10 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia!

10 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia!
10 Negara dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia!

Puasa merupakan ujian untuk menahan diri dari makan dan minum, beserta segala hal yang dapat membatalkannya. Dimulai dari terbit fajar sampai waktu tenggelamnya matahari. Namun, apakah Kamu pernah berpikir bagaimana rasanya berada di suatu negara dengan Waktu Puasa Terlama?

10 Negara dengan Waktu Puasa Paling Lama di Dunia ini Ada yang Mencapai 23 Jam!

Jika Kamu yang berada di Indonesia, pada umumnya mempunyai durasi berpuasa mencapai 12 hingga 13 jam, di belahan dunia lain ada beberapa negara yang memiliki Waktu Puasa Terlama hingga 23 jam lamanya! Beruntunglah Kamu para muslim yang berada di Indonesia, karena Kamu hanya perlu menjalani puasa dalam kurun waktu kurang dari 14 jam saja.

Waktu Puasa Terlama ini, memang terjadi karena adanya perbedaan lokasi dan juga musim di masing-masing negara. Kebayang kan bagaimana perjuangan hebat para muslim yang ada di belahan dunia sana? Untuk itu, bagi Kamu yang berada di Indonesia harus lebih semangat lagi dalam menjalani ibadah Puasa ya!

Baiklah, berikut ini adalah beberapa negara dengan Waktu Puasa Terlama yang ada di belahan dunia yang harus Kamu ketahui:

1Alaska

Alaska

Negara dengan Waktu Puasa Terlama yang pertama adalah Alaska. Dalam menjalani ibadah Puasa, di negara ini memang memiliki durasi yang cukup panjang. Di Alaska para Muslim harus menjalankan ibadah Puasa dengan musim yang berbeda-beda. Hal tersebut tentu saja bukan masalah bagi mereka.

Jika bulan Ramadan jatuh pada musim panas di Alaska, maka para Muslim yang ada di sana memiliki durasi puasa kurang lebih selama 19 jam. Akan tetapi jika bulan Ramadan jatuh pada musim dingin di Alaska, waktu Puasa yang harus dijalani para Muslim yang ada di sana menjadi 5 jam setiap harinya.

Namun sebaliknya, Alaska bisa saja masuk dalam kategori negara dengan waktu Puasa tersingkat, jika bulan Ramadan datang pada musim dingin. Unik waktu Puasa yang ada di Alaska ini.

2Finlandia

Finlandia
Finlandia

Negara Finlandia merupakan salah satu negara dengan Waktu Puasa Terlama di dunia. Berpuasa disana, dimulai dari pukul 01.00 dini hari dan juga mengakhiri waktu berbuka puasa pada pukul 00.00 dini hari juga. Sekitar 23 jam, 5 menit menjalankan ibadah Puasa di Finlandia.

Bisa terbayang, bagaimana Muslim yang berada di Finlandia, yang hanya punya waktu satu jam saja untuk sahur dan juga berbuka. Disana berpuasa hampir seharian penuh, begitu berat memang perjuangan Muslim yang berada Finlandia, namun pahala berlimpah sudah pasti diraih para Muslim tangguh tersebut.

Pasalnya, sepanjang tahun 2016 yang lalu, di Finlandia, matahari tenggelam hanya selama 55 menit! Hal inilah yang menjadikan Finlandia sebagai salah satu negara dengan Waktu Puasa Terlama!

3Swedia

Swedia
Swedia

Swedia merupakan salah satu negara dengan Waktu Puasa Terlama di dunia. Para Muslim di Swedia, akan menjalankan ibadah Puasa kira-kira hampir mencapai 20 jam lamanya. Dengan waktu berpuasa tersebut, para Muslim di Swedia hampir menjalankan ibadah Puasa seharian penuh lamanya.

Uniknya, di Swedia bagian utara ada sebuah fenomena yang disebut dengan Midnight Sun, atau juga memiliki arti matahari yang tidak pernah terbenam. Tentunya jika Kamu sedang berada di Swedia bagian utara, Kamu akan berpuasa lebih dari 20 jam lamanya! Terlebih lagi, umat Muslim yang ada di Swedia hanya berjumlah sekitar 5% dari total populasi yang ada.

4Islandia

Islandia
Islandia

Negara lainnya yang mempunyai Waktu Puasa Terlama adalah Islandia. Negara yang terkenal dengan keindahan alamnya ini, mempunyai durasi puasa yang mencapai 22 jam. Di Islandia, waktu imsak antara pukul 02:00 atau juga 03:00, dan Muslim di sana akan berbuka pada pukul 21:30 atau juga 23:30 waktu setempat.

Hampir sama lamanya dengan berpuasa di Finlandia bukan? Apalagi di Islandia memang terkenal dengan musim dinginnya, dilengkapi dengan keindahan Auroranya. Hal tersebut, tidak membuat Muslim di Islandia gentar pada beribadah Puasa dengan Waktu Puasa Terlama yang dijalaninya.

5Jerman

Jerman
Jerman

Yang selanjutnya ada negara Eropa lainnya yang juga masuk dalam daftar negara yang mempunyai Waktu Puasa Terlama, yang tak lain adalah Jerman. Seperti halnya imsak di Indonesia, Jerman juga mempunyai jadwal imsak sekitar pukul 4 pagi waktu setempat.

Akan tetapi, jika Muslim di Indonesia akan berbuka Puasa pada pukul 6 sore dan adzan maghrib berkumandang sekitar pukul 6 sore, di Jerman adzan maghrib akan berkumandang pukul 10 malam, jadi Muslim yang berada di Jerman berbuka Puasa pada pukul 10 malam! Selisihnya memang hanya 4 jam, dengan Indonesia, namun tetap saja Jerman masuk dalam kategori negara yang mempunyai Waktu Puasa Terlama!

6Inggris

Inggris
Inggris

Selanjutnya ada salah satu negara dengan Waktu Puasa Terlama yang ada di belahan dunia lainnya, yang tak lain adalah negara Inggris. Kaum Muslim yang ada di Inggris, akan menjalankan ibadah Puasa selama 19 jam lamanya. Jika dibandingkan dengan Jerman, memang Muslim di Inggris akan lebih awal berbuka Puasa ketimbang Muslim yang ada di Jerman. Tetap saja bukan waktu berpuasa di sana terbilang lama.

7Kanada

Kanada

Untuk Waktu Puasa Terlama yang selanjutnya, di duduki oleh negara Kanada. Muslim yang ada di Kanada, akan sahur dimulai pukul 3 pagi, memang tidak jauh berbeda dari jam sahur yang ada di Indonesia bukan?  Namun bedanya jika Muslim yang berada di Kota Toronto akan berpuasa sekitar 16 jam. Sedangkan di Kota lainnya yang ada di Kanada akan berpuasa mencapai 20 jam lamanya dalam satu hari.

8Turki

Turki
Turki

Nah, Waktu Puasa Terlama yang ada di belahan dunia lainnya adalah di negara Turki.  Sama halnya dengan Kanada, di Turki para Muslim biasanya sahur pada pukul 3 pagi dan juga berbuka Puasa pada pukul 9 malam, cukup lumayan lama menjalankan ibadah Puasa di Turki. Tapi bedanya, mayoritas masyarakat yang berada di Turki beragama Islam, jadi untuk Kamu yang sedang berada di Turki tidak akan merasakan suasana yang terlalu berat karena sebagian besar masyarakat Turki juga menjalankan ibadah Puasa.

9Greenland

Greenland
Greenland

Negara yang mempunyai Waktu Puasa Terlama yang selanjutnya adalah Greenland. Di Greenland, para Muslim akan menjalankan ibadah Puasa lumayan cukup lama. Warga Greendland yang beragama Islam, atau penduduk lain yang juga Muslim akan menjalankan ibadah Puasa di Greenland, hingga kurang lebih 20 jam lamanya.

10Italia

Italia
Italia

Kemudian, ada Italia yang masuk dalam kategori negara dengan Waktu Puasa Terlama yang ada di dunia. Biasanya warga Indonesia banyak yang bekerja ataupun belajar di luar negeri, dan pasti di antaranya ada yang beragama Islam. Nah, untuk Kamu yang sedang berada di Italia, Kamu akan menempuh waktu Puasa yang memang terbilang cukup lama. Namun jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, Italia menjadi negara Eropa yang paling singkat waktu puasanya. Umat Muslim di sana akan menjalankan ibadah Puasa selama 16 jam.

Itulah beberapa negara dengan Waktu Puasa Terlama dari berbagai belahan di dunia. Banyak warga Indonesia yang Muslim, yang berada atau bahkan sampai menetap di salah satu negara yang ada di atas. Untuk sekedar liburan, atau sekolah bahkan bekerja di sana. Pastilah mereka sudah terbiasa dengan Waktu Puasa Terlama di masing-masing negara tersebut.