10 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kost

10 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kost
10 Ide Kreatif Dekorasi Kamar Kost

Untuk Kamu  yang sedang merantau, untuk bekerja ataupun kuliah, kamar kost adalah rumah kedua yang akan Kamu  tempati, dan tentu kamar kost tersebut harus ditata senyaman mungkin, agar Kamu  merasa betah seperti di rumah sendiri. Nah, dengan Dekorasi Kamar Kost sekreatif mungkin yang akan kami bahas, bisa menjadi referensi Kamu  dalam mendekorasi kamar kostmu.

Kamu  bisa memanfaatkan bahan atau barang yang ada, sehingga Kamu  tidak perlu mengeluarkan budget yang lumayan besar untuk membeli barang-barang minimalis ataupun hiasan, untuk ditempatkan pada kamar kostmu. Langsung saja tanpa basa-basi lebih lama, berikut beberapa ide kreatif dalam mendekorasi kamar kost yang minimalis ataupun besar yang dapat Kamu  lakukan sekarang juga!

10 Ide Kreatif Dekorasi Untuk Kamar Kost

Beberapa tips dekorasi yang akan kami bahas, dapat Kamu lakukan baik itu untuk kamu penghuni kost pria, ataupun wanita. Kamu hanya perlu menyesuaikan saja dan mencobanya. Simak beberapa ide Dekorasi Kamar Kost berikut ini!

1Ubah Susunan Furniture

Ubah Susunan Furniture

Dekorasi Kamar Kost  dengan cara ini, dapat mengubah kamarmu dalam waktu singkat  tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun. Kamu  bisa memasukkan barang-barang yang tidak dipakai ke dalam kardus ataupun kotak yang tidak dipakai, lalu kotak tersebut dapat Kamu  hias dan dijadikan meja ataupun tempat menyimpan buku, tanaman hias, atau hiasan lainnya. Manfaatkan ruang kosong seperti bagian bawah ranjang, lemari yang masih kosong, dan membuang barang-barang yang sudah tidak bermanfaat agar kamarmu terlihat lebih luas dan nyaman.

2Gunakan Furnitur Portabel

Gunakan Furnitur Portabel
Gunakan Furnitur Portabel

Dekorasi Kamar Kost dengan menggunakan produk-produk portabel dapat sangat membantu, apalagi jika kamar kostmu tidak begitu besar. Pasalnya, jika sudah tidak dipakai Kamu  bisa melipat barang-barang portabel tadi dan menyimpannya di sisi-sisi ruangan ataupun di dalam lemari. Contoh barang-barang portabel yang bisa Kamu  gunakan misalnya meja lipat, meja laptop lipat, kursi lipat, dan meja makan lipat yang bisa digunakan juga untuk menjadi meja setrikaan ataupun meja TV.

3Siasati Tempat Penyimpanan Dengan Rak

Siasati Tempat Penyimpanan Dengan Rak
Siasati Tempat Penyimpanan Dengan Rak

Untuk Dekorasi Kamar Kost yang selanjutnya, Kamu  bisa gunakan rak-rak yang bisa Kamu  tempel di dinding kamar kostmu. Menggunakan rak dari bahan kain pun dapat Kamu  lakukan, rak sangat berguna untuk menyimpan buku-buku, ataupun barang-barang lainnya, sehingga membuat penyimpanan pada kamar kostmu terlihat lebih rapi.

4Gunakan Rak Tahan Air Untuk Area Dapur Kecil

Dekorasi Kamar Kost yang tak kalah penting adalah, Kamu  bisa membeli rak tahan air untuk menyimpan koleksi peralatan dapur dan untuk persediaan makanan. Pilihlah rak-rak dorong besi yang bisa juga digunakan untuk menyimpan alat-alat  make-up dan peralatan untuk mandi. Karena rak model  ini bisa didorong-dorong, Kamu dapat dengan mudah menyimpan rak tersebut di bawah ranjang dan bisa Kamu keluarkan jika diperlukan.

5Jadikan Bagian Bawah Ranjang Untuk Ruang Penyimpanan Baru

Jadikan Bagian Bawah Ranjang Untuk Ruang Penyimpanan Baru

Untuk Dekorasi Kamar Kost yang satu ini, dapat Kamu lakukan dengan cara meninggikan ranjang tempat kamu tidur, agar bawah ranjang memiliki ruang yang cukup luas untuk menyimpan barang-barang yang ada di kamar kostmu. Agar nantinya Kamu bisa meletakan barang-barang yang tak terpakai, sepatu ataupun laci-laci pakaian dan juga boks kotak penyimpanan.

6Tambahkan Tanaman Hias

Untuk Dekorasi Kamar Kost yang minimalis misalnya, Kamu bisa menambahkan beberapa jenis tanaman kecil seperti kaktus misalnya, atau jika Kamu tidak sempat untuk merawat tanaman hias yang asli, Kamu bisa membeli tanaman hias yang terbuat dari plastik atau dari bahan apapun yang sudah bisa Kamu temukan di toko. Kamu bisa membeli tanaman kaktus, monstera, bunga mawar dan bunga-bunga lainnya, ataupun tanaman lainnya sesuai keinginan Kamu.

7Pasang Wallpaper atau Wall Covering 

Dekorasi Kamar Kost yang satu ini tentu dapat lebih menambah kenyamanan pada Kamu saat beristirahat atau juga bersantai di dalam kamar kost. Dengan cara menempelkan wallpaper ataupun wall covering yang bisa kamu beli dan tinggal kamu tempel. Wallpaper atau wall covering yang dapat kamu tempelkan bisa sesuai selera, biasanya selera wanita dan pria berbeda, namun apapun seleramu yang pasti dapat menambah kenyamanan dalam kamar Kamu.

8Buatlah Kolase Foto Artistik Pada Dinding

Dekorasi Kamar Kost  yang selanjutnya adalah dengan cara  membuat kolase pada dinding kamar Kamu. Kamu bisa langsung membeli bingkai yang membentuk kolase untuk menyimpn banyak foto, ataupun Kamu bisa membuat kolase foto dengan menggunakan foto-foto artistik yang terdapat di dalam majalan, terlebih jika Kamu menyukai fotografi, kamu bisa menempelkan semua hasil jepretan Kamu di dinding kamar, sehingga membuat kamar kostmu terlihat lebih nyaman dan juga artistik, dan dapat ter;ihat lebih luas.

9Percantik Dengan Lampu-Lampu Hias

Percantik Dengan Lampu-Lampu Hias
Percantik Dengan Lampu-Lampu Hias

Biasanya Dekorasi Kamar Kost dengan menggunakan lampu-lampu hias ini digunakan oleh para wanita, adapun para naak kost pria biasanya ada yang juga menggunakan lampu-lampu hias dengan warna yang lebih gelap ataupun dengan menggunakan lampu led saja. Jika Kamu ingin menjadikan kamar kostmu seperti layaknya di negeri dongeng, kamu bisa mewujudkannya dengan mengombinasikan interior kamarmu dengan lampu-lampu hias yang berwarna-warni.

Selain itu, Kamu  bisa mengkombinasikan lampu hiastadi, dengan berbagai bidang dan juga material, seperti kelambu, foto-foto selfie bersama temanmu yang dikreasikan dengan menggunakan gantungan, kaca rias juga bisa, bahkan karpet dapat digunakan untuk mendekorsi kamar agar terkesan berbau style  bohemian.

Untuk kamu penghuni kost laki-laki, dapat juga menggunakan lampu-lampu hias untuk dikreasikan dengan berbagai barang yang ada di kamar Kamu. Gunakanlah lampu-lampu hias yang berwarna lebih gelap seperti warna navy blue, merah maroon dan juga green army. Jika ada yang menjual lampu hias berwarna hitam, kenapa tidak? Kamu dapat menyimpan lampu-lampu hias tadi pada jendela ataupun sisi-sisi kamarmu yang sudah ditempeli kolase foto-foto hasil jepretan tanganmu.

10Berkreasi Dengan Kertas Kado Dan Origami

Berkreasi Dengan Kertas Kado Dan Origami

Dekorasi Kamar Kost yang selanjutnya adalah kamu bisa membentuk berbagai bentuk seperti kipas, burung, kupu-kupu, hati, dan juga bunga. Jika Kamu tidak menemukan kertas kado yang cocok, Kamu  daat berkreasi dengan menggunakan kertas origami. Jika Kamu bingung bagaimana cara membuatnya,  Kamu bisa melihat banyak referensi dan juga tutorialnya dari Internet.

Selain itu, tidak hanya untuk menjadi dekorasi yang bisa ditempelkan pada dinding kamar kost, origami yang sudah Kamu buat tadi dapat  digunakan untuk dekorasi kamar yang lain, seperti menghadirkan lampu gantung yang cantik, yang dapat menghasilkan berbagai bentuk yang cantik dan juga menarik, efek bayangan yang dihasilkan oleh origami tadi, dapat menghasilkan cahaya yang dapat mempercantik dekorasi kamar kost Kamu.

Itulah beberapa ide kreatif untuk Dekorasi Kamar Kost dengan menggunkan barang seadanya, dan tanpa harus mengeluarkan budget yang mahal. Setelah Kamu mencoba beberapa dekorasi kamar kost di atas, rasakan perbedaan sebelum dan sesudah kamarmu di dekorasi, tentu akan membuat Kamu lebih nyaman berada di rumah kedua tersebut. Selamat mencoba!