang Kamu pilih, dijamin akan dapat memeras adrenalin Kamu.

Kamu bisa datang menjelang subuh, karena Kamu dapat menyaksikan nuansa sunrise yang asyik. Setelahnya, Kamu dapat mencoba memanjat tebing juga. Ingin nuansa yang lebih ekstrim? Kamu dapat menyebrangi dua tebing dengan tali dan juga hammocking yang dapat menjadi pilihan yang menantang. Syaratnya hanya satu, Kamu harus punya nyali besar!

5Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro
Sanghyang Tikoro

Tempat Wisata Gratis di Bandung yang satu ini, cocok untuk Kamu yang ingin wisata bertema misteri. Kamu bisa mampir ke Sanghyang Tikoro. Butuh usaha yang lebih untuk dapat sampai ke lokasi ini, tapi setelah sampai Kamu akan disuguhi pemandangan sungai yang menenangkan, tebing berbatu dan tak ketinggalan landscape gua di kejauhan.

Untuk nuansanya sendirir  juga sedikit misterius di sini. Mungkin  karena spotnya yang cukup tersembunyi. Terlepas dari hal tersebut, panorama yang ditawarkan masih sangat alami. Berfoto di sini tentu akan menghasilkan foto yang anti-mainstream! Tertarik untuk melakukan penjelajahan ke pedalaman Bandung ini?

6Sanghyang Poek

Sanghyang Poek
Sanghyang Poek

Selanjutnya ada Sanghyang poek, Tempat Wisata Gratis di Bandung yang satu ini, seperti halnya Sanghyang Tikoro, goa purba ini juga mempunyai suatu sisi misteri. Tapi jangan khawatir,  yang membuat spot wisata ini sangat menarik adalah, masih adanya panorama kealamian dan keasriannya. Landscape yang bernuansa bebatuan yang natural, juga menambah keindahan panorama Sanghyang Poek di permukaan.

Dengan dialiri sungai Citarum, Sanghyang Poek kerap dijadikan spot latihan para pecinta alam untuk wall climbing. Untuk Kamu yang tertarik melakukan aktivitas ini juga dipersilahkan untuk berlatih, dengan catatan Kamu tetap bisa  menjaga kealamian kondisi alam di sekitar lokasi ya.

7Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong

Tempat Wisata Gratis di Bandung ini, tak kalah seru dari The Lodge Maribaya, Grafika Cikole, dan Pine Forest di Lembang. Namun di Bandung ada satu lagi wisata hutan pinus yang tidak kalah seru dan pas untuk wisata bersama keluarga, ataupun teman. Ya, Hutan Pinus Rahong, keistimewaan hutan pinus yang satu ini adalah, jika Kamu masuk ke lokasi wisata ini tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis!

Tidak seperti spot wisata hutan pinus yang lainnya di Bandung, Rahong menawarkan panorama  kealamian dan kesejukan  yang  khas hutan lindung. Bukan hanya itu, masih banyak wahana wisata yang  dapat Kamu coba. Seperti arung jeram, tracking, paintball hingga offroad.

8Bandung yang colorful di Kampung Cibunut

Bandung yang colorful di Kampung Cibunut
Bandung yang colorful di Kampung Cibunut

Nah, yang selanjutnya adalah Tempat Wisata Gratis di Bandung yang satu ini, sangatlah unik. Jika di Kota Malang dan Kota Semarang ada kampung yang berwarna warni, demikian juga di Bandung. Kampung Cibunut namanya, disini Kamu dapat berwista dan juga dapat menambah koleksi foto yang Instagramworthy untuk akun Instagram Kamu.

Tercatat dari 9 RT di Kampung Cibunut ini, lebih dari 500 rumah warga yang dicat dengan warna-warni yang pantas sekali untuk dijadikan background foto yang unik dan artistik. Yang pasti, kampung ini nuansanya jadi lebih ceria dibanding dengan sebelumnya.

9Alun-alun kota Bandung

Alun-alun kota Bandung
Alun-alun kota Bandung

Tempat Wisata Gratis di Bandung yang satu ini memang sudah tidak asing lagi. Alun-alun Bandung terletak di tengah-tengah Kota Bandung, tempatnya pun sangat mudah di akses, terlebih saat berwista ke Alun-alun Bandung, jika sudah waktunya melaksanakan Shalat, Kamu bisa langsung Shalat di Masjid Agung Bandung yang masih berada di area tersebut.

Untuk masuk ke Alun-alun Bandung, Kamu tidak akan dipungut biaya apapun, selain biaya parkir saja. Jangan lupa jika berwisata ke sana, buanglah sampah pada tempatnya, karena banyak wisatawan atau orang Bandung sendiri yang kadang membuang sampah sembarangan. Jadilah wisatawan yang cerdas ya!

10Jalan Braga

Jalan Braga
Jalan Braga

Tempat Wisata Gratis di Bandung yang sayang sekali untuk Kamu lewatkan adalah, Jalan Braga. Bukan hanya karena lokasinya yang sangat ikonik, di jalan ini Kamu akan menemukan gedung-gedung dengan desain Art Deco dengan kesan vintage. Dengan berjalan-jalan menyusuri Jalan Braga, Kamu akan serasa bernostalgia dengan masuk ke zaman belanda dulu.

Tak ketinggalan, untuk Kamu dapat mengabadikan momen-momen di Jalan Braga, dengan berfoto di depan gedung-gedung yang bergaya vintage tadi, yang pastinya sangat Instagramworthy!

Itulah beberapa Tempat Wisata Gratis Di Bandung, yang Kami rekomendasikan untuk Kamu jika sedang berwisata ke Bandung. Atau untuk Kamu yang memang sudah tinggal di Bandung, namun belum pernah mendatangi salah-satu wisata di atas, bisa Kamu kunjungi di saat senggang bersama teman ataupun keluarga.