10 Kegiatan Ngabuburit Seru di Bulan Puasa, yang Bisa Kamu Coba

10 Kegiatan Ngabuburit Seru di Bulan Puasa, yang Bisa Kamu Coba
10 Kegiatan Ngabuburit Seru di Bulan Puasa, yang Bisa Kamu Coba

Biasanya, jika tidak melakukan kegiatan sama sekali, waktu akan terasa lebih lama. Apalagi di bulan Ramadan ini, rasanya lama sekali menunggu waktu adzan maghrib tiba. Padahal ketika berada di hari-hari biasa justru kebanyakan orang sering merasa kehabisan waktu. Jadi, daripada hanya berdiam diri tanpa ada tujuan, lebih baik lakukan berbagai Kegiatan Ngabuburit Seru yang bisa Kamu lakukan setiap hari.

10 Kegiatan Ngabuburit Seru Untuk Mengisi Waktu Luang di Bulan Puasa

Biasanya, banyak orang yang memilih Kegiatan Ngabuburit Seru dengan berkumpul bersama teman, berburu takjil, sampai belanja untuk kebutuhan Lebaran. Namun, Kegiatan Ngabuburit Seru yang berikut ini, memang tidak kalah seru dari berbgaai kegiatan di atas.

Nah, berbagai Kegiatan Ngabuburit Seru berikut ini bisa Kamu jadikan referensi untuk mengisi kegiatan sehari-hari. Dengan begitu, hari-hari di bulan Ramadhan tidak akan berakhir begitu saja dengan sia-sia.

1Memperbanyak Ibadah Sunnah, Sambil Belajar Agama

Memperbanyak Ibadah Sunnah, Sambil Belajar Agama
Memperbanyak Ibadah Sunnah, Sambil Belajar Agama

Kegiatan Ngabuburit Seru yang satu ini, wajib Kamu lakukan tiap waktu. Sadarkah Kamu, di setiap bulan Ramadan telah tiba rasanya kebaikan bertebaran di mana-mana? Banyak orang yang semakin rajin beribadah, misalnya dengan rajin beramal atau bis atiba-tiba betah berlama-lama zikir di masjid.

Apakah Kamu menyadarinya? Bulan Ramadhan, adalah bulannya Al-Qur’an, dan penuh berkah. Memperbanyak ibadah sunnah di bulan suci ini, bisa menjadi pilihan kegiatan ngabuburit, dan bahkan harus Kamu jadikan kegiatan wajib setiap harinya. Membaca kitab suci Al-Qur’an dan terjemahannya adalah wajib, lalu perbanyaklah berzikir, dan juga menonton video ceramah ustadz yang kini mudah diakses dengan internet.

2Melakukan Kegiatan Sosial

Melakukan Kegiatan Sosial
Melakukan Kegiatan Sosial

Kegiatan Ngabuburit Seru yang selanjutnya, bisa sangat bermanfaat juga. Selain mengabiskan aktivitas di waktu luang, Kamu akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Seperti yang Kita tahu, jika di bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk melakukan amal baik.

Selain Kamu harus menunaikan zakat, Kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan sosial, seperti membagikan takjil untuk umat muslim lain yang sedang berpuasa. Kegiatan Ngabuburit Seru ini, bisa Kamu lakukan bersama teman-teman, atau juga masyarakat lain yang turut aktif di bulan Ramadhan.

3Melakukan Hobi Untuk Mengisi Waktu Luang

Melakukan Hobi Untuk Mengisi Waktu Luang
Melakukan Hobi Untuk Mengisi Waktu Luang

Nah, Kegiatan Ngabuburit Seru yang satu ini, bisa Kamu isi dengan hobi Kamu. Misalnya saja jika Kamu hobi membaca, atau menulis, Kamu bisa jadikan hobi tersebut sebagai sarana mengisi waktu luang. Jika hobi Kamu adalah bermain di luar seperti bermain skateboard, bersepeda, dan lain sebagainya masih bisa Kamu lakukan, asal jangan sampai terlalu capek.

Untuk Kamu yang mempunyai hobi memotret, Kamu bisa isi Kegiatan Ngabuburit Seru Kamu dengan memotret. Sambil memotret, tentu saja Kamu bisa sekalian jalan-jalan. Atau bisa saja jika Kamu hanya memotret di dalam rumah, hingga di halaman rumah. Biasanya inspirasi selalu datang secara tiba-tiba.

4Bermain Game Favorit

Bermain Game Favorit
Bermain Game Favorit

Kegiatan Ngabuburit Seru yang satu ini, memang sudah tidak asing. Ya, terlebih untuk Kamu yang punya hobi main game. Mungkin saja game-game yang selama ini tidak sempat Kamu mainkan, bisa jadi momen yang pas untuk menyelesaikan berbagai game favorit yang selama ini mungkin tidak sempat Kamu mainkan. Apalagi, jika Kamu mempunyai perlengkapan berbagai gagdet gaming yang mumpuni, waktu ngabuburit sambil nge-gaming bisa jadi semakin seru!

5Menonton Film yang Bermanfaat dan Menginspirasi

Menonton Film yang Bermanfaat dan Menginspirasi

Cek koleksi film favorit Kamu sekarang juga, atau Kamu bisa hunting di situs-situs resmi yang kini banyak tersedia untuk streaming film terbaru. Ya, Kegiatan Ngabuburit Seru yang satu ini, bisa Kamu manfaatkan untuk menonton film yang bermanfaat dan sangat menginspirasi. Rata-rata durasi satu film di atas satu jam, jika Kamu menonton satu judul film saja sudah membawamu makin dekat dengan waktu berbuka! Ini bis ajadi momen yang pas, untuk melakukan movie marathon. Tidak usah repot, tanpa PC Kamu sudah bisa menonton berbagai film favoritmu di handphone android atau juga tablet. Jangan lupa untuk menggunakan headphone, agar memonton film jadi makin seru.

6Membaca Buku

Membaca Buku
Membaca Buku

Kegiatan Ngabuburit Seru yang selanjutnya, akan membuat waktu semakin cepat berlalu. Pasalnya, jika membaca buku halaman demi halaman, nyatanya akan membuat Kita tidak terasa telah menghabiskan waktu yang sangat lama. Apalagi untuk Kamu penggemar buku, baik itu novel ataupun komik, waktu ngabuburit bisa diisi dengan kegiatan ini. Bisa juga sambil bersantai di sofa atau tempat tidur, Kamu bisa bersantai sembari menanti waktu berbuka puasa dengan berbagai cerita dan petualangan seru dari novel atau juga komik favoritmu.

7Selagi Berada di Rumah, Maksimalkan Istirahat

Selagi Berada di Rumah, Maksimalkan Istirahat
Selagi Berada di Rumah, Maksimalkan Istirahat

Lalu, Kegiatan Ngabuburit Seru yang bisa Kamu lakukan selanjutnya adalah tidur. Banyak yang mengatakan jika tidur saat bulan puasa adalah ibadah. Namun, tidak semuanya benar. Pasalnya, jika Kamu tidur terlalu lama, bukan menjadikan hal tersebut sebagai ibadah, malah Kamu akan seperti orang yang malas. Tidurlah satu jam jika memang perlu, karena dengan tidur, energi bisa terkumpul nantinya. Jangan sampain tidur terlalu lama. Pasalnya, jika Kamu terlalu lama tidur, Kamu nantinya akan melewatkan ibadah-ibadahmu yang lain.

8Mencari Resep Masakan Baru untuk Menu Buka Puasa

Mencari Resep Masakan Baru untuk Menu Buka Puasa

Nah, Kegiatan Ngabuburit Seru yang satu ini sangat pas untuk Kamu para perempuan. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang di sore hari, untuk menjajal menu resep baru untuk nanti berbuka puasa atau untuk sahur. Terlebih, jika Kamu seorang anak kost, memasak sudah menjadi kegiatan sehari-hari bukan? Namun, jika Kamu masih tinggal bersama orang tua, Kamu bisa membantu ibumu memasak untuk berbuka puasa dan juga untuk sahur.

9Membuat Kue Lebaran

Membuat Kue Lebaran
Membuat Kue Lebaran

Kegiatan Ngabuburit Seru yang selanjutnya, bisa dilakukan mulai dari sekarang. Di pertengahan bulan Ramadhan, biasanya ibumu sudah bersiap-siap untuk membuat kue lebaran. Ini adalah momen yang pas, Kamu bisa membantu ibumu untuk membuat kue lebaran di waktu luangmu untuk sambil menanti waktu berbuka puasa. Ngabuburit sambil membuat kue lebaran, adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Selain itu, Kamu juga bisa belajar berbagai teknik-teknik dan takarannya dari ibumu.

10Membereskan dan Menata Ulang Kamar, dan Ruangan Lainnya

Membereskan dan Menata Ulang Kamar, dan Ruangan Lainnya

Kegiatan Ngabuburit Seru yang satu ini, juga sangat penting dilakukan. Jangan mentang-mentang sedang puasa, Kamu jadi hanya malas-malasan saja di rumah tanpa melakukan kegiatan apa-apa. Cobalah ngabuburit dengan membereskan atau menata ulang kamarmu. Bisa juga Kamu membantu ibumu untuk membersihkan semua bagian rumah, ini juga merupakan ibadah loh!

Nah, untuk Kamu yang anak kost, membersihkan dan menata ulang kamar adalah hal yang biasa bukan? Hal ini, bisa jadi aktivitas yang menarik di waktu luang untuk menantikan waktu berbuka puasa. Kamu bisa memulai mendekorasi ulang kamarmu, atau juga Kamu bisa mengubah cat kamarmu. Lakukan saja yang dirasa baik, karena kebersihan kamar juga sangat penting.

Itulah beberapa Kegiatan Ngabuburit Seru yang beberapa di antaranya sangat wajib untuk Kamu lakukan sebagai seorang Muslim. Mulailah sesuatu dari yang sederhana, hingga Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat di bulan Ramadhan ini.