10 Inspirasi Packaging Menarik Yang Ramah Lingkungan

10 Inspirasi Packaging Menarik Yang Ramah Lingkungan
10 Inspirasi Packaging Menarik Yang Ramah Lingkungan

Inspirasi Packaging Menarik saat ini sedang banyak diminati kembali. Pasalnya, dengan menggunakan packaging plastik, bisa membuat sampah plastik semakin menumpuk saja di bumi ini. Namun, penggunaan packaging yang ramah lingkungan, tidak bisa digunakan pada semua produk. Tentu harus ada penyesuaian terlebih dulu.

Ada beberapa Inspirasi Packaging Menarik yang bisa sangat cocok untuk beberapa produk. Ya hitung-hitung, kamu sedikit membantu dalam menyelamatkan bumi dari sampah plastik. Nah, jika kamu adalah seseorang yang tengah merintis bisnis di bidang penjualan kaos, kamu bisa mencontoh beberapa Inspirasi Packaging Menarik untuk produkmu. Membuat sebuah packaging merupakan sebuah proses paling akhir dari semua proses produksi kaos, agar produk siap dipasarkan.

10 Inspirasi Packaging Menarik Di Bawah Ini, Bisa Kamu Coba!

Selain berfungsi untuk pengaman produk, ada banyak fungsi lain yang tidak kalah penting dari sebuah packaging. Sehingga tidak ada salahnya jika kamu membuat sebuah packaging yang menarik dan telah dipikirkan secara matang. Dengan membuat packaging yang bagus, unik dan kreatif, tentu saja akan lebih mampu menarik perhatian para konsumen. Dengan begitu, kamu juga mampu meningkatkan nilai jual sebuah produk.

Nah, ada banyak fungsi dari Inspirasi Packaging Menarik, selain hanya sekedar sebagai pembungkus produk. Misalnya saja packaging produkmu bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi, bisa dijadikan sebagai media promosi, bisa juga menunjukkan identitas perusahaan, dan lain segainya.

Untuk itu, kami rekomendasikan beberapa Inspirasi Packaging Menarik yang bisa kamu gunakan untuk berbagai produk yang ada di bawah ini:

1Packaging Unik Menggunakan Kotak Kayu

Packaging Unik Menggunakan Kotak Kayu
Packaging Unik Menggunakan Kotak Kayu

Inspirasi Packaging Menarik yang pertama, adalah menggunakan sebuah kotak kayu. Untuk memunculkan kemasan kaos yang terkesan eksklusif, bahan kayu bisa menjadi pilihan untuk sebuah packaging produkmu. Bentuk packaging bisa kamu eksplorasi sesuai dengan selera. Bisa berbentuk kotak menggunakan kayu lapis, dengan bentuk berupa tabung kayu yang dibuat dengan mesin bubut, atau juga dengan bentuk-bentuk lain yang terlihat unik. Sehingga bisa memunculkan kesan yang unik dan eksklusif.

Jenis kayu yang biasa dipakai untuk bahan packaging pada umumnya adalah jenis kayu lunak (softwood) seperti kayu dari pohon Pinus atau Agathis. Meski begitu, ada beberapa jenis kayu keras yang mendekati densitas kayu lunak juga bisa dipakai sebagai bahan packaging produkmu. Sampai saat ini, diketahui ada lebih dari 400-an spesies kayu lunak yang bisa dibuat sebagai packaging. Unik bukan?

2Packaging Unik Berbentuk Amplop

Packaging Unik Berbentuk Amplop
Packaging Unik Berbentuk Amplop

Lalu, Inspirasi Packaging Menarik yang selanjutnya adalah packaging berbentuk amplop. Nah, dengan membungkus produkmu seperti amplop, tentu akan terlihat lebih simple dan cukup terkesan dapat menarik perhatian para pembeli. Kamu hanya cukup membungkus produkmu, kemudikan berikan perekat, dan packaging produkmu telah jadi. Disini kamu bisa menggunakan bahan apa saja yang ramah lingkungan, seperti kertas karton.

3Packaging Unik Berbentuk Gelas Minuman

Packaging Unik Berbentuk Gelas Minuman

Inspirasi Packaging Menarik yang selanjutnya adalah, sebuah packaging berbentuk gelas minuman. Nah, jika kamu pernah melihat packaging kanebo, jenis packaging yang satu ini kurang lebih berbentuk seperti itu. Packaging berbentuk botol minuman ini, sudah banyak dipakai oleh para pembisnis lain untuk menjual berbagai produknya. Tentu saja akan sangat unik untuk dijadikan packaging produkmu bukan? Namun packaging jenis ini tidak bisa kamu buat sendiri, kamu bisa memesannya pada penjual lain untuk memesan packaging custom khusus untuk produkmu.

4Packaging Unik Berbentuk Kartu Undangan

Packaging Unik Berbentuk Kartu Undangan
Packaging Unik Berbentuk Kartu Undangan

Nah, Inspirasi Packaging Menarik yang selanjutnya inipun tak kalah menarik. Mewadahi sebuah produk dengan menggunakan packaging berbentuk seperti undangan juga bisa diterapkan untuk berbagai produk yang kamu miliki. Cukup menarik memang, dan juga jarang ada ditempat lain. Terlebih untuk produk yang khusus wanita, kamu bisa menambahkan tali pita pada bagian luar, agar terkesan lebih menarik.

5Packaging Unik Berbentuk Kemasan Pizza

Packaging Unik Berbentuk Kemasan Pizza
Packaging Unik Berbentuk Kemasan Pizza

Inspirasi Packaging Menarik yang selanjutnya terinspirasi dari packaging Pizza. Jenis packaging ini juga cukup unik, dan bisa sangat mirip dengan menggunakan kardus seperti kemasan pizza asli. Dengan bentuk segi empat yang cukup lebar seperti packaging pizza, bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk packaging produkmu yang khas.

6Packaging Unik Menggunakan Paper Bag

Packaging Unik Menggunakan Paper Bag
Packaging Unik Menggunakan Paper Bag

Lalu Inspirasi Packaging Menarik yang satu ini juga tak kalah menariknya dari yang sudah kita bahas. Selain unik, packaging yang satu ini cukup menarik dan cukup simple untuk berbagai produkmu. Ya, kamu bisa menggunakan paper bag, atau orang barat biasanya menggunakannya untuk packaginh roti. Dan yang pasti, jenis packaging ini sangat ramah lingkungan. Kamu bisa mengemasnya sendiri dengan sekreatif mungkin.

7Packaging Unik Berbentuk Segitiga

Packaging Unik Berbentuk Segitiga
Packaging Unik Berbentuk Segitiga

Inspirasi Packaging Menarik yang satu ini memang hampir sama dengan packaging-packaging yang ada di atas. Hanya saja, agak berbeda dalam bentuk dan bahan. Namun tetap saja yang paling penting, adalah packaging ini sangat ramah lingkungan. Jika packaging lainnya berbentuk kotak atau persegi panjang, tampilan packaging yang satu ini tidak kalah menarik yaitu dengan packaging berbentuk segitiga. Selain itu, untuk menambah daya tarik, gunakanlah kertas karton yang sudah digambar sedemikian rupa.

8Packaging Unik Dari Kertas

Packaging Unik Dari Kertas
Packaging Unik Dari Kertas

Inspirasi Packaging Menarik yang selanjutnya adalah packaging yang berbahan dasar kertas. Untuk menampilkan sesuatu yang unik dari packaging kertas ini, kamu bisa melakukan berbagai ekplorasi desain, bentuk dan juga jenis material kertas yang nantinya akan digunakan.

Dari sebagian besar packaging kaos yang terbuat dari kertas, packaging yang memiliki kesan unik biasanya terbuat dari kertas jenis samson ataupun kertas daur ulang. Dengan menggunakan bahan kertas tersebut, kesan yang ditimbulkan adalah klasik, jadul namun tetap elegan. Kamu bisa menggunakan bentuk permen, atau juga bentuk-bentuk lainnya yang menyerupai kado untuk jenis packaging yang satu ini.

9Packaging Unik Menggunakan Tote Bag

Packaging Unik Menggunakan Tote Bag
Packaging Unik Menggunakan Tote Bag

Nah, Inspirasi Packaging Menarik yang selanjutnya ini masih jarang sekali dipakai. Ya, jenis packaging menggunakan tote bag. Selain dapat digunakan untuk packaging, nantinya para konsumen bisa menggunakan packaging ini untuk keperluan lainnya. Misalnya saja untuk belanja. Apalagi jika kamu menggunakan jenis tote bag premium, pasti para konsumen akan sangat tertarik membeli produkmu. Yang secara tidak langsung sama saja dengan mendapatkan bonus tote bag bukan? Sangat kreatif packaging jenis ini.

10Packaging Unik Menggunakan Tali

Packaging Unik Menggunakan Tali

Nah, Inspirasi Packaging Menarik ini merupakan yang paling sempel dari packaging yang lainnya. Pasalnya, kamu hanya cukup menggunakan tali yang mempunyai tekstur seperti tali tambang saja. Dalam hal ini, akan menambah kesan vintage pada produkmu. Apalagi jika kamu sudah mempunyai toko, jenis packaging yang satu ini sangat cocok untuk packaging produk yang dibeli secara take away. Meskipun sangat simple, jenis packaging ini juga tidak kalah unik dengan packaging lainnya bukan?.

Itulah beberapa Inspirasi Packaging Menarik yang sangat kreatif dan unik. Dan sangat cocok digunakan untuk kamu yang mempunyai produk seperti kaos dan lain sebagainya. Semakin unik packaging yang kamu gunakan, tentu semakin tinggi pula minat dari para pembeli bukan?. Selain berbagai jenis packaging di atas jarang sekali ditemukan di pasaran, kamu justru bisa menjadi pelopor untuk jenis packaging yang ramah lingkungan. Dengan cara meninggalkan packaging berbahan dasar plastik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.