10 Film Religi Indonesia Terbaik Dan Menginspirasi

10 Film Religi Indonesia Terbaik Dan Menginspirasi
10 Film Religi Indonesia Terbaik Dan Menginspirasi

Film Religi Indonesia nyatanya tidak terlalu banyak diminati oleh orang-orang. Padahal, film Religi lebih banyak manfaatnya  dan sebagai sarana untuk belajar agama, yang bisa menambah keimanan dan juga ketaqwaan kita. Ada baiknya bila inginmengisi waktu kosong, dengan hal yang lebih bermanfaat dan tentunya bisa menambah kadar iman kita.

Dengan mengisi kejenuhan kamu bisa menonton Film Religi Indonesia yang dapat sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, menghibur  dan dapat memotivasi kita untuk lebih meningkatkan ibadah kita. Dibawah ini adalah beberapa film religi terbaik sepanjang masa bulan yang dapat menambah wawasan dan menginspirasi yang wajib kamu tonton!

10 Film Religi Indonesia Terbaik Dan Menginspirasi Yang Wajib Kamu Tonton!

1Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (2016)

Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (2016)

Film Religi Indonesia yang satu ini adalah, sekuel dari film sebelumnya yang berjudul “99 Cahaya di Langit Eropa”, film ini menceritakan kelanjutan petualangan sepasangan suami-istri yang hijrah ke Amerika Serikat. Di film ini mengambil kisah tentang peledakan World Trade Centre sebagai garis utama pada ceritanya.

Banyak yang dapat kita ketahui dari film ini, seperti apa kehidupan para muslim di negara tersebut, tentang isu terorisme, sampai adegan diskriminasi para golongan non-muslim yang menolak pembangunan masjid di daerah mereka. Dibintangi oleh para aktris dan aktor kawakan seperti Abimana, Acha Septiarsa, Rianti Cartwright dan masih banyak lagi. Dengan kualitas akting yang sudah tidak diragukan dalam membawa karakter masing-masing, akan membuat kamu tidak menyesal meluangkan waktu untuk menonton film ini.

2Mencari Hilal (2015)

Film Religi Indonesia ini, mempunyai alur cerita yang memang tidak terlalu kompleks dan tidak terlalu banyak memiliki konflik yang berat. Yang menarik dari film adalah, temanya yang membahas tentang isu sosial yang banyak terjadi padamasyarakat saat ini dan salah satunya, perbedaan pola pikir antara orang tua dan anak tentang pkamungan mereka terhadap agama Islam.

Karakter seorang ayah dan anak yang sering bertengkar karena perbedaan pola pikir mereka mengenai tradisi, sosial dan budaya. Sang ayah yang diperankan oleh aktor senior Deddy Sutomo, sangat taat pada agama dan sedikit “kolot”, si anak diperankan oleh Bayu Oktara dengan watak yang keras kepala dan “gaul”. Film ini tidak hanya menarik,  tapi dapat membuka mata kamu tentang sisi lain dari agama Islam, jika dipkamung dengan kacamata yang berbeda.

3Hijab (2015)

Film Religi Indonesia ini bisa dibilang film dengan tema yang sangat  jujur, ringan dan juga mudah dipahami. Film ini mempunyai banyak pelajaran yang dapat dipetik. Bercerita tentang 4 sahabat, yang diperankan oleh aktris Zaskian Adya Mecca, Carissa Putri, Tika Bravani dan Natasha Rizki yang pada awalnya mempunyai cita-cita untuk berbisnis di dunia fashion muslim, dan 3 dari mereka telah bersuami.

Konflik terjadi pada saat para suami mengetahui tentang bisnis yang digeluti oleh para istrinya yang ternyata tanpa sepengetahuan mereka. Hingga akhirnya, salah satu dari mereka dilarang berbisnis oleh sang suami, dengan alasan haram dalam ajaran agama islam jika istri bekerja dan sering keluar rumah, apalagi tanpa izin suami. Dalam film ini kamu akan belajar tentang persahabatan, keluarga, pkamungan masyarakat pada wanita yang berhijab dan juga pemahaman tentang nilai-nilai agama Islam mengenai seorang istri yang berkarir dan cara berbisnis.

4Haji Backpacker (2014)

Film Religi Indonesia yang selanjutnya akan menyuguhkan cerita tentang seorang pemuda (Abimana) yang patah hati karena gagalnya pernikahan akibat mempelai wanita (Dewi Sandra) yang tiba-tiba kabur di tengah acara pernikahan. Kemudian, dia pun meluapkan kemarahannya kepada Tuhan dan akhirnya pergi dari rumah tanpa satu tujuan. Seiring berjalannya waktu, dia pun semakin melupakan Tuhan dan ajaran Agamanya.

Berada dalam jalan hidup yang sesat, pemuda itu pun melewati hari-harinya penuh dengan kecemasan dan sering dihantui mimpi buruk dalam tidurnya. Setelah beberapa kejadian buruk yang menimpanya, pemuda itu pun akhirnya menyadari bahwa dia tetaplah dilindungi oleh Tuhan, walaupun dia hidup di jalan yang tidak benar.

599 Cahaya di Langit Eropa (2013)

99 Cahaya di Langit Eropa (2013)

Film Religi Indonesia ini di adaptasi dari novel karya dari Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dengan judul yang sama. Menceritakan tentang agama Islam yang disebarkan melalui cara yang lebih baik dan tanpa sedikitpun di dalamnya terdapat  kekerasan, baik dengan berdakwah, melalui cara pelajaran atau juga pengetahuan umum yang diselingi dengan suatu konflik sosial dan budaya.

Film ini menimbulkan sensasi, karena saat itu di Indonesia banyak menghadapi kasus terorisme yang membawa nama agama dan isu internasional banyaknya negara di Eropa yang mendiskriminasi para kaum muslim. Dalam film ini kamu bisa tahu tentang sejarah peninggalan Islam di berbagai negara-negara Eropa.

6Sang Kiai (2013)

Film Religi Indonesia berikutnya,  menceritakan tentang sosok  K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan juga para santrinya dalam menghadapi para pasukan Jepang dan pasukan sekutu. Film karya sutradara muda Rako Prijanto ini, mampu membawa film bertema Islam dan perjuangan sampai masuk ke nominasi 86 – Oscar, untuk kategori Best Foreign Language. Dalam film ini Kamu tidak hanya bisa menambah pengetahuan ilmu agama, tapi juga tentang sejarah para pejuang Indonesia.

7Negeri 5 Menara (2012)

Film Religi Indonesia dengan tema yang sangat jenaka, film Negeri 5 Menara ini sangat cocok dijadikan pilihan. Film yang dibintangi oleh banyak artis kenamaan seperti Ikang Fawzi, Lulu Tobing, Donny Alamsyah, Aryo Wahab, dan juga masih banyak aktor lainnya, adalah film yang menceritakan mengenai kehidupan 6 santri yang berasal dari berbagai daerah yang berbeda dan juga memiliki cita-cita yang berbeda pula.

Mereka sering berkumpul di menara masjid yang ada di pondok pesantren dan mengakui diri mereka sebagai pemilik menara. Dalam menara itu, mereka bisa saling membagikan keinginan mereka tentang menguasai dunia dengan cara masing-masing. Disini Kamu akan disuguhkan dengan menariknya alur  cerita dari latar belakang kehidupan yang berbeda dari masing-masing karakternya dan bagaimana mereka bisa saling berteman dengan mencoba menerima perbedaan masing-masing.

8Sang Pencerah (2010)

Sang Pencerah (2010)

Film Religi Indonesia yang bercerita tentang pahlawan nasional K.H. Ahmad Dahlan. Sosok pejuang yang ikut terlibat dalam pergerakan nasional dan pendiri dari organisasi islam terbesar di Indonesia Muhammadiyah ini diperankan oleh aktor ternama Lukman Sardi. Film ini mengajarkan kita tentang arti dari sebuah kesabaran dan ketaatan yang sesungguhnya.

Film karya sutradara kondang Hanung Bramantyo ini, telah mendulang sukses yang baik di dunia perfilman Indonesia, bahkan disebut-sebut sebagai pelopor munculnya film-film bertemakan agama dan pahlawan nasional lainnya.

93 Hati 2 Dunia 1 Cinta (2010)

Film Religi Indonesia yang bertemakan cinta ini bisa dijadikan pilihan. Bercerita tentang kisah cinta antara 3 insan manusia dengan perbedaan agama satu sama lain di antara mereka. Dibintangi oleh aktor dan aktris populer Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumni Bachsin, film ini juga masuk menjadi nominasi di banyak acara penghargaan bergengsi.

Film ini bercerita tentang hal-hal yang sering terjadi pada kehidupan masyarakat. Seperti hubungan cinta beda agama yang di tentang sampai ke perbedaan nilai-nilai agama yang sering menjadi konflik di masyarakat. Dari film ini Kamu bisa belajar mengenai dualisme antara 2 agama (Islam dan Kristen) dan toleransi terhadap perbedaan agama yang ada.

10Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film Religi Indonesia yang selanjutnya juga menggambarkan tentang perjuangan seorang wanita melawan nilai-nilai adat di daerah tempat tinggalnya yang dianggap terlalu mendiskriminasi wanita. Film ini memiliki banyak konflik sosial seperti halnya pemaksaan kehendak, sampai kekerasan yang terjadi  dalam rumah tangga. Film ini juga yang berhasil melambungkan nama Revalina S. Temat sebagai pemeran utama wanita dilengkapi dengan kemampuannya dalam membawakan sosok karakter utama film tersebut.

Film ini ternyata sempat menuai kontroversi, karena alur ceritanya yang menghadirkan kekerasan dan bagaimana unsur penyampaian nilai-nilai sosial dan budaya yang terdapat didalamnya, dianggap sebagai pemicu para orang-orang muslim untuk menjadi murtad. Namun dibalik semua itu, banyak sekali ilmu yang bisa kita petik seperti pelajaran agama dan masyarakat terhadap perempuan muslim.

Film Religi Indonesia terbaik dan sangat menginspirasi di atas bisa mengisi waktu luang Kamu dengan menghadirkan ilmu yang bermanfaat di dalamnya, tidak hanya bertema religi, ada banyak lagi genre film yang tidak hanya memberikan Kamu hiburan tapi juga manfaat lain seperti pengetahuan dan informasi. Perkaya diri dengan banyak menonton film-film yang mampu menambah wawasan Kamu.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.