10 Film Animasi Pendek Kreatif Yang Inspiratif Dan Menghibur

gobelins_short_animation_movie

Kosongan – Film pendek selalu bisa menjadi hiburan singkat di tengah-tengah kesibukanmu seharian. Banyak film pendek yang bisa kamu tonton untuk menorehkan senyum saat suntuk dengan tugas maupun pekerjaan. Ada banyak film animasi pendek yang bisa kamu tonton dan berikut beberapa yang terbaik, khusus telah dirangkum untuk menceriakan harimu.

Beberapa film animasi pendek berikut memiliki kisah yang inspiratif dan bisa membuat kamu makin semangat. Ada pula yang kreatif dan memberikanmu perspektif baru tentang lingkungan sekitarmu.

10 Film Animasi Pendek Kreatif Dan Inspiratif

1Out of Sight

Animasi pendek pertama merupakan karya dari animator yang berasal dari China. Out of Sight merupakan gambaran kreatif tentang bagaimana seorang gadis kecil yang buta melihat dunia melalui indera lainnya.

Karakter utama di gambarkan sebagai seorang penyihir dengan tingkat dan menciptkan sesuatu setelah ia mendengar atau menyentuh sebuah benda.

2Memo

Kalian pastinya tidak asing lagi dengan penyakit Alzheimer. Penyakit ini cenderung dialami oleh orang dengan tanda-tanda pikun dan kehilangan ingatan di saat-saat yang mungkin tidak mereka harapkan.

Film animasi Perancis satu ini bercerita tentang seorang pria paruh baya yang mengalami Alzheimer. Melalui film pendek ini, kita bisa melihat bagaimana detik-detik orang yang mengalami lupa ingat karena Alzheimer.

3Quand J’ai Remplace Camillle

Film animasi pendek berikutnya masih datang dari Perancis, tepatnya karya mahasiswa yang kuliah di Gobelins University, Paris. Quand J’ai Remplace Camille atau When I Replace Camille memliki genre suspense yang akan membuat kamu merinding.

Film satu ini berkisah tentang Laurel, seorang perenang yang mengantikan posisi perenang handal, Camille, dalam sebuah tim. Film satu ini patut banget kamu tonton. Minim dialog, film animasi satu ini bercerita banyak melalui visualisasinya yang khas. Mulai dari pemilihan warna dan lagu pengering, film satu ini merupakan salah satu masterpiece dalam daftar ini.

Film ini memiliki pesan yang cukup dalam. Yaitu bahwa ketika kamu merasa telah mencapai sesuatu, mungkin saja kamu salah. Kesuksesan dan ambisi berlibihan bisa menjadi akhir dari karirmu.

4Best Friend

Perkembangan teknologi terkadang bisa mengarah pada kemampuan bersosialisasi yang minim pada manusia. Best Friend merupakan film pendek dengan pesan mendalam dan relevan dengan perkembangan teknologi jaman sekarang.

Bercerita tentang seorang pria kesepian yang memiliki teman virtual dengan sebuah produk canggih bernama “Best Friend”. Dimana pemakainya dapat menciptakan temannya sendiri.

Film ini memiliki sisi gelap tersendiri yang akan membuat kamu ngeri. Dan bisa dibilang sudah menjadi menyata di dunia kita dengan adanya virtual wife seperti Gatebox maupun aplikasi virtual lainnya. Cukup sesuai untuk menjadi salah satu episode pada serial Black Mirror.

5In Between

Kamu pastinya pernah merasa cemas, canggung, dan nervous dalam menghadapi sesuatu. In Between memvisualisasikan rasa cemas seorang perempuan dalam wujud buaya berwarna biru yang nakal.

Jika kamu pada umumnya pemalu dan seringkali merasa takut dalam bersosialisasi, film satu ini pasti akan terasa relevan untukmu.

6One Day

Film animasi pendek berikutnya memiliki tema fantasi yang imaginatif. Namun tetap memiliki makna yang mendalam jika kamu mau menonton dan menganalisa lebih dalam.

One Day bercerita tentang seorang pria yang tinggal di sebuhah kabin kayu. Bukan sebarang kabin, setiap harinya kabin tersebut akan membawa pria tersebut ke berbagai tempat berbeda. Mulai dari gurun pasir, hingga jurang es. Hingga suatu hari kabin tersebut membawahnya kesebuat pemukiman dengan banyak orang.

Film ini memiliki makna yang mendalam tentang rumah dan dimana hati merasa bahagia.

7Afternoon Class

Film pendek satu ini merupakan karya ujian kelulusan seorang animator amatir namun sangat brilliant. Diambil dari pengalaman sang animator dan kita semua yang pastinya pernah mengalami ngantuk berat di kelas saat jam pelajaran tengah hari.

Visualisasi yang digambarkan untuk mengibaratkan bagaimana rasanya ngantuk di kelas sangat relevan dan dijamin akan membuat kamu tertawa. Mulai dari kepala yang berat dan terasa seperti bola bowling, hingga halusinasi yang menyiksa.

8Paperman

Sedang mood sama kisah romantis? Paperman merupakan salah satu film animasi pendek dari Disney yang sempat memenangkan Oscar. Paperman bercerita tentang seorang pria yang bertemu dengan perempuan di stasiun kereta.

Visual dan musik pengering Paperman dijamin akan membuat kamu tersentuh seiring berakhirnya kisah yang merupakan awal bagi sepasang manusia yang mungkin ditakdirkan untuk bersama.

9One Small Step

Film animasi pendek berikutnya merupakan cerita tentang meraih mimpi dan hubungan manis antara seorang anak perempuan dengan ayahnya. Dengan gaya kartun ala Disney, film pendek satu ini tampaknya cukup berpotensi untuk dijadikan film dengan durasi yang lebih panjang.

Ketika seorang gadis mudah memiliki cita-cita yang tinggi sebagai astronot, sang ayah senantiasa mendukung sang putri dengan membuatkan sepatu bagi putriny setiap tahun.

10A Gong Grandpa

Film animasi yang terakhir bercerita tentang tradisi upacara kematian orang China. Seorang bocah laki-laki untuk pertama kalinya menghadapi kematian kakeknya dengan upacara yang khas.

Film ini membuat kita tahu sedikit bagaimana upacara kematian di budaya lain. Serta pengalaman pertama seorang anak kecil menghadapi kematian yang mungkin juga pernah kamu alami.

Pada scene tertentu, kisah ini nampak menyentuh dan cukup menyedihkan, namun di akhiri dengan adegan manis yang akan membuat kamu tersenyum.

Itu tadi beberapa film animasi pendek yang bisa kamu tonton di tengah-tengah kesibukan sebagai hiburan. Have a nice day, guys!