10 Makanan Khas Bandung, yang Wajib Kamu Coba!

10 Makanan Khas Bandung, yang Wajib Kamu Coba!
10 Makanan Khas Bandung, yang Wajib Kamu Coba!

Makanan Khas Bandung – Bandung sudah dikenal memiliki ratusan destinasi wisata yang keren dan instagramable. Mulai dari banyaknya spot wisata alam, wisata museum, hingga tempat wisata belanja. Nah, bukan hanya itu saja yang membuat Bandung menjadi salah satu tujuan destinasi wisata favorit para traveller ataupun para pemburu liburan. Makanan Khas Bandung, adalah salah satu yang menjadi ciri khas dari kota Kembang ini.

10 Makanan Khas Bandung, yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan Saat Jalan-Jalan ke Bandung!

Makanan Khas Bandung, menjadi sesuatu yang istimewa dari kota Bandung. Itulah salah satu yang menjadi alasan lain untuk mengunjungi kota yang satu ini. Makanan-makanan ini, memang dikenal sangat unik dan memiliki cita rasa yang tinggi. Terutama dalam urusan budget, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk bisa menikmati makanan-makanan khas Bandung ini.

Nah, jika kamu tertarik dengan makanan-makanan khas Bandung tersebut, kamu harus menyimak beberapa Makanan Khas Bandung yang ada di bawah ini:

1Seblak

Seblak
Seblak

Seblak, merupakan Makanan Khas Bandung yang sampai sekarang sangat difavoritkan oleh semua kalangan. Dari mulai seblak kerupuk basah biasa, hingga seblak dengan aneka topping yang beraneka macam, seperti kwetiaw, mie golosor, pangsit, siomay, makroni dan masih banyak lagi. Di Bandung, kamu bisa menemukan penjual seblak di mana saja, dengan berbagai harga pula. Dari seblak yang dijual di pinggiran jalan, hingga seblak yang dijual di tempat-tempat makan besar.

Nah, di Bandung kamu bisa menikmati seblak di salah satu penjual seblak yang paling enak di Bandung, yakni di Seblak Jebred. Di Seblak Jebred, kamu bisa menikmati seblak yang dilengkapi dengan ceker, plus tahu krispi, sosis dan kikil. Agar rasanya semakin nikmat, kamu bisa menaikkan level pedasnya. Harganya juga cukup terjangkau. Lokasinya berada di Jl. Buah Batu No.163, Lengkong, Kota Bandung.

2Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Makanan Khas Bandung yang selanjutnya adalah Nasi Tutug Oncom. Ya, dari namanya, kamu sudah bisa menebak seperti apa komposisi kuliner yang satu ini. Nasi yang telah ditumbuk dan dicampur oncom, ditambah dengan lauk pauk yang pastinya sesuai dengan selera. Dengan mencicipinya kamu bisa mendapatkan sensasi rasa yang unik dan nikmat.

Di Bandung, ada banyak tempat makan yang menjual Nasi Tutug Oncom dengan ciri khas rasa masing-masing. Nah, salah satunya ada di Nasi Tutug Oncom Bi Kokom, yang terletak di daerah Lengkong, yaitu di Jl. Macan, Burangrang. Harga per porsinya juga sangat terjangkau, tergantung lauk apa saja yang kamu pilih disana.

3Karedok

Karedok

Kemudian ada Karedok, yang menjadi salah satu Makanan Khas Bandung yang sangat legendaris. Pasti kamu tertarik mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menyehatkan bukan? Nah, di Bandung kamu bisa langsung mencoba Karedok. Mulai dari bahan-bahannya, cara pengolahannya dan penyajiannya, semuanya akan menghasilkan makanan gurih namun tetap segar. Apalagi jika level pedasnya sedikit dinaikkan, akan lebih nikmat!

Salah satu penjual karedok yang difavoritkan di kota Bandung adalah, Warung Cihapit Bu Siti. Selain ada Karedok, kamu juga bisa mencoba lotek yang merupakan salah satu makanan khas Bandung juga, pecel dan gado-gado. Dijamin semuanya merupakan makanan yang menyehatkan, dan harganya pun sangat terjangkau. Lokasinya sendiri ada di Jl. Cihapit No.6, Kota Bandung.

4Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung
Mie Kocok Bandung

Nah, Makanan Khas Bandung yang selanjutnya adalah Mie Kocok Bandung. Makanan ini, sangat cocok untuk kamu yang tertarik menikmati sajian yang memanjakan lidah. Kedai mie kocok yang sangat terkenal di Bandung, adalah Mie Kocong Mang Dadeng, yang berlokasi di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Lengkong, Kota Bandung. Jika harga belum berubah, per porsinya sekitar Rp 23.000 saja.

Perlu kamu ketahui, karena mie kocok yang satu ini, kabarnya memakai bumbu spesial, yang terdiri dari 27 macam bumbu rempah-rempah yang menjadikan rasa mie kocok Mang Dadeng begitu ngehits di kalangan pecinta kuliner tradisional Bandung. Kaldunya sangat berasa, sementara isiannya seperti mie kuning gepeng, potongan kikil yang gurih dan sum sumnya yang nikmat, serta daun seledri dan bawang goreng untuk menambah rasa, membuat kamu ketagihan.

5Surabi

Surabi
Surabi

Makanan Khas Bandung yang satu ini, adalah Surabi. Makanan enak yang satu ini,  menjadi salah satu camilan paling ngehits di Bandung. Terlebih untuk zaman sekarang, telah hadir beragam rasa, topping dan tampilan yang berbeda. Dari yang sedang, hingga yang terkesan imut. Hal ini menjadi alasan mengapa jajanan tradisional Surabi ini, banyak diburu para pendatang dan kaum urban di Bandung.

Salah satu kedai Surabi yang enak di Bandung, adalah Surabi Cihapit, yang telah berdiri sejak 1991. Menu yang paling terkenal di sini adalah surabi oncom, namun varian lain juga wajib untuk dicoba. Lokasinya ada di Jl. Cihapit, Bandung, Kota Bandung.

6Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca

Makanan Khas Bandung yang satu ini, sangat bergizi. Kamu pasti tidak akan menyangka ada kandungan gizi dalam makanan tradisional dari Bandung ini. Makanan ini mempunyai kandungan mulai dari kalori, vitamin, karbohidrat hingga senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terdapat dalam makanan ini.

Uniknya lagi, rasanya gurih, renyah, sedikit pahit dan juga pedas. Setelah mencoba, kamu dijamin akan mendapatkan sensasi tersendiri setelah mengkonsumsi kuliner ini. Dalam seporsi Ulukutek Leunca, ada tambahan oncom yang akan menambah cita rasa yang lebih nikmat. Ada Warung Ibu Imas, yang terletak Jl. Balonggede No. 38, Regol, Kota Bandung, dengan harga yang sangat terjangkau per porsinya.

7Gehu Jeletot

Gehu Jeletot

Kemudian, ada Gehu Jeletot yang masuk dalam kategori Makanan Khas Bandung. Bagi kamu yang menyukai rasa pedas, kuliner Gehu Jeletot bisa jadi alternatif yang pas. Camilan yang terhitung baru di kota Bandung ini, sudah banyak menjadi buruan karena rasanya yang pedas, gurih dan bikin nagih.

Selain ada taburan sayuran di dalam tahunya, seperti irisan wortel dan juga sayur kol, ada juga irisan daging sapi untuk menambah kenikmatan Gehu ini. Gehu Hot Jeletot bisa kamu datangi untuk mendapatkan Gehu Jeletot ini, yang beralamat di JL. Jupiter Raya, Blok F2 No. 25, Buahbatu, Kota Bandung. Harganya mulai dari Rp 2.000 saja per buahnya, murah banget kan?

8Bandros

Bandros
Bandros

Makanan Khas Bandung yang satu ini, adalah Kue yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan, yang berbentuk seperti pukis dengan rasa yang gurih. Ada juga yang ditaburi gula pasir untuk menambah cita rasa. Kini, ada varian rasa yang sudah beragam. Salah satu tempat yang bisa kamu datangi adalah, Bandros Cowboy Cisangkuy.

Ada beragam rasa yang bisa kamu pilih, mulai dari green tea, keju, coklat hingga beberapa merek coklat kenamaan. Namun yang menjadi favorit, tentu saja Bandros dengan rasa original. Lokasinya di Jl. Cisangkuy No.56, Citarum, Kota Bandung.
Harganya mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 45.000 IDR per porsinya, tergantung dari pilihan rasa yang telah kamu pilih.

9Colenak

Colenak

Dari namanya, Makanan Khas Bandung ini memang unik. Tidak sedikit orang, yang mengenalnya sebagai tape bakar. Colenak adalah tape singkong yang dibakar dan dicocol atau ditaburi dengan gula merah yang telah dipanaskan bersama parutan kelapa, sangat nikmat bukan membayangkannya saja?

Salah satu tempat yang menjual Colenak enak, adalah di Colenak Murdi Putra, yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Lokasinya ada di Jalan Ahmad Yani No. 733, Kota Bandung, dengan harga yang sangat terjangkau per bungkusnya Rp 10.000 jika harga belum berubah.

10Peuyeum

Peuyeum
Peuyeum

Makanan Khas Bandung yang terakhir ini, memang sudah dikenal di seluruh Indonesia. karena Peyeum begitu identik dengan Kota Kembang ini. Bukan hanya sekadar tape singkong, Peuyeum adalah tape dengan kadar air yang jauh lebih sedikit, yang memiliki rasa manis yang natural dan membuatnya bisa bertahan jauh lebih lama.

Untuk mendapatkan Peyeum yang sangat nikmat, kamu bisa menyambangi Desa Citatah, yang ada di Jalan Bandung-Cianjur, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Dengan harga yang sangat terjangkau Rp 15.000 saja per kilogramnya. Selain bisa langsung di makan, kamu juga bisa mengolah Peyeum menjadi aneka makanan yang nikmat.

Itulah beberapa Makanan Khas Bandung yang bisa anda coba, saat jalan-jalan ke Bandung. Sebenarnya, masih banyak lagi makanan khas Bandung, namun untuk kali ini kami hanya membahas 10 Makanan Khas Bandung yang sekarang ini sedang banyak diminati oleh orang-orang luar Bandung, dan orang Bandung nya sendiri sekalipun. Selamat mencoba!