10 Masjid Terbesar Di Jepang, Salah Satunya Sedang Viral!

10 Masjid Terbesar Di Jepang
10 Masjid Terbesar Di Jepang

Atas kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala, jumlah umat Muslim di Jepang semakin hari semakin meningkat. Baik itu pelajar, pekerja, maupun turis terus bertambah tiap tahunnya. Dengan adanya Masjid Terbesar Di Jepang dan juga Mushala sebagai tempat untuk ibadah di jepang, tentu umat Muslim yang berada di sana dapat merasa lebih tenang dan dimuliakan ketika berada di Negeri orang, dengan toleransi yang diberikan Masyarakat Jepang.

Jika Kamu seorang Muslim, dan ingin melakukan trip ke Jepang, atau bekerja disana mungkin? Kamu  tidak perlu khawatir jika Kamu akan mencari Masjid terdekat untuk beribadah, terutama untuk mengerjakan shalat berjamaah ataupun shalat Jum’at. Karena di Jepang sudah banyak Masjid dan mushalla yang sudah tersebar di beberapa perfektur. Kali ini, Kami akan membahas Masjid Terbesar Di Jepang yang bisa Kamu kunjungi untuk kegiatan beribadah jika Kamu sedang di Jepang, atau suatu saat nanti Kamu pergi ke Jepang.

10 Masjid Terbesar Di Jepang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Meskipun jepang bukan negara yang mayoritas beragama Islam, ternyata di Jepang terdapat lebih dari 50 Masjid yang sampai saat ini masih berdiri kokoh dan aktif melaksanakan kegiatan keagamaan di Jepang. Namun disini Kami akan membahas 10 Masjid Terbesar Di Jepang yang bisa Kamu kunjungi ketika sedang berada di sana. Langsung saja Kalian bisa simak beberapa Masjid Terbesar yang ada di Jepang berikut ini.

1Masjid Kobe

Masjid Kobe

Masjid Terbesar Di Jepang yang pertama adalah, Masjid Kobe atau yang lebih dikenal dengan Masjid Muslim Kobe. Masjid ini adalah Masjid yang paling tua di Jepang. Karena Masjid ini merupakan Masjid yang pertama kali dibangun di Jepang. Pada saat itu, pengumpulan donasi yang ditujukan untuk  pembangunan Masjid ini, dilakukan oleh Komite Islam Kobe yang dimulai sejak tahun 1928 dan Masjid ini  mulai dibangun pada tahun 1935.

Lokasi Masjid Kobe terletak di wilayah wisata Kobe. Dimana disana terdapat banyak bangunan-bangunan tua dengan gaya arsitektur Barat yang mengelilingi Masjid tersebut. Masjid Kobe mempunyai ciri khas arsitektur ala India.

2Masjid Tokyo Camii

Masjid Tokyo Camii

Masjid Terbesar Di Jepang yang selanjutnya adalah, Masjid Tokyo Camii atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Tokyo. Masjid ini adalah Masjid terbesar yang berada di ibukota Jepang. Masjid ini mempunyai ciri khas bangunan yang mengadaptasi gaya bangunan konsep Masjid yang berada di Turki. Masjid ini dibangun pada tahun 1938, oleh Bashkir dan Tatar. Mereka adalah imigran dari Rusia, dan untuk pembangunan Masjid ini dimonitori oleh imam Masjid Tokyo yang pertama, beliau bernama Abdurresid Ibrahim dan juga Abdulhay Kurban Ali.

Pada tahun 1986 pembangunan Masjid Tokyo Camii  ini tertunda, karena adanya kendala dan baru selesai dibangun pada bulan Juni 2000. Masjid ini didesain oleh seorang arsitektur bernama Muharrem Hilmi Senalp, dimana material yang digunakan didatangkan langsung dari Turki. Masjid Tokyo saat ini lebih sering digunakan untuk tempat berkumpulnya umat Muslim dari penjuru Jepang dan sebagai pusat keagamaan. Nah, untuk Kamu yang sedang berada atau akan pergi ke Tokyo, Kamu tidak perlu khawatir untuk mencari Masjid lagi.

3Masjid Nagoya

Masjid Nagoya

Masjid Terbesar Di Jepang yang berikutnya adalah Masjid Nagoya. Masjid ini terletak di Honjindori, NaKamura-ku, Nagoya dan dapat dicapai dengan mudah menggunakan kereta. Anda dapat naik jalur Higashiyama ke Stasiun Honjin dan berjalan kaki ke sana sekitar 4 menit. Masjid ini memiliki 4 lantai. Lantai pertama merupakan kantor, lantai dua adalah ruang sholat untuk wanita, lantai tiga adalah ruang sholat untuk pria, dan lantai empat adalah lantai khusus pria dan juga ruang belajar. Seperti Masjid lain, non-Muslim juga dapat berkunjung ke sini, namun jika Anda ingin melakukan tur kelompok Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

4Masjid Fukuoka

Masjid Fukuoka

Masjid Fukuoka adalah salah-satu Masjid Terbesar Di Jepang. Masjid Fukuoka atau Fukuoka Masjid Al-Nour Islamic Culture Center  merupakan Masjid pertama di pulau Kyushu di Jepang, lho! Dibangun pada tahun 2009 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2012. Meski Masjid ini tidak semegah Masjid Tokyo, akan tetapi bangunannya dapat menampung umat Muslim hingga 1000 orang. Karena pengaruh imigran sangat besar, penduduk yang berada di wilayah perfektur Fukuoka saat ini, sudah banyak yang menjadi mualaf.

Sesuai dengan namanya, Masjid Fukuoka menjadi pusat Agama dan juga Budaya di pulau Kyushu. Selain digunakan untuk beribadah, orang-orang yang bukan Muslim juga dapat  berkunjung ke Masjid ini hanya untuk sekadar melihat orang-orang Muslim yang sedang shalat, ataupun yang sedang berdiskusi seputar isu tentang Islam baik itu dalam segi peribadatan, kebudayaan, tata cara menikah dalam Islam dan lainnya.

Masjid Fukuoka terdiri dari tiga lantai, lantai pertama untuk shaff laki-laki, lantai kedua untuk shaff perempuan, lantai ketiga terdapat ruang kelas dan dapur yang biasa digunakan warga sekitar untuk menuntut ilmu dan sesekali mengadakan demo masak. Di lantai dasar terdapat aula, perpustakaan dan dapur. Lokasi Masjid Fukuoka tidak jauh dari stasiun JR Hakozaki, jadi Masjid ini sangat mudah diakses oleh transportasi umum.

5Masjid Asakusa

Masjid Asakusa

Masjid Terbesar Di Jepang yang satu ini bernama Masjid Asakusa, atau Masjid Daar Al-Arqam adalah sebuah Masjid yang terletak di Asakusa, Tokyo. Masjid Asakusa dibangun pada tahun 1998 dan kini Masjid ini telah sering digunakan untuk shalat berjama’ah, shalat Jum’at, acara pernikahan, kelas pendidikan Agama Islam, dan juga bisa untuk melakukan prosesi syahadat bagi warga Jepang yang ingin menjadi masuk Agama Islam.  Masjid ini juga dilengkapi dengan perpustakaan yang berisi buku-buku Islami.

Untuk menuju ke Masjid Asakusa, kita bisa mengakses kereta  JR Joban Line, Stasiun Metro Minami Senju atau Stasiun Metro Asakusa dari Ginza Line.

6Masjid Yokohama

Masjid Yokohama

Masjid Terbesar Di Jepang yang berikutnya adalah, Masjid Yokohama atau juga Masjid Jami’ Yokohama. Masjid ini adalah satu-satunya Masjid yang terletak di Yokohama, perfektur Kanagawa. Masjid ini juga  mulai dibuka untuk Masyarakat umum sejak tanggal 29 Desember 2006. Sama halnya seperti Masjid yang lainnya, di Masjid Yokohama juga rutin mengadakan kelas Agama Islam yang ditujukan untuk anak-anak, acara demo masak dan juga pertemuan dengan umat Muslim lainnya.

Di area Masjid ini juga disediakan dua tempat parkir yang cukup luas untuk kelas parkir mobil di Jepang. Akan tetapi salah satu tempat parkir hanya akan dibuka ketika hari libur atau hari raya saja. Akses menuju ke Masjidnya juga mudah. Cukup berjalan kaki kurang lebih 15 menit dari Stasiun Higashi-Yamada atau 2 menit dari pintu keluar Tsuzuki dari Daisan Kiehin Highway.

7Masjid Al-Noor Hokkaido

Masjid Al-Noor Hokkaido

Masjid Terbesar Di Jepang yang satu ini juga dikenal sebagai Masjid Al-Noor, Masjid ini dibangun pada bulan Juni 2008 dan selesai pada bulan Februari 2009. Karena terletak di Otaru-shi, orang-orang juga menyebut Masjid ini Masjid Otaru. Masjid ini juga terbuka untuk orang yang bukan Muslim, dengan peraturan yang sudah disediakan oleh para pengurus Masjid. Siapapun diijinkan untuk mengunjungi dan memasuki Masjid ini kecuali orang-orang mabuk. Komunitas Muslim Masjid ini juga menawarkan makanan halal bagi turis Muslim dan bagi mereka yang berminat. Semua uang hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan di sini.

8Masjid Pusat Osaka

Masjid Pusat Osaka

Masjid Pusat Osaka juga merupakan salah-satu Masjid Terbesar Di Jepang, yang terletak di tengah Osaka dan dibangun pada tahun 2010. Masjid ini memiliki empat lantai. Kamu dapat menemukan toko makanan halal, area wudhu dan juga toilet pria di lantai satu. Di lantai dua, terdapat ruang shalat untuk pria dan wanita, dan juga area wudhu dan toilet wanita. Terdapat madrasah (ruang belajar) di lantai tiga dan di lantai empat, terdapat tempat tinggal imam, dapur dan juga ruang makan. Kamu juga dapat memesan makanan halal lewat email dan untuk pembelian di atas 10.000 yen, Kamu tidak perlu membayar ongkos kirimnya.

9Masjid Gifu

Masjid Gifu

Masjid Terbesar Di Jepang yang selanjutnya adalah, Masjid Gifu. Masjid ini didirikan dan dikelola oleh pengurus Masjid Nagoya, dengan dana yang dihasilkan dari berbagai sumber. Peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid Gifu dilangsungkan ketika sedang hujan gerimis pada tanggal 27 Oktober 2007, dan selesai dibangun pada tanggal 30 Juni 2008, dan telah diresmikan sebulan kemudian pada tanggal 27 Juli 2008. Upacara peresmian Masjid ini, dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari beberapa perwakilan negara sahabat.  Masjid ini, terletak di disebelah tenggara Kampus Universitas Gifu. Dapat di ditempuh sekitar lima menit dengan bersepeda dari kampus Uiversitas Gifu.

10Masjid Mie – Mie Islamic Culture Center

Masjid Mie – Mie Islamic Culture Center

Masjid Terbesar Di Jepang yang terakhir adalah, Masjid Mie. Masjid ini terletak di Kurimamachiya Tsu-shi di Prefektur Mie. Masjid ini dibangun sejak Agustus 2008 hingga April 2009. Banyak juga kegiatan keagamaan yang diadakan di sini. Misalnya, buka puasa dan tarawih selama bulan Ramadhan, pengumpulan zakat, dan juga pesta penyambutan dan pesta perpisahan.

Itulah beberapa Masjid Terbesar Di Jepang yang pasti sangat sayang sekali untuk dilewatkan ketika Kamu sedang berada di Jepang. Semoga dengan adanya Masjid dan Mushala di sana, akan lebih meningkatkan ketaatan para umat Muslim ketika berada di Negara yang mayoritasnya bukan Muslim. Semoga selalu Istiqomah dimanapun Kalian berada, dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.