10 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

10 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui
10 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Jogging untuk Kesehatan – Jogging bisa disebut sebagai aktivitas lari kecil, yang pada umumnya memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasanya orang mengistilahkan jogging sebagai lari santai. Akan tetapi, jogging berbeda dengan aktivitas lari biasa. Jogging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan rata-rata di bawah 6 mil/jam atau juga sekitar 9,7 km/jam. Nah, di luar kecepatan tersebut baru bisa disebut lari.

Bagi orang yang rutin berolahraga, jogging sudah menjadi kebutuhan primer. Karena dengan berolahraga jogging, berbagai manfaat bisa di dapatkan ketika melakukan aktivitas tersebut. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Jogging untuk Kesehatan, yang bisa mulai Anda lakukan setiap hari. Bisa di pagi hari, atau malam hari. Karena begitu banyak manfaat yang sayang sekali untuk Anda lewatkan.

10 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Jogging untuk Kesehatan dapat dilakukan untuk menjadi bagian dari usaha untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh Anda. Olahraga ini, tidak perlu mengeluarkan biaya, cukup berbekal kemauan saja, dan jika diperlukan hanya membutuhkan perlengkapan seperti sepatu lari dan kaos olahraga yang nyaman. Manfaat Jogging untuk Kesehatan dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda, seperti berikut ini:

1Dapat Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Dapat Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur
Dapat Membantu Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang pertama, dapat membantu memperbaiki kualitas tidur Anda, jika selama ini kurang baik. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami insomnia, Anda bisa mulai melakukan jogging setiap hari. Hasilnya, Anda akan bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Hal ini, harus dilakukan secara rutin, untuk hasil yang terbaik.

2Baik Untuk Kesehatan Jantung

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Jogging untuk Kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Jika Anda mampu berlari setidaknya 16 km dalam seminggu, akan berdampak bisa mengurangi resiko gangguan tekanan darah pada tubuh Anda. Selain itu juga, dapat membuat kolesterol tidak terendap terlalu lama di dalam pembuluh darah. Hal tersebut tentu sangat baik untuk menjaga kebugaran jantung, agar tetap sehat.

3Dapat Membakar Kalori dalam Tubuh

Dapat Membakar Kalori dalam Tubuh

Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang selanjutnya, yang paling umum diketahui adalah tentang pembakaran kalori atau lemak dalam tubuh. Jika Anda rutin melakukan jogging, berat badan Anda bisa turun dengan cepat. Sebab ketika Anda melakukan jogging, kalori dalam tubuh mampu di bakar hingga 2 kali lipat di bandingkan hanya berjalan kaki atau lari kecil biasa. Jogging termasuk olahraga kardio, yang mampu mempercepat metabolisme dalam tubuh.

4Dapat Membentuk Tubuh yang Ideal

Dapat Membentuk Tubuh yang Ideal

Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang sudah tidak asing di telinga,  dengan jogging secara rutin tentu saja tubuh Anda akan terbentuk ideal secara alami. Kadar kalori yang ada di dalam tubuh akan menjadi seimbang. Kondisi tersebut berdampak baik untuk membentuk tubuh yang langsing dan berisi untuk pria. Hal ini juga berlaku pada jogging yang dilakukan di malam hari, untuk Anda yang sibuk beraktivitas di pagi harinya.

5Membuat Kulit Terlihat Lebih Cerah

Membuat Kulit Terlihat Lebih Cerah

Manfaat Jogging untuk Kesehatan ini, membuat peredaran darah Anda menjadi lancar. Hal ini sangat baik, karena dengan peredaran darah yang lancar, metabolisme sel-sel dalam tubuh Anda pun dapat membuat sel-sel pada kulit Anda menjadi lebih baik. Dengan begitu, kulit Anda pun akan terlihat lebih cerah. Oleh karena itu, dengan melakukan jogging secara rutin, akan membuat kulit Anda lebih terlihat cerah berbeda dari sebelumnya ketika Anda tidak rutin berolahraga.

6Dapat Memperbesar dan Menguatkan Betis

Dapat Memperbesar dan Menguatkan Betis

Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang selanjutnya ini, akan berdampak baik pada betis Anda. Jika betis Anda terlihat kecil untuk ukuran laki-laki, dengan melakukan jogging secara rutin dapat membuat betis Anda lebih besar, berisi dan juga kuat. Tidak sedikit juga wanita yang ingin mempunyai betis ideal seperti ini. Karena dengan melakukan jogging, akan membuat kontraksi di bagian betis Anda. Dengan begitu akan terjadi pembesaran otot pada betis yang membesar secara alami.

7Membantu Melancarkan Siklus Menstruasi

Membantu Melancarkan Siklus Menstruasi
Membantu Melancarkan Siklus Menstruasi

Manfaat Jogging untuk Kesehatan ini, sangat bermanfaat khususnya bagi wanita. Banyak wanita yang mengalami masalah pada siklus menstruasi yang tidak tetap. Hal tersebut bisa cukup mengganggu, jika datang bulan datang secara tiba-tiba tanpa memiliki pola yang jelas setiap bulannya. Dengan melakukan olahraga jogging secara rutim, dapat membantu melancarkan siklus menstruasi Anda menjadi lebih baik. Maka dari itu, Anda bisa memulai untuk membiasakan diri berlari santai di pagi dilanjutkan dengan jogging untuk mengatasi problem menstruasi Anda.

8Meningkatkan Nafsu Makan

Meningkatkan Nafsu Makan
Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang satu ini, memang unik. Jika biasanya setelah berolahraga Anda disarankan untuk jangan tergesa-gesa untuk makan dan minu, namun aktivitas ini akan membuat nafsu makan Anda semakin meningkat. Pasalnya, metabolisme dalam tubuh akan semakin meningkat ketika Anda melakukan aktivitas jogging ini. Bagi Anda yang memiliki kesulitan pada nafsu makan, dengan rutin melakukan jogging bisa memperbaki nafsu makan Anda. Tapi Anda tidak perlu khawatir, rasa lapar tidak akan serta merta datang disaat Anda selesai melakukan jogging. Rasa lapar akan datang pada waktunya, dan hal itu tidak akan berpengaruh pada penumpukan kalori ataupun lemak.

9Membuat Paha Lebih Berisi

Membuat Paha Lebih Berisi
Membuat Paha Lebih Berisi

Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang satu ini, bisa membuat paha Anda semakin berisi. Saat Anda bergerak ketika melakukan jogging, bagian tubuh yang aktif bergerak adalah kaki. Bagian kaki akan turut bergerak dengan cepat dari pangkal hingga ujung, pada kedua kaki Anda tersebut. Hal itu akan membuat otot pada bokong sampai paha, bisa semakin terlatih dan menjadi lebih kuat. Sehingga, pada bagian tubuh Anda tersebut akan semakin kencang dan juga padat berisi. Lemak pada bagian paha akan hilang, dan tergantikan oleh otot-otot yang kuat. Hal tersebut baik untuk membuat tampilan postur tubuh Anda semakin ideal.

10Mampu Memperkuat Tulang Kaki

Mampu Memperkuat Tulang Kaki

Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang terakhir, dapat memperkuat tulang kaki Anda. Ya, aktivitas jogging selain bisa membakar lemak, tentu dapat membantu meningkatkan metabolisme sel-sel otot dan tulang Anda. Gerakan jogging, aktif pada bagian kaki mampu membuat sel-sel tulang lebih cepat melakukan metabolisme.

Hal tersebut sangat baik untuk mengganti sel-sel tulang yang telah rusak dan menggantinya dengan sel-sel yang baru dan kuat. Sehingga, tulang kaki Anda akan lebih padat dan kuat. Bagi Anda yang mempunyai aktivitas berat, dengan mobilitas yang tinggi saat bekerja di lapangan, tentu akan membutuhkan kaki yang kuat untuk bekerja keras. Oleh karena itu, Anda bisa mulai melakukan jogging.

Demikianlah beberapa Manfaat Jogging untuk Kesehatan yang bisa Anda terapkan untuk memulai hidup sehat. Tidak hanya bagi bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun jogging juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Tapi yang lebih penting, menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit, harus dibarengi dengan kualitas hidup yang sehat juga, seperti rutin mengonsumsi buah-buahan setiap hari.