10 Makanan Penunda Lapar yang Dapat Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

10 Makanan Penunda Lapar yang Dapat Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal
10 Makanan Penunda Lapar yang Dapat Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Makanan Penunda Lapar – Pada umumnya, jika Anda sarapan dengan makanan berat seperti Nasi, rasa kenyang tersebut akan bertahan dalam beberapa jam lamanya. Namun, pernahkah Anda merasa lapar lebih cepat? Padahal, Anda sudah makan banyak? Jika iya, mungkin saja makanan yang Anda makan sangat mudah dicerna dan tidak menjadi energi, atau hanya terbuang sia-sia. Oleh sebab itu, dengan Makanan Penunda Lapar, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Makanan Penunda Lapar Ini, Akan Membuat Kenyang lebih Lama!

Selain dapat mengenyangkan lebih lama, Makanan Penunda Lapar tersebut nantinya akan menjadi nutrisi yang sangat baik dalam tubuh. Makanan sehat pastilah mengandung banyak vitamin dan nutrisi bagi kesehatan tubuh. Bayangkan saja, jika Anda terbiasa mengkonsumsi makanan cepat saji dan minuman yang dingin, tubuh akan terbiasa dengan makanan yang pada umunya kurang akan nutrisi tersebut.

Dengan Makanan Penunda Lapar, berat badan pun akan lebih terjaga dan ideal. Tentu saja, karena tidak akan banyak masuk makanan yang kurang sehat ataupun berlemak ke dalam tubuh, sehingga berat badan akan lebih ideal. Untuk diet sehat pun tidak masalah, Anda akan lebih jarang merasa lapar, dan tidak akan makan banyak dalam sehari. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai mengurangi makanan-makanan cepat saji, dan menggantinya dengan beberapa Makanan Penunda Lapar di bawah ini:

1Oatmeal

Oatmeal

Makanan Penunda Lapar yang pertama adalah Oatmeal. Makanan ini memiliki kandungan protesin, fiber, dan gula, yang dapat memberikan rasa kenyang yang akan bertahan lama pada tubuh Anda. Selain itu, Oatmeal juga bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda agar tetap stabil. Jangan salah, dengan mengkonsumsi Oatmeal setiap pagi, tidak akan membuat Anda cepat mengantuk juga, selain dapat membuat kenyang lebih lama.

2Kacang Kedelai

Kacang Kedelai

Selanjutnya ada Kacang Kedelai, yang menjadi salah satu Makanan Penunda Lapar yang wajib Anda coba. Protein yang terdapat pada Kacang Kedelai, dapat membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih lama, karena tentu saja kandungan serat dan proteinnya tadi yang sangat tinggi. Tapi jangan salah, protein pada Kacang Kedelai juga rendah lemak, dan juga rendah karbohidrat. Dan tak ketinggalan, glikemik nya juga rendah, jadi jangan khawatir akan menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat setelah makan Kacang Kedelai ini.

Nah, kadar gula darah dan insulin yang stabil, nantinya akan mengurangi rasa lapar Anda, dan mengurangi jumlah kalori yang disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi Kacang Kedelai secara rutin, tentu saja bisa mencegah Anda ngemil makanan yang tak sehat di sela-sela waktu makan, dengan mengganti cemilan Anda dengan Kacang Kedelai ini. Dan tak ketinggalan, juga dapat mencegah Anda merasa lapar di malam hari.

3Dark Chocolate

Dark Chocolate
Dark Chocolate

Makanan Penunda Lapar yang selanjutnya adalah Dark Chocolate. Daripada Anda mengkonsumsi Milk Chocolate, sebaiknya Anda memilih makanan yang satu ini. Menurut penelitian yang sudah di lakukan di berbagai negara, cokelat jenis ini dapat menjaga kesehatan jantung, otak dan mampu mengurangi risiko darah tinggi. Dengan mengkonsumsi Dark Chocolate sesekali, Anda dapat merasakan perbedaannya ketika Anda mengkonsumsi jenis cokelat lainnya.

4Apel

Apel
Apel

Yang selanjutnya, ada buah Apel yang mampu menjadi Makanan Penunda Lapar. Pada setiap Apel yang berukuran sedang, memiliki kandungan 4,4 gram serat. Anda bisa memakan sebuah Apel yang masih segar tentunya, sekitar setengah jam sebelum Anda makan. Prosesnya menjadi Makanan Penunda Lapar adalah, serat dan air yang terkandung dalam buah Apel tadi, akan mengisi perut Anda sehingga jatah porsi makan siang ataupun sarapan Anda akan lebih sedikit, dan setelah itu rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

5Alpukat

Alpukat

Buah yang berikut ini, merupakan salah satu Makanan Penunda Lapar, yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama hingga menjelang sore hari. Alpukat tidak hanya mengandung lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga diperkaya dengan serat yang baik untuk tubuh Anda. Satu buah Alpukat yang berukuran sedang, memiliki 13,5 gram nutrisi yang dapat mengenyangkan. Meskipun Alpukat bergizi sangat tinggi, buah hijau creamy ini mengandung kalori yang lumayan banyak jumlahnya. Jadi, Anda bisa mengkonsumsi Alpukat setengah buah saja pada setiap kali sebelum makan.

6Buah Pir

Buah Pir
Buah Pir

Makanan Penunda Lapar Buah yang satu ini, adalah Buah Pir. Pir mengandung karbohidrat yang kompleks, yang sangat berguna sebagai detoksifikasi tubuh, menjaga imunitas tubuh, dan menjaga pencernaan agar tetap lancar. Selain itu, buah yang satu ini juga mampu menyerap kadar gula berlebih dalam tubuh. Sama seperti Apel, Buah Pir akan membuat Anda kenyang lebih lama. Buah Pir bisa Anda konsumsi kapan saja.

7Salmon

Salmon

Ikan yang satu ini, merupakan salah satu Makanan Penunda Lapar yang sangat tinggi kadar proteinnya. Namun, Salmon mempunyai sumber omega-3 yang jauh lebih tinggi pula, banyak orang yang memakan Salmon untuk sarana menurunkan berat badan. Salmon dapat meningkatkan sensitivitas glukosa, mengurangi kadar resistensi insulin, mengurangi peradangan, dan juga mampu mempercepat proses oksidasi lemak pada tubuh. Anda bisa memakan Salmon dengan didampingi oleh sayuran seperti, tumis brokoli sebagai pendampingnya.

8Telur

Telur
Telur

Makanan Penunda Lapar yang satu ini, memang sudah biasa di konsumsi pada jam makan tertentu bukan? Ya Telur, dengan mengkonsumsi Telur saat sarapan, Anda dapat memiliki tingkat ghrelin (hormon nafsu makan yang bertugas untuk memerintahkan otak, agar Anda makan) yang lebih rendah, dan tingkat hormon PPY (hormon yang bikin kenyang) yang lebih tinggi. Telur adalah merupakan kombinasi yang tepat dan sehat dari protein dan lemak, jadi dengan memakan Telur Anda akan lebih lama kenyang ketimbang Anda sarapan dengan makanan lainnya. Jangan khawatir akan kandungan kolesterol yang berada pada telur, terlepas dari kuning telur yang kadar kolesterolnya tinggi, Telur tidak akan meningatkan kadar kolesterol darah Anda.

9Sup Kaldu Bening

Sup Kaldu Bening
Sup Kaldu Bening

Kemudian, Makanan Penunda Lapar yang satu ini, adalah Sup Kaldu Bening. Anda bisa membuat sup ini dengan menggunakan ayam ataupun sapi. Air sup hasil dari ungkepan tersebut, bisa Anda olah kembali tanpa memberikan bumbu selain garam ataupun penyedap rasa. Zat padat dari sup kaldu yang masih hangat, dapat menekan nafsu makan Anda, sehingga Anda akan mudah kenyang dan tidak akan merasa lapar dalam waktu cepat. Dengan kandungan kalori yang tidak begitu tinggi, Anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumi sup ini beberapa kali dalam satu minggu.

10Brokoli

Brokoli
Brokoli

Makanan Penunda Lapar yang satu ini, sangat kaya akan nutrisi. Brokoli mengandung antioksidan yang dapat menyerap lebih banyak fiber dalam tubuh. Fiber sangat baik untuk menjaga tubuh agar tetap kuat dan tetap kenyang lebih lama. Meskipun tubuh tidak banyak mengonsumsi kalori, rasa kenyang dalam tubuh akan bertahan lebih lama karena memakan sayuran yang satu ini. Anda bisa memakan Brokoli secara rutin, agar rasa kenyang dalam tubuh Anda bisa bertahan lama dan tubuh pun bisa semakin ideal.

Nah, itulah berbagai Makanan Penunda Lapar, atau makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan mengkonsumsi beberapa makanan di atas, misalnya saja yang Anda sukai, tentu saja akan bermanfaat untuk tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan di atas, untuk sarapan ataupun untuk makan siang dan makan di sore harinya.