11 Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat di Dunia!

10 Negara Dengan Waktu Puasa Tersingkat di Dunia!
10 Negara Dengan Waktu Puasa Tersingkat di Dunia!

Bulan Ramadhan memang selalu identik dengan ibadah puasa, namun Bulan Ramadhan merupakan Bulannya Al-Qur’an. Setelah satu bulan penuh umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah Puasa, tentu akan diakhiri dengan Hari Raya Idul Fitri atau  Perayaan Lebaran. Jika di belahan dunia lain ada negara dengan waktu puasa terlama, di belahan dunia lain juga ada negara-negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat.

11 Negara Dengan Waktu Puasa Tersingkat di Dunia, Salah Satunya Indonesia!

Pada ulasan sebelumnya, banyak negara-negara di Eropa yang mempunyai durasi Puasa paling lama, yang hampir seharian lamanya. Namun, ada pula negara-negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat, hal ini tentu saja menjadikan kemudahan tersediri dalam menjalankan Ibadah Puasa.

Seperti yang sudah Kita ketahui, jika durasi waktu berpuasa di setiap negara berbeda-beda karena adanya pebedaan musim dan juga lokasi. Beruntunglah para negara-negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat ini, karena bisa menjalankan Ibadah Puasa dengan waktu yang lumayan singkat.

Langsung saja, simak beberapa negara dengan Waktu Puasa Tersingkat yang ada di bawah ini:

1Antartika

Antartika
Antartika

Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat yang pertama, adalah Antartika. Pernahkah terbayang olehmu jika harus puasa di Antartika? Dengan cuaca yang selalu dingin, menahan lapar tentu saja tidak mudah. Benua yang terletak di selatan ini, memiliki Waktu Puasa Tersingkat di dunia.

Umat Muslim yang menjalankan Ibadah Puasa di Antartika, akan berpuasa selama kurang lebih 8 jam 18 menit waktu setempat. Waktu imsaknya pun di Antartika pukul 06.30 pagi dan waktu berbuka puasa pada pukul 15.48 waktu setempat. Nah, walaupun di Antartika waktu Puasanya sangat singkat, tapi ada ujian lain yang tak mudah yakni melawan cuaca dingin.

2Indonesia

Indonesia

Nah, pada umumnya di Indonesia Kita berpuasa antara 12 sampai dengan 13 jam saja. Hal ini membuat Indonesia masuk dalam jajaran negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat, karena 13 sampai dengan 14 jam sudah merupakan waktu Puasa yang standar. Namun, di berbagai daerah di Indonesia, ada juga umat Muslim yang berpuasa lebih dari 12 jam, karena perbedaan musim dan juga lokasi.

3Brazil

Brazil

Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat yang selanjutnya, adalah Brazil. Muslim yang ada di Brazil, akan menjalankan Ibadah Puasa dalam waktu yang cukup singkat, yakni hanya 11 jam saja. Sama halnya seperti umat Muslim yang ada di negara lain, umat Muslim yang ada di Brazil juga punya tradisi tersendiri selama Bulan Ramadhan. Wah bagaimana ya menjalani Ibadah Puasa di negeri Sepak Bola ini?

4Chili

Chili

Negara Chili yang terletak di Amerika Serikat ini, mempunyai Waktu Puasa Tersingkat juga. Umat Muslim yang ada di Chili melakukan Ibadah Puasa sejak pukul 05.31 dan akan berbuka Puasa pukul 15.00 waktu setempat. Jika dihitung-hitung umat Muslim yang ada di Chili hanya akan berpuasa selama kurang lebih 9 jam saja. Walaupun terbilang sebentar, Umat Muslim yang ada di sana harus berpuasa di tengah udara kering dan juga cuaca dingin!

5Australia Barat

Australia Barat

Benua Australia memang tidak begitu jauh dari Indonesia, oleh karenanya negara ini juga punya Waktu Puasa Tersingkat. Nah, untuk Umat Muslim yang ada di Australia, terutama yang berada di wilayah Australia Barat, salah satunya adalah Perth akan menjalani waktu Puasa yang lumayan singkat.

Durasi Puasa yang akan dijalani para Umat Muslim di sana, hanya sekitar 11 jam 59 menit saja. Kemudian, untuk waktu imsaknya pun lebih siang jika dibandingkan Indoneisa yaitu pada pukul 05.42, sedangkan waktu berbuka Puasa di sana, tak jauh berbeda dengan di Indonesia yaitu pada pukul 17.41 sore waku setempat.

6Argentina

Argentina

Negara yang selanjutnya akan di bahas adalah Arganetina. Memang, populasi Muslim yang ada di Argentina ini termasuk sangat sedikit, hanya sekitar 1,9% saja. Walaupun begitu, suasana Ramadhan tetap bisa Kamu rasakan di negara yang satu ini. Penduduk Muslim di Argentina, akan menjalankan Ibadah Puasa dalam waktu yang relatif singkat, yakni hanya 9 jam 37 menit saja.

Karenanya, Argentina masuk dalam kategori negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat di dunia. Meski begitu, menjalankan Ibadah Puasa di negara yang mayoritasnya bukan Muslim memang tidak mudah, meski berpuasa di sana terbilang mempunyai waktu yang sangat singkat. Namun, semua kembali ke diri masing-masing.

7Malaysia

Malaysia

Negara yang satu ini, memang masih bertetangga dengan negara Kita ya, yakni Malaysia. Malaysia merupakan salah satu negara tetangga yang juga memiliki Waktu Puasa Tersingkat yang ada di dunia. Untuk para Muslim yang ada di Malaysia, di sana Mereka akan menjalankan Ibadah Puasa selama kurang lebih 12 jam saja. Memang tidak begitu jauh dengan Indonesia ya.

Akan tetapi, waktu imsak di Malaysia berdurasi lebih lama jika dibandingkan dengan di Indonesia. Di sana, imsak biasanya sekitar pukul 05.30 dan para Muslim yang ada Malaysia akan berbuka Puasa pada pukul 19.30 waktu setempat. Menjalankan Ibadah Puasa di Malaysia, memiliki suasana yang lumayan sama dengan di Indonesia, suasana Bulan Ramadhannya akan sangat terasa!

8Afrika Selatan

Afrika Selatan

Nah, negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat yang selanjutnya adalah Afrika Selatan. Di Afrika Selatan, waktu Puasa lumayan sangat singkat, jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. Umat Muslim yang ada di Afrika Selatan akan berpuasa sekitar 10 jam 30 menit saja.

Tapi jangan salah, berpuasa di Afrika Selatan juga tidak semudah yang dibayangkan. Pastilah akan selalu ada ujian yang menerpa umat yang sedang berpuasa. Salah satu ujian yang harus bisa dilalui oleh Umat Muslim yang ada di Afrika Selatan adalah, dengan adanya cuaca yang amat sangat panas!

9Kepulauan Komoro

Kepulauan Komoro
Kepulauan Komoro

Kepulauan Komoro terlatak di Samudera India, negara ini merupakan salah satu negara yang jumlah Umat Muslimnya sangat banyak. Kepulauan Komoro masuk dalam kategori negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat di dunia. Negara ini dikenal sebagai negara yang sama sekali tidak mengizinkan Alkohol masuk ke dalam negaranya.

Keren bukan peraturan yang ada di negara yang satu ini? Bagi Umat Muslim, Alkohol atau Minuman Keras adalah Haram. Nah Muslim yang ada di negara ini, harus berpuasa selama 12 jam 31 menit saja tidak jauh berdeda dengan di negara Kita. Ditambah lagi, suasana saat Ramadhan di Komoro tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

10Maroko

Maroko

Negara yang selanjutnya adalah Maroko, yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat di dunia. Negara ini terkenal akan keindahaan suasana kota dan juga alamnya. Muslim yang ada di negara ini, akan menjalankan Ibadah Puasa selama 14 jam. Dengan memulai Puasa sejak pukul 03.40 pagi waktu setempat.

11Meksiko

Meksiko
Meksiko

Negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat yang terakhir adalah Meksiko. Muslim yang ada di Meksiko, akan menjalankan Ibadah Puasa selama 13 jam 20 menit. Jika Kamu sedang berada di Meksiko, tentu saja akan terasa sama seperti berpuasa di Indonesia, karena durasi waktu yang cukup sama.

Walaupun Umat Muslim yang ada di Meksiko termasuk minoritas, tapi suasana Bulan Ramadhan masih bisa dirasakan di beberapa daerah. Tentunya menjalankan Ibadah Puasa di Meksiko, akan terasa berbeda.

Itulah beberapa negara yang mempunyai Waktu Puasa Tersingkat di dunia. Indoneia termasuk di dalamnya. Jangan salah, meski ada negara dengan durasi Puasa selama 14 jam, di belahan dunia sana masih ada yang memilki durasi Puasa yang sangat lama hingga 23 jam. Oeh karena itu, Kita harus senantiasa bersyukur.