10 Makanan Khas Idul Adha Dari Berbagai Negara Yang Sangat Lezat & Berbeda

10 Makanan Khas Idul Adha Dari Berbagai Negara Yang Sangat Lezat & Berbeda
10 Makanan Khas Idul Adha Dari Berbagai Negara Yang Sangat Lezat & Berbeda

Makanan Khas Idul Adha yang ada di Indonesia, selalu identik dengan sate ataupun gulai. Nah, apakah kamu tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja? Hmm… jelas tidak boleh bosan bukan? Apapun menu yang dimasak orang rumah, wajib bagi kita untuk mensyukurinya. Namun, tidak ada salahnya juga, jika Idul Adha tahun ini, kamu mengolah daging pemberian kurban untuk di oleh dengan berbeda.

Di negara-negara Muslim lainnya, ada berbagai Makanan Khas Idul Adha yang unik dan sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Apakah kamu mengetahui makanan-makanan tersebut? atau bahkan kamu tidak tahu sama sekali?. Tapi, ada beberapa makanan yang rasanya sudah tidak asing di telingamu yang ternyata menjadi ciri khas Makanan Khas Idul Adha di negara-negara tersebut.

10 Makanan Khas Idul Adha Dari Berbagai Negara Yang Bisa Kamu Coba

Untuk kamu yang kemarin sudah mendapatkan banyak daging, kamu pasti sudah mulai memasaknya. Jika kemarin sudah nyate, sekarang kamu bisa mencoba menu lain Makanan Khas Idul Adha dengan referensinya dari negara-negara Muslim yang akan kami bahas nanti.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, inilah beberapa Makanan Khas Idul Adha yang ada di berbagai negara yang bisa kamu coba sekarang juga:

1Tagine Khas Dari Afrika Utara

Tagine Khas Dari Afrika Utara
Tagine Khas Dari Afrika Utara

Tagine adalah Makanan Khas Idul Adha yang berasal dari Afrika Utara. Makanan ini cara memasaknya menggunakan sebuah wadah yang sering disebut dengan gerabah di sana. Semua bahan makanan rebusan daging tersebut, kemudian di masukkan ke dalam tagine. Meski memasaknya dengan cara dikukus terlebih dahulu, tidak akan mengurangi kadar ke lezatannya. Tutupnya yang berbentuk kerucut, akan memberikan kelembaban yang pas di dalam wadah tersebut.

Hal ini bisa membuat daging tetap empuk. Nah, untuk kamu yang ingin membuat menu yang berbeda di idul adha kali ini, kamu bisa mencoba menggunakan resep dari Afrika ini. Di jamin, kamu tidak akan menyesal saat mencobanya apalagi cara memasaknya sangat unik, pastilah makanan yang di hasilkan juga lezat.

2Biryani Khas Dari Asia Tenggara

Biryani Khas Dari Asia Tenggara
Biryani Khas Dari Asia Tenggara

Makanan Khas Idul Adha dari berbagai negara yang selanjutnya adalah, nasi Biryani. Makanan yang satu ini, sangat terkenal di kawasan Asia Tenggara. Ciri khasnya tentu saja karena rempah-rempah yang dipadukan dengan daging kambing saat memesak nasinya, membuat siapa saja pasti ingin mencobanya karena wanginya yang khas.

Jika kamu ingin membuat menu masakan yang berbeda, kamu bisa mencoba mengolah daging kurban di rumah menjadi Biryani. Dengan masakan yang unik dan berbeda, tentunya akan membuat semua keluarga menjadi penasaran dan ingin mencobanya.

3Nalli Nihari Khas Dari India

Nalli Nihari Khas Dari India
Nalli Nihari Khas Dari India

Nah, setiap negara tentunya mempunyai makanan khasnya masing-masing pada saat Idul Adha, tak terkecuali di India. Makanan Khas Idul Adha di negara tersebut, adalah Nalli Nihari. Makanan ini berasal dari Delhi atau Lucknow. Makanan lezat yang satu ini, berbahan dasar daging yang di olah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan daging kambing ataupun daging sapi dengan campuran tulang sumsumnya. Untuk menambah kelezatannya, kamu bisa menambahkannya dengan sayuran yang masih segar dan daun ketumbar.

4Maamoul Khas Dari Lebanon & Yordania

Maamoul Khas Dari Lebanon & Yordania
Maamoul Khas Dari Lebanon & Yordania

Makanan Khas Idul Adha yang selanjutnya adalah Maamoul, yang berasal dari Lebanon dan Yordania. Makanan yang satu ini, sangat khas pada saat Idul Adha di sana sebagai makanan pentup. Kue empuk ini, diberi mentega dan di isi dengan kurma, kacang, walnut, kacang pistachio, gula, dan juga air mawar.

Maamoul selalu ada pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri dan juga Idul Adha. Untuk kamu yang penasaran dengan menu makanan yang satu ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi bahan-bahan dasarnya yang dengan mudah bisa kamu jumpai di pasar. Maamoul bisa kamu jadikan menu makanan penutup andalan pada saat selesai makan.

5Maqluba Khas Dari Timur Tengah

Maqluba Khas Dari Timur Tengah
Maqluba Khas Dari Timur Tengah

Lalu Makanan Khas Idul Adha yang selanjutnya adalah Maqluba. Jika kamu ingin merasakan makanan yang berasal dari Timur Tengah, kamu bisa mencoba untuk membuat Maqluba ini. Menu makanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang bosan dengan menu makanan Idul Adha yang selalu daging. Kamu bisa mencoba untuk membuat berbagai menu yang baru dan bahan dasarnya sendiri, sangat mudah untuk didapatkan.

Kamu hanya perlu menyiapkan sayuran segar, daging ayam, atau juga daging kalkun kalkun atau pun daging domba. Setelah itu, bahan-bahan tersebut kemudian di campurkan ke dalam nasi yang dibumbui lalu di masak dalam sebuah panci besar. Setelah matang dan siap untuk dihidangkan, nasi tersebut bisa langsung kamu cetak ke dalam panci. Kamu pasti pernah melihatnya, jika di Indonesia sendiri, menyebut makanan ini dengan nama nasi kabuli.

6Tufahija Khas Dari Bosnia

Tufahija Khas Dari Bosnia
Tufahija Khas Dari Bosnia

Nah,Makanan Khas Idul Adha yang selanjutnya selalu ada di Bosnia. Makanan Khas Idul Adha tersebut, adalah Tufahija. Di Bosnia sendiri, Tufahija selalu ada pada saat Idul Adha. Sebenarnya, makanan yang satu ini, adalah sebuah puding yang berbahan dasar dari apel yang sudah direbus bersama dengan gula.

Hal ini bertujuan, agar penampilan makanan tersebut semakin menarik, bukan hanya lezat. Kamu juga bisa mengisinya dengan kacang, walnut atau juga kacang almond. Sudah pasti, makanan yang satu ini cocok untuk makanan cuci mulut.

7Boulfaf Khas Dari Tunisia & Maroko

Boulfaf Khas Dari Tunisia & Maroko
Boulfaf Khas Dari Tunisia & Maroko

Di Tunisia dan juga di Maroko, terdapat Makanan Khas Idul Adha yang paling terkenal dan mempunyai peminat yang cukup banyak, sebut saja makanan yang bernama Boulfaf. Sebenarnya, makanan yang satu ini, sangat mirip dengan sate khas dari Indonesia. Yang membedakannya hanyalah bahan-bahan dasarnya saja.

Jika sate yang ada di Indonesia terbuat dari daging sapi atau kambing, lain halnya dengan Boulfaf yang bahan dasarnya terbuat dari hati kambing yang dipanggang dengan sangat pas, sehingga sangat empuk. Rasanya memang unik, namun dalam segi bumbu yang sudah pasti membedakannya. Untuk kamu yang penasaran dan ingin mencobanya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahannya sendiri sangat mudah untuk kamu dapatkan di pasar. Untuk cara memasak dan lain sebagainya, kamu bisa melihat lebih lengkapnya di youtubr atau juga di platform menu-menu masakan lainnya.

8Kebab Khas Dari Turki

Kebab Khas Dari Turki
Kebab Khas Dari Turki

Mungkin kamu sudah sering menemukan jajanan kebab di mana-mana. Bisanya dipinggir-pinggir jalan sangat banyak sekali di jual. Jadi tidak heran, jika kebab dijadikan kuliner pada saat Idul Adha sekarang ini. Karena kebab juga merupakan Makanan Khas Idul Adha yang selalu ada di Turki. Untuk cara memasaknya sangatlah mudah bukan, dan tidak lupa untuk menambahkan daging, sayur dan juga bumbu rempahnya yang membuat cita rasa kebab semakin nikmat.

9Kambing Atau Domba Panggang Khas Dari Berbagai Negara

Kambing Atau Domba Panggang Khas Dari Berbagai Negara

Daging domba ataupun kambing, pastinya sudah menjadi salah satu makanan yang akan sering kamu jumpai pada saat Idul Adha. Kambing dan domba panggang, sudah menjadi Makanan Khas Idul Adha yang selalu ada di banyak negara. Cara memanggangnya pun sangat berbeda dari sate.

Nah, supaya kamu tidak merasa bingung mengolah daging yang masih ada di kulkas, kamu bisa mencoba untuk memanggangnya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bumbu coriander, bawang putih dan cabai. Agar rasanya semakin nikmat, kamu bisa menambahkan kecap manis. Rasanya sudah pasti menggiurkan dan membuat keluargamu semakin semangat menyantapnya.

10Sate Khas Dari Indonesia

Sate Khas Dari Indonesia
Sate Khas Dari Indonesia

Makanan Khas Idul Adha yang terakhir, sudah pasti sate. Bagaimanapun, sate tetap jadi favorit orang Indonesia. Bukan di Hari Raya Idul Adha sekalipun. Karena cara pengolahannya pun cukup mudah. Ditambah lagi dengan pengolahan bumbunya yang terbilang gampang. Dan tidak lupa kecap, menjadikan sate sebagai Makanan Khas Idul Adha yang selalu jadi favorit orang Indonesia.

Itulah beberapa Makanan Khas Idul Adha dari berbagai negara di dunia. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang saat ini tengah bingung, mau dimasak seperti apa daging yang ada di kulkas.