10 Janji Kampanye Jokowi – Ma’ruf Jika Terpilih Kembali Pimpin Indonesia, Jangan Lupakan Janji-Janji Tersebut

10 Janji Kampanye Jokowi - Ma'ruf Jika Terpilih Kembali Pimpin Indonesia, Jangan Lupakan Janji-Janji Tersebut
10 Janji Kampanye Jokowi - Ma'ruf Jika Terpilih Kembali Pimpin Indonesia, Jangan Lupakan Janji-Janji Tersebut

Selamat atas terpilihnya kembali Pak Jokowi menjadi Presiden dari negara kita tercinta ini, negara Indonesia. Namun, sebagai rakyat Indonesia, kamu jangan sampai lupa akan Janji Kampanye Jokowi yang dulu pernah terucap. Cukuplah janji-janji sang mantan yang kamu lupakan, tapi tidak dengan janji beliau di kala itu.

Nah, selama masa kampanye pada Pilpres 2019 lalu, Joko Widodo atau yang lebih akrab kita sapa Jokowi, dan Ma’ruf Amin, telah memaparkan sejumlah Janji Kampanye Jokowi, jika nantinya ia terpilih kembali menjadi Presiden Indonesia periode 2019-2014. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas tentang janji-janji tersebut. Kenapa? Karena hal tersebut sangatlah penting, apalagi untuk kita yang hanya Rakyat biasa ini.

10 Janji Kampanye Jokowi Yang Wajib Di Tagih Rakyat Indonesia

Jangan takut untuk menagih Janji Kampanye Jokowi, berbagai cara bisa kamu lakukan, mulai dari update status di facebook hingga update status di what’s app. Beberapa waktu yang lalu pun sempat ada yang viral, karena mengunggah sebuah video tentang tagihan janji pada Jokowi. Namun tentu saja, dengan menggunakan kata-kata dan perilaku yang baik dan benar, agar suaramu di dengar.

Nah, langsung saja kamu bisa simak baik-baik, beberapa Janji Kampanye Jokowi yang seharusnya ditagih oleh semua rakyat Indonesia. Apalagi untuk kamu yang dulu memilih Jokowi pada Pilpres 2019 lalu. Berikut ini, adalah beberapa Janji Kampanye Jokowi yang wajib di tagih Rakyat Indonesia:

1Janjikan Kemiskinan Turun Dan Kartu Sembako Murah

Janjikan Kemiskinan Turun Dan Kartu Sembako Murah
Janjikan Kemiskinan Turun Dan Kartu Sembako Murah

Janji Kampanye Jokowi yang satu ini, jika memang benar-benar terealiasi, maka jumlah  rakyat miskin di Indonesia akan perlahan-lahan menurun. Bayangkan saja, tidak akan ada lagi orang yang mengemis, anak-anak tidur di kolong jembatan, bayi yang tidak mampu diberi vitamin, anak-anak yang tidak sekolah, dan masih banyak lagi contohya.

Namun, realita sangatlah kejam dan tidak selalu sama dengan ekspektasi. Jokowi pernah mengklaim, untuk pertama kalinya kasus kemiskinan di Indonesia bisa turun mencapai kurang dari 10 persen. Menurutnya, angka tersebut merupakan angka terendah dalam sejarah yang ada di Indonesia.

Jokowi mengklaim jika angka kemiskinan akan terus diturunkan, dengan upaya menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan juga harga bahan pokok menjadi lebih terjangkau. Lalu, Program Keluarga Harapan (PKH) juga akan terus ditingkatkan, untuk  meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Memang untuk mewujudkan semua itu tidaklah mudah, bukan hanya Jokowi yang harus bekerja keras. Bahkan, kita sebagai rakyat Indonesia, haruslah juga bekerja keras bukan? Kita tunggu saja pergerakan Jokowi yang selanjutnya untuk merealisasikan Janji Kampanye Jokowi yang satu ini.

2Janjikan Jaminan Pendidikan Dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Untuk Kuliah

Janjikan Jaminan Pendidikan Dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Untuk Kuliah

Lalu, Janji Kampanye Jokowi yang selanjutnya menyinggung tentang Pendidikan. Di Indonesia, masih banyak anak-anak yang tidak mampu untuk bersekolah, apalagi di pelosok, jumlah sekolah yang masih jarang hingga tenaga pengajar yang sangat kurang, menjadi salah satu hal yang selalu menghantui.

Namun, Jokowi berjanji, dengan terealisasinya program ini, tidak akan ada lagi anak-anak penerus bangsa yang tidak bisa sekolah. Jokowi juga mengatakan, sebanyak 18,7 juta siswa telah merasakan manfaat  dari KIP. Bukan hanya itu, hampir 1 juta mahasiswa dari keluarga tidak mampu, telah mendapatkan beasiswa.

Nah, jika sebelumnya KIP hanya sampai SMA saja, kali ini Jokowi berjanji akan membuatnya sampai ke jenjang Kuliah. Program ini ia beri nama KIP-Kuliah. Nah, semoga saja Janji Kampanye Jokowi yang satu ini bisa terealisasikan juga, agar tidak ada lagi anak bangsa yang tidak bisa bersekolah.

3Janjikan Program Mekaar Dan UMi (Pembiayaan Ultra Mikro)

Janjikan Program Mekaar Dan UMi (Pembiayaan Ultra Mikro)
Janjikan Program Mekaar Dan UMi (Pembiayaan Ultra Mikro)

Janji Kampanye Jokowi kali ini, ia akan memperkenalkan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan juga program pembiayaan Ulta Mikro (UMi). Jokowi mengklaim, jika program tersebut telah membuktikan bahwa perempuan bisa menjadi tiang keluarga yang tangguh. Jadi, para ibu-ibu bisa mempunyai penghasilan sendiri.

Namun jangan salah, program ini adalah berupa pinjaman dana dari mulai Rp 2 juta sampai  dengan maksimalnya Rp 10 juta. Untuk ibu-ibu yang ingin mempunyai uang sendiri, program ini tidaklah gratis, hanya berupa pinjaman. Bagaimana dengan Janji Kampanye Jokowi yang satu ini, ada yang setuju kah?

4Janjikan Sertifikasi Tanah Dan Konsesi Lahan

Janjikan Sertifikasi Tanah Dan Konsesi Lahan

Nah, kalau Janji Kampanye Jokowi yang satu ini sangatlah penting. Memang, seharusnya setiap rakyat yang mempunyai rumah, haruslah mempunyai surat keterangan selengkap-lengkapnya. Jangan sampai ada kasus penggusuran paksa, karena pemilik tidak mempunyai sertifikat hak kepemilikan.

Jokowi mengklaim, tahun ini harus ada 9 juta sertifikat yang akan dibagikan kepada rakyat. Tahun depannya,  mencapai 11 juta sertifikat harus dibagika juga kepada rakyat. Sertifikat tanah sangatlah penting untuk memberikan kepastian hukum bagi pemilik tanah tersebut. Apakah rumahmu sudah mempunyai setrifikat resmi? Semoga Janji Kampanye Jokowi yang ini juga bisa segera terealisasikan.

5Janjikan Dana Desa Akan Capai 400 Triliun

Janjikan Dana Desa Akan Capai 400 Triliun
Janjikan Dana Desa Akan Capai 400 Triliun

Banyak rakyat Indonesia yang tinggal di desa dengan tingkat kemiskinan yang lebih tinggi dibandingkan dengan di kota. Oleh karena itu, Jokowi menjanjikan program dana desa akan dilanjutkan untuk membuka konektivitas yang kuat antar desa. Selain itu, hal tersebut ditujukan juga untuk membuka lapangan pekerjaan di desa-desa.

Dan dalam lima tahun ke depan, Janji Kampanye Jokowi akan merencanakan Rp 400 triliun total dana untuk masing-masing desa. Dengan cara pemanfaatan yang semakin baik, kemakmuran rakyat juga diharapkan bisa semakin merata. Dan semoga saja tidak ada oknum-oknum yang gemar memakan uang yang seharusnya milik rakyat, untuk rakyat!

6Janjikan Koperasi Petani Dan Bank Mikro Nelayan

Janjikan Koperasi Petani Dan Bank Mikro Nelayan
Janjikan Koperasi Petani Dan Bank Mikro Nelayan

Janji Kampanye Jokowi yang selanjutnya, ia berjanji akan membangun bendungan irigasi dan memberikan mesin-mesin pertanian untuk para petani. Selain itu, ia juga berjanji untuk menghubungkan petani dengan pasar, dan akan mendukung petani masuk koperasi dan ke dalam industri hilir.

Kemudian untuk para nelayan, ia juga mengatakan, jika telah membangun bank mikro agar nelayan bisa dengan mudah mengakses modal. Sejauh ini, sudah ada Rp 132 miliar dana dari bank mikro yang nantinya bisa langsung disalurkan ke nelayan dengan bunga hanya 3 persen. Semoga Janji Kampanye Jokowi yang satu ini segera terealisasikan dengan benar.

7Janjikan Rasio Elektrifikasi Dan Pemanfaatan Energi Terbarukan

Janjikan Rasio Elektrifikasi Dan Pemanfaatan Energi Terbarukan
Janjikan Rasio Elektrifikasi Dan Pemanfaatan Energi Terbarukan

Janji Kampanye Jokowi yang berikutnya, ia akan mengurangi penggunaan bahan bakar dari fosil atau minyak, dan akan memajukan program energi hijau. Ini merupakan suatu bentuk tanggung jawabnya, untuk lebih peduli terhadap masalah perubahan iklim yang berpengaruh pada dunia.

Indonesia mempunyai sumber daya alam yang kaya untuk menghasilkan sebuah energi terbarukan. Salah satunya, dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga angin yang akan dikerjakan di Sulawesi Selatan. Mungkin untuk masalah ini harus di gali lebih dalam lagi, terlebih untuk para ahlinya. Namun tetap saja, apapun janjinya haruslah direalisasikan.

8Janjikan Kartu Pra-Kerja

Janjikan Kartu Pra-Kerja
Janjikan Kartu Pra-Kerja

Mungkin pada saat debat Pilpres lalu, tidak semua Janji Kampanye Jokowi bisa dijelaskan dengan sedetail mungkin. Barulah sekarang, semua janji tersebut bisa di ulas oleh berbagai media dengan sedetail mungkin. Jadi, untuk kamu yang dulu memilih Jokowi karena tergiur oleh Kartu Pra-Kerja apakah kamu menyesal?

Apapun pilihanmu haruslah dipertanggung jawabkan, dan terima saja konsekuensinya. Memang tidak akan sesuai ekspektasi, jika sehari-hari kamu bisa bermain Mobile Legend sembari digaji karena mempunyai Kartu Pra-Kerja, tidak semudah itu. Karena Kartu Pra-kerja ini, hanya membantu para pencari kerja untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Kartu Pra-Kerja adalah sebuah kebijakan afirmasi untuk pelatihan dan menjaga daya beli bagi para pengangguran. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan produktivitas, dengan cara memberikan bantuan dalam menyiapkan penerimanya siap masuk ke pasar tenaga kerja.

Sudah jelas bukan? Jadi kamu tidak boleh fokus menganggur, untuk mendapatkan gaji secara cuma-cuma. Itulah Janji Kampanye Jokowi yang sebenarnya mengenai Kartu Pra-Kerja ini.

9Janjikan Permudah Usaha Generasi Muda

Janjikan Permudah Usaha Generasi Muda
Janjikan Permudah Usaha Generasi Muda

Selain bisa mendapatkan Kartu Pra-Kerja, dengan terealisasinya Janji Kampanye Jokowi yang satu ini, kamu para generasi muda tentu saja diharapkan bisa memulai berwirausaha dengan mudah, daripada menganggur saja. Untuk bisa menciptakan lebih banyak lagi unicorn dan start up, ia mengatakan, jika pemerintah sudah memberikan digital talent scholarship kepada 1.000 lebih orang pada tahun 2018. Dan ia juga menargetkan ada 20.000 orang yang nantinya akan mendapatkan beasiswa pada tahun 2020. Semoga saja Janji Kampanye Jokowi ini juga segera direalisasikan.

10Janjikan Akses Internet Cepat

Janjikan Akses Internet Cepat
Janjikan Akses Internet Cepat

Janji Kampanye Jokowi yang terakhir, menyinggung tentang era informasi. Jokowi menegaskan, jika seluruh rajyat Indonesia bisa mendapat akses internet yang sangat cepat. Ia juga menegaskan, jika Indonesia tidak boleh tertinggal dari negara lain. Dan tentu saja dengan adanya janji yang ini, para generasi muda yang punya hobi Mabar akan sangat tertolong bukan?

Perlu diketahui jika baru-baru ini, swasta telah meluncurkan satelit Nusantara Satu. Hal ini tentu saja semakin memperkuat infrastruktur akses internet yang ada di Indonesia.  Dengan semakin majunya kecepatan internet, tentu saja jika digunakan untuk hal yang positif akan berdampak baik pula.

Namun alangkah baiknya jika pemerintah bisa memfilter berbagai akses internet yang seharusnya tidak boleh di akses. Mengingat anak kecil sekalipun sudah bisa online hingga bermain mobile legend, alangkah baiknya jika situs-situs yang mengandung unsur pornografi segera ditiadakan, bahkan tidak bisa di akses oleh VPN sekalipun. Demi generasi muda yang cerdas dan berakhlak baik tentunya.

Itulah 10 Janji Kampanye Jokowi yang haruslah kamu ingat, dan tentu saja wajib sekali dipertanggung jawabkan oleh beliau. Semoga beliau adalah pemimpin yang amanah.